MENGHITUNG LANGKAH MENUJU KESUKSESAN!

BERITA LAINNYA - 27 June 2022

MENGHITUNG LANGKAH MENUJU KESUKSESAN!

oleh: Tim CTMC AKT

 

     Halo semua, Shalom. Kami dari tim CTMC SMAK PENABUR Kota Tangerang, bawa kabar baik nih… Tim kami yang beranggotakan Delvin, Samuel, Leonard, Ivan, Kalia, dan Jacqueline berhasil mendapatkan posisi ketiga dalam lomba matematika yang diadakan oleh Universitas Parahyangan (UNPAR) yang diadakan pada tanggal 23 Mei lalu. Nah di sini kami akan menceritakan keseruan dan pengalaman kami selama mempersiapkan diri serta menjalani lomba tersebut.

     Tahun lalu sekolah kita sudah mengikuti lomba ini, jadi tahun ini kami ingin melanjutkan perjuangan yang telah dibangun. Pada awalnya tim kami belumlah sempurna untuk terbentuk, karena hanya ada tiga orang anggota pada waktu itu, lalu kami mulai merekrut tiga anggota lain yang kebetulan sama semangatnya dengan kami. Akhirnya terbentuklah tim yang beranggotakan enam orang ini. Namun setelah kami menelusuri lebih lanjut perlombaan ini, kami sempat pesimis, dikarenakan jadwal PH beberapa minggu sebelum hari-H sangat padat, dan kami berpikir untuk mengundurkan diri, tetapi dukungan dari guru pendamping kami membuat semangat juang kami kembali berkobar.

     Kami mulai mempersiapkan untuk lomba tersebut sekitar satu bulan sebelum hari perlombaan. Pada sesi latihan pertama, kami dibimbing oleh Pak Dimas untuk mempersiapkan bagian relay. Pada hari berikutnya latihan dilanjutkan oleh Pak Blessing yang membimbing kami pada bagian individual. Kemudian untuk bagian team, kami dibimbing oleh Bu Winda. Sangat disayangkan untuk selanjutnya kami harus berlatih bersama secara mandiri, dikarenakan jadwal guru-guru yang cukup padat dalam mempersiapkan acara kelas XII dan juga soal-soal yang akan diberikan pada minggu PH. Meskipun begitu mereka tetap menyempatkan dan membuka diri kalau kami menemukan kesulitan dalam proses berlatih. Setelah proses latihan yang sudah kami lewati, tibalah pada H-1 perlombaan. Pada hari itu kami memutuskan untuk beristirahat dan berkumpul pada malam hari melalui media zoom, untuk berdoa bersama pada Tuhan YME, agar dilancarkan pada keesokan harinya.

     Akhirnya hari perlombaan tunggu pun tiba. Rasa gugup menyelimuti diri kami, namun kami saling menguatkan dan mengembalikan rasa percaya diri kami kembali. Perlombaan dibuka dengan babak team, pada babak ini kami berenam diberikan soal berjumlah 25 butir untuk kami selesaikan bersama. Pada babak ini kami memutuskan untuk membagi soal per orang agar kami bisa menyelesaikannya tepat waktu dan kalau ada soal yang bersisa kami mengerjakannya bersama. Soal-soal yang diberikan cukup menantang dan menarik untuk kami kerjakan. Kami sempat sedikit kesulitan, namun dengan bekerja sama kami semua bisa mengerjakan cukup banyak soal yang ada.

     Babak selanjutnya yang dipertandingkan adalah babak individu. Pada babak ini, setiap anggota tim harus menyelesaikan soal mereka masing-masing dan tidak diperbolehkan untuk berdiskusi namun boleh menggunakan alat bantu hitung. Pada babak ini kami merasa kurang yakin dengan hasil yang telah kami kumpulkan dikarenakan tingkat kesulitan soal yang lebih tinggi dari babak sebelumnya.

     Akhirnya perlombaan kali ini pun masuk ke babak akhir, yaitu babak relay. Pada babak ini tim kami dibagi kembali menjadi dua kelompok kecil yang berisikan tiga orang. Kelompok A berisikan Delvin, Samuel, dan Leonard. Kelompok B berisikan Kalia, Ivan dan Jacqueline. Dalam menjalani babak ini setiap dari kami dituntut untuk menjawab soal dengan benar karena jawaban yang didapat menjadi petunjuk bagi anggota lainnya. Pada babak ini kami merasa sangat percaya diri saat mengerjakan soal-soal. Setelah babak ini, kami pun menunggu pengumuman hasil lomba yang akan dibacakan setelah kami mengikuti beberapa sesi seminar yang berisi tentang beberapa fakultas yang ada di UNPAR.

     Waktu pengumuman yang ditunggu pun tiba. Sembari mengikuti sesi pengumuman di Zoom, kami berkumpul di discord untuk saling mengobrol dan menguatkan. “Apapun hasilnya kita sudah berusaha ya guys.” kata Leo. Pengumuman dimulai dari pemenang individu, tetapi sangat disayangkan diantara kami belum ada yang berhasil memenangkannya. Selanjutnya pengumuman untuk pemenang overall/tim. Yak, kami pun menempati posisi ketiga pada lomba kali ini. Menurut kami lomba kali ini sangat seru dan menantang. Kami sangat bersyukur dan berterimakasih kepada guru-guru yang telah membimbing kami dan juga para panitia lomba yang telah menyusun lomba ini dengan menarik. Salam sehat semua, Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 05 February 2020
Keluarga Kristen Yang Berbahagia
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 07 September 2020
Gempita PENABUR 9.9
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 02 October 2020
Community Social Project (CSP) - Come, Lend A Hel...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 14 October 2020
Bebras Computational Thinking Challenge
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 19 November 2020
Bintang SMA 2020
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 06 August 2019
PROFIL - Carlos Baptista, Beasiswa ke Jepang
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 24 July 2020
SAYA dan AKT Dalam PLS ONLINE 2020
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 18 September 2020
EDUCATON FAIR VIRTUAL AKT 2020
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 11 December 2020
Webinar Parents "Save Our Youth"
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 28 January 2021
Peranan Allah dalam Kehidupan Keluargaku
BERITA LAINNYA - 28 September 2021
JUARA III MONSOONSIM ISME 3.0 2021
BERITA LAINNYA - 28 September 2021
ENGLISH COMPETITION AT BRAWIJAYA UNIVERSITY
ENGLISH COMPETITION AT BRAWIJAYA UNIVERSITY
BERITA LAINNYA - 01 October 2021
PERSEKUTUAN REMAJA GABUNGAN
PERSEKUTUAN REMAJA GABUNGAN
BERITA LAINNYA - 01 October 2021
BK TALK "TECHNOLOGY AND SKILL ABAD 21"
BK TALK "TECHNOLOGY AND SKILL ABAD 21"
BERITA LAINNYA - 12 November 2021
MECHATRONICS GO TO SCHOOL 2021
MECHATRONICS GO TO SCHOOL 2021
BERITA LAINNYA - 23 December 2021
'A DECEMBER TO REMEMBER' CHRISTMAS 2021
BERITA LAINNYA - 23 December 2021
BOOST MY MOOD: CHECKLIST
BOOST MY MOOD: CHECKLIST
BERITA LAINNYA - 23 December 2021
IKIGAI
IKIGAI
BERITA LAINNYA - 23 December 2021
BK INFO: SELF TALK
BK INFO: SELF TALK
BERITA LAINNYA - 23 December 2021
BK INFO: EAT THAT FROG!
BK INFO: EAT THAT FROG!
BERITA LAINNYA - 12 May 2022
ASYIKNYA PTM DI SEKOLAH
BERITA LAINNYA - 20 May 2022
PENGALAMAN SELAMA PTM DI AKT
PENGALAMAN SELAMA PTM DI AKT
BERITA LAINNYA - 23 May 2022
Buku Biruku
Buku Biruku
BERITA LAINNYA - 26 May 2022
Kenaikan Isa Almasih
Kenaikan Isa Almasih
BERITA LAINNYA - 27 May 2022
Keluar dari Belenggu PJJ
Keluar dari Belenggu PJJ

Choose Your School

GO