PENGUKUHAN PMR SMAK PENABUR KOTA TANGERANG

BERITA LAINNYA - 29 January 2022

PENGUKUHAN SMAK PENABUR KOTA TANGERANG

Tahun Ajaran 2021/2022

Salam sehat untuk kita semua ! Seperti yang kita ketahui, Pengukuhan adalah salah satu kegiatan wajib PMR yang diadakan setiap satu tahun sekali. Anggota PMR akan dinyatakan SAH apabila telah mengikuti acara ini. Sudah dua tahun, semenjak adanya pandemi covid-19 pengukuhan yang biasanya diadakan secara offline harus bertransformasi secara online. Pengukuhan yang dilakukan secara online sebenarnya tidak berbeda dengan offline karena susunan acaranya tetap sama hanya saja tempat pelaksaannya melalui zoom dan dilakukan dirumah masing-masing. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa dan rabu, tanggal 14-15 Desember 2021. Pengukuhan yang adakan saat itu adalah pengukuhan untuk anggota PMR SMAK Penabur angkatan ke-6.

Pada hari pertama, yakni tanggal 14 Desember 2021 tepatnya pada hari selasa, sebelum acara dimulai kita melakukan registrasi terlebih dahulu, registrasi yang dilakukan berupa absen melalui media Gform. Setelah semua peserta sudah absen, kita melakukan persiapan upacara pembuka, dengan semua peserta membuka kamera dan posisi mic dalam keadaan off agar upacara dapet berjalan dengan khidmat walau dilakukan secara online. Pada acara pembukaan ini juga akan dilakukan pemberian tanda peserta kepada masing-masing peserta oleh Kepala Sekolah SMAK Penabur Kota Tangerang dengan diwakili oleh orang tua siswa kepada siswa melalui video. Pembuatan video tersebut diwakili oleh salah satu siswa yang telah dipilih oleh panitia.

Setalah melaksanakan pemubukaan, peserta akan melakukan Test KTA yang dilakukan oleh kaka-kakak FORPIS dari PMI. Pengetest-an KTA ini terdiri dari dua jenis test yaitu test lisan dan test tertulis, karena test tersebut terdri 2 jenis maka peserta akan dibagi dua juga untuk melaksanakan teet tersebut yaitu ada peserta yang dizzom utama untuk melakukan test tertulis da nada yang di break out room untuk melakukan test lisan, apabila sudah selesai maka siswa akan bertukar posisi, kita menggunkan sistem bergantian agar test yang dilakukan menjadi lebih efektif dan efisien. Test lisan langsung berhadapan dengan Kakak Forpisnya di dalam breakout room sedangkan test tertulisnya dilakukan melalaui media Gform dengan diawasi oleh kakak forpis. Tentunya kedua test tersebut soal-soalnya mengenai materi yang telah diajarkan pelatih selama proses ekskul.

Setelah semua peserta selesai melakukan Test KTA, Peserta akan mengikuti pembekalan materi yang akan diberikan oleh Kak Tendi. Meteri yang diberikan oleh kak Tendi mengenai Manajemen PMR. Disini kak tendi menjelaskan dengan detail bagaimana management PMR seperti perekrutan anggota, pelaksaan pelatihan PMR, Tribakti PMR, dll.

Selain materi dari Kak Tendi ada Juga Materi dari Kak Dias, disini kak dias membahas mengenai aturan penggunaan lambang PMI. Dari sini kita bisa mngetahui cara pemakaian lambang PMI yang benar, dimana bisa kita bisa menggunakan lambang PMI, selain mengenai lambang kata Dias juga membahas mengenai cara surat menyurat yang benar. selain itu, Kegiatan ini merupakan kegiatan terakhir pada pengukuhan hari pertama, yang dimana setelah pemberian materi dari kak Dias akan ditutp dalam doa untuk mengakhiri kegiatan hari pertama dan juga pemebrian gform evaluasi tentang kegiatan yang telah dilakukan pada hari itu.

Setelah semua rangakain kegiatan hari pertama selesai, kami melanjutkan kegiatan penukuhan yang ke dua pada hari Rabu, 15 Desember 2021,kegiatan awal dari hari ke dua tidak berbeda dengan hari pertama yaitu peserta melakukan registrasi terlebih dahulu. kegiatan selanjutnya kami mulai dengan renungan pagi. Dimulai dengan mendengar dan menyanyikan bersama sebuah lagu rohani dan kemudian dilanjutkan dengan saling tanya jawab tentang judul firman Tuhan yang hari itu disampaikan, serta diakhiri dengan doa agar acara hari itu berjalan dengan lancar.

Setelah selesai renuangan, kami memulai kegiatan selanjutnya dengan acara Kebersamaan. Jadi, di acara kebersamaan ini kami meminta kakak-kakak alumni PMR AKT tahun sebelumnya untuk menceritakan atau sharing pengalaman nya serta suka-duka yang mereka rasakan selama menjadi anggota maupun sebagai pengurus PMR AKT. Selain dari kakak alumni kami juga medengarkan sharing dari kakak Forpis mengenai FORPIS dan pengalamannya menjadi anggota PMR.

Selain sharing dari alumni dan kakak forpis , acara Kebersamaan ini juga memuat apresiasi seni, dimana setiap kelompok seni yang telah dibagi dari hari-hari sebelumnya di dalam kelompok akan menampilkan karya yang mereka buat sesuai yang telah ditentukan oleh panitia untuk setiap kelompoknya . Mulai dari puisi pararel, poster bertemakan Kesehatan, drama singkat, sampai komik singkat dengan tema yang juga diangkat mengenai PMR atau Kesehatan.

Setalah kegitan kebersamaan tadi, acara selanjutnya adalah Soloing. Pada kegiatan ini, setiap regu yang telah dibagi juga pada hari pertama Pemgukuhan akan saling berpindah ke breakout room di aplikasi Zoom meeting untuk menjawab pertanyaan terkait kepemimpinan dalam sebuah organisasi yang disediakan panitia. Karena waktu menunjukkan hampir jam makan siang (pukul 12 siang), selanjutnya kami juga melaksanaka acara dapur umum. Kegiatan ini berlangsung dengan semua peserta wajib memasak makanan yang akan mereka makan Bersama saat jam makan siang yang dimulai sekitar pukul 12.15 WIB. Tetapi, sebelum sesi makan siang dimulai, para peserta terlebih dahulu harus mengikuti langkah-langkah membungkus makanan yang mereka buat dengan kertas nasi. Hal ini juga merupakan salah satu Pendidikan keterampilan dalam PMR dalam situasi bencana, dimana anggota pmr menyiapkan makanan di lokasi pengungsian korban bencana alam.

Setelah makan siang selesai , kami melanjutkan acara dengan memulai sesi Gamse. Di sesi ini, para regu-regu yang telah ditentukan juga akan berpindah ke setiap room untuk mencetak poin sebanyak-banyaknya. Games yang ada berupa kuis riddle, mencari barang yang terdapat di list, dan juga mencari anggota keluarga berdasarkan list yang disediakan untuk dijelaskan secara singkat mengenai PMR.

Pada pukul 13.30 WIB tiba saatnya, kami melanjutkan acara hari terakhir dengan pelantikan anggota PMR sekaligus penutupan acara hari itu. Dimulai dari Bersama menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars PMI, dan Hymne PMI. Selanjutkan, dimulailah pelantikan anggota PMR AKT Angkatan ke-6 dengan penyematan syal dan topi sebagai simbolik penetepan anggota PMR yang baru. Penyematan diberikan dari kepala sekolah SMAK Penabur Kota Tangerang yang diwakilkan oleh kedua orang tua peserta dirumah.

Acara pengukuhan Smak Penabur Kota tangerang pun telah selesai dilaksanakan dengan mengukuhkan 52 Anggota dari kelas 11 dan 1 anggota dari kelas 12. Pengukuhan tersebut ditutup dengan doa dan pemberian Gform untuk mengevalusi kegiatan pada hari tersebut.

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 05 February 2020
Keluarga Kristen Yang Berbahagia
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 07 September 2020
Gempita PENABUR 9.9
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 02 October 2020
Community Social Project (CSP) - Come, Lend A Hel...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 14 October 2020
Bebras Computational Thinking Challenge
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 19 November 2020
Bintang SMA 2020
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 28 January 2021
Peranan Allah dalam Kehidupan Keluargaku
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 02 February 2021
LDK OSIS SMAK PENABUR KOTA TANGERANG 2021
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 15 February 2021
Ibadah Persiapan TO Penabur Kelas XII "Bersama Tu...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 27 March 2021
SEMINAR ORANG TUA SISWA "PELUANG KARIR MASA PANDE...
SEMINAR ORANG TUA SISWA "PELUANG KARIR MASA PANDE...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 05 April 2021
COMMUNITY SOCIAL PROJECT
COMMUNITY SOCIAL PROJECT
BERITA LAINNYA - 11 October 2021
PELAYANAN BERMAKNA
BERITA LAINNYA - 12 October 2021
SEDIKIT PEMBERIAN, BERJUTA MANFAAT
SEDIKIT PEMBERIAN, BERJUTA MANFAAT
BERITA LAINNYA - 13 October 2021
MEMBANTU SESAMA
MEMBANTU SESAMA
BERITA LAINNYA - 14 October 2021
LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA - TINGKAT PROVINSI
LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA - TINGKAT PROVINSI
BERITA LAINNYA - 13 October 2021
TOP 1000 - BERDASARKAN NILAI UTBK
TOP 1000 - BERDASARKAN NILAI UTBK
BERITA LAINNYA - 06 January 2022
PROFESIONALISM
BERITA LAINNYA - 13 January 2022
ANAK BELAJAR “SELINGKUH” DARI PJJ
ANAK BELAJAR “SELINGKUH” DARI PJJ
BERITA LAINNYA - 23 January 2022
KEGIATAN PERKEMAHAN JUMAT-SABTU
KEGIATAN PERKEMAHAN JUMAT-SABTU
BERITA LAINNYA - 23 January 2022
DIVYA COMPETITION
DIVYA COMPETITION
BERITA LAINNYA - 22 January 2022
PERJUSA PASKIBRA AKT
PERJUSA PASKIBRA AKT
BERITA LAINNYA - 01 November 2022
Rich in Memories
BERITA LAINNYA - 11 November 2022
MENJADI PEJUANG DAN PEMENANG DALAM SETIAP TANTANG...
MENJADI PEJUANG DAN PEMENANG DALAM SETIAP TANTANG...
BERITA LAINNYA - 15 December 2022
AKT’s Christmas Day - “The Deja Vu Christmas”
“The Deja Vu Christmas”
BERITA LAINNYA - 08 October 2022
Karir Day
Karir Day
BERITA LAINNYA - 01 November 2022
BERAWAL DARI SEBUAH POT MENJADI SEBUAH KEISTIMEWA...
BERAWAL DARI SEBUAH POT MENJADI SEBUAH KEISTIMEWA...

Choose Your School

GO