SEDERHANA TAPI BERMAKNA

BERITA LAINNYA - 08 October 2021

SEDERHANA TAPI BERMAKNA

Athalia Bernice Phalosa/A4/02

 

Halo, nama saya Athalia Bernice Phalosa kelas XI MIPA 4. Di sini saya ingin membagikan pengalaman hari libur mid semester saya selama tiga hari, dari tanggal 27 September 2021–29 September 2021. Kegiatan saya selama tiga hari ini diisi dengan kegiatan CSP, apa itu CSP? Murid SMAK PENABUR Kota Tangerang pasti akrab dengan sebutan CSP. CSP atau Community Social Project adalah kegiatan membantu orang lain secara tulus tanpa imbalan apapun,kegiatan ini selalu dilakukan setiap tahunnya. CSP kali ini merupakan kesempatan bagi saya dan juga teman–teman lainnya kelas sepuluh dan kakak–kakak kelas duabelas untuk membantu orang lain selama hari libur. Namun CSP kali ini tentu berbeda dengan CSP sebelumnya, dikarenakan masih dalam masa pandemi COVID–19, CSP kali ini dilakukan di rumah saja atau bisa dilakukan secara online, akan tetapi hal itu tidak membatasi kita untuk membantu orang lain.

 

Selama masa pandemi ini, angka kasus COVID-19 sempat melonjak tinggi. Hal itu membuat kami sekeluarga memutuskan untuk tidak memakai asisten rumah tangga lagi. Sehingga kami sekeluarga bagi-bagi tugas dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Saya melihat kedua orang tua saya sibuk bekerja dan adik saya juga sibuk belajar mempersiapkan Ujian Tengah Semester di sekolahnya. Sehingga saya yang sedang libur memutuskan memulai CSP hari pertama saya dengan membantu mengerjakan pekerjaan rumah. Mulai dari menyapu dan mengepel. Saya menyapu dan mengepel setiap kamar hingga ke seluruh rumah. Kemudian, saya juga membantu mencuci piring yang telah digunakan setelah makan ataupun masak. Terakhir, saya juga tidak lupa untuk menyetrika pakaian. Mungkin, hanya hal ringan yang saya lakukan namun hal tersebut setidaknya bisa membantu sedikit meringankan pekerjaan rumah yang biasanya dilakukan juga oleh orang tua dan adik saya.

Pada hari yang kedua, saya ingin melakukan kegiatan CSP  dengan sesuatu hal yang berbeda. Saya membantu pekerjaan ibu saya, ibu saya bekerja di departemen Finance Accounting di suatu perusahaan. Pada CSP hari kedua ini saya membantu ibu saya mengecek penerimaan pelunasan piutang dagang. Pada CSP kali ini saya lebih terfokus pada mengecek data fisik dengan inputan sistem milik perusahaan dimana tempat ibu saya bekerja. Pertama-tama, saya harus terlebih dahulu untuk menyambungkan laptop saya dengan komputer yang ada di tempat perusahaan. Hal ini dilakukan, dikarenakan semua data-datanya ada pada komputer yang ada pada perusahaan, dan untuk menyambungkan laptop saya dengan komputer yang ada di perusahaan harus menggunakan aplikasi “AnyDesk.” Setelah terhubung dengan komputer yang ada di perusahaan, saya masuk ke dalam sistem yang berjalan dalam perusahaan tersebut. Menu modul yang saya pilih di dalam sistem tersebut adalah sebagai berikut : fasilitas => ganti periode bulan => inventory  => accounting => pelunasan piutang.

Setelah itu, pertama-tama saya mengecek nomor invoice penjualan ke sistem, yaitu saya  mengecek/memastikan nomor invoice pada berkas yang sudah dimasukkan pada sistem harus sesuai dengan invoice yang ada pada berkas. Kedua, mengecek jumlah barang yang dijual (surat jalan) sesuai dengan yang ditagih ke customer atau pelanggan. Ketiga, jika ada jumlah barang yang diterima oleh pelanggan (customer) berbeda dengan surat jalan yang dicetak, harus disertai keterangan atau berita acara. Keempat, jika ada pengembalian barang atau retur barang yang dilakukan oleh pelanggan, harus dibuat nota retur dengan nama barang, jumlah barang, dan keterangan untuk barang tersebut diretur. Nota retur tersebut harus ditandatangani oleh departemen yang bertanggung jawab. Kelima, mengecek harga barang dan total invoice dipastikan sudah benar dan sesuai dengan harga jual dan ketentuan yang berlaku (diskon atau potongan harga). Terakhir, mengecek daftar penerimaan piutang yang sudah dibuat oleh bagian keuangan atau lebih dikenal dengan divisi finance, dan dicocokkan dengan nilai invoice yang ada pada sistem harus sama. Jika ada perbedaan jumlah uang yang diterima dengan invoice atau faktur penjualan, harus konfirmasi ke customer atau pelanggan.

 

Pada hari yang ketiga, yaitu CSP hari terakhir saya masih membantu pekerjaan ibu saya, akan tetapi pekerjaan yang saya lakukan berbeda dengan hari yang sebelumnya. Kali ini, saya mengecek bukti pengeluaran kas atau bank. Pertama, saya harus terlebih dahulu mengurutkan bukti pengeluaran berdasarkan dengan tanggal transaksi. Setelah itu baru saya melakukan pengecekan kelengkapan dokumen. Pengecekan pertama yang saya lakukan adalah mengecek kelengkapan dokumen yang telah disiapkan oleh bagian keuangan (finance), yaitu dokumen surat jalan dari pemasok (supplier). Jumlah barang yang tertulis di surat jalan harus sama dengan jumlah barang yang diterima oleh perusahaan. Pengecekan kedua adalah mengecek tagihan atau invoice dari pemasok (supplier) yaitu harga barang dan total tagihan harus sesuai pesanan pembelian yang telah dibuat oleh departemen pembelian (purchasing). Setelah kelengkapan dokumen dicek, baru saya masuk ke sistemnya. Saya harus menghubungkan laptop saya ke komputer yang ada di perusahaan di tempat ibu saya bekerja, sama seperti dengan cara yang hari sebelumnya. Setelah terhubung dengan komputer yang ada di perusahaan, saya masuk ke dalam sistem yang berjalan dalam perusahaan tersebut. Menu modul yang saya pilih di dalam sistem tersebut adalah :  fasilitas software => ganti periode bulan => inventory  => accounting => pelunasan hutang. Kalau di  hari sebelumnya saya masuk ke dalam menu pelunasan piutang, kali ini saya masuk ke dalam menu pelunasan hutang. Setelah saya sudah masuk dalam sistem, baru saya mengecek data yang ada pada sistem harus sesuai dengan dokumen yang sudah saya cek sebelumnya.

 

       Pada CSP hari terakhir ini, dokumen yang saya cek berbeda dengan dokumen atau berkas  di hari sebelumnya, dan memiliki dasar aturan dan pengerjaan yang berbeda juga. Selama dua hari CSP saya membantu pekerjaan ibu saya, berkas atau dokumen yang harus saya cek lumayan banyak dan saya harus fokus serta teliti dalam megcek berkas tersebut. Dari sini saya menyadari, bahwa ternyata pekerjaan yang dilakukan oleh ibu saya memerlukan ketelitian yang tinggi serta harus fokus dalam pengerjaan, agar tidak ada data yang salah dimasukkan dalam sistem. Dari dua hari CSP terakhir yang saya lakukan itu hanyalah hal yang sederhana, tapi bermakna untuk saya, karena saya jadi dapat pengalaman baru. Walaupun saya melakukannya dari rumah saja, namun saya bisa sedikit merasakan seperti apa bekerja di departemen Finance Accounting di tempat perusahaan dimana ibu saya bekerja. Kemudian, saya juga menjadi paham mengenai bagaimana prosedur pengecekan berkas penerimaan pelunasan piutang dagang dan berkas bukti pengeluaran kas atau bank.

Nah, sampai disini saja pengalaman hari libur mid semester saya selama tiga hari kemarin. Hari libur mid semester saya kali ini sangat produktif dan bermanfaat karena diisi dengan kegiatan CSP. Walaupun masih di masa pandemi COVID – 19, tapi saya masih bisa membantu orang lain dan bahkan bisa dapat pengalaman baru di dalam hidup saya. Dari kegiatan CSP ini juga dapat membangun rasa kepedulian kita terhadap orang lain. Kemudian, saya bisa mendapatkan sedikit gambaran seperti apa dunia kerja yang ibu saya kerjakan setiap harinya dan tentunya mendapatkan pengalaman baru. Dari kegiatan CSP ini saya menyadarai bahwa, saya merasakan adanya rasa bahagia setelah saya bisa membantu orang lain. Memang hanya hal sederhana yang saya lakukan, tapi hal sederhana tersebut sangat berarti bagi orang yang saya bantu. Saya bersyukur karena saya dapat mengikuti kegiatan CSP ini selama hari libur mid semester, sehingga hari libur saya menjadi sangat produktif dan bermanfaat.

 

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 05 February 2020
Keluarga Kristen Yang Berbahagia
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 07 September 2020
Gempita PENABUR 9.9
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 02 October 2020
Community Social Project (CSP) - Come, Lend A Hel...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 14 October 2020
Bebras Computational Thinking Challenge
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 19 November 2020
Bintang SMA 2020
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 15 June 2020
Berita Mingguan
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 06 August 2019
PROFIL - Carlos Baptista, Beasiswa ke Jepang
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 24 July 2020
SAYA dan AKT Dalam PLS ONLINE 2020
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 18 September 2020
EDUCATON FAIR VIRTUAL AKT 2020
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 11 December 2020
Webinar Parents "Save Our Youth"
BERITA LAINNYA - 28 September 2021
ENGLISH COMPETITION AT BRAWIJAYA UNIVERSITY
BERITA LAINNYA - 01 October 2021
PERSEKUTUAN REMAJA GABUNGAN
PERSEKUTUAN REMAJA GABUNGAN
BERITA LAINNYA - 01 October 2021
BK TALK "TECHNOLOGY AND SKILL ABAD 21"
BK TALK "TECHNOLOGY AND SKILL ABAD 21"
BERITA LAINNYA - 12 November 2021
MECHATRONICS GO TO SCHOOL 2021
MECHATRONICS GO TO SCHOOL 2021
BERITA LAINNYA - 08 October 2021
SEDERHANA TAPI BERMAKNA
SEDERHANA TAPI BERMAKNA
BERITA LAINNYA - 23 December 2021
'A DECEMBER TO REMEMBER' CHRISTMAS 2021
BERITA LAINNYA - 23 December 2021
BOOST MY MOOD: CHECKLIST
BOOST MY MOOD: CHECKLIST
BERITA LAINNYA - 23 December 2021
IKIGAI
IKIGAI
BERITA LAINNYA - 23 December 2021
BK INFO: SELF TALK
BK INFO: SELF TALK
BERITA LAINNYA - 23 December 2021
BK INFO: EAT THAT FROG!
BK INFO: EAT THAT FROG!
BERITA LAINNYA - 22 April 2022
KEGIATAN PASKAH AKT 22 APRIL 2022
BERITA LAINNYA - 12 May 2022
ASYIKNYA PTM DI SEKOLAH
ASYIKNYA PTM DI SEKOLAH
BERITA LAINNYA - 20 May 2022
PENGALAMAN SELAMA PTM DI AKT
PENGALAMAN SELAMA PTM DI AKT
BERITA LAINNYA - 23 May 2022
Buku Biruku
Buku Biruku
BERITA LAINNYA - 26 May 2022
Kenaikan Isa Almasih
Kenaikan Isa Almasih

Choose Your School

GO