Sekolah Kristen BPK PENABUR Terbaik & Favorit di Jakarta

Tri-Award Holder The Duke of Edinburgh’s International Award BPK PENABUR Jakarta : Potensi Tanpa Difasilitasi Menjadi Tidak Berguna

Berita BPK PENABUR Jakarta - 04 December 2023

His Royal Highness The Duke of Edinburgh's Intern...

Read More
Sekolah Kristen BPK PENABUR Terbaik & Favorit di Jakarta

Perwakilan BPK PENABUR Jakarta Terima Penghargaan dari MURI

Berita BPK PENABUR Jakarta - 11 December 2023

Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan pe...

Read More
Sekolah Kristen BPK PENABUR Terbaik & Favorit di Jakarta

190 Siswa SLTAK PENABUR Jakarta Lolos SNBP 2023, Ada yang diterima di FEB UI

Berita BPK PENABUR Jakarta - 03 April 2023

Kabar gembira! Sebanyak 190 peserta didik dari 14...

Read More

Rela Berkendara 17 Jam ke Banyuwangi, Demi Apa?

Berita BPK PENABUR Jakarta - 02 April 2024

 

Matahari sore mengiringi perjalanan seratus empat puluh empat siswa dari berbagai SLTAK PENABUR Jakarta menyusuri Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur. Rasa lelah setelah menempuh perjalanan empat belas jam di kereta api dari Stasiun Gambir ke Stasiun Jember dilanjutkan tiga jam melaju di atas roda empat terbayar ketika disuguhkan pemandangan menakjubkan. 

 

Savana yang luas membentang, pepohonan nan rindang lengkap dengan puluhan monyet yang bertengger, kumpulan kerbau membersihkan diri di kubangan, merak yang mengintip malu-malu dari balik pohon, dan kawanan kijang berjalan beriringan dengan latar belakang Gunung Baluran yang megah.

 

Pemandangan tersebut dinikmati para siswa dari atap hardtop yang melaju tenang. Sambil berkenalan dengan udara disana, para siswa juga saling berkenalan dan menyapa teman-teman baru dari sekolah yang berbeda. 

 

Tak lama, hardtop berhenti di Pantai Bama Baluran. Pemandangan laut nan biru dengan pasir putih yang memikat mata membuat para siswa tersenyum ceria. Mereka menghabiskan waktu dengan menikmati air laut yang tenang sambil berlarian, mengabadikan momen bersama, ada pula yang tergerak untuk membersihkan sampah berceceran di sepanjang pantai.  

 

Ketika hari mulai gelap mereka pun beranjak menuju homestay di Kecamatan Licin, Banyuwangi dan bermalam bersama dengan teman-teman yang baru mereka jumpai. Meskipun badan terasa lelah, mereka tampak antusias dan saling berbincang hingga tak terasa sudah larut malam.

 

“Saya juga berkunjung ke homestay yang lainnya, selain mengunjungi teman satu sekolah, saya pun berkenalan dengan teman-teman baru disana.” ujar Ingwer Arief Budiman Gulo, siswa SMAK 1 PENABUR.



Belajar yang tidak dibatasi tembok kelas

Keesokan harinya para siswa melanjutkan perjalanan menuju Desa Wisata Gombengsari untuk belajar tentang kopi dan cara mengolah biji kopi dengan teknik tradisional.

 

Para pemandu mengajak siswa berkeliling dan dikenalkan dengan jenis-jenis kopi yang ada disana. “Jadi, di Indonesia terkhususnya di Desa Gombengsari ini, yang ditanam adalah jenis kopi robusta, dan keunggulannya karena ditanam dengan teknik campur sari bersama pohon buah-buahan lain, sehingga kopi yang dihasilkan memiliki citarasa yang unik.” jelas salah seorang pemandu sambil menunjukkan tanaman kopi.

 

Usai wisata edukasi, para siswa kembali dibagi jadi kelompok-kelompok kecil dan belajar dari para ibu pembuat kopi di desa tersebut. Mulai dari menyangrai biji kopi sampai matang di atas tungku kayu yang panas, mendinginkannya, lalu menumbuk hingga halus dengan alu dan lesung kayu. Setelah biji kopi dirasa cukup halus, bubuk tersebut kemudian diayak, dan hasil ayakannya dimasukkan dalam kemasan yang sudah tersedia. 

 

“Menurut aku proses pembuatan kopinya tidak terlalu susah, tetapi prosesnya saja yang cukup lama. Hal yang berkesan dari proses ini kita bisa belajar dan saling berbagi dengan ibu pembuat kopi serta teman satu kelompok.” ungkap Maria, siswa SMAK PENABUR Kota Wisata.

 

Tidak hanya belajar membuat kopi, para siswa juga berkesempatan belajar seni tari dan alat musik tradisional khas Banyuwangi di Taman Gandrung Terakota. Ada juga yang belajar membuat anyaman bambu dan yang lain belajar memasak kue tradisional yaitu kue kucur dan klemben gula aren bersama warga desa Tamansari.

 

“Rasa kuenya enak sekali, saya belum pernah makan yang seperti ini di Jakarta.” tutur Estefania, siswa SMAK 3 PENABUR menikmati kue cucur hasil masakannya.

 

 

Malam harinya seluruh siswa berkumpul di Taman Gandrung Terakota. Setiap peserta menampilkan hasil belajarnya. Mereka yang memasak menyajikan hasil masakannya dengan menggunakan alas saji hasil anyaman yang dibuat oleh siswa kelompok anyam.  Sembari menikmati sajian nikmat itu, mereka menyaksikan penampilan tari gandrung dengan iringan gamelan, hasil belajar teman-teman mereka. Sungguh sebuah kolaborasi yang dahsyat jika mengingat persiapan mereka yang hanya tiga jam.

 

Kebersamaan malam itu semakin hangat bersama Tiffany, siswa SMAK 1 PENABUR dan Rebecca, siswa SMAK 7 PENABUR yang didaulat menjadi MC.

 

“Mari teman-teman kita maju dan menari Maumere bersama.” ajak kedua MC kepada para siswa yang duduk. Satu per satu siswa maju ke tengah panggung bersama Tiffany dan Rebecca.

 

 

Taman Gandrung Terakota ikut berdendang ketika lagu Maumere diputar dan para siswa bernyanyi serta berjoget bersama mengikuti arahan MC, “Putar ke kiri e. Nona manis putarlah ke kiri. Ke kiri ke kiri ke kiri dan ke kiri ke kiri ke kiri ke kiri manis e.”



Berbagi untuk para buta aksara

Banyuwangi juga menawarkan kesempatan bagi para siswa untuk mengenal dan membangun relasi dengan warga lokal.

 

 

“Selamat datang di Kampung Batara Dusun Papring (Rumah Baca Taman Rimba). Disini ada sekitar dua ratusan siswa dari usia 20-60 buta aksara dan kami mulai mengajari mereka sejak tahun 2015. Tujuannya adalah untuk mengurangi tingkat buta aksara dan mencegah pernikahan dini.” ujar Widie Nurmahmudy, pendiri Rumah Budaya Kampung Batara, sembari mengenang perjuangannya dulu hingga ke tengah hutan untuk memperkenalkan baca tulis kepada warga setempat.

 

 

Kenny Lim, Ketua BPK PENABUR Jakarta merasa gembira mendapatkan sambutan hangat dari Kampung Batara. “Kami bersyukur diberi kesempatan untuk belajar dari Bapak Ibu semua. Semoga anak-anak kami dapat membantu para penduduk disini.” harap Kenny dihadapan siswa dan warga. Setelahnya, para siswa berbagi ilmu dengan warga belajar disana. Ada yang belajar membaca, menulis, ataupun menghitung disesuaikan dengan kondisi warga belajar.  Mereka memanfaatkan buku tulis, buku bacaan, alat peraga hingga gadget untuk membantu proses transfer ilmu tersebut.

 

 

“Ibu yang saya ajar usianya 52 tahun. Saya tanyakan apa yang belum bisa. Katanya pembagian, jadi diperdalam disitu dulu, baru dilanjutkan dengan yang lain.” tutur Elvio, siswa SMAK PENABUR Kota Jababeka yang mengaku senang karena bisa berbagi ilmu dan juga berbagi kasih melalui paket sembako. 

 

“Saya tadi belajar sama anak-anak dari BPK PENABUR Jakarta, ada perkalian, pembagian, tambahan, dan membaca. Mereka baik-baik sekali dan mau mengajar kami dengan sabar.” tutur Ibu Subiah. Ia berpesan kepada para siswa agar terus menimba ilmu setinggi-tingginya dan mau kembali untuk mengajar warga disana.

 

 

 

Menyelesaikan tantangan

 

Usai melaksanakan beragam tantangan dan mendapatkan banyak pengalaman, mereka pun lanjut menikmati keindahan wisata Banyuwangi.  De Djawatan yang menyuguhkan keanggunan dari pohon-pohon ratusan tahun hingga menyaksikan sunset di Pulau Merah menjadi penutup yang indah untuk dibawa pulang kembali ke Jakarta.

 

Perjalanan ratusan siswa SLTAK PENABUR Jakarta ini adalah ajang wisata edukatif tahunan yang diselenggarakan BPK PENABUR Jakarta. Berlangsung dari 22-27 Maret 2024, “Spirit of Challenge” memilih “The Sunrise of Java” alias Banyuwangi, Jawa Timur sebagai lokasi kegiatan.

Bergabunglah dengan BPK PENABUR Jakarta dan nikmati keseruan “Spirit of Challenge” selanjutnya!







Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 04 December 2023
Tri-Award Holder The Duke of Edinburgh’s Internat...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 11 December 2023
Perwakilan BPK PENABUR Jakarta Terima Penghargaan...
Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan pe...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 03 April 2023
190 Siswa SLTAK PENABUR Jakarta Lolos SNBP 2023, ...
Kabar gembira! Sebanyak 190 peserta didik dari 14...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 12 October 2022
Membanggakan! Peserta Didik SLTAK PENABUR Jakarta...
Peserta didik SLTAK PENABUR Jakarta berhasil mera...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 11 October 2022
PENABUR Children Choir, Raih Prestasi Gemilang di...
PENABUR Children Choir (PCC) berhasil meraih meda...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 07 October 2022
Webinar DQ BPK PENABUR Jakarta, Ajak Orang Tua Be...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 08 June 2020
Sharing Bersama BPK PENABUR Jakarta, Susan Tanoe:...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 27 May 2020
Menarik! Finalis Puteri Indonesia Sharing di Live...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 08 May 2020
BERIMAN: Berdoa, Inovasi, Motivasi, Aktivitas dan...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 04 May 2020
SMAK PENABUR Jakarta Lakukan Wisuda secara Daring

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 20 July 2020
Ketua BPK PENABUR Jakarta: Pilih Excellence atau ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 05 August 2020
Mark Soesanto, Menjadi Penyemangat Bagi Peserta D...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 07 August 2020
Obamaputralaris Naibaho, Tetap Semangat Liputan d...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 18 August 2020
Amanat Ketua BPK PENABUR Jakarta dalam Upacara Da...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 August 2020
Diikuti lebih dari 3000 Peserta Didik, Upacara Ke...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 27 August 2020
Generasi BEST, Profil Lulusan BPK PENABUR Jakarta

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 28 September 2020
Bina Iman Guru dan Karyawan SMPK PENABUR Jakarta:...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 05 October 2020
Direktorat PAUD Kemdikbud RI: Pola Pengasuhan Pos...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 09 October 2020
Cara Guru TKK PENABUR Jakarta Menguatkan Iman Pes...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 28 October 2020
Launching Buku Berani Berubah: Sepak Terjang BPK ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 23 November 2020
Raih Piagam Penghargaan dari Kemendikbud di Hari ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 23 November 2020
Berhasil Raih Piagam Penghargaan Kemendikbud, Ten...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 24 November 2020
Peserta Didik SMAK PENABUR Kota Wisata Bercerita ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 25 November 2020
Berhasil Melalui Masa Sulit dan dapat Menjadi Ber...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 26 November 2020
Bertekad Menjadi Abdi Negara, Berkat Rasa Cinta T...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 28 November 2020
Ajak Anak Usia Dini Untuk Mau Berbagi, Peduli, da...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 01 December 2020
Berhasil Menghadapi Tantangan Untuk Berkuliah di ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 02 December 2020
Berkolaborasi di dalam Lomba Peneliti Belia 2020,...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 10 December 2020
5 Manfaat Membangun Relasi dengan Anak Lewat Memb...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 14 December 2020
Peserta Didik BPK PENABUR Jakarta Berhasil Meraih...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 21 December 2020
Natal BPK PENABUR Jakarta 2020 Sebagai Momentum R...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 22 December 2020
Natal di Masa Pandemi, Kebersamaan dengan Keluarg...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 05 January 2021
5 Hal yang Perlu dipersiapkan Jelang Pembelajaran...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 18 January 2021
Pentingnya Yes Generation Memiliki Kemampuan Ente...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 January 2021
5 TIPS KERJA KELOMPOK DI MASA PEMBELAJARAN JARAK ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 26 January 2021
Tips Agar Tetap Semangat PJJ di Musim Hujan

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 27 January 2021
Kiat Untuk Remaja Agar Semangat Tak Pudar di Masa...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 30 January 2021
Pembelajaran Jarak Jauh Masih Harus Berlangsung d...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 15 February 2021
5 Tips Agar Tetap Bersemangat di Hari Senin

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 18 February 2021
5 Cara Mengelola Kesehatan Mentalmu Selama Pembel...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 25 February 2021
5 Hal Menarik dari Majalah BEST Teens

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 01 March 2021
Tips Membangun Komunikasi yang Efektif dengan Ana...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 03 March 2021
Cerita PJJ Peserta Didik BPK PENABUR Jakarta

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 09 March 2021
Yuk, Persiapkan Dirimu Jelang Penilaian Tengah Se...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 10 March 2021
Berbagi Pengetahuan Melalui Lomba ‘Improving CSI ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 15 March 2021
Communication Skill Merupakan Modal Utama Bagi Ka...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 17 March 2021
Ujian Praktik Online SMPK PENABUR Jakarta di Masa...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 18 March 2021
Tetaplah Semangat dan Persiapkan dirimu dengan Ba...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 March 2021
Mari Beristirahat Sejenak di Akhir Pekan Pada Mas...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 22 March 2021
Tips Agar Tetap Fokus Menghadapi Ujian Sekolah On...
Tips Agar Tetap Fokus Menghadapi Ujian Sekolah On...