Sekolah Kristen BPK PENABUR Terbaik & Favorit di Jakarta

Tri-Award Holder The Duke of Edinburgh’s International Award BPK PENABUR Jakarta : Potensi Tanpa Difasilitasi Menjadi Tidak Berguna

Berita BPK PENABUR Jakarta - 04 December 2023

His Royal Highness The Duke of Edinburgh's Intern...

Read More
Sekolah Kristen BPK PENABUR Terbaik & Favorit di Jakarta

Perwakilan BPK PENABUR Jakarta Terima Penghargaan dari MURI

Berita BPK PENABUR Jakarta - 11 December 2023

Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan pe...

Read More
Sekolah Kristen BPK PENABUR Terbaik & Favorit di Jakarta

190 Siswa SLTAK PENABUR Jakarta Lolos SNBP 2023, Ada yang diterima di FEB UI

Berita BPK PENABUR Jakarta - 03 April 2023

Kabar gembira! Sebanyak 190 peserta didik dari 14...

Read More

Pentingnya Pengembangan Potensi Pada Remaja SMA Agar Menjadi SDM Berkualitas

Berita BPK PENABUR Jakarta - 17 February 2023

Peserta Didik SMAK PENABUR Jakarta Melaksanakan Kegiatan Akapreneur Green School

 

Seorang remaja harus menyadari potensi dalam dirinya. Namun, kerap kali remaja tidak memiliki potensi yang menonjol dan terarah, hal ini tentunya dipengaruhi oleh lingkungannya. Padahal bakat dan minat penting diasah oleh remaja karena berkaitan dengan penentuan karir di masa depan.

 

BPK PENABUR Jakarta menyadari bahwa penting untuk mengembangkan potensi pada remaja, terkhususnya bagi remaja yang berada di jenjang SMA karena berkaitan dengan jurusan ketika memasuki bangku kuliah dan dunia karir kelak.

 

Berbagai program telah BPK PENABUR Jakarta terapkan di sekolah-sekolah. Seperti di SMAK PENABUR Kota Jababeka yang memiliki program unggulan entrepreneurship.

 

“Dunia remaja sangat sarat dengan potensi sesuai talenta  masing-masing. Potensi ini tentunya akan menjadi sumber daya yang berguna bagi masa depan remaja. Oleh karena itu, mereka perlu dibekali kemampuan entrepreneurship, sehingga menjadi peka terhadap peluang dan mampu mewujudkannya sebagai suatu usaha yang menjadi jawaban dari sebuah permasalahan maupun kebutuhan. Tentunya hal ini dibarengi dengan perhitungan dan antisipasi dari resiko yang ada.” ujar Rugun D. S. Tampubolon, Kepala SMAK PENABUR Kota Jababeka.

 

SMAK PENABUR Kota Jababeka yang berlokasi di Mekarmukti, Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat, menerapkan “Akapreneur”, program entrepreneurship untuk jenjang SMA.

 

“Kami memberikan pembekalan kepada siswa mengenai entrepreneurship selama satu jam di dalam jam pelajaran. Kemudian, ada juga rapor penilaian dari hasil kegiatan entrepreneurship yang telah dilakukan siswa.” lanjut Rugun.

 

Berikut penjelasan kegiatan-kegiatan akapreneur di SMAK PENABUR Kota Jababeka menurut Novalina Magdalena, guru dan PIC program entrepreneurship SMAK PENABUR Kota Jababeka :

 

1. Akapreneur Period

Kegiatan entrepreneurship dilaksanakan di SMAK PENABUR Kota Jababeka secara berkala. Siswa diajak merancang ide usaha dalam kelompok, lalu pada akhir tahun ajaran ide tersebut akan direalisasikan.

 

“Siswa dibekali teori entrepreneurship oleh praktisi profesional. Untuk ini, kami berkolaborasi dengan Binus University.” ujar Gisela Winda, guru dan PIC “Akapreneur Selecta 2023” SMAK PENABUR Kota Jababeka, event entrepreneurship yang digelar setiap tahun.

 

2. Akapreneur Yearly Project

Sebuah kegiatan entrepreneurship yang berkesinambungan dengan pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU). Nantinya, siswa diharapkan dapat menghasilkan karya produk terbarukan yang inovatif dan kreatif.

 

“Melalui workshop “Akapreneur Selecta 2023”, siswa dibekali secara praktikal oleh para profesional di bidangnya, sehingga siswa siap membuat produk.” lanjut Gisela.

 

“Akapreneur Selecta 2023” SMAK PENABUR Kota Jababeka mengangkat tema “Creative & Innovative Food and Baverage”. Workshop berlangsung pada Jumat, 17 Februari 2023. Siswa diberikan pelatihan mengenai Business Model Canvas, Public Speaking, Copywriting, Cinematography, Dessert Making, Food Photography, Graphic Design, dan Kombucha Making.

 

3. Akafe Competition

Akafe competition merupakan tahapan lanjutan dari akapreneur period. Sejalan dengan tema  “Akapreneur Selecta 2023”, siswa diajak berkompetisi membuat café berisikan makanan dan minuman yang sudah dibuat sesuai dengan perencanaan usaha dalam akapreneur period.

 

“Setelah dibekali workshop, siswa membuat produk sesuai perencanaan dan dipamerkan pada Sabtu, 1 April 2023. Ini bertepatan dengan jadwal orang tua mengambil rapor mid semester siswa dan terbuka juga untuk umum. Disini orang-orang akan mengunjungi stan-stan berisi hasil produk siswa, lalu para pengunjung memberikan review seusai mencoba produk tersebut.” jelas Gisela.

 

4. Akapreneur Rhapsody

Ini merupakan kegiatan lanjutan dari akapreneur period dan akafe competition. Akapreneur rhapsody, mengajak siswa untuk mempresentasikan laporan hasil dan review produk yang telah didapatkan dari akafe competition. Siswa mempresentasikan laporan tersebut dihadapan guru, siswa, dan praktisi dari Binus University. Kegiatan ini dilakukan pada akhir tahun ajaran di bulan Juni.

 

“Saya berharap akan menghasilkan lebih banyak produk yang lebih berkualitas dari kegiatan ini.” ujar Andika, peserta didik dari SMAK PENABUR Kota Jababeka yang berpartisipasi dalam  workshop “Akapreneur Selecta 2023”.

 

5. Akapreneur Green School

Kegiatan entrepreneurship yang mengajak siswa membuat penghijauan di taman sekolah lewat tanaman hidroponik.

 

“Ini merupakan kegiatan rutin bagi siswa untuk membuat dan memelihara tanaman hidroponik sekolah. Kemudian, jika sudah bisa di panen, tanaman akan dijual sehingga menghasilkan profit.” ungkap Novalina.

 

6. MoonsonSIM

Merupakan kegiatan lomba bisnis yang diselenggarakan BPK PENABUR Jakarta dengan mempertandingkan antar siswa jenjang SLTA. Tools yang dipakai adalah aplikasi MoonsonSIM.

 

7. PENABUR Apprentice

Kompetisi yang diselenggarakan BPK PENABUR Jakarta untuk membekali siswa mengenai  entrepreneurship dengan menghadirkan pembicara yang berasal dari perusahaan ternama di Indonesia.

 

Kegiatan ini diselenggarakan satu tahun sekali dan mengajak siswa untuk mendesain sebuah bisnis secara berkelompok.

 

“Dalam program entrepreneurship yang diselenggarakan, tentunya kami menerapkan kemampuan 4C (Creative Thinking, Critical Thinking and Problem Solving, Communication, Collaboration) pada siswa. Ini diimplementasikan dalam seluruh kegiatan akapreneur yang berkesinambungan sepanjang tahun pelajaran. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, hingga tindak lanjut dari usaha yang telah siswa kerjakan.” tutur Rugun.

 

Creative thinking, siswa didorong dan diberi kesempatan untuk memberikan gagasan-gagasan baru dan menerapkannya guna menjawab tantangan, peluang, serta dapat menyelesaikan masalah. Critical Thinking dan Problem Solving, siswa dibekali kemampuan berpikir kritis dalam program entrepreneurship agar memiliki pemikiran yang masuk akal dan reflektif, sehingga dapat memberikan keputusan yang tepat dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

 

Communication, dilakukan  melalui berbagai bentuk dan cara. Secara tertulis, lewat  laporan, artikel, dan ulasan setelah mengikuti  program entrepreneurship , dan lisan dengan melakukan tanya jawab, diskusi,  dan presentasi. Kemampuan komunikasi juga banyak siswa lakukan ketika mempromosikan produk bisnis di media sosial. Collaboration, kemampuan ini dikembangkan dengan dibentuknya kelompok-kelompok kerja, sehingga antar peserta didik dapat terjalin kerja sama yang positif.

 

Revillia, peserta didik SMAK PENABUR Kota Jababeka merasa senang dapat mengikuti program entrepreneurship di sekolah.

 

“Saya dibekali pengetahuan mengenai konsep dasar manajemen dan bisnis, cara berpikir kreatif dan inovatif, sehingga dapat memecahkan masalah dan menemukan solusi yang inovatif. Kemudian, saya juga diberikan ilmu tentang bagaimana melihat peluang, merencanakan, dan memulai suatu bisnis. Selain itu, kemampuan komunikasi, negosiasi, pemahaman mengenai resiko, serta pengambilan keputusan dalam berbisnis juga saya dapatkan dalam akapreneur.” ucap Revillia.

 

"Akapreneur Selecta 2023", Event Entrepreneurship yang diselenggarakan SMAK PENABUR Kota Jababeka Untuk Siswa

 

 

***

Mari bergabung di BPK PENABUR Jakarta https://psbjakarta.bpkpenabur.or.id .

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 04 December 2023
Tri-Award Holder The Duke of Edinburgh’s Internat...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 11 December 2023
Perwakilan BPK PENABUR Jakarta Terima Penghargaan...
Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan pe...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 03 April 2023
190 Siswa SLTAK PENABUR Jakarta Lolos SNBP 2023, ...
Kabar gembira! Sebanyak 190 peserta didik dari 14...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 12 October 2022
Membanggakan! Peserta Didik SLTAK PENABUR Jakarta...
Peserta didik SLTAK PENABUR Jakarta berhasil mera...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 11 October 2022
PENABUR Children Choir, Raih Prestasi Gemilang di...
PENABUR Children Choir (PCC) berhasil meraih meda...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 07 October 2022
Webinar DQ BPK PENABUR Jakarta, Ajak Orang Tua Be...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 08 June 2020
Sharing Bersama BPK PENABUR Jakarta, Susan Tanoe:...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 27 May 2020
Menarik! Finalis Puteri Indonesia Sharing di Live...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 08 May 2020
BERIMAN: Berdoa, Inovasi, Motivasi, Aktivitas dan...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 04 May 2020
SMAK PENABUR Jakarta Lakukan Wisuda secara Daring

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 20 July 2020
Ketua BPK PENABUR Jakarta: Pilih Excellence atau ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 05 August 2020
Mark Soesanto, Menjadi Penyemangat Bagi Peserta D...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 07 August 2020
Obamaputralaris Naibaho, Tetap Semangat Liputan d...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 18 August 2020
Amanat Ketua BPK PENABUR Jakarta dalam Upacara Da...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 August 2020
Diikuti lebih dari 3000 Peserta Didik, Upacara Ke...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 27 August 2020
Generasi BEST, Profil Lulusan BPK PENABUR Jakarta

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 28 September 2020
Bina Iman Guru dan Karyawan SMPK PENABUR Jakarta:...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 05 October 2020
Direktorat PAUD Kemdikbud RI: Pola Pengasuhan Pos...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 09 October 2020
Cara Guru TKK PENABUR Jakarta Menguatkan Iman Pes...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 28 October 2020
Launching Buku Berani Berubah: Sepak Terjang BPK ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 23 November 2020
Raih Piagam Penghargaan dari Kemendikbud di Hari ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 23 November 2020
Berhasil Raih Piagam Penghargaan Kemendikbud, Ten...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 24 November 2020
Peserta Didik SMAK PENABUR Kota Wisata Bercerita ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 25 November 2020
Berhasil Melalui Masa Sulit dan dapat Menjadi Ber...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 26 November 2020
Bertekad Menjadi Abdi Negara, Berkat Rasa Cinta T...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 28 November 2020
Ajak Anak Usia Dini Untuk Mau Berbagi, Peduli, da...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 01 December 2020
Berhasil Menghadapi Tantangan Untuk Berkuliah di ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 02 December 2020
Berkolaborasi di dalam Lomba Peneliti Belia 2020,...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 10 December 2020
5 Manfaat Membangun Relasi dengan Anak Lewat Memb...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 14 December 2020
Peserta Didik BPK PENABUR Jakarta Berhasil Meraih...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 21 December 2020
Natal BPK PENABUR Jakarta 2020 Sebagai Momentum R...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 22 December 2020
Natal di Masa Pandemi, Kebersamaan dengan Keluarg...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 05 January 2021
5 Hal yang Perlu dipersiapkan Jelang Pembelajaran...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 18 January 2021
Pentingnya Yes Generation Memiliki Kemampuan Ente...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 January 2021
5 TIPS KERJA KELOMPOK DI MASA PEMBELAJARAN JARAK ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 26 January 2021
Tips Agar Tetap Semangat PJJ di Musim Hujan

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 27 January 2021
Kiat Untuk Remaja Agar Semangat Tak Pudar di Masa...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 30 January 2021
Pembelajaran Jarak Jauh Masih Harus Berlangsung d...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 15 February 2021
5 Tips Agar Tetap Bersemangat di Hari Senin

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 18 February 2021
5 Cara Mengelola Kesehatan Mentalmu Selama Pembel...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 25 February 2021
5 Hal Menarik dari Majalah BEST Teens

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 01 March 2021
Tips Membangun Komunikasi yang Efektif dengan Ana...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 03 March 2021
Cerita PJJ Peserta Didik BPK PENABUR Jakarta

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 09 March 2021
Yuk, Persiapkan Dirimu Jelang Penilaian Tengah Se...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 10 March 2021
Berbagi Pengetahuan Melalui Lomba ‘Improving CSI ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 15 March 2021
Communication Skill Merupakan Modal Utama Bagi Ka...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 17 March 2021
Ujian Praktik Online SMPK PENABUR Jakarta di Masa...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 18 March 2021
Tetaplah Semangat dan Persiapkan dirimu dengan Ba...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 March 2021
Mari Beristirahat Sejenak di Akhir Pekan Pada Mas...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 22 March 2021
Tips Agar Tetap Fokus Menghadapi Ujian Sekolah On...
Tips Agar Tetap Fokus Menghadapi Ujian Sekolah On...