Sekolah Kristen BPK PENABUR Terbaik & Favorit di Jakarta

Seru! Tiga Figur Ini Berbagi Pengalaman tentang Menghadapi New Normal

Berita BPK PENABUR Jakarta - 09 June 2020

Read More
Sekolah Kristen BPK PENABUR Terbaik & Favorit di Jakarta

Sharing Bersama BPK PENABUR Jakarta, Susan Tanoe: Sekolah PENABUR Membuat Mental Anak Kuat

Berita BPK PENABUR Jakarta - 08 June 2020

Read More
Sekolah Kristen BPK PENABUR Terbaik & Favorit di Jakarta

Menarik! Finalis Puteri Indonesia Sharing di Live IG TKK PENABUR

Berita BPK PENABUR Jakarta - 27 May 2020

Read More

PENABUR Jakarta Digital Learning, Inovasi Pendidikan yang Inklusi

Berita BPK PENABUR Jakarta - 17 September 2022

Pre Launching PENABUR Jakarta Digital Learning (PJDL) di Aula SMAK PENABUR Gading Serpong (17/09)

 

BPK PENABUR Jakarta mengusung tema “Berani Bertransformasi untuk Masa Depan” #JustClickAndLearn dalam pre launching PENABUR Jakarta Digital Learning (PJDL) pada Sabtu, 17 September 2022 di Aula SMAK PENABUR Gading Serpong.

 

PJDL merupakan inovasi dari BPK PENABUR Jakarta yang menyediakan pendidikan inklusi bagi setiap masyarakat Indonesia yang memerlukan akses dalam  pelayanan pendidikan yakni melalui platform digital. 

 

Antono Yuwono, Ketua BPK PENABUR Jakarta Menyampaikan Kata Sambutan dalam Pre Launching PENABUR Jakarta Digital Learning (PJDL)

 

Antono Yuwono, Ketua BPK PENABUR Jakarta yang merupakan inisiator dari PJDL mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 menjadi latar belakang tercetusnya PJDL.

 

“Diawali dengan pandemi yang membuka pikiran bahwa disrupsi segera terjadi di berbagai bidang, termasuk di bidang pendidikan. Ini artinya teknologi sudah merasuk ke segala lini kehidupan, dan mau tidak mau, membuat kita harus memanfaatkannya. Hal itu yang membuat saya berpikir, apa yang bisa BPK PENABUR Jakarta lakukan dengan teknologi untuk pelayanan pendidikan Indonesia yang lebih baik.” ujar Antono menyampaikan sambutanya di pre launching PJDL.

 

Konsep dari PJDL adalah pemindahan semua pembelajaran pada cloud base, sehingga memudahkan setiap peserta didik dimanapun mereka berada dapat belajar sesuai dengan kurikulum yang digunakan oleh BPK PENABUR Jakarta.

 

Selain “Berbagi untuk Kemajuan Pendidikan Indonesia”, PJDL juga menjadi wujud dari visi dan misi BPK PENABUR yaitu maju dalam “Iman, Ilmu, dan Pelayanan”, menjadikan peserta didik unggul dan berkarakter Kristiani,  serta “Berani Berubah : Berkarakter, Inovatif, dan Inspiratif”sesuai dengan tema HUT BPK PENABUR ke-72.

 

Antono Yuwono, Ketua BPK PENABUR Jakarta Menerima Panji PJDL dari Paskibraka SMAK PENABUR Gading Serpong 

 

PJDL secara resmi diluncurkan lewat penyerahan panji PJDL oleh tim Paskibraka SMAK PENABUR Gading Serpong kepada Antono Yuwono, Ketua BPK PENABUR Jakarta. Kemudian, dilanjutkan dengan penekanan tombol PJDL secara simbolik oleh Antono Yuwono bersama pengurus BPK PENABUR Jakarta, Etiwati, Deputi Direktur Pelaksana I BPK PENABUR Jakarta, Kumalasari Onggobawono, Kepala Divisi Pendidikan BPK PENABUR Jakarta, dan Endang Kariasih, Pimpinan Proyek PJDL.

 

Antono Yuwono, Ketua BPK PENABUR Jakarta, Pengurus BPK PENABUR Jakarta, Pejabat Struktural BPK PENABUR Jakarta, dan Pemimpin Proyek PJDL melakukan Penekanan Tombol PJDL Secara Simbolik

 

Pre launching PJDL semakin meriah dengan persembahan sendratari perkembangan pendidikan, puji-pujian, dan tari-tarian dari SMAK PENABUR Gading Serpong dan SMAK PENABUR Bintaro Jaya yang saling berkolaborasi.

 

“Akhirnya saya memahami bahwa PJDL hadir sebagai karya nyata dan bukan hanya sekedar kata-kata dari ungkapan Iman, Ilmu, dan Pelayanan.” ungkap Profesor Richardus Eko Indrajit, tokoh pendidikan dan pakar teknologi informatika Indonesia yang  hadir dalam pre launching PJDL dan memberikan apresiasi kepada BPK PENABUR Jakarta.

 

Profesor Eko memaknai PJDL sebagai langkah berani dari sebuah komunitas pendidikan di Indonesia untuk membuat pendidikan terbuka dan inklusi yang berjenjang dari TK, SD, SMP, hingga SMA.

 

Profesor Richardus Eko Indrajit, Tokoh Pendidikan dan Pakar Teknologi Informatika Indonesia Menyampaikan Kesan dalam Pre Launching PENABUR Jakarta Digital Learning (PJDL)

 

“Ketika orang sedang jungkir balik berhadapan dengan PJJ dan berdoa untuk kembali ke masa lalu, BPK PENABUR Jakarta justru sudah memikirkan untuk mengantisipasi masa depan. Itu yang membuat saya gembira dan kagum dengan BPK PENABUR Jakarta,” tutur Profesor Eko tersenyum ketika menyampaikan kesannya di atas panggung pre launching PJDL.

 

Profesor Eko berharap bahwa dengan hadirnya PJDL ini mampu memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia, sehingga peserta didik di jenjang TK, SD, SMP, dan SMA tidak hanya sekedar mendapatkan pendidikan saja, namun mendapatkan pendidikan yang berkualitas dari yang terbaik.

 

Endang Kariasih, Pimpinan Proyek PJDL Menyampaikan Laporan PJDL dalam Pre Launching PENABUR Jakarta Digital Learning (PJDL)

 

Endang Kariasih, Pimpinan Proyek PJDL menyampaikan dalam laporan PJDL, “PJDL tercetus berawal dari arahan Bapak Antono Yuwono sebagai Ketua BPK PENABUR Jakarta bersama pengurus BPK PENABUR Jakarta untuk segera melakukan suatu inovasi di bidang pendidikan, mengingat perubahan teknologi digital yang sangat cepat. Platform pendidikan ini nantinya dapat digunakan untuk berbagi guna kemajuan pendidikan di Indonesia.”

 

Endang menceritakan proyek PJDL dimulai pada Agustus 2021. Ketua BPK PENABUR Jakarta dan pengurus BPK PENABUR Jakarta memberikan arahan kepada tim PJDL dalam brainstorming PJDL. Pada Januari 2022, tim PJDL telah mendapatkan konsep dari PJDL. Gambaran dari konsep PJDL tersebut membuat tim PJDL mampu melakukan langkah awal dengan melaksanakan pelatihan pada tim modul dan tim platform oleh Profesor Richardus Eko Indrajit di Aula SMAK 1 PENABUR. Tim modul diarahkan untuk menuliskan naskah pembelajaran dengan ide-ide kreatif sehingga video pembelajaran menjadi menarik dan interaktif.

 

Konsep tersebut terus berlanjut, hingga pada Februari-Juni 2022, pembangunan platform dan pembuatan modul dimulai. Platform terus dikembangkan, sehingga konsep-konsep awal dari PJDL dapat diimplementasikan. Pada Juli- Agustus 2022, tim PJDL melakukan finalisasi modul dan platform PJDL.

 

“PJDL merupakan hasil kolaborasi dari Bapak Antono Yuwono, Ketua BPK PENABUR Jakarta, Manajemen BPK PENABUR Jakarta, Profesor Richardus Eko Indrajit, serta tim modul, platform, dan media PJDL yang terdiri dari 109 tenaga pendidik BPK PENABUR Jakarta.” ungkap Endang sekaligus mengakhiri laporan proyek PJDL.

 

Ronald Naradus, Tenaga Pendidik SMPK PENABUR Jakarta Memberikan Pendapat Selama Menjadi bagian dari Tim Modul PJDL 

 

“Saya mendapatkan sesuatu yang baru, karena dalam PJDL saya dan tim harus belajar bagaimana menulis naskah hingga memetakan materi yang akan kami bawakan.” cerita Indra, tenaga pendidik SMPK PENABUR Jakarta dan tim modul PJDL untuk mata pelajaran Biologi jenjang SMP.

 

Hal serupa diungkapkan Ronald Naradus,  tenaga pendidik SMPK PENABUR Jakarta dan tim modul PJDL lainnya, bahwa bukan hanya peserta didik yang belajar melalui PJDL, tetapi tenaga pendidik juga banyak mendapatkan pengetahuan dari proyek PJDL.

 

“Saya berharap PJDL ini tidak hanya diakses oleh siswa BPK PENABUR Jakarta saja, tetapi juga dapat diakses oleh semua anak dari berbagai daerah di Indonesia.” harap Yoke Nahumury, tim modul PJDL yang merupakan tenaga pendidik SDK PENABUR Jakarta.

 

***

Mari bergabung di BPK PENABUR Jakarta  https://psbjakarta.bpkpenabur.or.id/

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 09 June 2020
Seru! Tiga Figur Ini Berbagi Pengalaman tentang M...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 08 June 2020
Sharing Bersama BPK PENABUR Jakarta, Susan Tanoe:...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 27 May 2020
Menarik! Finalis Puteri Indonesia Sharing di Live...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 08 May 2020
BERIMAN: Berdoa, Inovasi, Motivasi, Aktivitas dan...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 04 May 2020
SMAK PENABUR Jakarta Lakukan Wisuda secara Daring

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 20 July 2020
Ketua BPK PENABUR Jakarta: Pilih Excellence atau ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 05 August 2020
Mark Soesanto, Menjadi Penyemangat Bagi Peserta D...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 07 August 2020
Obamaputralaris Naibaho, Tetap Semangat Liputan d...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 18 August 2020
Amanat Ketua BPK PENABUR Jakarta dalam Upacara Da...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 August 2020
Diikuti lebih dari 3000 Peserta Didik, Upacara Ke...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 27 August 2020
Generasi BEST, Profil Lulusan BPK PENABUR Jakarta

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 28 September 2020
Bina Iman Guru dan Karyawan SMPK PENABUR Jakarta:...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 05 October 2020
Direktorat PAUD Kemdikbud RI: Pola Pengasuhan Pos...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 09 October 2020
Cara Guru TKK PENABUR Jakarta Menguatkan Iman Pes...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 28 October 2020
Launching Buku Berani Berubah: Sepak Terjang BPK ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 23 November 2020
Raih Piagam Penghargaan dari Kemendikbud di Hari ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 23 November 2020
Berhasil Raih Piagam Penghargaan Kemendikbud, Ten...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 24 November 2020
Peserta Didik SMAK PENABUR Kota Wisata Bercerita ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 25 November 2020
Berhasil Melalui Masa Sulit dan dapat Menjadi Ber...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 26 November 2020
Bertekad Menjadi Abdi Negara, Berkat Rasa Cinta T...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 28 November 2020
Ajak Anak Usia Dini Untuk Mau Berbagi, Peduli, da...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 01 December 2020
Berhasil Menghadapi Tantangan Untuk Berkuliah di ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 02 December 2020
Berkolaborasi di dalam Lomba Peneliti Belia 2020,...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 10 December 2020
5 Manfaat Membangun Relasi dengan Anak Lewat Memb...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 14 December 2020
Peserta Didik BPK PENABUR Jakarta Berhasil Meraih...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 21 December 2020
Natal BPK PENABUR Jakarta 2020 Sebagai Momentum R...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 22 December 2020
Natal di Masa Pandemi, Kebersamaan dengan Keluarg...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 05 January 2021
5 Hal yang Perlu dipersiapkan Jelang Pembelajaran...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 18 January 2021
Pentingnya Yes Generation Memiliki Kemampuan Ente...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 January 2021
5 TIPS KERJA KELOMPOK DI MASA PEMBELAJARAN JARAK ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 26 January 2021
Tips Agar Tetap Semangat PJJ di Musim Hujan

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 27 January 2021
Kiat Untuk Remaja Agar Semangat Tak Pudar di Masa...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 30 January 2021
Pembelajaran Jarak Jauh Masih Harus Berlangsung d...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 15 February 2021
5 Tips Agar Tetap Bersemangat di Hari Senin

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 18 February 2021
5 Cara Mengelola Kesehatan Mentalmu Selama Pembel...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 25 February 2021
5 Hal Menarik dari Majalah BEST Teens

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 01 March 2021
Tips Membangun Komunikasi yang Efektif dengan Ana...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 03 March 2021
Cerita PJJ Peserta Didik BPK PENABUR Jakarta

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 09 March 2021
Yuk, Persiapkan Dirimu Jelang Penilaian Tengah Se...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 10 March 2021
Berbagi Pengetahuan Melalui Lomba ‘Improving CSI ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 15 March 2021
Communication Skill Merupakan Modal Utama Bagi Ka...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 17 March 2021
Ujian Praktik Online SMPK PENABUR Jakarta di Masa...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 18 March 2021
Tetaplah Semangat dan Persiapkan dirimu dengan Ba...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 March 2021
Mari Beristirahat Sejenak di Akhir Pekan Pada Mas...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 22 March 2021
Tips Agar Tetap Fokus Menghadapi Ujian Sekolah On...
Tips Agar Tetap Fokus Menghadapi Ujian Sekolah On...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 23 March 2021
Tips Menjawab Soal Ujian Sekolah Online dengan Ef...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 26 March 2021
Christian Evan Chandra, Peraih IPK 4 UI Kasih Tip...
Christian Evan Chandra, peraih IPK 4 jurusan Ilmu...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 06 April 2021
Peserta Didik SMAK 6 PENABUR Live In Virtual Bers...
SMAK 6 PENABUR kembali mengadakan kegiatan sosial...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 07 April 2021
SMAK PENABUR Kelapa Gading Lolos Asesmen Gelar Uj...
SMAK PENABUR Kelapa Gading lolos asesmen untuk mu...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 08 April 2021
Asyiknya Belajar Matematika Bersama Peserta Didik...
SMAK PENABUR Kota Tangerang kembali mengajar pada...