Sekolah Kristen BPK PENABUR Terbaik & Favorit di Jakarta

Seru! Tiga Figur Ini Berbagi Pengalaman tentang Menghadapi New Normal

Berita BPK PENABUR Jakarta - 09 June 2020

Read More
Sekolah Kristen BPK PENABUR Terbaik & Favorit di Jakarta

Sharing Bersama BPK PENABUR Jakarta, Susan Tanoe: Sekolah PENABUR Membuat Mental Anak Kuat

Berita BPK PENABUR Jakarta - 08 June 2020

Read More
Sekolah Kristen BPK PENABUR Terbaik & Favorit di Jakarta

Menarik! Finalis Puteri Indonesia Sharing di Live IG TKK PENABUR

Berita BPK PENABUR Jakarta - 27 May 2020

Read More

Mengharumkan Nama Indonesia, Peserta Didik BPK PENABUR Jakarta Berhasil Meraih Prestasi di Ajang Olimpiade Internasional

Berita BPK PENABUR Jakarta - 22 July 2022

Berhasil mengharumkan nama Indonesia, 4 peserta didik dan 1 alumnus BPK PENABUR Jakarta sabet medali penghargaan pada tiga ajang olimpiade bergengsi tingkat internasional. Prestasi yang diraih peserta didik merupakan hadiah dari Tuhan di Hari Ulang Tahun BPK PENABUR ke-72 pada 19 Juli 2022.

 

Berwyn, peserta didik SMAK 1 PENABUR dan David Michael Indraputra, peserta didik SMAK PENABUR Gading Serpong yang tergabung dalam tim Indonesia berhasil meraih medali perak di International Physics Olympiad (IPhO) 2022. IPhO merupakan ajang olimpiade sains tertua dan terbesar kedua yang mempertemukan pelajar SMA terbaik dari berbagai negara untuk berkompetisi di bidang fisika, yang dimulai pertama kali di Polandia tahun 1967. Berlangsung secara online, IPhO ke-52 dilaksanakan pada 10-17 Juli 2022 di Zurich, Swiss diikuti 368 peserta didik dari 75 negara.

 

Kemudian,  pada International Mathematical Olympiad (IMO) ke-63 tahun 2022 yang berlangsung onsite di Oslo, Norwegia dari 6-16 Juli 2022, Rafael Kristoforus Yanto, peserta didik SMAK PENABUR Gading Serpong yang tergabung dalam tim IMO Indonesia berhasil meraih medali perak. Andrew Janong, alumnus SMAK 5 PENABUR juga berhasil meraih penghargaan Honourable Mention pada IMO 2022. IMO 2022 diikuti 589 peserta didik dari 104 negara. IMO diselenggarakan pertama kali di Rumania pada 1959 dan merupakan olimpiade sains tertua.

 

Selain itu, peserta didik SMAK PENABUR Gading Serpong  Christopher Ivan Budiwardhana, berhasil meraih medali perunggu untuk bidang Fisika dalam International Olympiad Tuymaada ke-29 yang berlangsung di Rusia. International Olympiad Tuymaada merupakan ajang kompetisi tahunan bagi pelajar yang diselenggarakan sejak 1993 oleh Kementerian Pendidikan Republik Sakha (Yakutia), Federasi Rusia. Pada tahun 2022, ajang ini berlangsung online 30 Juni hingga 10 Juli 2022 dengan bidang yang dipertandingkan Matematika, Fisika, dan Informatika.

 

Menggapai prestasi gemilang diperlukan proses panjang

Prestasi yang diraih peserta didik BPK PENABUR Jakarta tentunya bukanlah sebuah proses instan, diperlukan kerja keras dan proses yang panjang untuk menggapainya.

 

David misalnya peserta didik SMAK PENABUR Gading Serpong yang meraih prestasi di ajang IPhO 2022. Ia mempersiapkan diri selama 2 tahun untuk dapat mengikuti olimpiade taraf internasional. Berawal dari persiapan mengikuti ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) dan berhasil lolos di tingkat kabupaten, provinsi, hingga tingkat nasional, kemudian berlanjut mengikuti pelatihan nasional (pelatnas) tahap satu pada Desember 2021-Januari 2022.

 

“Setelah berhasil lolos pelatnas tahap satu, saya pun mengikuti pelatnas tahap kedua. Dari situ, saya dipanggil oleh Kemendikbudristek kembali untuk mengikuti kompetisi IPhO 2022.” ujar David.

 

Christopher, peserta didik peraih prestasi di ajang International Olympiad Tuymaada dari SMAK PENABUR Gading Serpong juga membagikan cerita dalam mempersiapkan diri mengikuti kompetisi internasional, “Saya mulai mempersiapkan diri mengikuti olimpiade fisika sejak berada di semester 2 kelas 9.”

 

Persiapan yang peserta didik lakukan dalam mengikuti olimpiade tentunya mendapatkan dukungan penuh dari sekolah. Para tenaga pendidik dipilih untuk memberikan pelatihan tambahan bagi peserta didik.

 

“Guru-guru di sekolah menyediakan berbagai soal dan materi yang sangat membantu saya dalam mempersiapkan diri mengikuti IMO. Kemudian, jika saya tertinggal pada suatu pelajaran dalam kelas regular karena harus mengikuti pelatnas, para guru juga akan membantu saja. Selain itu, guru-guru memberikan dukungan doa bagi saya serta teman-teman lainnya yang juga berjuang mengikuti olimpiade agar mendapatkan hasil yang terbaik.” jelas Rafael.

 

Pengalaman mengikuti pertandingan hingga berhasil meraih prestasi

Pengalaman yang berbeda dilalui setiap peserta didik, karena olimpiade internasional ada yang berlangsung online dan onsite.

 

“Saya dan tim IMO Indonesia berkesempatan mengikuti pertandingan pada IMO tahun ini secara langsung di Oslo, Norwegia. Suasana tentunya terasa sangat seru karena dapat bertemu dengan pelajar hebat dari berbagai negara. Euforia mengikuti kompetisi dari awal hingga akhir juga lebih tinggi ketika diadakan onsite.” kata Rafael.

 

Topik yang dipertandingkan pada IMO 2022 dibagi menjadi 4 jenis antara lain aljabar, kombinatorika, geometri, dan teori bilangan. Soal-soal yang disajikan tidak seperti soal yang diajarkan ketika berada di kelas, pengaplikasiannya juga harus kreatif.

 

“Kesulitan yang saya alami dalam mengikuti IMO 2022 karena kurang terbiasanya mengikuti pertandingan secara onsite, tetapi hal tersebut dapat teratasi dengan dukungan dari pembina yang mengadakan simulasi beberapa kali sebelum berjalannya pertandingan.” ungkap Andrew yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk berkuliah di National University of Singapore (NUS).

 

Tak mau ketinggalan, David dan Berwyn membagikan pengalaman seru mereka dalam mengikuti IPhO 2022, “Tim IPhO Indonesia berkumpul mengikuti pertandingan di sebuah hotel di Bogor. Menyenangkan rasanya, meskipun berlangsung online dan tidak dapat bertemu langsung dengan peserta dari negara lain, saya tetap bisa berkumpul dengan rekan satu tim, kita hang out dan makan bersama.” cerita David.

 

Menurut Berwyn soal yang dipertandingkan pada IPhO 2022 sangatlah sulit, tetapi dengan menenangkan diri dan berdoa kepada Tuhan di tengah pertandingan, Ia pun berhasil mengerjakan soal dengan baik.

 

“Saya merasa bangga kepada diri sendiri karena berhasil meraih prestasi dan dapat membawa nama Indonesia di kancah internasional. Ungkapan syukur saya panjatkan kepada Tuhan karena Ia telah menuntun saya hingga berhasil berada di titik ini.” tutur Rafael.

 

Pesan bagi peserta didik BPK PENABUR Jakarta dalam rangka HUT ke-72 BPK PENABUR

Pada HUT ke-72 BPK PENABUR yang mengangkat tema “Berani Berubah : Berkarakter, Inovatif, dan Inspiratif” para peserta didik BPK PENABUR Jakarta yang berhasil meraih prestasi menyampaikan pesan bermakna dan penuh semangat bagi peserta didik BPK PENABUR Jakarta lainnya yang kembali memulai kegiatan pembelajaran di tahun ajaran 2022-2023.

 

“Pada tahun ajaran yang baru ini, marilah teman-teman kita terus tingkatkan semangat belajar, tekun, dan selalu mengandalkan Tuhan dalam segala hal.” tutur Christopher penuh semangat.

 

David turut memberikan pesan bagi para peserta didik lainnya. “Kejar impian dan jadilah diri sendiri. Jadilah terang dan garam dunia dimanapun teman-teman berada, yang dapat membanggakan orang tua dan memberikan dampak positif bagi sesama.” ujar David.

 

Selamat Hari Ulang Tahun ke-72 BPK PENABUR, teruslah berkarya dan menghasilkan peserta didik Indonesia yang memiliki karakter baik, inovatif, berprestasi, serta menginspirasi.

 

***

Mari bergabung di BPK PENABUR Jakarta  https://psbjakarta.bpkpenabur.or.id/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 09 June 2020
Seru! Tiga Figur Ini Berbagi Pengalaman tentang M...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 08 June 2020
Sharing Bersama BPK PENABUR Jakarta, Susan Tanoe:...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 27 May 2020
Menarik! Finalis Puteri Indonesia Sharing di Live...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 08 May 2020
BERIMAN: Berdoa, Inovasi, Motivasi, Aktivitas dan...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 04 May 2020
SMAK PENABUR Jakarta Lakukan Wisuda secara Daring

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 20 July 2020
Ketua BPK PENABUR Jakarta: Pilih Excellence atau ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 05 August 2020
Mark Soesanto, Menjadi Penyemangat Bagi Peserta D...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 07 August 2020
Obamaputralaris Naibaho, Tetap Semangat Liputan d...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 18 August 2020
Amanat Ketua BPK PENABUR Jakarta dalam Upacara Da...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 August 2020
Diikuti lebih dari 3000 Peserta Didik, Upacara Ke...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 27 August 2020
Generasi BEST, Profil Lulusan BPK PENABUR Jakarta

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 28 September 2020
Bina Iman Guru dan Karyawan SMPK PENABUR Jakarta:...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 05 October 2020
Direktorat PAUD Kemdikbud RI: Pola Pengasuhan Pos...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 09 October 2020
Cara Guru TKK PENABUR Jakarta Menguatkan Iman Pes...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 28 October 2020
Launching Buku Berani Berubah: Sepak Terjang BPK ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 23 November 2020
Raih Piagam Penghargaan dari Kemendikbud di Hari ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 23 November 2020
Berhasil Raih Piagam Penghargaan Kemendikbud, Ten...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 24 November 2020
Peserta Didik SMAK PENABUR Kota Wisata Bercerita ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 25 November 2020
Berhasil Melalui Masa Sulit dan dapat Menjadi Ber...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 26 November 2020
Bertekad Menjadi Abdi Negara, Berkat Rasa Cinta T...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 28 November 2020
Ajak Anak Usia Dini Untuk Mau Berbagi, Peduli, da...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 01 December 2020
Berhasil Menghadapi Tantangan Untuk Berkuliah di ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 02 December 2020
Berkolaborasi di dalam Lomba Peneliti Belia 2020,...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 10 December 2020
5 Manfaat Membangun Relasi dengan Anak Lewat Memb...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 14 December 2020
Peserta Didik BPK PENABUR Jakarta Berhasil Meraih...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 21 December 2020
Natal BPK PENABUR Jakarta 2020 Sebagai Momentum R...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 22 December 2020
Natal di Masa Pandemi, Kebersamaan dengan Keluarg...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 05 January 2021
5 Hal yang Perlu dipersiapkan Jelang Pembelajaran...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 18 January 2021
Pentingnya Yes Generation Memiliki Kemampuan Ente...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 January 2021
5 TIPS KERJA KELOMPOK DI MASA PEMBELAJARAN JARAK ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 26 January 2021
Tips Agar Tetap Semangat PJJ di Musim Hujan

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 27 January 2021
Kiat Untuk Remaja Agar Semangat Tak Pudar di Masa...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 30 January 2021
Pembelajaran Jarak Jauh Masih Harus Berlangsung d...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 15 February 2021
5 Tips Agar Tetap Bersemangat di Hari Senin

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 18 February 2021
5 Cara Mengelola Kesehatan Mentalmu Selama Pembel...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 25 February 2021
5 Hal Menarik dari Majalah BEST Teens

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 01 March 2021
Tips Membangun Komunikasi yang Efektif dengan Ana...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 03 March 2021
Cerita PJJ Peserta Didik BPK PENABUR Jakarta

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 09 March 2021
Yuk, Persiapkan Dirimu Jelang Penilaian Tengah Se...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 10 March 2021
Berbagi Pengetahuan Melalui Lomba ‘Improving CSI ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 15 March 2021
Communication Skill Merupakan Modal Utama Bagi Ka...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 17 March 2021
Ujian Praktik Online SMPK PENABUR Jakarta di Masa...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 18 March 2021
Tetaplah Semangat dan Persiapkan dirimu dengan Ba...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 March 2021
Mari Beristirahat Sejenak di Akhir Pekan Pada Mas...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 22 March 2021
Tips Agar Tetap Fokus Menghadapi Ujian Sekolah On...
Tips Agar Tetap Fokus Menghadapi Ujian Sekolah On...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 23 March 2021
Tips Menjawab Soal Ujian Sekolah Online dengan Ef...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 26 March 2021
Christian Evan Chandra, Peraih IPK 4 UI Kasih Tip...
Christian Evan Chandra, peraih IPK 4 jurusan Ilmu...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 06 April 2021
Peserta Didik SMAK 6 PENABUR Live In Virtual Bers...
SMAK 6 PENABUR kembali mengadakan kegiatan sosial...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 07 April 2021
SMAK PENABUR Kelapa Gading Lolos Asesmen Gelar Uj...
SMAK PENABUR Kelapa Gading lolos asesmen untuk mu...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 08 April 2021
Asyiknya Belajar Matematika Bersama Peserta Didik...
SMAK PENABUR Kota Tangerang kembali mengajar pada...