Sekolah Kristen BPK PENABUR Terbaik & Favorit di Jakarta

Tri-Award Holder The Duke of Edinburgh’s International Award BPK PENABUR Jakarta : Potensi Tanpa Difasilitasi Menjadi Tidak Berguna

Berita BPK PENABUR Jakarta - 04 December 2023

His Royal Highness The Duke of Edinburgh's Intern...

Read More
Sekolah Kristen BPK PENABUR Terbaik & Favorit di Jakarta

Perwakilan BPK PENABUR Jakarta Terima Penghargaan dari MURI

Berita BPK PENABUR Jakarta - 11 December 2023

Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan pe...

Read More
Sekolah Kristen BPK PENABUR Terbaik & Favorit di Jakarta

190 Siswa SLTAK PENABUR Jakarta Lolos SNBP 2023, Ada yang diterima di FEB UI

Berita BPK PENABUR Jakarta - 03 April 2023

Kabar gembira! Sebanyak 190 peserta didik dari 14...

Read More

Sukses di Bidang Keuangan, Pamitra Wineka Bagikan Tips Mengelola Keuangan bagi Siswa

Alumni Stories - 14 June 2024

 

Pamitra Wineka merupakan salah satu tokoh muda berpengaruh Indonesia di bidang keuangan. Saat ini, Ia menjabat sebagai special staff CEO dan Commissioner of GOTO Financial serta komisaris independen dari PT Mineral Industri  Indonesia alias MIND ID.

 

Kesuksesan tersebut tentu dipengaruhi berbagai faktor penting, salah satunya sekolah. Pamitra Wineka atau yang akrab disapa Eka, merupakan alumnus dari SMPK 5 PENABUR dan SMAK 7 PENABUR.

 

Menurut Eka, BPK PENABUR Jakarta selalu konsisten dari masa ke masa dengan misinya, “Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal melalui pendidikan dan pengajaran bermutu berdasarkan nilai-nilai Kristiani”.

 

“Misi tersebut sangat berharga untuk diterapkan ke dalam pekerjaan, karena dunia kerja selain komunitas yang beragam, kerap kali terdapat realita yang membuat kita putus asa, kecewa, maupun jadi lupa diri ketika kita mencapai karir yang gemilang. Melalui visi dan misinya, BPK PENABUR Jakarta telah membentuk mental pelajar yang kuat dan iman yang teguh agar siap menghadapi dunia kerja yang begitu ‘colorful’.” ujar Eka.

 

Selama menjadi pelajar di BPK PENABUR Jakarta banyak kenangan manis yang dirasakan, tentang bagaimana guru-guru mendukungnya dalam berbagai perlombaan yang diikuti. Salah satu kompetisi yang masih diingat oleh Eka adalah lomba programming di Colose Canisius Cup dan IPEKA.

 

“Kala itu, saya adalah angkatan kedua. Saya ingat bagaimana guru-guru memperlakukan saya lebih dari sekedar murid dan itu sangat berkesan. Jadi dulu ketika mau lomba, Pak Teguh, guru Bahasa Inggris saya saat itu, mengantarkan saya dan bahkan mentraktir makan.  Saya juga didoakan bersama-sama ketika renungan pagi.” kenang Eka.

 

Eka juga masih ingat guru-guru yang marah dan menghukumnya ketika Ia melakukan kesalahan. Ada rasa sakit hati memang, tetapi kalau diingat-ingat itu adalah bentuk kepedulian guru terhadap siswa agar menjadi pribadi yang baik.

 

“Akhir-akhir ini saya mulai berkomunikasi dengan guru-guru saya dulu yang sudah pensiun. Saya sering mendapatkan pesan yang membangun dari mereka,” cerita Eka.

 

Selain aktif di bidang akademik, Eka juga aktif di bidang non akademik. Ia mengikuti ekstrakurikuler komputer, mempelajari tentang web design  dan pemrograman. Selain itu, Eka juga tergabung ke dalam ekstrakurikuler yang mengasah fisiknya, yaitu basket dan voli.

 

“Menurut saya, ekstrakurikuler adalah sarana yang baik untuk bisa bertemu dengan teman-teman sekelas bahkan dari angkatan lain. Jadi, tidak hanya fokus belajar dan berkomunikasi dengan teman satu kelas saja. Ekstrakurikuler juga bisa menjadi penunjang agar terbentuk soft skills pada siswa. Oleh karena itu, tidak ada alasan tidak punya waktu untuk mengikuti ekstrakurikuler, justru kita yang seharusnya bisa mengatur waktu agar bisa ikut ekstrakurikuler.” tutur Eka.

 

Tips mengelola keuangan

Sukses di bidang keuangan, Eka berpendapat seharusnya pengelolaan keuangan menjadi kewajiban di dalam pelajaran sekolah.

 

“Pengelolaan keuangan yang salah dapat menjadi penyebab utama perusahaan-perusahaan yang citranya baik menjadi hancur, keretakan rumah tangga, dan orang-orang yang bekerja keras banting tulang puluhan tahun pensiun tanpa punya uang. Maka dari itu, saya ingin membagikan tips bagi teman-teman sekalian,” ujar Eka.

  1. Segera ambil kelas money management termasuk belajar instrumen investasi dan memahami segala risikonya. 
  2.  Hindari trap / jebakan lifestyle orang-orang yang boros dan korban trendy.
  3. Disiplin dalam memotong porsi tabungan/investasi dari penghasilan yang diterima setiap bulan.
  4. Investasi terbaik adalah investasi ke diri sendiri, dengan belajar hal baru, jaga kebugaran dan kesehatan, serta punya network yang baik. 
  5. Memahami risiko sangat penting karena banyak tawaran investasi (dari iklan maupun teman terdekat) yang menarik, namun rule of thumb Eka adalah "if it is too good to be true, then it is not true", “Tidak ada apa pun yang mudah, buat cepat kaya, dan aman.” kata Eka.

 

Perjalanan karir Eka

Setelah lulus dari BPK PENABUR Jakarta, Eka melanjutkan pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB), Indonesia program sarjana Matematika tahun 2005 dan di University of Illinois at Urbana Champaign, Amerika Serikat meraih gelar Master Matematika dengan fokus statistika pada tahun 2012.

 

Berikut perjalanan karir selengkapnya Pamitra Wineka : 

  1. Special Staff to CEO dan Commissioner of GOTO Financial PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk sejak November 2023 sampai saat ini.
  2. Komisaris independen dari perusahaan BUMN PT Mineral Industri  Indonesia atau MIND ID di tahun 2024.
  3. Head of CEO Office, Independent Commissioner, dan chairman of risk oversight committee di PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB) tahun 2019 - 2023.
  4. Commissioner dari PT Trimuda Nuansa Citra Tbk (TNCA) di tahun 2019 - 2020.
  5. Co-founder & Commissioner tahun 2016-2021, Co-founder & CEO tahun 2021 - 2022 di PT Tani Group Indonesia (TaniHub Group)
  6. Senior Partner for Indonesia tahun 2016 - 2020, PT Akulaku Silvrr Indonesia (Akulaku Group)
  7. Intern (STT) di Washington DC, Amerika Serikat pada Agustus - Oktober 2012 dan Researcher (STC) di Jakarta, Indonesia, November 2012 - Mei 2016 untuk The World Bank Group.
  8. Intern di J.P Morgan, New York, Amerika Serikat pada Mei - Agustus 2012 dan di Danareksa Research Institute, Jakarta Indonesia pada April - Agustus 2010.

 

Eka turut membagikan tips sukses meraih karir gemilang seperti dirinya, kepada teman-teman yang saat ini masih menempuh pendidikan di BPK PENABUR Jakarta.

 

“Belajar dan punya nilai baik memang bukan jaminan sukses, namun sangat mempermudah jalan kita, karena dengan nilai yang bagus, kita bisa masuk ke kampus impian dan berteman dengan orang-orang yang setara bahkan lebih dari kita. Kemudian, dengan nilai bagus, kita juga jadi punya kesempatan bekerja di perusahaan yang citranya baik dengan rekan kerja yang high performer juga tentunya.” jelas Eka.

 

Eka mengajak siswa BPK PENABUR Jakarta untuk aktif di luar kegiatan belajar mengajar di kelas, semisal mengikuti ekstrakurikuler maupun organisasi seperti OSIS di sekolah.

 

“Hal tersebut menjadi penting karena sekarang ini juga dicari orang-orang yang multi talenta dan serba bisa dalam pekerjaan. Jika hanya jago di pelajaran saja, opsi karirnya agak sulit.” ungkap Eka. 

 

Eka juga berpesan untuk menghindari perselisihan antar teman, karena membangun relasi yang baik sejak dini penting untuk perjalanan karir di masa depan, “Ingatlah untuk menerapkan nilai Kristiani dengan cara memaafkan dan mengasihi orang lain.” tutur Eka.

 

Pamitra Wineka merupakan salah satu alumni BPK PENABUR Jakarta yang memiliki profil lulusan BEST. Be Tough memiliki jati diri, spiritualitas  dan karakter Kristiani yang utuh dan tangguh. Excel Worldwide  menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, menguasai bahasa internasional dan memiliki jiwa kepemimpinan untuk tujuan positif.  Trust in God memiliki sikap mengandalkan Tuhan dan menunjukan sikap takut akan Tuhan dalam kehidupan keluarga, sekolah, gereja, dan masyarakat.

 

Informasi selengkapnya mengenai BPK PENABUR Jakarta, SMAK 7 PENABUR, dan SMAK 5 PENABUR  dapat klik tautan berikut ini https://bpkpenabur.or.id/cities/jakarta 

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 04 December 2023
Tri-Award Holder The Duke of Edinburgh’s Internat...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 11 December 2023
Perwakilan BPK PENABUR Jakarta Terima Penghargaan...
Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan pe...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 03 April 2023
190 Siswa SLTAK PENABUR Jakarta Lolos SNBP 2023, ...
Kabar gembira! Sebanyak 190 peserta didik dari 14...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 12 October 2022
Membanggakan! Peserta Didik SLTAK PENABUR Jakarta...
Peserta didik SLTAK PENABUR Jakarta berhasil mera...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 11 October 2022
PENABUR Children Choir, Raih Prestasi Gemilang di...
PENABUR Children Choir (PCC) berhasil meraih meda...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 07 October 2022
Webinar DQ BPK PENABUR Jakarta, Ajak Orang Tua Be...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 08 June 2020
Sharing Bersama BPK PENABUR Jakarta, Susan Tanoe:...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 27 May 2020
Menarik! Finalis Puteri Indonesia Sharing di Live...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 08 May 2020
BERIMAN: Berdoa, Inovasi, Motivasi, Aktivitas dan...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 04 May 2020
SMAK PENABUR Jakarta Lakukan Wisuda secara Daring

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 20 July 2020
Ketua BPK PENABUR Jakarta: Pilih Excellence atau ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 05 August 2020
Mark Soesanto, Menjadi Penyemangat Bagi Peserta D...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 07 August 2020
Obamaputralaris Naibaho, Tetap Semangat Liputan d...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 18 August 2020
Amanat Ketua BPK PENABUR Jakarta dalam Upacara Da...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 August 2020
Diikuti lebih dari 3000 Peserta Didik, Upacara Ke...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 27 August 2020
Generasi BEST, Profil Lulusan BPK PENABUR Jakarta

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 28 September 2020
Bina Iman Guru dan Karyawan SMPK PENABUR Jakarta:...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 05 October 2020
Direktorat PAUD Kemdikbud RI: Pola Pengasuhan Pos...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 09 October 2020
Cara Guru TKK PENABUR Jakarta Menguatkan Iman Pes...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 28 October 2020
Launching Buku Berani Berubah: Sepak Terjang BPK ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 23 November 2020
Raih Piagam Penghargaan dari Kemendikbud di Hari ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 23 November 2020
Berhasil Raih Piagam Penghargaan Kemendikbud, Ten...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 24 November 2020
Peserta Didik SMAK PENABUR Kota Wisata Bercerita ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 25 November 2020
Berhasil Melalui Masa Sulit dan dapat Menjadi Ber...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 26 November 2020
Bertekad Menjadi Abdi Negara, Berkat Rasa Cinta T...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 28 November 2020
Ajak Anak Usia Dini Untuk Mau Berbagi, Peduli, da...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 01 December 2020
Berhasil Menghadapi Tantangan Untuk Berkuliah di ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 02 December 2020
Berkolaborasi di dalam Lomba Peneliti Belia 2020,...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 10 December 2020
5 Manfaat Membangun Relasi dengan Anak Lewat Memb...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 14 December 2020
Peserta Didik BPK PENABUR Jakarta Berhasil Meraih...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 21 December 2020
Natal BPK PENABUR Jakarta 2020 Sebagai Momentum R...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 22 December 2020
Natal di Masa Pandemi, Kebersamaan dengan Keluarg...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 05 January 2021
5 Hal yang Perlu dipersiapkan Jelang Pembelajaran...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 18 January 2021
Pentingnya Yes Generation Memiliki Kemampuan Ente...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 January 2021
5 TIPS KERJA KELOMPOK DI MASA PEMBELAJARAN JARAK ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 26 January 2021
Tips Agar Tetap Semangat PJJ di Musim Hujan

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 27 January 2021
Kiat Untuk Remaja Agar Semangat Tak Pudar di Masa...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 30 January 2021
Pembelajaran Jarak Jauh Masih Harus Berlangsung d...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 15 February 2021
5 Tips Agar Tetap Bersemangat di Hari Senin

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 18 February 2021
5 Cara Mengelola Kesehatan Mentalmu Selama Pembel...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 25 February 2021
5 Hal Menarik dari Majalah BEST Teens

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 01 March 2021
Tips Membangun Komunikasi yang Efektif dengan Ana...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 03 March 2021
Cerita PJJ Peserta Didik BPK PENABUR Jakarta

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 09 March 2021
Yuk, Persiapkan Dirimu Jelang Penilaian Tengah Se...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 10 March 2021
Berbagi Pengetahuan Melalui Lomba ‘Improving CSI ...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 15 March 2021
Communication Skill Merupakan Modal Utama Bagi Ka...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 17 March 2021
Ujian Praktik Online SMPK PENABUR Jakarta di Masa...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 18 March 2021
Tetaplah Semangat dan Persiapkan dirimu dengan Ba...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 March 2021
Mari Beristirahat Sejenak di Akhir Pekan Pada Mas...

Jakarta

Berita BPK PENABUR Jakarta - 22 March 2021
Tips Agar Tetap Fokus Menghadapi Ujian Sekolah On...
Tips Agar Tetap Fokus Menghadapi Ujian Sekolah On...