Pengalaman Siswa selama mengikuti Character Camp 2023

BERITA LAINNYA - 13 October 2023

CHARACTER CAMP AKT 2023

oleh Gladys Yohana Putri  X-6

 

 

     Halo semuanya dan  AKT-zens tercinta! Pada 11-13 Oktober kemarin, siswa/i kelas 10 mengikuti kegiatan Character Camp. Angkatan ke 11 menjadi angkatan pertama yang mengikuti Character Camp secara offline setelah pandemi. Tema untuk Character Camp tahun 2023 ini adalah “Ecclesia Domestica Ecclesia Schola”. Selain itu, pada tahun ini pihak sekolah bekeja sama dengan pihak Jejak Kita. Kegiatan ini diadakan agar bisa menjadi sarana bagi siswa/i AKT dalam menumbuhkan karakter yang kuat. Yuk, kita simak acaranya!

 

DAY 1

     Acara dimulai pukul 6.30. Semua siswa berkumpul dan duduk di aula sesuai dengan kelas masing-masing. Pada sesi pertama, kami diberitahukan mengenai dasar-dasar dari karakter. Kita belajar mengenai apa itu mental dan kaitannya dengan kehidupan kita. Pada sesi 2, kami diberi kesempatan untuk mencari apa warna karakter dari masing-masing kami. Warna-warna karakter terdiri dari 4, yaitu biru, emas, hijau, dan oranye. Tiap warna memiliki sifat yang berbeda-beda. Misalnya, jika warna biru akan mengutamakan perasaan dari seseorang, warna emas akan lebih mementingkan apakah perilaku seseorang sesuai dengan apa yang seharusnya. Lalu, jika warna oranye lebih berpikir secara santai, warna hijau akan selalu mengedepankan pemikiran rasional. Tiap kelompok sesuai warna karakter diberikan sebuah contoh permasalahan dan terbukti jawaban per kelompok berbeda-beda sesuai warna mereka. Pada sesi ketiga, kami diajarkan mengenai bagaimana caranya membentuk karakter yang baik dan kuat. Supaya setiap siswa tidak bosan, setiap sesi pasti diselingi ice breaking oleh tim Jejak Kita. Pada akhir acara, kami mengadakan evaluasi hari pertama dan juga briefing untuk hari kedua. Acara selesai kurang lebih pukul 16.00.

 

DAY 2

      Sama seperti hari pertama, siswa berkumpul pada pukul 06.30. Bedanya, hari ini kami berkumpul sesuai kelompok yang sudah dibagi pada sebelum kegiatan. Dengan arahan tim Jejak Kita, kami semua melakukan pemanasan. Ternyata pemanasan itu dilakukan karena pada hari kedua, kami full bermain game. Dengan total 10 kelompok, kami dibagi menjadi 2 kelompok besar pada zona yang berbeda. Kelompok 1-5 bermain di zona 1, yaitu di lapangan upacara. Kelompok 6-10 bermain di zona 2, yaitu di lapangan atas. Ada beberapa jenis permainan, seperti Alcatraz, Folding Map, Flying Carpet, dan Magic Stick. Selama kurang lebih 3 jam, kami semua bersenang-senang dengan permainan-permainan tersebut. Mungkin kesannya itu hanyalah permainan bagi kita. Nyatanya, permainan-permainan tersebut mengajarkan banyak hal secara tersirat. Antara lain, bagaimana kita harus bekerja sama dengan 1 kelompok, sabar dalam menangani masalah yang ada dalam permaninan, berkoordinasi dengan anggota kelompok, dan masih banyak lagi. Lalu, 10 kelompok pun bertemu pada permainan terakhir, yaitu voli air. Rasanya kurang seru jika kita tidak basah-basahan. Setelah acara bermain selesai, kami diberi waktu untuk mandi dan berganti pakaian. Pada pukul 19.30, kami memulai acara selanjutnya “Malam Kreatifitas”. Acara tersebut berisi penampilan dari masing-masing kelompok yang harus berkaitan dengan tema, “Karakter dan Iman yang Kuat”. Penampilannya pun sangat beragam. Ada yang menampilkan drama, lalu musik, puisi, atau fashion show. Penampilan dibagi menjadi 2 sesi, dimana dalam sesi itu diselingi acara makan bakso, baru melanjuti penampilan kelompok yang tersisa. Penampilan dari tiap kelompok pastinya keren-keren sekali. Ada yang membuat terkagum, ada yang mengundang tawa, ada juga yang membuat kita semua bernyanyi. Acara selesai kurang lebih pukul 22.00 dan kami bergegas menuju kamar masing-masing. Iya, pada hari kedua kami semua menginap di sekolah. Teman menginap dibagi per kelas. Keadaan setiap kamar pun berbeda. Ada yang langsung tertidur, ada yang masih mengobrol ataupun bermain satu sama lain. Kira-kira itu dia keseruan di hari kedua.

 

DAY 3

     Pukul 04.30, kami sudah dibangunkan dan diberi waktu untuk mandi dan beres-beres sampai pukul 06.30. Beberapa siswa bergegas mandi begitu dibangunkan. Tapi, tentunya beberapa siswa memilih untuk tidur lagi. Bahkan ada yang baru bangun pada pukul 06.00 dan pergi mandi dengan santai. Pada pukul 06.30 sudah tidak ada lagi kegiatan mandi, melainkan kami diberi sarapan nasi goreng. Pada pukul 07.30 kami telah selesai makan dan bergegas ke aula untuk mengikuti sesi di hari terakhir. Kami mendapatkan informasi tentang teamwork and leadership pada sesi pertama. Lalu kami istirahat kurang lebih 30 menit baru dilanjut dengan sesi 2. Sesi 2 sendiri adalah tugas membuat poster per kelompok yang berkaitan dengan materi di sesi 1 dan kami juga harus mempresentasikannya. Pada sesi 3, kami membahas mengenai pribadi adaptif dan relasi sang pemimpin. Setiap siswa menyuarkan pendapatnya mengenai topik bahasan sambil kami mengisi lembar kerja yang dibagikan. Setelah ini, kami ada acara membuat scrapbook sebagai kenang-kenangan. Semua terlihat focus dan semangat dalam mengerjakannya. Character Camp ditutup oleh Bu Inggrid yang mewakilkan Ibu Kepala Sekolah, Bu Kristina Tarigan yang berhalangan hadir. Kami pun mengadakan sesi foto bersama dan juga waktu untuk packing barang. Sebelum pulang, kami mengisi form evaluasi dari kegiatan Character Camp. Kami pulang pada pukul 16.30.

     Itulah keseruan siswa kelas 10 angkatan 11 pada Character Camp 2023. Kegiatan ini pasti memiliki tempat tersendiri di hati kami masing-masing dan akan menjadi salah satu kenangan terindah. Sampai jumpa di Character Camp tahun depan semuanya!

 

“Character Camp 2023

 ECCLESIA DOMESTICA ECCLESIA SCHOLA”

=====================================================================

 

 

 

CHARACTER CAMP AKT 2023

oleh Dian Neguita Surbakti X-5

 

     Bertumbuh dan berkembang merupakan hal yang tidak mudah, terutama dalam hal karakter. Karena karakter merupakan identitas diri yang mencerminkan siapa diri kita sebenarnya. Di dalam menggapainya, terdapat upaya serta proses yang perlu dilalui agar hasil yang didapatkan dapat berbuah baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Sehingga penting bagi kita, untuk berada di dalam lingkungan yang memadai serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan karakter kita.

 

     Pada tanggal 11 – 13 Oktober 2023, SMAK PENABUR Kota Tangerang berhasil mewadahi proses pertumbuhan dan perkembangan karakter tersebut dengan mengadakan Character Camp 2023 yang mengusung tema “Ecclesia Domestica Ecclesia Schola.” Kegiatan tersebut dijalankan melalui kerjasama dengan Jejak KITA Training & Consultant tim, yang sudah sangat berpengalaman dalam membantu peserta didik dan bersama – sama menjalani kegiatan tersebut agar dapat membantu pertumbuhan serta perkembangan karakter siswa. Di dalam Character Camp ini, banyak kegiatan yang menumbuhkan karakter seperti, kepemimpinan, kerja sama, keberanian, percaya diri, komunikasi dengan sesama, dan masih banyak lainnya. Apa saja kegiatannya?

 

     Dimulai pada hari pertama, kamia diajak untuk mengenal tentang apa itu kesehatan mental dan betapa pentingnya hal tersebut di dalam kehidupan kita. Kami diajarkan untuk mengetahui cara dan pencegahan dalam mengatasi adanya gangguan secara kesehatan mental sehingga hidup lebih teratur dan bahagia. Sebelum lanjut ke sesi berikutnya, diselingi oleh permainan “melindungi bumi” di mana kami medapatkan banyak pembelajaran mengenai kerja sama dalam tim, kekompakkan, serta mengetahui betapa pentingnya komunikasi dan sikap terbuka untuk mencegah kesalahpahaman dengan orang lain. Pada sesi kedua, kami melakukan tes yang bernama “True Colors.” Di dalam tes tersebut, terdapat 4 warna yaitu, biru, hijau, emas, dan jingga, yang salah satunya merupakan gambaran dominan diri kita. Setelah melalui tes tersebut, saya mengetahui tentang sifat diri saya sebenarnya dan berhubungan dengan relasi kita dengan orang lain. Berikutnya pada sesi ketiga, kami diminta untuk menuliskan komitmen dan keinginan yang bersifat yakin dan bukan hanya “akan” belaka. Dalam sesi tersebut diharapkan para peserta dapat menjalani komitmen yang sudah ditulis dengan sungguh-sungguh dan keyakinan bahwa hal tersebut dapat tercapai.

 

     Masuk pada hari yang kedua, saya yakin merupakan hari yang sangat menyenangkan bagi setiap peserta. Karena pada hari tersebut, banyak sekali permainan yang asik serta menarik dan sayang untuk dilewatkan. Permainan tersebut bersifat kelompok dan banyak rintangan yang harus dilalui untuk mendapatkan poin. Dimulai dari permainan folding map, Alcatraz, tarik pipa dengan bola, magic stick, dan menyeimbangkan gelas di atas kain. Seluruh permainan tersebut harus diselesaikan dengan kerja sama antar tim, dan memerluka koordinasi serta kekompakkan yang baik antar anggota tim. Walaupun banyak adegan menguras emosi dan rasa kesal tetapi, semua permainan tersebut berhasil diselesaikan dengan baik. Setelah hari menjelang malam, kami melakukan malam kreativitas. Pada sesi ini, setiap kelompok menunjukkan kreativitas mereka dalam menjalani tema yang sudah ditentukan. Banyak penampilan menarik dan seru, yang membuat malam itu terasa menyenangkan.

 

     Hari ketiga menjadi hari terakhir dalam pelaksanaan Character Camp ini. Walaupun kami harus bangun sangat pagi untuk mandi, tetapi setiap peserta dengan senang hati bangun dan bersiap-siap untuk menjalani Character Camp pada hari ketiga ini. Hari ketiga diisi oleh pendiri Jejak yaitu, Kak Anton Binsar. Pada hari ini, kami dilatih mengenai kepemimpinan dan keberanian dalam berpendapat dan bagaimana pendapat kami dapat mempengaruhi orang lain. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi debat antar setiap pendapat kelompok. Sesi terakhir, kami diajak membuat scrapbook tentang Impian masa depan kami.

     

     Tidak hanya pada sesi, banyak hal di luar sesi yang membangun karakter dan daya juang para peserta Character Camp. Sebagai contoh, mau mencoba untuk keluar dari zona nyaman dan tidur bersama-sama di dalam ruang kelas tanpa adanya Kasur empuk seperti di rumah. Ataupun saat bergiliran mandi pagi, seluruh siswa harus mau bangun pagi untuk menyiapkan diri mengawali hari saat Character Camp. Tetapi, bagi saya hal-hal tersebut justru menyenangkan dan menambah kedekatan serta kehangatan antar peserta Character Camp dan semakin menggali setiap karakter dan kepribadian teman-teman yang lain.

     Saat selesai Character Camp, saya merasa begitu senang sekaligus sedih karena telah usai kerbersamaan di sekolah pada acara ini. Tetapi yang terpenting, saya pulang membawa banyak pengalaman dan pengajaran yang berguna untuk masa depan.

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 05 February 2020
Keluarga Kristen Yang Berbahagia
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 07 September 2020
Gempita PENABUR 9.9
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 02 October 2020
Community Social Project (CSP) - Come, Lend A Hel...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 14 October 2020
Bebras Computational Thinking Challenge
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 19 November 2020
Bintang SMA 2020
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 28 January 2021
Peranan Allah dalam Kehidupan Keluargaku
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 02 February 2021
LDK OSIS SMAK PENABUR KOTA TANGERANG 2021
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 15 February 2021
Ibadah Persiapan TO Penabur Kelas XII "Bersama Tu...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 27 March 2021
SEMINAR ORANG TUA SISWA "PELUANG KARIR MASA PANDE...
SEMINAR ORANG TUA SISWA "PELUANG KARIR MASA PANDE...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 05 April 2021
COMMUNITY SOCIAL PROJECT
COMMUNITY SOCIAL PROJECT
BERITA LAINNYA - 11 October 2021
PELAYANAN BERMAKNA
BERITA LAINNYA - 12 October 2021
SEDIKIT PEMBERIAN, BERJUTA MANFAAT
SEDIKIT PEMBERIAN, BERJUTA MANFAAT
BERITA LAINNYA - 13 October 2021
MEMBANTU SESAMA
MEMBANTU SESAMA
BERITA LAINNYA - 14 October 2021
LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA - TINGKAT PROVINSI
LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA - TINGKAT PROVINSI
BERITA LAINNYA - 13 October 2021
TOP 1000 - BERDASARKAN NILAI UTBK
TOP 1000 - BERDASARKAN NILAI UTBK
BERITA LAINNYA - 06 January 2022
PROFESIONALISM
BERITA LAINNYA - 13 January 2022
ANAK BELAJAR “SELINGKUH” DARI PJJ
ANAK BELAJAR “SELINGKUH” DARI PJJ
BERITA LAINNYA - 23 January 2022
KEGIATAN PERKEMAHAN JUMAT-SABTU
KEGIATAN PERKEMAHAN JUMAT-SABTU
BERITA LAINNYA - 23 January 2022
DIVYA COMPETITION
DIVYA COMPETITION
BERITA LAINNYA - 22 January 2022
PERJUSA PASKIBRA AKT
PERJUSA PASKIBRA AKT
BERITA LAINNYA - 01 November 2022
Rich in Memories
BERITA LAINNYA - 11 November 2022
MENJADI PEJUANG DAN PEMENANG DALAM SETIAP TANTANG...
MENJADI PEJUANG DAN PEMENANG DALAM SETIAP TANTANG...
BERITA LAINNYA - 15 December 2022
AKT’s Christmas Day - “The Deja Vu Christmas”
“The Deja Vu Christmas”
BERITA LAINNYA - 08 October 2022
Karir Day
Karir Day
BERITA LAINNYA - 01 November 2022
BERAWAL DARI SEBUAH POT MENJADI SEBUAH KEISTIMEWA...
BERAWAL DARI SEBUAH POT MENJADI SEBUAH KEISTIMEWA...

Choose Your School

GO