Pengukuhan Angkatan ke-5 Anggota PMR 2021 SMAK PENABUR Kota Tangerang

BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 14 January 2021

Pengukuhan Angkatan ke-5 Anggota PMR 2021

SMAK PENABUR Kota Tangerang

 

 

     SMAK PENABUR Kota Tangerang berkesempatan menyelenggarakan pengukuhan dan pelantikkan anggota PMR angkatan ke-5. Acara tersebut diselenggarakan pada Jumat dan Sabtu, 8-9 Januari 2021. Pengukuhan dimulai dari pukul 13.30 hingga 18.00 pada  hari Jumat dan pukul 07.00 hingga 14.00 pada hari Sabtu. Acara pengukuhan mendatangkan pembicara dari PMI Kota Tangerang. Panitia juga mengundang perwakilan forpis dari unit-unit PMR di Kota Tangerang, dan alumni pengurus unit PMR SMAK PENABUR Kota Tangerang, serta perwakilan  dari PMI Kota Tangerang. Dari PMI Cab.Kota Tangerang.

 

        Diawali dengan kata sambutan dari Pak Vernando Sidabutar, selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan merangkap sebagai  pembina PMR SMAK PENABUR Kota Tangerang membuka acara pengukuhan. Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kak Susan Dwijayanti, selaku pelatih. Acarapun dimulai dengan pemberian materi dari PMI Cabang Kota Tangerang, Kak Rizky menyampaikan materi mengenai sejarah Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, menjelaskan sejarah PMI, dimulai dengan penemunya sendiri Henry Dunant yang terinspirasi membentuk organisasi tersebut ketika ia dengan tidak sengaja menyaksikan pertempuran Solferino dalam perjalanannya menemui kaisar Napoleon III. Pada pertempuran tersebut ia mengamati bahwa tenaga medis di daerah itu sangat tidak memadai, pengalamannya dia ceritakan dalam Memories of Solferino, dimana ia mencetuskan dua gagasan yaitu membentuk organisasi kemanusiaan internasional yang dapat dipersiapkan pendiriannya pada masa damai untuk menolong para prajurit yang cedera di medan perang; serta mengadakan perjanjian internasional guna melindungi prajurit yang cedera di medan perang serta perlindungan sukarelawan dan organisasi tersebut pada waktu memberikan pertolongan pada saat perang.

 

           Pada sesi tanya jawab, Kak Rizky menyatakan bahwa aturan penggunaan lambang PMI tidak sembarangan karena terdapat aturan yang mengikat. Hal tersebut tidak membuat penggunaan lambang PMI dipandang kaku dan memberikan kesan sangat sulit, namun justru memberikan tantangan bagi anggota PMR untuk lebih memerhatikan penggunaan lambang PMI. Setelah sesi materi, para peserta pengukuhan diajak untuk bermain games Among Us dibimbing oleh salah satu anggota panitia.

 

 

        Kak Jaenal memberikan materi mengenai kebijakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, aturan PMI mengenai anggota PMR yang berpindah unit, struktur organisasi PMR. Sebagai perwakilan PMI Kota Tangerang, Kak Jaenal mengapresiasi unit PMR SMAK PENABUR Kota Tangerang yang dapat menyelenggarakan acara pengukuhan pertama secara virtual (daring).

 

       Pada hari kedua peserta kembali melakukan registrasi ulang dan renungan pagi bersama. Acara dilanjutkan dengan sesi kebersamaan dengan apresiasi seni dimana masing-masing kelompok yang telah dibentuk sebelumnya menunjukkan suatu karya seni sesuai dengan tema yang ditentukan panitia. Karya seni yang ditunjukkan  berupa komik, poster, video keterampilan hidup sehat, cipta dan baca puisi, video nyanyi.

 

 

          Acara dilanjutkan dengan “soloing” yang dilakukan secara pos to pos. Pos soloing dirancang dengan membagi kelompok ke dalam lima breakout room dimana peserta menempatkan diri di ruangan dalam rumahnya sesuai petunjuk yang diberikan pada masing-masing breakout room. Soloing dilakukan dalam lima putaran dengan masing-masing putaran berdurasi 10 menit. Masing-masing pos memiliki tes yang berbeda-beda, seperti pertolongan pertama, kepemimpinan, sejarah PMI, sejarah Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, serta aturan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.

 

          Games kebersamaan menjadi sesi berikutnya dimana peserta dibagi dalam kelompok di tiga breakout room mereka bermain games yang sudah dirancang oleh panitia. Setelah games tersebut selesai maka acara dilanjutkan dengan sesi dapur umum. Panitia memutarkan video cara membungkus nasi dengan kertas nasi dan dipandu oleh pelatih PMR dan menyediakan lauk dan sayur masing-masing. Para peserta, panitia, pelatih, dan pembina mengakhiri dengan mengabadikan momen dapur umum bersama dengan berfoto di ruang zoom.

 

        Acara pengukuhan ditutup dengan upacara pelantikan anggota PMR SMAK PENABUR Kota Tangerang angkatan ke 5. Pembina upacara pelantikan adalah Kepala SMAK PENABUR Kota Tangerang yaitu Pak Thomas Kristo yang kerap dipanggil Sir T. Sir T melakukan prosesi pelantikan dengan pemakaian mitela dan simbol penyiraman air kembang melalui penayangan video. Acara pelantikkan dihadiri juga dari tamu undangan, baik dari PMI, Forpis, juga pembina PMR SMAK 1 PENABUR Jakarta( ibu Atik. U.)

 

 

         Dengan berakhirnya  prosesi tsb maka telah resminya  anggota PMR unit SMAK PENABUR Kota Tangerang angkatan ke 5., Sungguh pengalaman tak terlupakan oleh teman-teman, baik panitia maupun  peserta karena inilah  pengukuhan PMR SMAK PENABUR Kota Tangerang pertama kali yang dilakukan secara virtual. SELAMAT BUAT SEMUANYA.

 

 

(Joseph Fide – Anggota PMR AKT angkatan 4)

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 05 February 2020
Keluarga Kristen Yang Berbahagia
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 07 September 2020
Gempita PENABUR 9.9
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 02 October 2020
Community Social Project (CSP) - Come, Lend A Hel...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 14 October 2020
Bebras Computational Thinking Challenge
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 19 November 2020
Bintang SMA 2020
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 15 June 2020
Berita Mingguan
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 06 August 2019
PROFIL - Carlos Baptista, Beasiswa ke Jepang
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 24 July 2020
SAYA dan AKT Dalam PLS ONLINE 2020
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 18 September 2020
EDUCATON FAIR VIRTUAL AKT 2020
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 11 December 2020
Webinar Parents "Save Our Youth"
BERITA LAINNYA - 28 September 2021
ENGLISH COMPETITION AT BRAWIJAYA UNIVERSITY
BERITA LAINNYA - 01 October 2021
PERSEKUTUAN REMAJA GABUNGAN
PERSEKUTUAN REMAJA GABUNGAN
BERITA LAINNYA - 01 October 2021
BK TALK "TECHNOLOGY AND SKILL ABAD 21"
BK TALK "TECHNOLOGY AND SKILL ABAD 21"
BERITA LAINNYA - 12 November 2021
MECHATRONICS GO TO SCHOOL 2021
MECHATRONICS GO TO SCHOOL 2021
BERITA LAINNYA - 08 October 2021
SEDERHANA TAPI BERMAKNA
SEDERHANA TAPI BERMAKNA
BERITA LAINNYA - 23 December 2021
'A DECEMBER TO REMEMBER' CHRISTMAS 2021
BERITA LAINNYA - 23 December 2021
BOOST MY MOOD: CHECKLIST
BOOST MY MOOD: CHECKLIST
BERITA LAINNYA - 23 December 2021
IKIGAI
IKIGAI
BERITA LAINNYA - 23 December 2021
BK INFO: SELF TALK
BK INFO: SELF TALK
BERITA LAINNYA - 23 December 2021
BK INFO: EAT THAT FROG!
BK INFO: EAT THAT FROG!
BERITA LAINNYA - 22 April 2022
KEGIATAN PASKAH AKT 22 APRIL 2022
BERITA LAINNYA - 12 May 2022
ASYIKNYA PTM DI SEKOLAH
ASYIKNYA PTM DI SEKOLAH
BERITA LAINNYA - 20 May 2022
PENGALAMAN SELAMA PTM DI AKT
PENGALAMAN SELAMA PTM DI AKT
BERITA LAINNYA - 23 May 2022
Buku Biruku
Buku Biruku
BERITA LAINNYA - 26 May 2022
Kenaikan Isa Almasih
Kenaikan Isa Almasih

Choose Your School

GO