Sevenly Dead Sins: Greed (Ketamakan) | Joko Purmono, S.Si.

Berita Lainnya - 24 September 2023

 Pernahkah kalian mendengar cerita dari temen atau bahkan mengalami sendiri : “ah, dia emang nyebelin”, atau “wah, hari ini semuanya kok ngeselin ya, capek deh jadinya” atau “kok dia nggak mau sih nolongin aku, sumpah sombong banget dia!” atau bahkan “duuh, aku ini kenapa sih, nggak bisa fokus banget deh …”. Pernah nggak? Pernah kali ya, atau malah sering? Hehehe... 

      Situasi – situasi seperti itu sering kita jumpai di manapun kita berada, entah siap atau tidak, dia akan muncul tanpa harus ada jadwal atau janjian lebih dulu. Muncul ya muncul saja, tiba  –  tiba saja begitu. Sikap atau reaksi yang barusan kita bahas adalah sikap orang yang kecewa pada keadaan di sekelilingnya, bahkan kecewa pada dirinya sendiri.

      Kenapa kita kecewa? Tahukah kalian, orang yang paling mungkin untuk mengecewakan kita adalah orang yang dekat dengan kita, teman kita, sahabat atau bahkan keluarga dan saudara kita.  Kenapa ya, orang yang dekat dengan kita malah sering mengecewakan kita? Yaa jawabannya sebenarnya cukup menyakitkan. Kalian siap? Jawabannya adalah  karena kita selalu berharap lebih pada mereka, karena mereka kan sudah dekat dan selalu ada bersama kita. Trus kita tidak boleh berharap apa  – apa begitu? Ya tidak juga. Ada kok penjelasannya.

      Sebenarnya kekecewaan yang kita alami muncul karena kita memiliki harapan yang lebih pada sesuatu, seseorang atau pada situasi tertentu dan harapan itu tidak terpenuhi. Lalu kenapa kita kecewa? Ya karena kita merasa bahwa harapan dan keinginan kita harus selalu terpenuhi. Kenapa kita merasa begitu? Karena kita sedari kecil memang dididik dan diajarkan untuk merasa seperti itu.

      Tahukah kalian, jika keinginan untuk terpenuhinya segala harapan dan keinginan kita itu termasuk ke dalam ketamakan? Dan ketamakan merupakan salah satu dari Seven Deadly Sin.

      Apa itu ketamakan? Ketamakan adalah ketika menginginkan sesuatu lebih dari yang dibutuhkan. Ketika tidak bisa lagi membedakan antara keinginan dan kebutuhan, ketika seringkali merasa kecewa karena keadaan tidak sesuai dengan yang diinginkan, ketika kita ingin semua harapan dan keinginan kita terpenuhi, saat itulah kita akan menjadi orang yang tamak.

      Orang yang tamak akan menjadi orang yang sombong ketika keinginannya terpenuhi, dan akan menjadi kecewa kalau keinginannya tidak terpenuhi. Berhati – hatilah, kesombongan dan kekecewaan kita seringkali berasal dari ketamakan yang mungkin tidak kita sadari.

      Lalu kita harus bagaimana? Satu – satunya cara untuk menghancurkan ketamakan kita adalah dengan berserah sepenuhnya hanya kepadaNya. Serahkanlah segala kekecewaan dan kepuasan diri kita hanya kepadaNya, kita tidak perlu menahannya lebih lama dan menjadikannya milik kita, karena itu memang bukan milik kita. Itu adalah rangkaian proses yang diberikan oleh Allah untuk menjadikan kita lebih baik dan lebih dekat lagi kepadaNya.

      Renungkanlah. Setiap kita mengalami keberhasilan ataupun kekecewaan, lihatlah lagi, apa yang sebenarnya Allah kehendaki dari kita, pesan apa yang sebenarnya ingin Dia sampaikan kepada kita? Bukan berarti kita tidak perlu berprestasi ya. Jangan salah. Kita tetap harus berprestasi dan memaksimalkan kemampuan yang kita miliki, tapi kita juga rendah hati dan melakukan segala sesuatu sesuai dengan jalan Tuhan. Mari kita berproses supaya kita menjadi pribadi yang lebih baik dan semakin baik.

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Berita Lainnya - 11 August 2020
TABAH: BERTAHAN UNTUK BERTAHAN
Berita Lainnya - 01 September 2020
Saat sendiri, kutemukan Tuhan
Berita Lainnya - 18 August 2020
7 Fakta Menarik Bahasa Indonesia
Berita Lainnya - 20 August 2020
Belum Sah Jadi Orang Indonesia Kalau Belum Tahu K...
Berita Lainnya - 17 August 2020
Upacara Online HUT 75 Tahun Republik Indonesia
Berita Lainnya - 07 January 2023
Tahun Baru, Semangat Baru | Hartawati Sigalinggin...
Berita Lainnya - 21 November 2022
Sabda Bahagia | Rebecca Ayu C, S.Pd.
“Kita tidak bisa memberi jika kita tidak memil...
Berita Lainnya - 24 October 2022
FLEXING: Tabu atau Perlu Ditiru? | Florentina Bud...
Kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat ...
Berita Lainnya - 01 September 2022
Talitakum | Zebulon Yakhin Dan Boas, S.Si.
Selamat untuk kita semua! Arti kata ini menurut K...
Berita Lainnya - 31 January 2023
MIRROR NEURON
Pernah tidak, kamu menguap dan seketika orang ...
Berita Lainnya - 28 October 2023
Selamat Hari Sumpah Pemuda 2023
Berita Lainnya - 31 October 2023
Kelelahan? Bingung Studi? Sabbatical Dulu!
Di Indonesia, istilah ini memang belum populer.
Berita Lainnya - 15 October 2023
Bell's Palsy: Kondisi yang Memengaruhi Wajah
Meskipun kondisi ini seringkali bersifat sementar...
Berita Lainnya - 22 October 2023
SUKU ASMAT-PAPUA
Suku Asmat adalah salah satu kelompok etnis yang ...
Berita Lainnya - 27 September 2023
Iri tanda tak mampu, Iri Hati Membusukkan Tulang ...
  “ Halah bilang saja kamu iri, kan sama aku? Asa...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 31 January 2023
SEMINAR ENTREPRENEUR (Digital Marketing, Bisnis P...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 07 February 2023
PARENTS WEBINAR : KARIR INDUSTRI ESPORT, SITUASI ...
Mau tidak mau, suka tidak suka, “game” sepertinya...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 20 February 2023
PIDATO SISWA "KISAH KASIH DI SEKOLAH" | Shane Dar...
Selamat pagi, Yang terhormat ibu kepala sekolah s...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 01 March 2023
PEMBELAJARAN PKWU - REKAYASA "Membuat konversi en...
Rabu, 1 Maret 2023 - Pelaksanaan pembelajaran PKW...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 24 February 2023
UJIAN PRAKTEK MENULIS KELAS XII IPA/IPS | Jumat, ...
Jumat, 24 februari 2023 - Siswa kelas XII IPA/IPS...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 15 September 2023
JUARA 3 OSN INFORMATIKA - VINCENT ARMANDO
Berita BPK PENABUR Jakarta - 18 September 2023
DAFTAR SISWA DITERIMA GELOMBANG NON TES 2 2023
DAFTAR SISWA DITERIMA GELOMBANG NON TES 2 2023
Berita BPK PENABUR Jakarta - 01 September 2023
PENGUMUMAN DITERIMA SISWA TAHUN AJARAN 2024/2025 ...
"PENGUMUMAN DITERIMA SISWA TAHUN AJARAN 2024/2025...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 21 September 2023
Lomba Merdeka Science Competition (MSC) Bidang Bi...
Selamat kepada siswa/i SMAK 2 PENABUR yang ber...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 24 September 2023
Puji -pujian siswa SMAK 2 PENABUR Jakarta di GKI...
Minggu, 24 September 2023 - Siswa/i SMAK 2 PENABU...

Choose Your School

GO