7 Fakta Menarik Bahasa Indonesia

Berita Lainnya - 18 August 2020

Tujuh Fakta Menarik Tentang Bahasa Indonesia yang Jarang Diketahui

Hai, Sobat SMAK2! Kali ini kita akan membahas tentang beberapa fakta menarik Bahasa Indonesia yang jarang kita ketahui..

Apa saja, sih? Yuk, kita intip!

 

Termasuk 10 Besar Bahasa Tersulit Dikenal

Penelitian di London School of Science and Technology, yang dipimpin oleh Hedvig Skirgard, pernah membahas tentang kualitas rekaman audio untuk menebak bahasa yang digunakan oleh seseorang.

Salah satu yang disimpulkan pada penelitian tersebut adalah kualitas rekaman audio bisa memengaruhi perkiraan menebak sampai 78 bahasa yang dimainkan. Menariknya, hasil dari penelitian tersebut ternyata bahasa Indonesia masuk dalam peringkat ke-10 sebagai bahasa yang paling sulit dikenali lewat rekaman audio itu.

Salah satu alasannya adalah karena logat bahasa Indonesia yang cenderung lurus dan terkesan tidak memiliki irama dalam pengucapannya.

Untuk sembilan bahasa lain yang sulit dikenal rekaman audio itu antara lain Kanada, Fiji, Shona, Dinka, Hausa, Tigrinya, Efate Selatan, Dari, dan Maltese.

Digunakan Saat Pelantikan Wali Kota Somerworth, Amerika Serikat

Wahh!! Ternyata pada Kamis, 7 Januari 2016 di City Hall Kota Somersworth, New Hampshire, Amerika Serikat, wali kota terpilih, Dana S. Hilliard, akan mengucap Ikrar Setia memimpin kota Somersworth menggunakan bahasa Indonesia, lho!! Bahkan, ini merupakan permintaan khusus Hilliard yang kala itu memang terkenal dekat dengan komunitas Indonesia di Somersworth!

Isi Ikrar Setia berbahasa Indonesia itu adalah, ‘’Aku berikrar setia kepada bendera Amerika Serikat dan kepada Republik yang berbangsa satu, berdaulat, merdeka, dan berkeadilan untuk semua.’’

Uniknya, penggunaan bahasa Indonesia merupakan yang pertama kali dilakukan. Biasanya pengucapan Ikrar Setia dilakukan dalam bahasa Inggris dan bahasa Perancis. Hal ini mengingat bahwa mayoritas masyarakat kota Somersworth adalah keturunan Perancis.

Sebagai Bahasa Resmi Kedua di Vietnam

Pada Desember 2007 silam, pemerintah daerah Ho Chi Minh City, Vietnam, mengumumkan bahwa Bahasa Indonesia akan menjadi bahasa kedua secara resmi di sana. Di Vietnam, kedudukan dan penggunaan Bahasa Indonesia sejajar dengan Bahasa Inggris, Prancis, dan Jepang.

Setelah Pemerintah Daerah Ho Chi Minh City, Vietnam, mengeluarkan kebijakan tersebut, beberapa universitas di Vietnam akhirnya membuka program studi Bahasa Indonesia. Salah satunya Universitas Hong Bang, Universitas Nasional HCMC, dan Universitas Sosial dan Humaniora Vietnam.

Hal tersebut dilakukan karena para pemuda Vietnam melihat adanya kemungkinan semakin eratnya hubungan bilateral kedua negara yang sama-sama menjadi negara berpenduduk terbesar di ASEAN.

Bahasa ke-9 Terbanyak Digunakan di Dunia

Sebagai negara dengan populasi terbesar keempat di dunia, Bahasa Indonesia ternyata menjadi salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia dan menempati posisi ke-9 di dunia. Diketahui sedikitnya ada 45 negara yang mengajarkan Bahasa Indonesia di wilayahnya, seperti Australia, Amerika Serikat, Kanada, Vietnam, dan lainnya.

Bahkan Bahasa Indonesia menjadi bahasa paling populer keempat di Australia. Ini karena ada 500 sekolah yang menjadikan Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran wajib di sana. Tidak sedikit pula anak-anak kelas 6 SD di Australia sudah banyak yang mahir berbahasa Indonesia.

Beberapa negara juga kini sudah membuka jurusan Bahasa Indonesia, mengingat semakin populernya Bahasa Indonesia di mata dunia, lho!!

Keren, kan….

Bahasa Terbanyak Digunakan di Wikipedia dan WordPress

Pakar Bahasa Indonesia serta Wikipediawan, Ivan Lanin, pernah mengungkapkan bahwa Wikipedia Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia. Sedangkan di tingkat Asia, Wikipedia Bahasa Indonesia menduduki peringkat ke-3 setelah Jepang dan Mandarin.

Selain itu, WordPress juga mencatat bahwa Bahasa Indonesia menjadi bahasa ke-3 terbanyak yang digunakan dalam tayangan artikel blog di Wordpress, setelah bahasa Inggris dan Spanyol. Sedikitnya ada sekitar 1,7 juta situs yang menggunakan platform WordPress berbahasa Indonesia dengan rata-rata pengakses mencapai 200 juta per bulan.

Itu artinya sekitar 3,5 persen dari seluruh pengguna WordPress mengakses layanan dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Inilah salah satu alasan CEO Automatic yang sekaligus pendiri WordPress, Matt Mullenweg, akhirnya berencana untuk merekrut karyawan khusus sebagai customer support di Indonesia.

Penutur Bahasa Indonesia Memiliki Lidah Paling Fleksibel

Penutur asli Bahasa Indonesia dinilai punya kecenderungan lidah yang lebih fleksibel. Salah satunya karena logat dan bunyi penutur Bahasa Indonesia yang terdengar beragam. Hal ini yang menjadi dasar bahwa sebenarnya orang Indonesia akan lebih mudah mempelajari dan berkomunikasi menggunakan bahasa asing, termasuk mengikuti logat bahasa asingnya tanpa harus membawa logat asli Indonesia.

Contoh yang paling sederhana adalah ketika penutur Bahasa Indonesia sedang berbicara bahasa Inggris maka tidak akan terlihat logat ‘Bahasa Indonesia’nya. Coba bandingkan dengan orang India, Tiongkok, Jepang, dan Malaysia yang sangat kental dengan dialek kebangsaan mereka sendiri.

-- Sumber: goodnewsfromindonesia.id (dengan sedikit penyuntingan).

 

Bagaimana, Sobat SMAK 2? Ternyata bahasa kita, bahasa Indonesia keren sekali, ya. Bangga, kan, mengetahui faktanya? Bukan berarti kita tidak boleh bangga bisa berbahasa asing, lho! Sesuai dengan moto kita; Utamakan Bahasa Indonesia, Kuasai Bahasa Asing, Lestarikan Bahasa Daerah!

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Berita Lainnya - 11 August 2020
TABAH: BERTAHAN UNTUK BERTAHAN
Berita Lainnya - 01 September 2020
Saat sendiri, kutemukan Tuhan
Berita Lainnya - 18 August 2020
7 Fakta Menarik Bahasa Indonesia
Berita Lainnya - 20 August 2020
Belum Sah Jadi Orang Indonesia Kalau Belum Tahu K...
Berita Lainnya - 17 August 2020
Upacara Online HUT 75 Tahun Republik Indonesia
Berita Lainnya - 25 January 2021
Ikut Firman Tuhan atau Berpegang pada Kemauan Sen...
Berita Lainnya - 28 September 2020
Pelatihan Guru PENABURS (BURS)
Berita Lainnya - 08 February 2021
Me and Other
Berita Lainnya - 11 February 2021
BAGAIMANA MENJADI POLIGLOT?
Berita Lainnya - 01 March 2021
Hidup Bersama Orang Lain
Berita Lainnya - 18 July 2021
PLS SMAK 2 PENABUR Jakarta
Berita Lainnya - 18 July 2021
Laporan Test Pemetaan Kelas X 2021-2022
Laporan Test Pemetaan Kelas X 2021-2022
Berita Lainnya - 20 July 2021
Selamat Idul Adha 1442 H
Selamat Idul Adha 1442 H
Berita Lainnya - 19 July 2021
Psikotest Kelas X
Psikotest Kelas X
Berita Lainnya - 31 July 2021
Pertemuan Orangtua dan IBAS 2021
Pertemuan Orangtua dan IBAS 2021
Berita Lainnya - 02 November 2021
Kepo atau Tanda Peduli?
Berita Lainnya - 04 November 2020
MENJADI KAWAN SEKERJA ALLAH, KENAPA TIDAK?
Berita Lainnya - 09 November 2020
Belajar dari “Inner Beauty” Dalam Diri Ester
Berita Lainnya - 06 January 2021
Menjaga Kesehatan Mental Di Masa Pandemi
Berita Lainnya - 09 January 2021
Seminar Kesehatan Mental
Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 December 2020
Seminar Kesehatan CERDIK 2020
Berita BPK PENABUR Jakarta - 20 November 2020
MENTOR BEST
Berita BPK PENABUR Jakarta - 20 July 2020
Pumping Motivation
Berita BPK PENABUR Jakarta - 25 January 2021
“Mengapa Sekolah Masih Online”
Berita BPK PENABUR Jakarta - 05 February 2021
Podcast Itu apa ya...?

Choose Your School