Memahami ADHD pada Anak-Anak

Berita Lainnya - 05 August 2024

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah salah satu gangguan neurodevelopmental yang paling umum terjadi pada anak-anak. Gangguan ini biasanya terdeteksi pada masa kanak-kanak dan seringkali berlanjut hingga masa dewasa. Anak-anak dengan ADHD mungkin kesulitan memperhatikan, mengendalikan impuls, atau terlalu aktif, yang dapat mempengaruhi kinerja mereka di sekolah, hubungan sosial, dan kesejahteraan emosional.

Gejala ADHD pada anak-anak umumnya terbagi menjadi tiga kategori utama:

  1. Kurangnya Perhatian (Inattentiveness)
    • Mudah teralihkan perhatian dan kesulitan mempertahankan fokus pada tugas-tugas atau permainan.
    • Sering membuat kesalahan karena kurang memperhatikan detail.
    • Sulit mengikuti instruksi atau menyelesaikan pekerjaan sekolah dan tugas lainnya.
    • Sering kehilangan barang-barang yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari, seperti buku atau mainan.
    • Menghindari atau tidak menyukai tugas yang membutuhkan usaha mental berkelanjutan, seperti pekerjaan rumah atau tugas sekolah.
  2. Hiperaktif (Hyperactivity)
    • Sering bergerak secara berlebihan, seperti berlari atau memanjat di situasi yang tidak pantas.
    • Kesulitan duduk diam, misalnya di kelas atau saat makan.
    • Sering berbicara secara berlebihan dan kesulitan bermain dengan tenang.
    • Selalu merasa gelisah atau bergerak terus-menerus.
  3. Impulsif (Impulsivity)
    • Sering menjawab pertanyaan sebelum pertanyaan tersebut selesai diajukan.
    • Kesulitan menunggu giliran dalam permainan atau kegiatan kelompok.
    • Sering menginterupsi atau mengganggu orang lain, misalnya dengan menyela pembicaraan atau permainan.

Penyebab pasti ADHD belum sepenuhnya dipahami, namun ada beberapa faktor yang diyakini berkontribusi terhadap perkembangan gangguan ini, antara lain:

  • Genetik: ADHD cenderung menurun dalam keluarga, menunjukkan bahwa faktor genetik berperan signifikan.
  • Perkembangan Otak: Beberapa penelitian menunjukkan perbedaan dalam struktur otak dan aktivitas otak pada anak-anak dengan ADHD.
  • Lingkungan: Faktor lingkungan seperti paparan zat beracun, misalnya timbal, selama kehamilan atau di usia dini juga dianggap berperan.
  • Faktor Risiko Lain: Kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan penggunaan alkohol atau obat-obatan selama kehamilan juga dapat meningkatkan risiko ADHD.

Diagnosa ADHD biasanya dilakukan oleh profesional kesehatan mental melalui wawancara, pengamatan, dan evaluasi riwayat medis. Penting untuk melakukan evaluasi menyeluruh, karena gejala ADHD dapat mirip dengan gangguan lain, seperti kecemasan, depresi, atau masalah belajar.

Penanganan ADHD pada anak-anak umumnya melibatkan kombinasi dari beberapa pendekatan:

  1. Terapi Perilaku: Terapi ini membantu anak-anak mempelajari cara mengelola gejala mereka dengan lebih efektif. Orang tua dan guru sering kali dilibatkan dalam terapi ini untuk mendukung anak-anak di rumah dan sekolah.
  2. Pengobatan: Stimulansia seperti metilfenidat adalah obat yang paling umum digunakan untuk mengobati ADHD. Obat ini membantu meningkatkan perhatian dan mengurangi hiperaktif dan impulsif. Namun, pengobatan harus diawasi oleh dokter karena adanya kemungkinan efek samping.
  3. Dukungan Pendidikan: Anak-anak dengan ADHD mungkin memerlukan dukungan tambahan di sekolah, seperti modifikasi dalam metode pengajaran atau penyesuaian tugas.

Tanpa penanganan yang tepat, ADHD dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan anak, termasuk prestasi akademik, hubungan dengan teman sebaya, dan kesejahteraan emosional. Anak-anak dengan ADHD sering kali merasa frustrasi karena kesulitan mereka dalam memenuhi harapan di sekolah atau di rumah. Hal ini dapat menyebabkan rendahnya harga diri dan masalah perilaku.

Namun, dengan diagnosis yang tepat dan dukungan yang memadai, banyak anak dengan ADHD dapat mengembangkan strategi untuk mengelola gejala mereka dan mencapai potensi penuh mereka. **js

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Berita Lainnya - 11 August 2020
TABAH: BERTAHAN UNTUK BERTAHAN
Berita Lainnya - 01 September 2020
Saat sendiri, kutemukan Tuhan
Berita Lainnya - 18 August 2020
7 Fakta Menarik Bahasa Indonesia
Berita Lainnya - 20 August 2020
Belum Sah Jadi Orang Indonesia Kalau Belum Tahu K...
Berita Lainnya - 17 August 2020
Upacara Online HUT 75 Tahun Republik Indonesia
Berita Lainnya - 21 August 2023
TUGAS REFLEKSI PAK "Martin Luther King Jr. : Mela...
Berita Lainnya - 28 August 2023
TUGAS REFLEKSI PAK "PELANGGARAN HAM (MALALA YOUSA...
Pendidikan merupakan hak yang dimiliki oleh setia...
Berita Lainnya - 19 July 2023
Selamat Tahun Baru Islam 1445 H
Mari tingkatkan amalan baik kita dan jadikan hari...
Berita Lainnya - 08 August 2023
JANGAN LUPA BERSUKACITA | Marshall Simanjuntak, S...
“ JANGAN LUPA BERSUKACITA” FILIPI 4 : 4 “Bersukac...
Berita Lainnya - 12 August 2023
BUAH ROH : DAMAI SEJAHTERA | Paskalina Genuk Wula...
“Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, da...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 29 September 2022
Screening Test siswa kelas X 2022
Berita BPK PENABUR Jakarta - 03 October 2022
PENABUR CLOSE TO YOU!
Kini hadir kembali PENABUR "Close To You" Yuk ke...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 04 October 2022
CHARACTER CAMP "BE A SMART GENERATION IN DIGITAL ...
Kegiatan pembentukan karakter bagi siswa-siswa ya...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 04 October 2022
CAREER DAY "SAMBUT MASA DEPAN DENGAN DIGITAL" 2022
enentukan perguruan tinggi dan program studi yang...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 04 October 2022
BINA IMAN "RESTORED TO RECOVER" 2022
RESTORED TO RESCOVER Setiap manusia pasti pernah...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 11 September 2023
PIDATO SISWA : KEJUJURAN ITU SULIT? Oleh: Chester...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 15 September 2023
JUARA 3 OSN INFORMATIKA - VINCENT ARMANDO
Selamat kepada Vincent Armando dari kelas 11 I...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 18 September 2023
DAFTAR SISWA DITERIMA GELOMBANG NON TES 2 2023
DAFTAR SISWA DITERIMA GELOMBANG NON TES 2 2023
Berita BPK PENABUR Jakarta - 01 September 2023
PENGUMUMAN DITERIMA SISWA TAHUN AJARAN 2024/2025 ...
"PENGUMUMAN DITERIMA SISWA TAHUN AJARAN 2024/2025...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 21 September 2023
Lomba Merdeka Science Competition (MSC) Bidang Bi...
Selamat kepada siswa/i SMAK 2 PENABUR yang ber...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 05 October 2024
REXAR MINARA 2024 | DAY 2 : SABTU, 5 OKTOBER 2024
Berita BPK PENABUR Jakarta - 07 October 2024
REXAR MINARA | DAY 3 : SENIN, 7 OKTOBER 2024
Senin, 7 Oktober 2024 - REXAR XII: MINARA berl...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 08 October 2024
REXAR MINARA | DAY 4 : SELASA, 8 OKTOBER 2024
Hari Keempat REXAR XII: MINARA – Keseruan Mobile ...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 09 October 2024
REXAR MINARA | DAY 5 : RABU, 9 OKTOBER 2024
Rabu, 9 Oktober 2024 - REXAR XII: MINARA telah me...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 10 October 2024
REXAR MINARA | DAY 6 : KAMIS, 10 OKTOBER 2024
Salah satu highlight dari acara ini adalah kompet...

Choose Your School

GO