DAY-3 MARE NOSTRA - REXAR XI 2023 SMAK 2 PENABUR JAKARTA

Berita BPK PENABUR Jakarta - 23 October 2023

Hari kedua MARE NOSTRA telah tiba pada tanggal 23 Oktober 2023, dan semangat panitia sudah membara sejak pagi, karena jadwal hari ini akan sangat padat. Hari dimulai dengan lomba internal yang melibatkan beberapa siswa/i dan panitia yang terpilih. Lomba internal pada hari ini ada dua, yaitu balap karung dan tebak lagu.

 

Lomba balap karung berada di urutan pertama pada rundown hari ini. Perlombaan internal SMAK 2 Penabur menjadi pembukaan yang menggelitik. Lomba ini diselenggarakan dengan peserta mengenakan helm, menambah keseruan permainan. Selain itu, lomba internal lainnya yang juga terlaksana adalah lomba tebak lagu. Tebak lagu menjadi tantangan seru yang memacu daya ingat dan pengetahuan musik peserta. Pada lomba ini, semua lagu yang diputar adalah lagu berbahasa Indonesia yang hits terutama di kalangan anak muda. Setiap lagu pastinya familiar di telinga para peserta bahkan non-peserta.

 

Siswa/i dari berbagai sekolah juga memeriahkan acara REXAR dengan berpartisipasi dalam lomba-lomba eksternal yang diselenggarakan oleh panitia. Antusias para siswa/i terpancar dari ketelitian mereka mempersiapkan diri.

Ada beberapa jenis lomba yang berjalan pada hari ini. Mulai dari lomba business model canvas yang memunculkan inovasi, monsoonsim yang menguji strategi, hingga pertandingan sengit dalam game mobile legend. Untuk pecinta olahraga, ada lomba basket putra dan futsal putra yang menjadi ajang pertarungan tim-tim terbaik. Semua itu menjadi bagian dari keseruan Mare Nostra.

 

Selama REXAR siswa/i pulang lebih cepat. Hari ini, siswa/i pulang pada pukul 12.35 WIB. Panitia segera meminta siswa/i untuk berkumpul di lapangan bawah. Setelah lama menunggu, MC memulai acara pada pukul 12.50 WIB dengan kata kata pembuka. Acara dimulai dengan lomba internal yang dihadiri siswa/i dan panitia SMAK 2 Penabur yang terpilih dari masing masing kelas.


Lomba internal pertama yang dilaksanakan adalah balap karung dengan menggunakan helm. Diawali oleh perwakilan dari kelas X-1, X-2, dan X-3. Hasil pertandingan seri antara X-2 dan X-3, panitia melakukan pertandingan ulang dan akhirnya dimenangkan oleh kelas X-3.  

 

Pertandingan dimulai ulang dengan perwakilan dari kelas yang berbeda, yaitu XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang dimenangkan oleh XI IPA 1. Lalu, tibalah giliran perwakilan dari XI IPS 1 dan XI IPS 2 yang dimenangkan oleh XI IPS 1. Pertandingan final antara kelas XI IPS 1 dan XI IPA 1 dimenangkan oleh XI IPA 1. 

 

Untuk menentukan pemenang antara perwakilan kelas XI IPA 1 dan X-3, panitia memutuskan untuk melakukan pertandingan ulang yang dimenangkan oleh kelas XI IPA 1. Selanjutnya, pertandingan dilaksanakan oleh perwakilan  kelas XII IPS 1 dan XII IPS 2. Lomba tersebut dimenangkan oleh kelas XII IPS 2. 

 

Pertandingan selanjutnya, dilaksanakan oleh perwakilan dari kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2 yang dimenangkan oleh kelas XII IPA 1. Pertandingan selanjutnya, yaitu kelas  XII IPA 1 dan XII IPS 2, lomba balap dilakukan dengan peserta lomba ditutup matanya yang kemudian dimenangkan oleh kelas XII IPS 2.  Untuk menentukan pemenang dari lomba balap karung, kelas XII IPS 2 bertanding melawan XI IPA 1 dan yang akhirnya dimenangkan oleh kelas XII IPS 2. 



Lomba internal lainnya yaitu tebak lagu langsung dimulai dengan perwakilan setiap kelas dari X-XII, masing-masing satu.  Mulai dari perwakilan X-1, X-2, XI IPA 1 & 2, XI IPS 1&2, XII IPA 1 & 2, sampai XII IPS 1 & 2. Sayangnya, X-3 harus gugur dalam pertandingan karena perwakilan tidak dapat hadir tepat waktu. Akhirnya, pertandingan berlangsung tanpa anggota X-3. 

 

Persaingan cukup sengit antara perwakilan dua kelas di awal perlombaan, yaitu 12 IPS 1 dan 12 IPS 2. Terlihat keduanya memiliki selera dan wawasan musik yang serupa. Beberapa kali keduanya mengangkat tangan bersamaan dan harus melakukan suten untuk menjawab. Tak begitu lama, akhirnya pemenang pertama ditentukan. 12 IPS 1 meraih posisi pertama, yang kemudian disusul oleh 12 IPS 2 beberapa menit setelahnya. 



Setelah posisi pertama dan kedua telah memiliki tuannya, suasana mulai memanas di penentuan pemenang ketiga. Pasalnya, para peserta sudah mulai lebih aktif menjawab. Apakah tingkat kesulitan lagu-lagu yang diputar menurun atau ambisi para peserta yang meningkat? Mungkin keduanya. Satu persatu peserta menjawab, terlihat poin mereka saling saut-menyaut. Walaupun ada tebakan yang salah, peserta tetap maju untuk mencoba menambah poin. Setelah pertarungan sengit, akhirnya pemilik posisi ketiga dapat diumumkan, yaitu 11 IPA 2. 

 

Selain ketiga pemenang tersebut, peserta lain mendapatkan hukuman atas kekalahan mereka. Lagu lain berputar seiring dengan perkataan MC yang memberi perintah untuk menari seirama dengan melodi dan tempo. Namun nampaknya para peserta tidak dapat menyesuaikan lagu yang terdengar di seluruh gedung itu. Alhasil hukuman dibatalkan dan perlombaan internal resmi selesai.

 

Selanjutnya adalah giliran lomba-lomba eksternal terlaksana. Lomba-lomba tersebut dilaksanakan secara bersamaan di lokasi yang berbeda-beda. Ruangan untuk monsoonsim adalah aula lantai tiga, Esport di ruang 9 dan 10, BMC di ruang 11 dan 12, sementara basket dan futsal di lapangan lantai empat. Bangunan SMAK 2 Penabur siang itu dipenuhi oleh ketegangan dan semangat para peserta diiringi gemuruh sorak dukungan para penonton. Walau dapat dikatakan sedikit lebih tenang dibanding hari pertama karena keterbatasan kapasitas ruangan. 

 

Monsoonsim di aula dibagi menjadi 2 grup. Grup pertama diisi oleh tim dari SMAK 1 (Endorphins), SMAK Kota Tangerang (1&OA!), SMAK Gading Serpong Tim A, SMK Farmasi (Pyro), SMAK 4, SMAK Bintaro Jaya (TARO) dan SMAK 2 (Reborn). Sementara di grup kedua, nama-nama yang tercantum adalah tim dari SMAK 1 (Wabi Sabi), SMAK Kota Tangerang (BFB), SMAK Gading Serpong Tim B, SMK Farmasi (Thalamus), SMAK 3 (SMAK 3 Penabur Jakarta), SMAK 6 (GACOR dan SMAK Kota Jababeka (Untrinque Paratus). Tim-tim tersebut bersaing panas di tengah kesejukan aula. Mereka bertanding dengan durasi ± 4 jam.

 

Setelah perlombaan yang berlangsung lama itu, akhirnya pemenang telah ditentukan. 




Di bawah ruangan aula juga ternyata tidak kalah panas. Walau pendingin telah dinyalakan, semangat membara dan persaingan skill peserta membakar seisi ruangan. Ada tim-tim esport yang tengah menyalakan gawainya untuk pertandingan. Perlombaan ini berlangsung ± 3,5 jam.  SMAK 2 Penabur pun menyediakan wifi yang dapat digunakan oleh seluruh peserta. 

 

Setelah di depan gawai cukup lama, pemenang dari lomba esport dengan game Mobile Legend sudah terdata. SMA BHK menang melawan SMAK 5 Penabur, SMAK 3 A menang melawan SMK Farmasi A, SMK PGRI 35 menang melawan SMAK Summarecon Bekasi, SMA Budhaya 2 A menang melawan SMA Asisi, terakhir ada SMAK 2 A yang menang melawan SMAK 3 B. Pertandingan selanjutnya akan dilanjutkan oleh para pemenang tersebut. 

 

Di sebelah ruangan lomba esport, ada BMC yang juga sedang berlomba. BMC adalah singkatan dari Business Model Canvas. Perlombaan ini juga didatangi oleh beberapa tim. Durasi perlombaan ini ± 3 jam. 

 

Pemenang dari lomba ini adalah

 

Selain itu ada dua lomba yang terlaksana di lantai atas lomba-lomba lainnya, yaitu basket. Lapangan yang digunakan basket bersebelahan dengan lapangan untuk futsal. sehingga suara dari kedua sisi lapangan saling bersahutan. Terutama karena kedua perlombaan tersebut diminati oleh banyak orang yang mengundang banyak penonton.



Lomba basket tahun ini dijalankan dengan empat tim. SMPK 1 Penabur melawan SMPN 5 dan SMP Calvin yang melawan SMP Haleluya. Pertandingan berjalan dengan sangat sengit dan menegangkan. Keempat tim bersahut-sahutan mencetak skor. 




Pemenang dari pertandingan basket ini ada dua. Pertandingan pertama dimenangkan oleh SMPK 1 Penabur dengan selisih poin sebanyak satu. Terlihat betapa seimbang skill kedua tim. Sementara pertandingan kedua dimenangkan oleh SMP Calvin dengan selisih sebanyak 15 point. Keduanya memiliki selisih skor yang tipis. 

 

Seperti yang sudah dituliskan beberapa kali sedari tadi, di sisi lain lapangan ada lomba futsal yang terlaksana berbarengan. Ada 10 tim yang menjadi peserta lomba futsal tahun ini. Mulai dari SMPN 5A melawan SMPN 2B, SMPN 277 melawan SMPN 47B, SMPK 1 Penabur melawan SMPN 2A, SMPN 47A melawan SMP Bhineka dan terakhir SMPN 10 melawan SMPN 5B.

 

Pemenang dari group match hari ini adalah SMPN 2B yang melawan SMPN 5A, SPMN 2A yang melawan SMPK 1 Penabur, SMPN 10 yang melawan SMPN 5B, SMPN 47B yang melawan SMPN 277,  dan SMPN 47A yang melawan SMP Bhineka.

 

Setelah semua perlombaan selesai, beberapa peserta sudah langsung pulang dikarenakan asal sekolah dan tempat tinggal mereka yang cukup jauh. Hari sudah semakin gelap, pengunjung pun semakin berkurang di SMAK 2 Penabur. Acara ini pun akhirnya diakhiri. Setelah acara, ada evaluasi sebentar yang diikuti oleh para panitia agar di esok hari, kesalahan yang terjadi pada hari ini tidak terulang.

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Berita Lainnya - 11 August 2020
TABAH: BERTAHAN UNTUK BERTAHAN
Berita Lainnya - 01 September 2020
Saat sendiri, kutemukan Tuhan
Berita Lainnya - 18 August 2020
7 Fakta Menarik Bahasa Indonesia
Berita Lainnya - 20 August 2020
Belum Sah Jadi Orang Indonesia Kalau Belum Tahu K...
Berita Lainnya - 17 August 2020
Upacara Online HUT 75 Tahun Republik Indonesia
Berita Lainnya - 01 September 2022
Talitakum | Zebulon Yakhin Dan Boas, S.Si.
Berita Lainnya - 31 January 2023
MIRROR NEURON
Pernah tidak, kamu menguap dan seketika orang ...
Berita Lainnya - 24 October 2022
Tangguh di Era Disrupsi | Joko Purnomo, S.Si.
Beberapa tahun ini kita benar–benar dihadapkan pa...
Berita Lainnya - 21 January 2023
Ampunilah Kami, Seperti Kami Mengampuni Orang Yan...
Dalam Matius 18:21-35, Petrus seorang murid Tu...
Berita Lainnya - 14 February 2023
Be My Valentine | Wisnu Nur Prasetyo, S.Pd.
Siapa sih yang tidak tahu kapan Hari Valentine di...
Berita Lainnya - 05 October 2023
Seven Deadly Sins: Lust (Hawa Nafsu) | Jenyfah Se...
Berita Lainnya - 10 October 2023
Seven Deadly Sins: Gluttony (Kerakusan) | Angela ...
Maka, ada baiknya jika kita tetap memiliki kontro...
Berita Lainnya - 15 October 2023
SEVEN DEADLY SINS: SLOTH | Jenifer Ehiliani Nonit...
Kemalasan dalam arti Sloth atau bahasa Latinnya A...
Berita Lainnya - 05 November 2023
Karunia Roh : Mujizat | Liana Gunawan
Setiap orang pasti mempunyai masalah, entah masal...
Berita Lainnya - 01 November 2023
Pintu-pintu Komunikasi: Membuka Jendela Kesuksesa...
Pintu-pintu komunikasi menciptakan jaringan yang ...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 11 July 2022
BRIEFING DAY 2022
Berita BPK PENABUR Jakarta - 12 July 2022
MPLS DAY 1 2022
#KilasBalik MPLS 2022 Mengawali tahun ajaran bar...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 13 July 2022
MPLS DAYS 2 2022
#KilasBalik MPLS 2022 Tak kalah seru dgn hari ke...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 14 July 2022
MPLS DAY 3 2022
#KilasBalik MPLS 2022 Hari yg sangat menyenangka...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 July 2022
DIRGAHAYU BPK PENABUR 72 TAHUN
72 tahun sudah, BPK PENABUR melayani di bidang Pe...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 28 October 2023
DAY-5 MARE NOSTRA - REXAR XI 2023 SMAK 2 PENABUR...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 02 October 2023
Upacara Hari Batik Nasional SMAK 2 PENABUR JAKARTA
Upacara Hari Batik Nasional . . . 📍SMAK 2 PENABU...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 09 October 2023
Ibadah Bulanan Siswa Oktober 2023
Ibadah Bulanan 9 Oktober 2023 kali mengambil tema...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 13 October 2023
SCREENING TEST KESEHATAN KELAS X
Siswa/i kelas X SMAK 2 PENABUR Jakarta mengikuti ...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 16 October 2023
ASSESMEN RIASEC
Pelaksanaan RIASEC kelas 10 bersama kakak-kakak d...

Choose Your School

GO