WHAT TO EXPECT FROM INDONESIA FUTURE EDUCATION IN PENABUR

WEB CONTENT -CSI - 20 January 2023

Sebelum memasuki topik utama yang akan kita bahas, apasih itu pendidikan? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan ialah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang ataupun kelompok dalam upaya mendewasakan manusia melalui sebuah pengajaran maupun pelatihan. Sedangkan, secara umum, pengertian pendidikan adalah suatu proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekumpulan manusia yang diwariskan dari satu genereasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, pelatihan, dan penelitian.

Dari data World Population Review, dapat kita ketahui bahwa pada tahun 2021 Indonesia masih berada di peringkat ke-54 dari total 78 negara yang masuk dalam pemeringkatan pendidikan dunia.

https://worldpopulationreview.com/country-rankings/education-rankings-by-country

https://worldpopulationreview.com/country-rankings/education-rankings-by-country

Berdasarkan data tersebut kita dapat mengetahui bahwa kualitas pendidikan negara kita tertinggal. Namun, mengapa kualitas pendidikan negara ini tertinggal?

Salah satu faktor penyebab adalah kurangnya pemerataan kualitas pendidikan. Kebanyakan sekolah ternama dan berkualitas (seperti: UI, ITB, UGM) lebih banyak ditemui di Pulau Jawa. Faktor lainnya yaitu, biaya pendidikan yang tidak murah dan terkadang ekonomi warga yang kurang mencukupi kebutuhan pendidikan sang anak. Adanya kekurangan dalam pembinaan sikap seperti kejujuran dan kerajinan. Terakhir, permikiran kritis yang kurang diperdalam.

Mengapa Kualitas Pendidikan di Masa Mendatang Penting ?


Jawabannya adalah kualitas pendidikan yang baik dapat meningkatkan kesejahteraan kualitas hidup. Tanpa pendidikan kita tidak akan bisa berpikir dengan bijak, “Pendidikan membimbing seseorang untuk mencari kodratnya dalam mencapai kebahagiaan hidup setinggi-tingginya.” sesuai kata KI Hajar Dewantara.

Di masa kini, sekolah menggunakan kurikulum 2013, kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan efektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.Bukan hanya kurikulum 2013, kita juga menggunakan kurikulum merdeka dan kurikulum prototipe.

Saat ini pemerintah sedang mencari cara untuk memperbaiki kualitas pendidikan Indonesia. Kurikulum merdeka adalah salah satu tindakan yang dilakukan oleh pemerintah. Kurikulum ini membuat murid dapat memilih mata pelajaran sesuai minat, bakat, dan aspirasnya. Kurikulum ini sudah diterapkan di banyak sekolah.

Adanya juga kurikulum prototipe, kurikulum ini merupakan kebijakan pembeljaran sebagai respon karena terjadinya pandemi. kurikulum prototipe merupakan kurikulum berbasis kompetensi untuk medukung pemulihan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek.

Tetapi, bagaimana dengan pendidikan Indonesia di masa yang akan datang? Sesuai artikel http://news.upmk.ac.id/home/post/pendidikan.masa.depan.html “Generasi ke depan setidaknya wajib memiliki beberapa karakteristik guna menghadapi era serba fluktuatif. Diantara karakteristik itu adalah (1) memahami potensi diri, (2) menempatkan potensi diri di tempat yang tepat, (3) mampu menjadikan dirinya sebagai individu penggerak perubahan masyarakat kearah yang lebih baik.”

Mungkin saat ini kamu membaca judul paragraf ini dan berkata “Bagaimana Penabur dapat meningkatkan kualitas pendidikan negeri ini ?” Jawabannya adalah karena sekolah Penabur memiliki kualitas pendidikan yang baik, cemerlang dan lengkap.

Begitu juga dengan fasilitasnya seperti, adanya alat Interactive Flat Panel di setiap kelasnya, Laboratorium fisika dan biologi yang mempunyai alat-alat untuk memenuhi kegiatan pelaksanaan kurikulum praktikum maupun teori, lab komputer, perpustakaan yang berada di sekolah dan digital, aula yang dapat memuat siswa siswi untuk melakukan, toilet yang berada di setiap lantai, alat alat olahraga yang cukup lengkap, dan lain-lainnya.

https://psbjakarta.bpkpenabur.or.id/component/realestatemanager/520/view/56-Jakarta%20Timur/38/smpk-5-cipinang-indah

https://psbjakarta.bpkpenabur.or.id/component/realestatemanager/520/view/56-Jakarta%20Timur/38/smpk-5-cipinang-indah

Ada juga program seperti PjBL [Project Based Learning adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media.], Problem Based Learning [Model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam proyek untuk menghasilkan suatu produk], Inquiry Learning [Model pembelajaran aktif yang dimulai dengan mengajukan pertanyaan, masalah atau skenario], Discovery Learning [Model pembelajaran memahami konsep, arti, hubungan melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan], kegiatan eskur [seperti pramuka, fotografi, komik, komputer, sepak bola, basket, band, berenang [bagi beberapa sekolah]], PKBN2K [Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kristiani], renungan pagi siswa, ibadah setiap 1 bulan sekali dan hari-hari besar, upacara setiap 1 bulan sekali, 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun), dan program berorganisasi seperti OSIS.

Terakhir, sekolah Penabur memiliki visi dan misi. Visi dari Penabur adalah menjadi lembaga pendidikan Kristen unggul dalam Iman, Ilmu, Pelayanan. Misi dari Penabur adalah mengembangkan potensi peserta didik secara optimal melalui pendidikan dan pengajaran bermutu berdasarkan nilai-nilai Kristiani.

Walaupun kualitas pendidikan Indonesia di masa sekarang berada di peringkat ke-54, di masa mendatang kita tetap harus percaya bahwa kualitas pendidikan negara ini akan terus meningkat. Karena itu kita sebagai warga negara Indonesia harus terus berusaha dalam mengembangkan negara ini.

 

Tim 2
Pendamping : Theressa Sarma S.Hum
Penulis        : Mona Jesica Tampinongkol dan Felicia Celinda Lavenia

 



 

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

BERITA LAINNYA - 01 October 2020
Kesaktian Pancasila Bukti Kokohnya Persatuan Anak...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 01 June 2023
Spirit of Adventure SMPK PENABUR Jakarta DESA POD...
#begreatwithus
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 02 June 2023
"Desa Podokoyo" Tempat terbaik belajar toleransi ...
Desa Podokoyo" Tempat terbaik belajar toleransi s...
WEB CONTENT -CSI - 20 January 2023
Cara PENABUR Memaksimalkan KBM dengan LMS
#penabur #begreatwithus #webcontent #bpkpenabur #...
WEB CONTENT -CSI - 20 January 2023
WHAT TO EXPECT FROM INDONESIA FUTURE EDUCATION IN...
#begreatwithus #smpk5penaburjakarta #kurikulum #m...

Choose Your School

GO