BPK PENABUR SMPK 5 JAKARTA

"Desa Podokoyo" Tempat terbaik belajar toleransi serta adat dan budaya

BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 02 June 2023
Ketika mendengar kata toleransi apa yang terlintas di pikiran kita? 
Yessss
Perbedaan yang saling hidup rukun dalam satu tempat dan waktu yang sama. 
Mengapa Desa Podokoyo
Begini ceritanya
Desa Podokoyo merupakan desa yang masuk dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru masuk dalam wilayah administrasi kabupaten Pasuruan
Wilayah yang mempunyai kontur bukit dan lereng ini menjadikannya salah satu wisata alam yang wajib dikunjungi. Desa ini juga menjadi salah satu jalur menuju tempat menyaksikan sunrise terbaik di dunia. 
Tapi bukan disitu inti ceritanya. 
BPK PENABUR Jakarta sebagai lembaga pendidikan swasta Kristen mempunyai satu kegiatan pembelajaran luar sekolah yang bertajuk Spirit of Adventure yang berfokus pada pengembangan karakter anak yang selaras dengan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kristiani (PKBN2K) 
Kegiatan ini dikhususkan untuk siswa kelas VIII & IX jenjang SMP BPK PENABUR Jakarta
Antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan ini sungguh besar. Hal ini terlihat dari peserta yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 215 dengan rincian 106 siswa kelas VIII dan 109 siswa kelas IX
Keberangkatan dalam kegiatan ini dibagi dalam beberapa gelombang
Untuk kelas VIII masuk dalam gelombang 1 pada tanggal 24 s.d. 28 Maret 2023 dan untuk kelas IX masuk dalam gelombang 2 tanggal 24 s.d. 28 Mei 2023
Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari diawali dengan Naik Kereta Api Gajayana dari stasiun Gambir selama kurang lebih 13 Jam, perjalanan menggunakan Hiace selama 2 jam menuju Desa Podokoyo membuat kegiatan ini menjadi lebih menantang
Sambutan warga desa dengan pertunjukan seni yang sarat akan makna juga menambah serunya kegiatan ini. 
Selama kegiatan disana para siswa akan tinggal dengan keluarga barunya, disana mereka akan berbaur dalam keseharian mereka seperti berkebun dan mengolah kentang menjadi olahan berbagai jenis yang diperlombakan setiap rumah. 
Keseruannya tidak berakhir disitu kerja sama orang tua asuh dan anak-anak juga diapresiasi dengan hadiah yang menarik yang diperuntukkan bagi orang tua asuh mereka
Selesai berkegiatan di desa nilai kesabaran dan ketekunan dalam melihat sunrise bromo memang melelahkan tapi menakjubkan Kuasa Tuhan sungguh nyata dengan ciptaanNya yang begitu memukau sejauh pandangan mata. 
Gema lagu Indonesia Raya serta Indonesia Pusaka menambah sejuknya suasana hati saat ini. Sungguh bersyukur sebagai bangsa Indonesia. 
Tidak berhenti disitu kelok jalur Bromo juga mampu mengalihkan ketakutan atas jalur yang dilewati terlebih ketika sampai di Pasir Berbisik momen ini menjadi momen untuk mengabadikan Pasir Berbisik dalam video dan lembaran foto. Sungguh indah memang
Balik dari wisata Bromo sarapan rawon di desa memang salah satu yang susah untuk dilupakan. 
Keahlian tangan2 warga desa dalam memasak membuat kita untuk kembali lagi kesana. 
Keseruan ini belum berakhir
Dihari yang sama kita bertolak ke Malang untuk berwisata ke Jatim Park 3 dan Museum Angkut
Makan siang Cwi Mie khas Malang menambah list makanan daerah yang memang harus dicoba ditambah dengan makan malam di Wareg dengan tempat dan rasa makanan yang sulit untuk dilupakan sehingga pengen kembali lagi kesana. 
Cerita belum berakhir disana Pusat oleh-oleh Brawijaya di keesokan harinya memang menguras dompet tapi ya happy happy aja bukan cuma gurunya para siswa-siswi nya juga
Ini terlihat dari antrian kasir dan tentengan yang mereka bawa yang malah menyulitkan beberapa untuk membawanya menuju bus ataupun kereta. 
Cerita ini ditutup dengan perjalanan kembali dengan kereta yang sama Gajayana namanya kereta eksekutif yang memberikan kenyamanan yang membuat kita menikmati perjalanan kurang lebih 13 jam dengan hati yang gembira serta sambutan hangat keluarga yang menjemput para siswa saat subuh jam 3 pagi menjadi akhir cerita yang akan melekat dalam memori setiap anak maupun guru pendamping yang ikut dalam kegiatan SoA ini. 
Kata mereka tentang Spirit of Adventure
_Joanna Clarissa Selyna H, 9A_
Ini pertama kali saya mengikuti kegiatan Spirit Of Adventure. 
Tentu saya mendapat banyak kenangan menyenangkan bersama guru dan teman teman. Saya juga merasa dibimbing dan dijaga dengan baik oleh para guru. 
Selama kegiatan Spirit Of Adventure ini, saya mendapatkan banyak pengalaman berharga. Saya belajar hidup mandiri bersama orang-orang baru dan jauh dari orang tua. Saya belajar bertanggung jawab atas diri saya sendiri. Saya juga belajar peduli terhadap sesama saya. Dan terlebih lagi, saya semakin mengagumi ciptaan Tuhan dan bersyukur atas berkat-berkatNya. 
Setelah kegiatan Spirit Of Adventure, saya merasa sudah bisa menerapkan sikap-sikap yang saya pelajari selama kegiatan Spirit Of Adventure. Saya sudah bisa bertanggung jawab atas diri saya sendiri, peduli terhadap sesama, dan semakin takut akan Tuhan.
Saya berharap kegiatan Spirit Of Adventure ini dapat terus diadakan pada tahun-tahun berikutnya dan selalu membawa banyak manfaat bagi banyak orang.
_Eowyn Anastasia S, 9E_
Haloo semuanya, aku Eowyn dari SMPK 5 PENABUR Jakarta. Kemarin, aku mengikuti kegiatan Spirit Of Adventure gelombang 2 yang dilaksanakan pada tanggal 24-28 Mei. Spirit of Adventure itu kegiatan berpetualang ke Malang bersama guru & teman-teman. Ada banyak banget kegiatan yang kita lakukan di Malang kemarin looh! Seperti: lihat sunrise di Bromo, bermain di Batu Secret Zoo, memanen kentang di desa, dan banyak lagi. Menurut aku, kegiatan Spirit of Adventure seruuuu banget. Kita bisa belajar banyak hal, ketemu teman baru, joget-joget, dan banyak lagi. Menurutku, yang paling seru sih bagian joget-joget bersama teman-teman di desa dan Museum Angkut. Gak nyesel deh pokoknya ikut kegiatan Spirit of Adventure! Semoga ke depannya kegiatan ini terus ada dan bisa terus bermanfaat bagi banyak orang. Demikian dari aku, thank youu.
_George Ruben T, 9E_
Hai semua, perkenalkan saya Ruben dari SMPK 5 PENABUR Jakarta. Saya baru aja mengikuti Spirit of Adventure beberapa hari yang lalu. Pada kegiatan ini, kami sempat tinggal satu malam di Desa Podokoyo. Selama di sana, saya bisa berkenalan dengan teman baru dari sekolah yang berbeda. Kami juga memanen dan mengolah kentang bersama.Yang paling seru sih pas kami di Penanjakan Bromo. Saya akhirnya bisa foto seperti orang-orang yang sudah pernah ke situ. Gak hanya itu, dengan mengunjungi Museum Angkut dan Batu Secret Zoo kita bisa mengenal/mempelajari hal baru. Selama mengikuti Spirit, pihak sekolah terutama bapak dan ibu guru yang mendampingi kami sangat perhatian dengan menyediakan segala sesuatunya dengan baik sehingga kami merasa aman dan nyaman. Terima kasih

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

BERITA LAINNYA - 01 October 2020
Kesaktian Pancasila Bukti Kokohnya Persatuan Anak...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 01 June 2023
Spirit of Adventure SMPK PENABUR Jakarta DESA POD...
#begreatwithus
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 02 June 2023
"Desa Podokoyo" Tempat terbaik belajar toleransi ...
Desa Podokoyo" Tempat terbaik belajar toleransi s...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 12 December 2023
Ibadah dan Perayaan Natal SMPK 5 PENABUR
Natal SMPK 5 PENABUR JAKARTA
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 18 December 2023
BAKSOS KOMPLEK CIPINANG INDAH “MERAYAKAN KEPEDULI...
#BAKSOS,#SMPK 5 PENABUR
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 12 December 2023
Ibadah dan Perayaan Natal SMPK 5 PENABUR
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 18 December 2023
BAKSOS KOMPLEK CIPINANG INDAH “MERAYAKAN KEPEDULI...
#BAKSOS,#SMPK 5 PENABUR
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 12 January 2024
Kegiatan Future Leader SMPK 5 PENABUR
#Kegiatan Future Leader SMPK 5 PENABUR
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 03 April 2024
SHARE with SOCIETY SMPK 5 PENABUR Jakarta “MENABU...
#begreatwithus
WEB CONTENT -CSI - 20 January 2023
Cara PENABUR Memaksimalkan KBM dengan LMS
#penabur #begreatwithus #webcontent #bpkpenabur #...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 03 April 2024
SHARE with SOCIETY SMPK 5 PENABUR Jakarta “MENABU...
WEB CONTENT -CSI - 20 January 2023
Cara PENABUR Memaksimalkan KBM dengan LMS
#penabur #begreatwithus #webcontent #bpkpenabur #...
WEB CONTENT -CSI - 20 January 2023
WHAT TO EXPECT FROM INDONESIA FUTURE EDUCATION IN...
#begreatwithus #smpk5penaburjakarta #kurikulum #m...
WEB CONTENT -CSI - 26 January 2024
Cara Remaja SMPK 5 PENABUR Jakarta Melestarikan K...
Cara Remaja SMPK 5 PENABUR Jakarta Melestarikan K...
WEB CONTENT -CSI - 26 January 2024
Yuk, Remaja Cintai Budaya Lokal!
Yuk, Remaja Cintai Budaya Lokal!

Choose Your School

GO