Pantang Menyerah Demi Aku dan Kamu

BERITA LAINNYA - 31 May 2021

Pantang Menyerah Demi Aku dan Kamu

          

Raden Ajeng Kartini atau Raden Ayu Kartini  yang biasa disingkat dengan R.A. Kartini adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia. Jasanya yang paling sering diingat dan disebut adalah jasanya sebagai pelopor kebangkitan perempuan Pribumi-Nusantara. Kartini lahir di Jepara, pada 21 April 1879 di masa penjajahan Hindia Belanda.

            Kartini merupakan seseorang yang berasal dari golongan bangsawan Jawa atau Priyayi. Dia adalah anak ke 5 dari 11 bersaudara kandung maupun tiri. Karena gelar kebangsawanannya, ia mampu bersekolah di sebuah sekolah yang didirikan oleh orang belanda yang dikhususkan untuk keturunan peranakan Eropa, keturunan timur asing atau pribumi dari tokoh terkemuka, yaitu Europeesche Lagere School. Namun, saat umurnya menginjak 12 tahun, Kartini dipaksa untuk berhenti bersekolah. Dilansir dari https://tirto.id/sejarah-perjuangan-ibu-kita-kartini-untuk-kaum-wanita-indonesia-gddY.  Kartini yang hanya di rumah tidak patah semangat. Ia terus belajar dengan banyak membaca surat kabar, majalah kebudayaan, majalah ilmu pengetahuan, dan buku dari Belanda dan Indonesia.

Di umurnya yang ke 24 Kartini dijodohkan dengan bupati Rembang, K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, yang sudah beristri 3. Untungnya, suami Kartini ini mengerti dan memberi kebebasan kepada Kartini. Ia melahirkan anak di tahun berikutnya. Namun, 4 hari setelahnya, ia meninggalkan dunia ini (wikipedia.org).

Walaupun begitu jasa-jasa dan usahanya akan tetap dikenang dan dihargai. Mulai dari saat ia mengirimkan banyak surat ke teman-temannya di Belanda hingga saat ia mengirimkan surat ke suatu penerbit koran yang tentunya dimuat di koran tersebut (De Hollandsche Lelie). Surat-surat yang ia kirimkan ini berisi pemikirannya tentang keadaan sosial yang ada di Indonesia saat itu (wikipedia.org.). Keadaan sosial tentang kondisi perempuan pribumi. Sebagian besar suratnya berisi keluhan dan gugatan yang menyangkut budaya di Jawa yang dipandang sebagai penghambat kemajuan perempuan. Dia ingin wanita memiliki kebebasan menuntut ilmu dan belajar. Tidak hanya itu, surat-surat ini juga berisi permintaan dan harapan Kartini akan bantuan dari luar. Selain itu, keinginannya melanjutkan sekolah di Eropa dan kendala-kendala yang harus ia dan orang lain hadapi ketika bercita-cita menjadi perempuan Jawa yang lebih maju.

Berkat kegigihannya, pada 1912 di Semarang didirikan Yayasan Kartini. Nama sekolahnya adalah "Sekolah Kartini". Yayasan ini didirikan oleh keluarga Van Deventer, seorang tokoh Politik Etis yang tersentuh akan kegigihan Kartini. Yayasan Kartini pun menyusul didirikan di Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon, dan daerah lainnya (wikipedia.org).

Ide-ide pembaharuan masyarakat yang tidak sempat dikemukakan secara langsung oleh Kartini tersampaikan melalui surat-suratnya yang bersejarah. Surat-surat Kartini untuk teman temannya yang di Belanda. Setelah Kartini wafat, Mr. J.H. Abendanon, salah satu teman bersuratnya, mengumpulkan surat-surat yang dikirimkan Kartini dan menjadikannya buku. Diterbitkan di Belanda pada 1911 oleh Mr. J.H. Abendanon dengan judul Door Duisternis tot Licht. Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia oleh sastrawan pujangga baru Armijn Pane pada 1922 dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang. Buku ini dicetak sebanyak lima kali dan pada cetakan terakhir terdapat tambahan surat Kartini. Dilansir dari https://id.wikipedia.org/wiki/Kartini.

Kartini berani menentang feodalisme ini. Kartini merupakan pebisnis ini. Kartini  memperkenalkan ukiran Jepara ke Eropa, seperti disampaikan pada Edukasi.kompas.com. Kartini pintar dan pemberani ini. Kartini inilah yang membawa kesetaraan wanita dan sosial ke titik ini. Jasa-jasa dan usahanya tak dapat dipungkiri. Karena itu, memberikannya sebuah museum dan satu hari khusus untuknya bukanlah hal yang berlebihan. Hal tersebut seperti dilansir dari Suara.com.

Nilai PKBN2K yang dapat diambil dari RA Kartini ialah keberaniannya untuk berdiri memperjuangkan hak-hak miliknya. Ketekunannya dalam belajar dan memperjuangkan kesetaraan sosial dan gender di Indonesia. Banyak lagi yang dapat kita lakukan darinya.

 

 

Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang bisa benar-benar menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri

-Raden Ajeng Kartini-

Jovica XA3

 

Daftar Pustaka

Wikipedia. Kartini. https://id.wikipedia.org/wiki/Kartini. Diunduh 27 Mei 2021

Tirto.id. Sejarah Perjuangan Ibu Kita Kartini untuk Kaum Wanita Indonesia. https://tirto.id/sejarah-perjuangan-ibu-kita-kartini-untuk-kaum-wanita-indonesia-gddY.

Diunduh 27 Mei 2021.

Suara.com. 5 Fakta Unik R.A. Kartini yang Jarang Diketahui. https://yoursay.suara.com/news/2021/04/21/122540/5-fakta-unik-ra-kartini-yang-jarang-diketahui. Diunduh 27 Mei 2021.

Edukasi.Kompas.com. 6 Fakta Menarik tentang Kartini, Apa Saja? https://edukasi.kompas.com/read/2021/04/22/153000571/6-fakta-menarik-tentang-kartini-apa-saja?page=all. Diunduh 27 Mei 2021.

Pinterest. https://id.pinterest.com/pin/325033298091100106/. Diunduh 27 Mei 2021.

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 May 2020
PELEPASAN SISWA ANGKATAN X
Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 August 2021
Countdown AMAZING BENEFIT- 2 Days to go
Countdown AMAZING BENEFIT- 2 Days to go
Berita BPK PENABUR Jakarta - 20 August 2021
Countdown AMAZING BENEFIT- 1 Days to go
Countdown AMAZING BENEFIT- 1 Days to go
Berita BPK PENABUR Jakarta - 21 May 2020
LIBUR Kenaikan Isa Almasih
Berita BPK PENABUR Jakarta - 30 May 2020
Juara I Jurusan MIPA - Tahun 2020 - Kezia Alverta...
BERITA LAINNYA - 04 February 2021
Winter Camp ke China
BERITA LAINNYA - 04 February 2021
Inovasi Mie Gulai Belut bagi Generasi Z
BERITA LAINNYA - 08 February 2021
PROYEK CHARACTER DAY : Sharing is Charing
BERITA LAINNYA - 15 February 2021
THE NUMBERS
BERITA LAINNYA - 16 February 2021
LDK OSIS & MPK SMAK PENABUR Harapan Indah
BERITA LAINNYA - 01 August 2022
LAPORAN KEGIATAN MPLS HARI PERTAMA
BERITA LAINNYA - 02 August 2022
LAPORAN MPLS HARI KEDUA
LAPORAN MPLS HARI KEDUA
BERITA LAINNYA - 04 August 2022
LAPORAN KEGIATAN MPLS HARI KEEMPAT
LAPORAN KEGIATAN MPLS HARI KEEMPAT
BERITA LAINNYA - 03 August 2022
LAPORAN MPLS HARI KETIGA
LAPORAN MPLS DAY 3
BERITA LAINNYA - 24 August 2022
ROADSHOW
ROADSHOW
BERITA LAINNYA - 16 August 2023
Pemuda Indonesia dalam alam kemerdekaan, by Clea
BERITA LAINNYA - 17 August 2023
Keep Moving Forward for Advanced Indonesia, an Es...
Keep Moving Forward for Advanced Indonesia, an Es...
BERITA LAINNYA - 28 August 2023
Tips untuk hidup Sehat Sebagai Pelajar,, yuk disi...
Tips untuk hidup Sehat Sebagai Pelajar,, yuk disi...
BERITA LAINNYA - 30 August 2023
Yang suka ngantuk, simak tips menghilangkan rasa ...
Yang suka ngantuk, simak tips menghilangkan rasa ...
BERITA LAINNYA - 27 August 2023
Kabar baik untuk sekolah, berikut cara meningkatk...
Kabar baik untuk sekolah, berikut cara meningkatk...
BERITA LAINNYA - 30 December 2023
Renungan Natal by Kimiko Demagog
BERITA LAINNYA - 01 January 2024
Tahun Baru 2024, bukan hanya sekedar resolusi..
Tahun Baru 2024, bukan hanya sekedar resolusi..
BERITA LAINNYA - 08 January 2024
Ibadah Awal Tahun, Semester Genap, 2023-2024
Ibadah Awal Tahun, Semester Genap, 2023-2024
BERITA LAINNYA - 17 January 2024
Pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dan menja...
Pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dan menja...
BERITA LAINNYA - 02 January 2024
Peran Indonesia dalam upaya perdamaian antara Isr...
Peran Indonesia dalam upaya perdamaian antara Isr...

Choose Your School

GO