Leadership Camp SLTAK BPK Penabur : Pemimpin yang melayani ... melahirkan pemimpin masa depan yang rendah hati.

BERITA LAINNYA - 23 August 2023

    Menurut kalian apa momen paling membahagiakan dalam hidup kalian? Pernahkah kalian bersedih ketika melihat orang lain tersenyum? atau sebaliknya tawa dan senyuman itu bisa menularkan kebahagiaan? nah silakan dijawab sendiri ha-ha-ha-ha. 

   

                                                  ==============

    23-25 Agustus 2023 kemarin, 6 siswa SMAK Penabur Harapan Indah (SMAK-HI) berkesempatan mengikuti program Lerdership Camp (LC/Lanjutan) yang diadakan Lapendik BPK Penabur Jakarta. Berikut keenam siswa SMAK-HI tersebut. 

1. Eldawny Thatya Tambunan XI MIPA 2
2. Yohana Hartanti Sianturi XI IPS 1
3. Julius Kenny Soewandy XI MIPA 3
4. Cecilia Loven XI MIPA 1
5. Catherine Lieve Leyn XI IPS 1
6. Peter Evan Prasetyo XI MIPA 3

        Ledership Camp (LC) kali ini sudah kita lakukan secara onsite dan telah dimulai bulan Februari 2023 yang lalu. Nah kegiatan 2 hari ini merupakan kelanjutan dari pelatihan di bulan Februari yang lalu. Kami berangkat dari Bekasi, pukul 06.00 WIB. dengan naik mobil rental, kami bernagkat ke Villa AJ, Puncak Bogor yang akan mejadi titik pertemuan peserta dari berbagai sekolah Penabur di Jabodetabek. Begitu kami tiba di villa AJ, kami sudah disambut dengan makan pagi dan bertemu dengan anak-anak yang lain. 

        Sekitar pukul 10.00 acara kemudian dibuka oleh Kak Lukcy dari Lapendik. Setelah melaksanakan prosesi pagi, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Visi-Misi BPK Penabur dan Menyanyikan Mars BPK Penabur, giliran Pdt. Peter Abednego yang memulai sesinya. Sesi Pdt. Peter tidak diisi dengan kotbah satu arah, namun penuh dengan permainan dan games yang bisa mengembangkan kekompakan siswa. Sesuai dengan Tema Ledership Camp tahun ini : Pemimpin Yang Melayani, diharapakan para siswa terbangun kepemimpinan yang bukan otoriter tapi yang melayani. 

      Setelah selsai beberapa sesi di Villa AJ, sekitar pukul 16.00 kami semua rombongan peserta berangkat ke Kampung Lame, Cidokom, Puncak, Bogor. Dengan menaiki angkot berwarna biru, kami berangkat dengan sukacita. Setibanya di Kampung Lame, kami diarahkan ke rumah para penduduk yang telah dipilihkan untuk kami. Dalam 1 rumah penduduk, ada sekitar 4 peserta yang akan tinggal selama 3 hari ke depan. Mereka harus bisa belajar bersosialisasi dan saling mengenal Bapak dan Ibu tempat mereka tinggal.Hari pertama berjalan dengan lancar, setelah makan malam di Warung Budaya, Kampung Lame, kami kemudian bersitirahat agar kuat untuk mengikuti acara esok paginya. 

     Nah acara esoknya yang menurut kami sangat menantang dan membutuhkan kekuatan fisik, mengapa? karena kami akan belajar menjadi "Kontraktor" pembangunan Jembatan he-he-he-he... tapi tenang dulu. Kami tidak akan belajar secara teori, namun langsung praktik. Kami bersama dengan warga dan seluruh peserta LC. Medan yang digunakan untuk pembangunan jembatan ini bukanlah sebuah medan yang datar seperti yang biasa kita temukan di kota. Tapi sebuah jalan setapak menuruni bukiit. Jalan itu sebenarnya sudah terbangun, tapi ada beberapa titik yang rusak dan belum dibeton. 

       Dalam LC kali ini, Lapendik berinisiatif mengajak kami dan warga untuk membeton titik tersebut, terutama sebuah jembatan kecil agara motor warga bisa lewat sehingga mempermudah mobilitas mereka, terutama mengangkut hasil bumi mereka ke kota. Lelah, panas dan berkeringat, itulah gambaran umum kegiatan hari kedua ini. Namun melihat semangat para warga dan peserta LC lainnya, kami jadi bertambah tenaga. kami membentuk barisan manusia dari atas bukit menuju bawah, sehingga kami bisa mengirimkan bahan-bahan bangunan berupa, pasir, semen dan kerikil untuk pembangunan jembatan. 

     Setelah dekat tengah hari, "Proyek" ini akhirnya berhasil kami tuntaskan. Kami sudah belajar, mengaduk pasir dan semen, juga membangun jembatan kecil yang nanti akan membantu warga sekitar. Kami kemudian makan siang bersama warga dan mengisi waktu luang dengan bernyanyi bersama mereka. Acara hari itu kami selesaikan dengan mengunungi para lansia di kampung itu dan bermain dengan anak-anak kecil.

     Tak terasa kami sudah sampai di hari ketiga. Hari terakhir yang akan kami isi dengan permainan dengan anak-anak kecil dan anak-anak sekolah di kampung tersebut. Meskipun panas dan bercampur debu lapangan, acara berlangsung dengan lancar dan penuh gelak tawa dan kelucuan anak-anak kecil di kampung itu. setelah semua permainan selesai kami, anak-anak, dan Bapak Ibu Orangtua di kampung Lame, makan bakso bersama. Sebuah pemandangan yang indah, yang akan diingat seumur hidup oleh para peserta LC kali ini. 

Acara Lederhip Camp berakhir. Kami semua lelah, tapi kami semua bahagia, bahagia karena kami bisa melayani, kami bisa berdampak. Sedih untuk meninggalkan teman-teman yang bersama kami 3 hari terakhir, tapi hidup harus kami lanjutkan. Kami harus bisa berbagi tentang apa yang kami pelajari di LC kali ini, di sekolah kami masing-masing. Sampai bertemu kembali teman-teman Leader-Leader muda BPK Penabur, sampai bertemu kembali Kampung Lame, terima kasih Lapendik, tetap semangat membuat acara-acar keren seperti ini ya. 

Pukul 15.00 kami tinggalkan Villa AJ, dan tiba di Bekasi pukul 17.30.... 

 

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 May 2020
PELEPASAN SISWA ANGKATAN X
Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 August 2021
Countdown AMAZING BENEFIT- 2 Days to go
Countdown AMAZING BENEFIT- 2 Days to go
Berita BPK PENABUR Jakarta - 20 August 2021
Countdown AMAZING BENEFIT- 1 Days to go
Countdown AMAZING BENEFIT- 1 Days to go
Berita BPK PENABUR Jakarta - 21 May 2020
LIBUR Kenaikan Isa Almasih
Berita BPK PENABUR Jakarta - 30 May 2020
Juara I Jurusan MIPA - Tahun 2020 - Kezia Alverta...
BERITA LAINNYA - 06 February 2021
Perjusa Kelas XI - AHI
BERITA LAINNYA - 08 February 2021
STANDARISASI OSIS MPK - GOLD FLAG OSIS MPK 2020-2...
BERITA LAINNYA - 04 February 2021
Winter Camp ke China
BERITA LAINNYA - 04 February 2021
Inovasi Mie Gulai Belut bagi Generasi Z
BERITA LAINNYA - 08 February 2021
PROYEK CHARACTER DAY : Sharing is Charing
BERITA LAINNYA - 22 April 2022
KEBAKTIAN PENYEGARAN IMAN, Paskah
BERITA LAINNYA - 24 April 2022
Hari Meningitis Sedunia
Hari Meningitis Sedunia
BERITA LAINNYA - 19 April 2022
The One That Got Away
The One That Got Away
BERITA LAINNYA - 27 April 2022
LOVE OUR EARTH
LOVE OUR EARTH
BERITA LAINNYA - 01 August 2022
LAPORAN KEGIATAN MPLS HARI PERTAMA
LAPORAN KEGIATAN MPLS HARI PERTAMA
BERITA LAINNYA - 15 August 2023
PR, 78 tahun merdeka, By Rachel Davina..
BERITA LAINNYA - 14 August 2023
Dari BPUPKI ke INdonesia Merdeka..
Dari BPUPKI ke INdonesia Merdeka..
BERITA LAINNYA - 14 August 2023
Recovery Indonesia, Merdeka dari Covid-19
Recovery Indonesia, Merdeka dari Covid-19
BERITA LAINNYA - 14 August 2023
Ekonomi Indonesia Merdeka..
Ekonomi Indonesia Merdeka..
BERITA LAINNYA - 14 August 2023
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dalam alam kemerdek...
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dalam alam kemerdek...
BERITA LAINNYA - 27 December 2023
Refleksi Natal by Juliana Syanne Tedjo Utomo Kela...
BERITA LAINNYA - 28 December 2023
Refleksi Natal by Jaden Nicholas, X-4
Refleksi Natal by Jaden Nicholas, X-4
BERITA LAINNYA - 29 December 2023
Refleksi Ibadah Natal by Mitchel Tumanggor
Refleksi Ibadah Natal by Mitchel Tumanggor
BERITA LAINNYA - 30 December 2023
Serunya kegiatan P5, mengenal Indonesia lewat mak...
Serunya kegiatan P5, mengenal Indonesia lewat mak...
BERITA LAINNYA - 31 December 2023
Nasi Liwet dan Wedang Ronde, sebuah refleksi P5.
Nasi Liwet dan Wedang Ronde, sebuah refleksi P5.

Choose Your School

GO