Kunjungan Pengurus Harian Ke Cimahi
Read MoreBPK PENABUR Kunjungi Kepala Badan Standar, Kuriku...
Read MoreBPK PENABUR Kunjungi Direktur Kepala Sekolah, Pen...
Read More
Sumber gambar: Canva
Sering lupa mengerjakan PR? Artinya, ini saatnya untuk membenahi agenda kamu dan menyusun jadwal agar tidak berantakan. Karena, jadwal yang baik bisa membantu mengurangi tingkat stress, lho!
Nah, ada salah satu softskill bernama time management atau manajemen waktu yang bisa kamu pelajari. Jika mampu mengelola waktu dengan baik, kamu pun bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.
Kalau ingin tahu bagaimana cara menerapkan manajemen waktu dengan baik, dan apa manfaatnya, yuk simak ulasan di bawah ini!
Manajemen waktu merupakan proses perencanaan atau pengelolaan waktu yang dipakai seseorang untuk melakukan aktivitas tertentu. Sederhananya, manajemen waktu adalah cara untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.
Tujuan manajemen waktu yaitu untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan produktivitas. Dengan begitu, kamu dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu.
Manajemen waktu adalah sebuah skill yang harus diasah, ya. Jadi, kalau sebelumnya kamu termasuk orang yang kurang disiplin, proses mengelola waktu bisa menjadi hal yang sulit.
Lalu, bagaimana cara melakukannya dengan baik? Berikut beberapa tipsnya!
Pernah nggak, kamu merasa bingung harus mengerjakan apa karena saking banyaknya tugas sekolah? Membuat to do list bisa membantu kamu, lho!
Kamu bisa menulis daftar tugas yang akan dikerjakan pada hari itu, termasuk juga jadwal belajar. Jadwal ini akan membantumu agar lebih disiplin, produktif, dan tidak banyak membuang-buang waktu. Kamu juga dapat membuat catatan untuk seluruh kegiatan hingga beberapa hari kedepan.
Besok ulangan Matematika, tapi besok juga da tugas Fisika yang harus dikumpulkan. Kalau sudah begitu, apa yang akan kamu lakukan?
Di sini, kamu harus memilih mana yang lebih penting untuk dilakukan dahulu. Membuat skala prioritas bisa kamu lakukan! Maksudnya, kamu harus menentukan tugas yang paling penting dan mendesak.
Beberapa orang merasa kalau mengerjakan tugas di ‘detik-detik terakhir’ membantu otak lebih lancar dalam berpikir. Namun, sebenarnya ini bukanlah kebiasaan baik, ya. Kenapa? Karena bisa saja apa yang kamu kerjakan tersebut, hasilnya kurang maksimal.
Menunda justru dapat menambah pekerjaaan. Kamu akan keteteran untuk mengerjakan semua tugas yang tertunda.
Nah, supaya manajemen waktu kamu lebih maksimal, untuk setiap tugas, buatlah batas waktu yang wajar. Tidak terlalu cepat atau terlalu lama. Dengan begitu, kamu tidak akan terperangkap dalam satu tugas saja, dan memastikan tetap fokus terhadap pekerjaanmu.
Setelah aktivitas selama seminggu berakhir, kamu bisa mengevaluasi jadwal belajar yang sudah dilakukan. Apakah masih ada yang dikerjakan dengan terburu-buru, materi yang terlewatkan, atau kegiatan belajar yang kurang optimal. Semuanya dievaluasi untuk memperbaiki cara belajarmu.
Meski tujuan manajemen waktu adalah untuk memaksimalkan penggunaan waktu dalam menjalani aktivitas, bukan berarti kamu harus menyepelekan istirahat, ya.
Baca juga: Apa Itu Teknik Active Recall? Yuk, Kenali dan Terapkan saat Belajar
Jangan lupa pikirkan juga waktu istirahat kamu. Beri jeda di antara jadwal belajar, karena tubuh juga punya batasan dalam beraktivitas.
Setelah menyimak ulasan di atas, yakin tidak ingin mulai disiplin dan membuat manajemen waktu dengan baik?
Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur
© 2019 YAYASAN BPK PENABUR
Develope by FMG