SPIRITUALITAS PEMIMPIN BERINTEGRITAS

Berita Lainnya - 07 January 2021

 Semula saya berpikir kalau perbincangan dalam Temu Wicara dengan Pak Ahok tentang suka duka Pak Ahok, sebagai pemimpin yang berintegritas yang dikagumi banyak orang. Wow, ternyata bukan itu, justru yang memukau malah Pak Ahok akan mengganti posisi guru agama ??? Tentu saja, ini bukan ancaman bagi guru agama, karena hanya sekadar trik-trik Pak Ahok saja karena sedang berbicara di BPK PENABUR. Terlepas itu settingan, dari narasumber  atau tidak, tetapi  bahwa di balik profil  tokoh yang garang dan tegas itu ternyata kita mendapatkan satu keteladanan yang hakiki.

SMAK 3 patut bersyukur, mengenal Spiritualitas Pak Ahok yang dilontarkan secara jujur, dan terbuka. Contoh memplesetkan M.BA menjadi “Management by Angry.”  Bahwa Pak Ahok adalah gubernur DKI yang baik dengan temperamen yang tegas dan keras, sudah menjadi rahasia umum. Kepemimpinan gubernur DKI  dengan temperamen yang sama di zaman Gubernur Ali Sadikin di zaman ORLA dan ORBA. Pemimpin yang baik tegas, keras, dan berprinsip yang dicintai rakyatnya. Ada pantun begini: “Jika ada jarum yang patah jangan masukkan dalam mangkok, jika ada kata yang salah jangan sampaikan pada Pak Ahok.” Pantun itu diucapkan oleh pembicara pelatihan bukan sekali, lho... sering! Sampai sebegitu takut dan segan  pada gubernur DKI waktu itu.

Pak Ahok adalah tipe pemimpin yang memiliki anugerah istimewa. Mengutip pendapat Robby Chandra dalam buku “Perjalanan MengikutiNya” beliau pengikut Kristus pada level Intim dengan Tuhan.  Tipe pemimpin berintegritas yang punya keinginan berubah agar makin sesuai denganNya, dan peka mampu memaknai anugerah dalam berbagai peristiwa.” (2018:14). Sebagai guru di sekolah Kristen, rasanya kita perlu mengaca diri setelah mendengar pemaparannya, bagaimana kiat sukses seorang pemimpin yang mampu  menyeimbangkan antara logika/rasio, realitas politik, dan spiritulitas (iman).

Menjawab pertanyaan awal dari Pak Julius tentang perjalanan karirnya dari Belitung, Pak Ahok dengan rendah hati  mengakui diri sebagai orang yang biasa, merangkak dari bawah sampai ke level atas menjadi pemimpin di ibu kota negara. Bahkan, ketika harus menghadapi intrik-intrik politik yang kotor, sampai-sampai harus menginap di “Hotel Prodeo”  Brimob Depok. Beliau tetap santai sambil berkelakar. Tapi filosofi ‘emas walau terjatuh di lumpur yang kotor, tetap emas yang berharga’. Coba, jika cincin pernikahan kita jatuh di selokan, bukankah kita rela berkotor-kotor demi benda kecil itu. Integritas diri, tidaklah tercoreng oleh karena retaknya sebuah keluarga atau pernah tinggal di “hotel prodeo” tetapi konsisten antara prinsip hidup yang diwujudnyatakan dalam sikap dan perbuatan.

Tentu saja tidak mungkin lagi saya mengutip ayat-ayat Alkitab yang beliau sampaikan. Pengalaman beliau mulai dari sharing, ketika ditanya Pak Patty berkaitan dengan dasar iman untuk dapat berintegritas. Ketika Pak Patty menyampaikan keteladanan tokoh Timotius, seorang muda yang menjadi pemimpin berintegritas. Timotius menjadi seorang tokoh panutan dimulai dengan keteladanan neneknya Louise. Dengan jujur Pak Ahok bersyukur dididik dan dibesarkan dalam keluarga yang baik. Keteladanan dari orang tua dan masyarakat yang mendukungnya, berkontribusi membentuk karakternya sebagai pemimpin. Kini kita menyadari bahwa untuk menjadi seorang yang berintegritas perlu proses alam yang tidak mudah. Kita tidak mungkin menjadi Pak Ahok, tapi kita bisa belajar dari pengalaman hidupnya agar menjadi seorang  yang berintegritas. Dua hal yang bisa dilakukan untuk bisa mencontoh Pak Ahok,  Intim dengan Tuhan dan mengikuti jalan-Nya, Jalan Pengikut Kristus, jalan Salib tentu saja. Bravo.

Oleh : Sunarta

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Berita BPK PENABUR Jakarta - 05 February 2021
START UP : For The Better You
Berita Lainnya - 25 November 2020
Hari Guru Nasional 2020
Berita Lainnya - 28 February 2021
Membangun Kasih dan Peduli Lewat Valentine
Berita Lainnya - 02 April 2021
Podcast ST3REO
PODCAST OSIS SMAK 3 PENABUR Jakarta
Berita Lainnya - 30 April 2021
SERUNYA PERKAJU VIRTUAL
SERUNYA PERKAJU VIRTUAL
Berita Lainnya - 23 September 2021
Menjadi Pengajar Kristen yang Menolong Tanpa Mema...
Berita Lainnya - 28 September 2021
Poetry Writing and Reading Competition, FH UNPAD ...
Testimoni dari Alyxandrea Nadine Wikarsa (XI IPA ...
Berita Lainnya - 02 October 2021
Membebaskan Anak dari Kecanduan Gadget
Ulasan kegiatan seminar orang tua siswa
Berita Lainnya - 07 October 2021
Testimoni Career Day SMAK 3 PENABUR Jakarta
Testimoni Career Day dari siswa
Berita Lainnya - 13 October 2021
Karir Sesuai Passion atau Karir Populer
Ulasan kegiatan Career Day siswa kelas XII
Berita Lainnya - 07 September 2021
Mengenal SMAK 3 PENABUR Lewat Open House
Berita Lainnya - 06 September 2021
Seminar Hasil Psikotest Siswa Kelas X
Review singkat dari kegiatan seminar orang tua ya...
Berita Lainnya - 22 May 2020
Ibadah Online SMAK 3 PENABUR Jakarta
Ibadah Online SMAK 3 PENABUR Jakarta
Berita Lainnya - 13 July 2020
Selamat Datang di SMAK 3 PENABUR Jakarta
Berita Lainnya - 13 July 2020
Pembukaan PLS2B SMAK 3 PENABUR Jakarta
Berita Lainnya - 28 October 2020
Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020
Berita Lainnya - 10 November 2020
Hari Pahlawan
Berita Lainnya - 20 November 2020
Doa Syafaat Persiapan PAS
Berita Lainnya - 09 January 2021
BERSINERGI MEMBENTUK PEMBELAJAR SEJATI YANG MANDI...
Berita Lainnya - 07 January 2021
SPIRITUALITAS PEMIMPIN BERINTEGRITAS
Berita Lainnya - 19 July 2021
Kegiatan PLS Tahun Pelajaran 2021-2022
Berita Lainnya - 16 August 2021
Sesi PKBN2K "Kejujuran"
Ulasan tentang sesi PKBN2K yang dilakukan pada ha...
Berita Lainnya - 17 February 2021
Valentine dan Nilai-nilai Kristiani
Berita Lainnya - 17 March 2021
Webinar bersama komisi 1 DPR RI
Berita Lainnya - 03 April 2021
KUNJUNGAN PANTI ASUHAN ASIH LESTARI
PEDULI SOSIAL

Choose Your School