i-Project Proposal “Frugie-Late”

Berita Lainnya - 10 February 2022

“Frugie-Late”

Jesselyne Gratia Sylvian

XIA6 / 12

 

BAB I
PENDAHULUAN

Menurut hasil penelitian dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2007 hingga tahun 2013, diambil rata-rata bahwa 93% anak Indonesia tidak suka mengkonsumsi sayuran. Padahal, sayuran merupakan sumber serat dan vitamin yang dibutuhkan manusia terutama bagi anak-anak dalam proses pertumbuhan dan perkembangan fisik dan kecerdasannya. Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan Gizi Seimbang. Untuk mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari sebenarnya kita perlu mengikuti Pedoman Gizi Seimbang sesuai Permenkes No. 41 Tahun 2014. Sebanyak 3-4 porsi sayur dan 2-3 porsi buah setiap hari atau setengah bagian piring berisi buah dan sayur (lebih banyak sayuran) setiap kali makan.

 

Sedangkan, sekitar 78% orang Indonesia suka mengkonsumsi coklat, tidak terkecuali dengan anak-anak. Tetapi, faktanya walaupun memang benar ada banyak kelebihan yang kita dapatkan dengan mengkonsumsi coklat seperti dapat mengatur kadar kolesterol dalam tubuh, menurunkan tekanan darah, mencegah diabetes, menjaga kesehatan jantung dan berat badan, juga dapat mencegah penuaan dini dan dapat membuat kita semakin bahagia karena dapat memicu produksi zat Phenylethylamine/PEA, itu semua berlaku jika jenis coklat yang kita konsumsi adalah coklat murni.

 

          Namun, coklat yang dijual di supermarket bukanlah coklat murni. Sudah ada banyak zat yang ditambahkan ke dalamnya seperti pengawet, pemanis artifisial, dll. Tentunya setiap merk berbeda kandungannya, juga setiap jenis coklat juga berbeda komposisi bahannya. Jenis coklat di pasaran yang paling mendekati dengan coklat murni adalah 70% dark chocolate. Namun dengan rasanya yang pahit, tidak semua orang menyukai dark chocolate. Masyarakat lebih memilih makanan dengan rasa yang manis daripada yang pahit. Maka dari itu, coklat yang ada di supermarket ini tidak baik dikonsumsi oleh anak-anak, bukan hanya tinggi kadar gulanya, tetapi juga kandungan kafein yang tinggi pada coklat bisa memicu anak menjadi hiperaktif. Selain itu, gigi juga bisa menjadi rusak dan menyebabkan ketidakseimbangan gizi karena anak-anak cenderung akan memilih makanan manis dibanding makanan 4 sehat 5 sempurna. Ditambah lagi dengan makanan ringan yang dikonsumsi untuk menemani rasa bosan atau hanya sekedar memberikan rasa di mulut.

 

          Seperti yang kita tahu, kebanyakan dari makanan ringan atau makanan yang dijual di dalam kemasan mengandung banyak pengawet dan bahan artifisial lainnya. Sedangkan menurut hasil Riskesdas tahun 2013, hampir empat dari lima penduduk Indonesia mengkonsumsi penyedap ≥1 kali dalam sehari (77,3%), tertinggi di Bangka Belitung (87,4%) terendah di Aceh (37,9%). Hal ini mendasari saya untuk menciptakan suatu produk yang inovatif, baru, kreatif, dan dapat diterima oleh masyarakat umum dan perlahan-lahan dapat mengubah pola hidup mereka menjadi lebih baik lagi, yaitu Frugie-Late, yang merupakan snack bar yang memiliki kandungan gizi seimbang, dengan tekstur yang mirip seperti chocolate bar ataupun snack bar yang dijual di supermarket namun memiliki kandungan nutrisi dari sayuran dan buah-buahan. Dengan kandungan gizi seimbang, “Frugie-Late” juga rendah gula dan zat aditif lainnya sehingga produk yang dijual bersifat organik.

 

BAB II
TUJUAN

Sebelum memulai suatu usaha, tentunya kita membutuhkan proposal dari usaha tersebut.Tujuan saya membuat proposal ini adalah sebagai landasan atau dasar dari rencana usaha ataupun pembuatan produk saya. Karena dengan adanya proposal ini, saya memiliki dasar atau latar belakang dari usaha yang saya jalankan ini, dan dengan harapan agar apa yang saya buat dapat membawa perubahan dalam kehidupan saya, juga kehidupan masyarakat sekitar. Selain itu, proposal ini juga dapat menjadi panduan kita dalam menghasilkan suatu produk. Proposal ini membantu kita dalam menetapkan target, merancang rencana, dan membangun semangat kita dalam menyelesaikan atau merealisasikan usaha ini, juga sebagai wujud komitmen kita terhadap pelaksanaan usaha. Lalu yang terakhir, proposal ini dapat dijadikan sebagai bukti nyata untuk melakukan kerjasama atau perjanjian dengan pihak luar.

 

          Kita semua pasti menyukai makanan ringan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia pasti menyukainya apapun bentuknya seperti biskuit, permen, dan coklat. Setelah melihat permasalahan yang ada di masyarakat kita, saya memiliki keinginan untuk membawa perubahan bagi kesehatan masyarakat dan berkontribusi memperbaiki pola hidup masyarakat ini,dimulai dari hal-hal kecil seperti mengganti snack kurang sehat dengan alternatif yang mengandung nutrisi lebih baik tanpa mengurangi rasa nikmat makanan tersebut. Saya memiliki ide untuk mengembangkan snack cokelat batang, dengan tekstur yang mirip namun memiliki kandungan nutrisi dari sayuran dan buah-buahan.

 

          Mungkin kita sering melihat hal serupa di supermarket dan sering disebut dengan “Healthy Bar”. Tetapi jika kita lihat tabel Nutrition Factsnya, dapat kita lihat kebanyakan dari produk tersebut memiliki kandungan gulanya, lemak, bahkan zat adisi yang bisa dibilang banyak jumlahnya, bahkan lebih banyak dari makanan yang dibilang tidak sehat. Ini merupakan salah satu pemicu atau penyebab rendahnya gizi pada masyarakat Indonesia. Sehingga, dengan project ini saya ingin membuat inovasi baru yaitu “Frugie-Late”, modifikasi dari makanan yang dijual dipasaran namun memiliki gizi yang lebih.

 

          Saya yakin, dengan adanya inisiatif dan keinginan dari diri sendiri dan juga dukungan dari orang-orang disekitar saya, saya mampu mewujudkannya. Saya percaya bahwa perubahan kecil yang akan saya bawa pasti berguna bagi masyarakat. Walaupun mungkin tidak langsung terlihat efeknya, tetapi segala sesuatu yang dipupuk dan dilakukan dengan penuh niat akan menghasilkan buah yang baik.

 

BAB III

MANFAAT

Dalam ruang lingkup kualitas gizi dan makanan, Frugie-Late memiliki beberapa manfaat bagi seluruh kalangan masyarakat, yaitu :


1. Mencukupi nutrisi seimbang
Seperti pada data yang tertera sebelumnya, sebagian besar masyarakat Indonesia tidak memenuhi persyaratan dalam kategori gizi seimbang. Bahkan, tidak hanya di Indonesia, hampir seluruh masyarakat dunia turut mengalami permasalahan yang sama. Frugie-Late yang  memiliki kandungan zat, mineral, dan nutrisi yang berasal dari sayuran dan buah-buahan seperti vitamin A, vitamin C, potasium, serat, dan antioksidan dapat membantu masyarakat dalam mencukupi nutrisi sehari-hari.


2. Mengurangi resiko penyakit
Karena Frugie-Late terbuat dari dark chocolate dan sayuran serta buah-buahan, maka pemanis yang digunakan adalah pemanis alami sehingga dapat mencegah diabetes. Frugie-Late juga dapat mencegah penyakit jantung karena mengandung beberapa bahan kimia yang memperlancar sistem kardiovaskular karena dark chocolate dapat mengurangi risiko serangan jantung dengan prosentase hampir 50% dan penyakit koroner sebesar 10%. Coklat dan sayuran yang memiliki warna yang gelap memiliki sifat dan manfaat yang mirip. Coklat mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan. Antioksidan dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan memproduksi oksida nitrat yang bisa menyeimbangkan hormon dalam tubuh kita. Kandungan dalam dark chocolate juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat atau yang disebut dengan LDL dan dapat meningkatkan kolesterol baik atau yang disebut dengan HDL.

3. Mengatur kadar stress dan menghambat penuaan
Coklat mengandung theobramine, phenylethylamine, dan serotonin. Serotonin merupakan zat anti depresan alami dan theobramine dan phenylethylamine inilah yang mempunyai peran yang penting dalam mengatur perasaan senang pada seseorang. Hormon kebahagiaan juga dipengaruhi oleh dopamin, oksitosin, dan endorfin. Saat mengonsumsi cokelat, hormon kebahagiaan tersebut akan dipicu oleh cokelat untuk dilepaskan dalam tubuh kita sehingga kita menjadi bahagia. Endorfin juga memiliki fungsi menjadikan kita nyaman dan menghilangkan stres.

 

BAB IV

WAKTU PENELITIAN

Dengan keterbatasan pengetahuan saat ini, saya masih awam dalam hal memproduksi makanan dan cara mengembangkannya dalam produksi yang besar, apalagi dengan menggunakan bahan-bahan kimia yang belum sepenuhnya saya kuasai dengan menimba ilmu di jenjang SMA. Tapi, saya mungkin dapat merealisasikan ide ini dalam jangka waktu 7 tahun kedepan, ketika saya lulus dari perguruan tinggi dan melakukan magang. Saat itu saya akan memiliki pengetahuan yang lebih mendalam dari saya yang saat ini duduk di bangku kelas 11 dan memiliki pengalaman lebih dalam proses penelitian, memproduksi makanan, marketing, dan sebagainya.

 

BAB V

TEMPAT PENELITIAN

Ketika melakukan penelitian, seluruh staf yang meneliti akan mengerjakannya di laboratorium produksi makanan. Setelah itu, produk akan di tes dan diuji di BPOM. Lalu produk akan diproduksi di pabrik makanan dan didistribusikan ke supplier di berbagai daerah. Tentunya saya berkeinginan agar produk ini akan dijual di pasaran, baik di supermarket, minimarket, dan toko lainnya, baik toko offline maupun online. Selain di gerai lokal, saya bercita-cita untuk mengekspor produk ini ke berbagai negara. Dengan bekerjasama dengan brand ternama, ini akan mempermudah saya untuk mewujudkan hal ini.

 

BAB VI
METODE

Menciptakan suatu produk makanan yang baru di tengah masyarakat umum yang luas tidaklah mudah. Segala sesuatu harus diperhatikan secara rinci dan mendetail agar tidak terjadi kesalahan fatal, terutama menyangkut kesehatan masyarakat. Diperlukan proses yang panjang dari gagasan ide seseorang untuk direalisasikan dan disalurkan hingga sampai ke tangan konsumen.
Berikut rangkaian proses produksi yang akan dilaksanakan:

1. Produk ini akan direalisasikan dengan melakukan research terlebih dahulu mengenai bahan-bahan yang dipakai sebagai bahan pokok, bahan tambahan, dan bahan pelengkap serta dipastikan kualitasnya baik.
2. Setelah menentukan bahan, maka kami akan bekerjasama dengan pihak product development dalam melakukan penelitian dan experimen pembuatan produk.
3. Setelah berhasil membuat produk tersebut, akan dibuat prototipe dan diserahkan kepada pihak lembaga pengawasan obat dan makanan atau disebut dengan BPOM untuk mendapatkan perizinan dan lisensi.
4. Setelah disetujui dan mendapatkan perizinan, produk mulai diproduksi dan di cek kualitasnya secara bersamaan untuk memastikan produk yang dihasilkan sesuai dan tidak ada cacat.
5. Pada saat yang sama, dilaksanakan juga publikasi dan pemasaran melalui media massa. Produk disalurkan melalui distributor yang akan disesuaikan dengan wilayahnya
masing-masing. Pembagian outlet ke berbagai daerah juga mendukung pemasaran ke
seluruh Indonesia.
6. Setelah sampai di supplier masing-masing daerah, produk akan didistribusikan lagi ke tiap gerai dan toko dengan cabangnya masing-masing hingga nantinya sampai ke tangan konsumen dan siap untuk dikonsumsi.

Karena saya masih belum memiliki pengetahuan yang cukup luas mengenai bidang ini, saya berkolaborasi dengan salah satu food technology influencer, Dennis dengan akun instagram @ilmu makanan dan melakukan konsultasi dengannya. Makanan ini dapat diproses dengan mengambil minyak dari buah dan sayuran tertentu seperti alpukat.

Berikut design sementara dari dari produk Frugie-Late

 

PENUTUP

Demikian proposal “Frugie-Late” ini dibuat. Saya panjatkan rasa syukur dan terima kasih sepenuhnya kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah menyertai dalam proses pembuatan proposal ini.. Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepadakeluarga, saudara, teman, kerabat, dan pihak lainnya yang telah mendukung saya senantiasa. Semoga, apa yang telah saya susun ini dapat diterima dan terwujud serta membawa dampak maupun manfaat bagi orang-orang disekitar. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan ataupun kesalahan lainnya. Saya menantikan dukungan serta doa, juga kritik dan saran dalam upaya mewujudkan “Frugie-Late” ini.

 

Demikian proposal ini saya persembahkan, atas perhatian Anda saya ucapkan terima kasih. 

 

DAFTAR PUSTAKA

https://www.kemkes.go.id/resources/download/general/Hasil%20Riskesdas%202013.pdf
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-cokelat-untuk-kesehatan/#gref
https://doktersehat.com/manfaat-cokelat/
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2697143/kenapa-cokelat-bisa-bikin-happy-ini-jawabann
ya
http://www.padk.kemkes.go.id/article/read/2019/05/14/11/mari-makan-sayur-dan-buah-yang-berkhas
iat-baik-bagi-tubuh-untuk-keluarga-indonesia-sehat.html

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Berita Lainnya - 03 April 2024
Kegiatan Seminar "Family Business" SMAK 1 PENABUR...
Berita Lainnya - 03 April 2024
Kegiatan Spirit Of Challenge BPK PENABUR Jenjang ...
Kegiatan Spirit Of Challenge BPK PENABUR Jenjang ...
Berita Lainnya - 01 April 2024
Kegiatan Sidak Napza SMAK 1 PENABUR Jakarta 2024
Kegiatan Sidak Napza SMAK 1 PENABUR Jakarta 2024
Berita Lainnya - 19 April 2024
Bazar Murah 2024 (Pengalaman Siswa)
Bazar Murah 2024 (Pengalaman Siswa)
Berita Lainnya - 06 March 2024
Kegiatan Seminar Pembinaan Remaja SMAK 1 PENABUR ...
Kegiatan Seminar Pembinaan Remaja SMAK 1 PENABUR ...
Berita Lainnya - 28 August 2023
Kegiatan Workshop I-Project Siswa Kelas X 25 Agus...
Berita Lainnya - 28 August 2023
Kegiatan Smukiez Run SMAK 1 PENABUR Jakarta di PI...
Kegiatan Smukiez Run SMAK 1 PENABUR Jakarta di PI...
Berita Lainnya - 22 August 2023
Kegiatan Perlombaan SMAK 1 PENABUR untuk Memperin...
Kegiatan Perlombaan SMAK 1 PENABUR untuk Memperin...
Berita Lainnya - 21 August 2023
Kegiatan Pelantikan MPK SMAK 1 PENABUR Jakarta Ma...
Kegiatan Pelantikan MPK SMAK 1 PENABUR Jakarta Ma...
Berita Lainnya - 18 August 2023
Kegiatan Upacara Bendera Memperingati Hari Kemerd...
Kegiatan Upacara Bendera Memperingati Hari Kemerd...
Berita Lainnya - 24 January 2022
Ayat Alkitab Minggu ini 24 Januari 2022
Berita Lainnya - 10 January 2022
Ayat Alkitab Minggu ini 10 Januari 2022
Ayat Alkitab Minggu ini 10 Januari 2022
Berita Lainnya - 03 January 2022
Ayat Alkitab Minggu ini 3 Januari 2022
Ayat Alkitab Minggu ini 3 Januari 2022
Berita Lainnya - 27 December 2021
Ayat Alkitab Minggu ini 27 Desember 2021
Ayat Alkitab Minggu ini 27 Desember 2021
Berita Lainnya - 23 December 2021
Ayat Alkitab Minggu ini 20 Des 2021
Ayat Alkitab Minggu ini 20 Des 2021
Berita Lainnya - 25 January 2021
Ayat Alkitab Minggu Ini 25 Januari 2021
Berita Lainnya - 22 January 2021
Ayat Alkitab 22 Januari 2021 (English)
Berita Lainnya - 20 January 2021
Latihan Dasar Kepemimpinan di Tengah Pandemi Covi...
Berita Lainnya - 18 January 2021
Ayat Alkitab Minggu ini 18 Januari 2021
Berita Lainnya - 11 January 2021
Ayat Alkitab 11 Januari 2021
Berita BPK PENABUR JAKARTA - 14 September 2021
PENGUMUMAN PSB SMAK 1 PENABUR JAKARTA 2022-2023
Berita BPK PENABUR JAKARTA - 10 September 2021
PERSIAPAN ACARA CAREER DAY - SMAK 1 PENABUR 2021
PERSIAPAN ACARA CAREER DAY - SMAK 1 PENABUR 2021
Berita BPK PENABUR JAKARTA - 06 September 2021
“PENABURFair” OPEN HOUSE SMAK 1 PENABUR JAKARTA 2...
“PENABURFair” OPEN HOUSE SMAK 1 PENABUR JAKARTA 2...
Berita BPK PENABUR JAKARTA - 06 September 2021
Persekutuan Doa Bulanan SMAK 1 PENABUR Jakarta
Persekutuan Doa Bulanan SMAK 1 PENABUR Jakarta
Berita BPK PENABUR JAKARTA - 02 September 2021
Kebaktian Online SMAK 1 PENABUR: "Walking Togethe...
Kebaktian Online SMAK 1 PENABUR: "Walking Togethe...

Choose Your School

GO