Hobi menarik selama pandemi

Berita Lainnya - 25 January 2021

Hobi Menarik Selama Pandemi

Pandemi virus covid-19 ini telah mengakibatkan terjadinya PSBB. Karena PSBB, murid-murid pun terpaksa melakukan PJJ atau pembelajaran jarak jauh. Karena PSBB juga, aktivitas yang biasa dilakukan diluar rumah pun menjadi terbatas. Sempat beredar bahwa PJJ akan berakhir pada bulan Januari 2021. Namun, sampai sekarang murid-murid pun masih menjalani PJJ. PJJ di wilayah Jakarta pun diperpanjang atas putusan pemerintah demi keselamatan guru-guru, murid-murid, dan karyawan. Tentunya,  karena PJJ dan PSBB ini lah banyak orang mengalami rasa bosan karena tidak dapat bertemu dengan teman-teman, melakukan kegiatan seperti biasa dan aktivitas lainnya. Banyak pula hobi yang tidak dapat dilakukan lagi karena pandemi ini. Oleh karena itu, artikel ini akan memberi tahu beberapa hobi simpel dan tentu saja menarik dan juga dapat mengurangi rasa stress yang dapat dilakukan selama pandemi ini.

  1. Menonton film

Menonton film memang terdengar sangat biasa dan kurang menarik. Namun, selama pandemi ini banyak sekali film maupun serial yang sangat menarik untuk ditonton. Mulai dari film dalam negeri sampai luar negeri . Film dan serial  ini pun juga mendidik dan dapat menambahkan wawasan para penonton. Film-film dan serial ini dapat diakses di berbagai platform seperti Netflix, Viu, Disney+, Youtube dan lain-lain.

  1. Memasak dan membuat kue

Memasak dan membuat kue memang terdengar sulit. Namun, banyak sekali resep-resep di internet yang mudah untuk diakses dan juga untuk dipraktekan. Memasak dan membuat kue dapat mengurangi rasa bosan dan juga sangat menarik untuk dilakukan. Selain itu, selama pandemi ini untuk mengurangi pergi ke tempat umum dan ramai untuk membeli makanan, mengapa tidak mencoba untuk membuatnya?

  1. Berolahraga

Selama pandemi ini rasanya malas sekali untuk berolahraga. Namun, olahraga merupakan kegiatan yang sangat penting dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Jenis olahraga pun sungguh beragam dan menarik jadi tidak perlu khawatir akan merasa bosan. Banyak sekali video di internet yang dapat diakses dan dapat dilakukan di rumah. Walaupun dalam situasi seperti ini, kita harus tetap rajin berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

  1. Berkebun

Untuk mengurangi aktivitas di dalam ruangan, berkebun adalah aktivitas yang dapat dipetimbangkan karena berkebun dapat dilakukan di halaman rumah. Jika tidak ada halaman rumah untuk berkebun, banyak juga tanaman yang dapat ditanam di dalam ruangan. Berkebun adalah hobi yang sangat menyenangkan dan juga tidak membutuhkan biaya yang besar. Untuk belajar berkebun juga dapat dilakukan melalui internet yang sangat mudah untuk diakses. Selain itu juga berkebun atau menanam tanaman maupun bunga dapat membuat ruangan lebih indah dan juga lebih segar. Selama dijaga dengan baik maka tanaman pun tidak akan cepat layu.

  1. Baca buku

“Buku adalah jendela dunia”. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa buku adalah suatu hal yang sangat  penting. Membaca buku merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat dan dapat mengurangi rasa bosan. Dengan membaca buku, pengetahuan kita akan semakin luas. Tidak perlu khawatir jika anda takut bosan karena banyak sekali jenis dan genre buku yang sangat menarik. Sekarang pun, tidak sulit untuk mendapatkan buku. Tidak perlu lagi berkunjung ke toko buku untuk membeli buku ataupun ke perpustakaan untuk meminjam buku karena adanya e-book yang sangat mudah didapatkan yaitu dengan handphone atau perangkat gadget lainnya.

  1. Merajut

Merajut adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Dengan merajut kita dapat membuat baju, boneka, tas, topi, dan lain-lain. Merajut dapat melatih kesabaran dan juga ketelitian. Merajut bukanlah hal yang mudah namun seiring berjalannya waktu, dengan sambil berlatih, pasti semakin mahir dan hasil-hasil rajutan akan semakin bagus. Dengan merajut juga, barang-barang yang telah dirajut dapat dijual. Jadi dengan hobi merajut dapat disalurkan pula menjadi binis.

  1. Melukis dan menggambar

Melukis dan menggambar adalah hobi yang dapat dilakukan oleh semua orang, mulai dari orang dewasa sampai anak-anak. Peralatan yang digunakan pun mudah didaptkan seperti pensil, kertas, kanvas untuk melukis, cat air, kuas, cat akrilik dan masih banyak alat lain. Dengan melukis dan menggambar dapat menambah kreativitas seseorang. Selain itu juga, dengan melukis atau menggambar seseorang bebas mengekspresikan emosi mereka atau apa yang sedang mereka alami dan rasakan yang dapat dilihat dari hasil gambar ataupun lukisan itu.             

  1. Belajar bermain musik

Selama pandemi ini sangat cocok untuk belajar bermain alat musik. Hal itu karena ada banyak waktu luang untuk belajar dan terus berlatih. Banyak sekali video-video di youtube yang mengajarkan cara bermain alat musik yang dapat diakses kapan saja melalui handphone ataupun alat elektronik lainnya. Sungguh menarik bukan?

  1. Menulis

Menulis juga merupakan aktivitas yang mudah dan menyenangkan untuk dilakukan. Untuk menulis dapat dilakukan baik menggunakan alat tulis dan kertas maupun menggunakan perangkat elektronik seperti laptop, handphone, tablet, dan lain-lain.  Dengan menulis, orang-orang dapat mengeluarkan isi hati mereka ke dalam tulisan tersebut. Mulai dari kegiatan hari mereka, pengalaman mereka, ataupun sesuai imajinasi mereka. Dapat dibilang bahwa menulis dapat mengurangi stress karena seseorang dapat secara bebas berekspresi melalui tulisannya.  Menulis juga dapat menambah pengetahuan melalui membaca karena jika seperti seorang penulis novel ingin menulis sesuatu, diperlukan riset-riset yang dapat digunakan di karya tulisannya.

  1. Belajar Bahasa baru

Di dunia ini ada banyak sekali bahasa yang dapat dipelajari. Dengan belajar bahasa dapat mempermudah komunikasi dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia dan juga menambah ilmu. Sekarang ada banyak sekali cara untuk belajar bahasa. Ada banyak video-video di youtube yang dapat diakses secara mudah dan juga ada buku-buku di toko buku. Selain itu juga jika anda suka menonton, ada banyak sekali film dari berbagai belahan dunia yang dapat diakses. Jadi dapat belajar bahasa baru sambal menonton film yang menarik.

 

Nah, hobi-hobi tersebut sungguh menarik kan? Ayo kurangi rasa bosan dan rasa stress anda dengan melakukan kegiatan positif seperti hobi-hobi diatas. –Valerie Livia-XI IPS 1

 

Sumber:

Masa Pandemi, Ayo Eksplor Hobi Baru! - Pikiran-Rakyat.com (pikiran-rakyat.com)

7 Hobi Terpopuler Selama Pandemi Corona, Berkebun hingga Membaca Buku - Halaman 2 (haibunda.com)

Ini 15 Hobi Terpopuler Selama Pandemi Covid-19 (bprpinangartha.com)

 

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Berita Lainnya - 03 April 2024
Kegiatan Seminar "Family Business" SMAK 1 PENABUR...
Berita Lainnya - 03 April 2024
Kegiatan Spirit Of Challenge BPK PENABUR Jenjang ...
Kegiatan Spirit Of Challenge BPK PENABUR Jenjang ...
Berita Lainnya - 01 April 2024
Kegiatan Sidak Napza SMAK 1 PENABUR Jakarta 2024
Kegiatan Sidak Napza SMAK 1 PENABUR Jakarta 2024
Berita Lainnya - 19 April 2024
Bazar Murah 2024 (Pengalaman Siswa)
Bazar Murah 2024 (Pengalaman Siswa)
Berita Lainnya - 06 March 2024
Kegiatan Seminar Pembinaan Remaja SMAK 1 PENABUR ...
Kegiatan Seminar Pembinaan Remaja SMAK 1 PENABUR ...
Berita Lainnya - 29 August 2023
Keseruan Smukiez Run Bersama SMAK 1 2023
Berita Lainnya - 21 August 2023
Serunya Perayaan HUT RI Ke-78 Di SMAK 1 PENABUR J...
Serunya Perayaan HUT RI Ke-78 Di SMAK 1 PENABUR J...
Berita Lainnya - 28 August 2023
Kegiatan Workshop I-Project Siswa Kelas X 25 Agus...
Kegiatan Workshop I-Project Siswa Kelas X 25 Agus...
Berita Lainnya - 28 August 2023
Kegiatan Smukiez Run SMAK 1 PENABUR Jakarta di PI...
Kegiatan Smukiez Run SMAK 1 PENABUR Jakarta di PI...
Berita Lainnya - 22 August 2023
Kegiatan Perlombaan SMAK 1 PENABUR untuk Memperin...
Kegiatan Perlombaan SMAK 1 PENABUR untuk Memperin...
Berita Lainnya - 24 January 2022
Kegiatan PTMT SMAK 1 Penabur Jakarta Semester II
Berita Lainnya - 10 January 2022
Liburan Natal dan Tahun Baru 2021-2022
Liburan Natal dan Tahun Baru 2021-2022
Berita Lainnya - 31 January 2022
Ayat Alkitab Minggu ini 31 Januari 2022
Ayat Alkitab Minggu ini 31 Januari 2022
Berita Lainnya - 17 January 2022
Ayat Alkitab Minggu ini 17 Januari 2022
Ayat Alkitab Minggu ini 17 Januari 2022
Berita Lainnya - 24 January 2022
Ayat Alkitab Minggu ini 24 Januari 2022
Ayat Alkitab Minggu ini 24 Januari 2022
Berita Lainnya - 02 February 2021
Hadapi Hiu Kecilmu
Berita Lainnya - 01 February 2021
Ayat Alkitab Minggu ini 1 Februari 2021
Berita Lainnya - 29 January 2021
Ayat Alkitab 29 Januari 2021 (English Day)
Berita Lainnya - 26 January 2021
Hal yang dapat dilakukan untuk menghadapi PJJ dip...
Berita Lainnya - 25 January 2021
Hobi menarik selama pandemi
Berita BPK PENABUR JAKARTA - 06 September 2021
“PENABURFair” OPEN HOUSE SMAK 1 PENABUR JAKARTA 2...
Berita BPK PENABUR JAKARTA - 06 September 2021
Persekutuan Doa Bulanan SMAK 1 PENABUR Jakarta
Persekutuan Doa Bulanan SMAK 1 PENABUR Jakarta
Berita BPK PENABUR JAKARTA - 02 September 2021
Kebaktian Online SMAK 1 PENABUR: "Walking Togethe...
Kebaktian Online SMAK 1 PENABUR: "Walking Togethe...
Berita BPK PENABUR JAKARTA - 01 September 2021
I-PROJECT SMAK 1
I-PROJECT SMAK 1
Berita BPK PENABUR JAKARTA - 28 August 2021
Pajak Bertutur 2021 Untuk Pelajar
Pajak Bertutur 2021 Untuk Pelajar

Choose Your School

GO