WEB CONTENT 2024: AI and Digital Creativity : Kolaborasi yang Membawa Kesuksesan bagi Murid PENABUR di Masa Depan (Kelompok 1 PHI)

WEB CONTENT - 18 January 2025

Di era digital masa ini, kecerdasan buatan atau lebih dikenal dengan nama Artificial Intelligence (AI) memberikan dampak dan perubahan yang besar dalam kehidupan kita. Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein, AI adalah kemampuan sistem untuk menafsirkan data eksternal dengan benar, untuk belajar dari data tersebut, dan menggunakan pembelajaran tersebut guna mencapai tujuan dan tugas tertentu melalui adaptasi yang fleksibel. AI dapat didefinisikan sebagai teknologi yang dirancang untuk melakukan berbagai tugas dengan bantuan kecerdasan manusia.

 

Perkembangkan AI sudah mempengaruhi banyak aspek kehidupan, termasuk juga dalam bidang pendidikan. Di era digital saat ini, keberadaan AI menyebabkan perubahan besar bagi para siswa. Siswa mungkin berpikir lebih kreatif, belajar lebih cepat, dan mengakses pengetahuan dengan lebih mudah berkat teknologi ini. Selain itu, kecerdasan buatan menginspirasi siswa untuk mengeksplorasi ide-ide baru yang mungkin sebelumnya sulit untuk dipelajari. Dengan AI, siswa mampu menciptakan inovasi dan teknologi yang dapat membantu masyarakat di masa depan sekaligus menjadi konsumen informasi.

 

Pelajar pada masa kini mempunyai banyak kesempatan untuk menambahkan wawasan dan kreativitas di dalam dunia digital melalui AI. Banyak siswa mempunyai rasa penasaran dan mereka sering menggunakan AI untuk mencari dan bertanya. Hal tersebut juga membuat para pelajar memiliki pengetahuan lebih lanjut dengan memaparkan ide-ide baru yang bermanfaat dan baik untuk kemajuan teknologi di masa depan.

 

AI dapat membantu dalam menambahkan kreativitas digital karena dapat menyediakan berbagai aplikasi dan website yang di dalamnya memiliki alat untuk membantu memudahkan proses pembentukan proyek-proyek yang ingin dibuat serta membantu proses pembelajaran secara digital. Beberapa contoh aplikasi atau website yang dibuat dengan bantuan AI adalah Canva, Duolingo, Chat GPT, Google Maps, Uber, Google Ads, Netflix, Spotify, Youtube, dan BCA Mobile.

 

Pelajar muda dapat menggunakan fitur yang terdapat pada platform AI untuk melakukan personalisasi agar dapat mempelajari materi sesuai minat pribadi dengan cara pembelajaran yang diprefrensikan. Contohnya seperti platform ClickUp, Process.st, Project Planner, Project Insight, Wrike, and Design Tasks. Sudahlah terbukti bahwa AI sangat bermanfaat bagi perkembangan kreativitas digital untuk para pelajar muda. Sebab itu, sekolah-sekolah di berbagai pelosok negara sudah mencoba untuk menerapkan berbagai strategi agar kreativitas digital pelajar muda meningkat dengan bantuan AI.

 

Tentu, sekolah BPK PENABUR juga sudah menerapkannya. Di PENABUR terdapat sebuah website bernama ”Moodle Penabur”. Website ini memiliki beberapa fitur AI dan digunakan oleh seluruh murid dan guru di BPK PENABUR sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lebih lancar. Para guru dapat menggunakan website ini untuk mengupload materi pelajaran, ringkasan, serta berbagai latihan soal yang berkaitan dengan pelajaran yang diajarkan di sekolah. Website ini sangatlah berguna karena para murid dapat mereview ulang materi dan juga mengerjakan latihan soal agar mereka dapat lebih mengerti pelajaran di sekolah.

 

Website Moodle beberapa waktu yang lalu merilis versi terbarunya, yaitu Moodle 4.5 yang memiliki banyak fitur AI terkini untuk mempermudah penggunaan website ini. Beberapa dari fitur serta manfaat dari versi terbaru ini adalah bahwa para pengguna website dapat mengatur AI sesuai dengan kebutuhannya, fitur untuk mempermudah pengajaran dan pembelajaran dengan membantu membuat sebuah ringkasan, fitur subsection yang membantu dalam pengelompokan konten kursus agar terlihat lebih rapi, membuat tampilan halaman website lebih mudah digunakan oleh pengguna, dan fitur notifikasi otomatis agar seluruh pengguna dapat mengikuti atau mengerjakan tugas serta ujian. Selain fitur-fitur tersebut, masih terdapat banyak fitur lain yang bermanfaat dan mempermudah hidup sebagai penggunanya.

 

Selain website ini, terdapat juga sebuah aplikasi bernama ”E-Lib”.  Aplikasi ini tidak dibuat dengan bantuan AI tetapi tetaplah berguna untuk menambahkan wawasan serta kreativitas murid-murid di sekolah BPK PENABUR. Aplikasi E-Lib merupakan sebuah proyek gabungan dari sekolah BPK PENABUR dan Gramedia yang bertujuan untuk menambahkan tingkat literasi dan kreativitas siswa-siswi dengan menyediakan layanan perpustakaan digital di mana terdapat banyak kategori buku yang dapat dipinjam, dibaca, dan dipelajari oleh murid-murid BPK PENABUR. Terdapat juga berbagai fitur sehingga para murid dapat membaca sesuai yang diprefrensikan, dengan nyaman, dan efektif.

 

Aplikasi E-Lib sudah sangat berguna walau tidak menggunakan AI, tetapi jika ingin dikembangkan lagi maka penggunaan aplikasi dapat lebih mudah dan nyaman akibat peningkatan dalam efisiensi layanan. Misal, jika dikembangkan dengan Chatbot AI. Chatbot AI dapat berperan sebagai asisten virtual bagi para pembaca. Contohnya adalah Chatbot AI dapat mengorganisasi berbagai kategori buku yang digemari agar lebih mudah mencari buku-buku yang ingin dibaca dengan lebih spesifik dan tepat, dapat membuat suatu fitur agar pembaca dapat mengelola koleksi favoritnya, dan juga dapat membuat fitur pencarian agar pembaca dapat mengetahui lebih lanjut tentang buku yang sudah atau belum dibaca.

 

Dapat kita lihat bahwa beberapa aplikasi atau website yang dibuat tanpa bantuan AI tetaplah berguna, tetapi jika dikembangkan selanjutnya dengan bantuan AI maka aplikasi atau website tersebut menjadi lebih efisien untuk digunakan. Bukan berarti suatu saat AI akan menguasai dunia kita. Tentu saja, AI memberikan banyak dampak positif dalam kehidupan pelajar tetapi juga memberikan banyak dampak negatif jika para pelajar tidak memanfaatkannya dengan baik.

 

Walaupun AI memiliki banyak dampak positif, tanpa penggunaan yang bijak juga dapat menghasilkan dampak negatif terutama pada para pelajar. Beberapa dampak negatifnya adalah pelajar malas dalam belajar atau mengerjakan PR karena hanya mengandalkan AI untuk mengerjakannya, kurang bersosialisasi dengan orang lain, menimbulkan nilai-nilai etika yang tidak baik, serta akan memiliki rasa ketergantungan pada AI. Tentu saja, segala dampak negatif ini dapat dihindar atau diatasi dengan bimbingan dan pengawasan dari guru atau orang tua serta pelajar dapat menggunakan teknologi ini dengan lebih bijak sesuai dengan aturannya.

 

Teknologi sudah berkembang dengan pesat dan memberi dampak besar dalam dunia pendidikan. Platform seperti Moodle PENABUR, Duolingo, Canva, Youtube, dan lainnya memudahkan siswa untuk mengakses materi-materi pembelajaran dengan cara yang lebih efektif serta dapat memperluas pengetahuan dan meningkatkan kreativitas. Tetapi kita harus memanfaatkan dan menggunakan AI dengan bijak agar dapat memberikan hasil yang positif. Pelajar harus dibimbing untuk menggunakan atau memanfaatkan teknologi sebagai alat pengembangan diri. Dengan bimbingan guru dan orang tua, penggunaan AI akan memberikan banyak manfaat yang sangat bagus untuk pelajar dan juga dapat meningkatkan kreativitas serta pemahaman siswa. Kolaborasi ini penting agar teknologi dapat mendukung pendidikan dengan optimal.

 

Infografis

Youtube

 

 

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan

https://qontak.com/blog/platform-aplikasi-ai/

https://ilpus.fib.undip.ac.id/post/2850/integrasi-penggunaan-chatbot-ai-di-perpustakaan-peningkatan-layanan-referensi-virtual-karya-nazwa-silva-alkatrin.html#:~:text=AI%20dapat%20membantu%20pengguna%20perpustakaan,terhubung%20ke%20sistem%20penerbitan%20elektronik

https://www.linkedin.com/pulse/yang-baru-di-lms-moodle-45-fitur-ai-dan-kemudahan-kustomisasi-tswmc/

https://clickup.com/id/blog/59908/ai-project-management-tools

https://verihubs.com/blog/contoh-ai-dalam-pendidikan

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

BERITA BPK PENABUR Jakarta - 22 February 2025
KKO 1 KELUARGA ANUGERAH TERINDAH TAHUN 2025
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 20 February 2025
TES BAKAT DAN MINAT
TES BAKAT DAN MINAT
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 08 February 2025
Creativity Day Kelas VII
Creativity Day Kelas VII
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 08 February 2025
"I Like Sains" - Pembuatan Roket Air
"I Like Sains" - Pembuatan Roket Air
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 08 February 2025
Bina Karir Kelas 9
Bina Karir Kelas 9
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 10 October 2022
Kader Kesehatan Remaja (KKR)
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 04 October 2022
Psikotes Bakat Minat Kelas 7
Kegiatan Psikotes Bakat Minat Kelas 7
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 24 September 2022
Seminar Orang Tua “ Happy Family Positive Live”
Kegiatan Seminar Orang Tua “ Happy Family Positiv...
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 11 July 2022
MPLS 2022
MPLS 2022
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 11 April 2022
Webinar STOP NAPZA 2021
Webinar STOP NAPZA 2021
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 12 April 2021
I Like Science
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 11 May 2021
TEMU PENGGALANG PENABUR 2021
temu penggalang
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 13 June 2021
PURNAWIDYA 2021
Purnawidya
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 16 July 2021
PRA PLS
pra pls
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 19 May 2020
Webinar - Unlock Your Teen's Potential in Pandemi...
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 30 October 2019
Temu Pengarang BOIM LEBON
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 17 October 2019
Bina Iman Kelas 8
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 16 October 2019
Karyawisata Kelas 7
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 23 September 2019
Kegiatan penyegaran materi Sistem pencernaan maka...
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 23 September 2019
Pelatihan Pembuatan LKS
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 17 March 2022
KUNJUNGAN VIRTUAL MUSEUM
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 23 March 2022
Fellowship
Fellowship
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 26 February 2022
We Are Family
 We Are Family
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 14 May 2022
BEST ACTIVITY 2 Webinar Orangtua SMPK PENABUR HAR...
BEST ACTIVITY 2 Webinar Orangtua SMPK PENABUR HAR...
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 12 May 2022
Temu Penggalang
Temu Penggalang

Choose Your School

GO