Temu Penggalang

BERITA BPK PENABUR Jakarta - 12 May 2022

Temu Penggalang

Pertemuan Pramuka merupakan suatu kegiatan rutin dalam kepramukaan yang sering dilaksanakan oleh BPK PENABUR Jakarta. Salah satunya adalah Jambore. Namun, karena situasi pandemi yang masih mengharuskan seluruh peserta didik belajar dari rumah kegiatan tersebut tidak dilaksanakan. Sebagai penggantinya, BPK PENABUR Jakarta mengadakan kegiatan Temu Penggalang jenjang SMPK secara virtual selama dua hari, yaitu tanggal 12-13 Mei 2022.

Ketua BPK PENABUR Jakarta Bapak Ir. Antono Yuwono yang hadir membuka kegiatan tersebut, menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia yang terlibat dan yang telah mendukung kegiatan tersebut. Selain itu, Beliau juga memberikan motivasi dan semangat bagi semua peserta Temu Penggalang. Dia juga berharap, kegiatan itu berdampak positif bagi diri peserta didik, gerakan pramuka, maupun masyarakat.

Kegiatan Temu Penggalang ini mengangkat tema “Cinta Alam, Selamatkan Bumi.”  Dengan tema tersebut, selain sebagai ajang silaturahmi, berharap semua peserta Temu Penggalang memahami betapa pentingnya ikut ambil bagian dalam menjaga alam mengatasi pemanasan global dengan hal kecil dimulai dari diri sendiri . Kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai ajang mengasah kemampuan melalui kegiatan berupa permainan dan lomba-lomba.

Acara Temu Penggalang dimulai dengan upacara dan prosesi pembukaan secara live melalui youtube yang diikuti oleh seluruh peserta dari gudep masing-masing. Kemudian dilanjutkan dengan berbagai rangkaian kegiatan. Kegiatan pertama adalah pemutaran video treaser dari masing masing sekolah mengusung tema kebudayaan dari seluruh daerah di Indonesia, dilanjutkan dengan Upacara Pembukaan, pengenalan fauna reptil Indonesia dari Bali Park, Selanjutnya kegiatan Pionering sebagai ketrampilan  adik-adik penggalang membuat gantungan pot dari tali kur dengan teknik simpul.

Hari pertama ditutup dengan penerapan cinta lingkungan yang dilakukan peserta dengan memanfaatkan barang bekas sebagai pot dengan tanaman apotik hidup yang ada disekitarnya dan tali hasil pionering tadi sebagai gantungan pot yang sudah peserta buat sebelumnya dan keiatan terakhir apel penutup dari  digudep masing masing dengan petugas apel penutup SPK Inter Kelapa Gading.

 Hari kedua dimulai dengan renungan pagi di gudep masing masing dan Pkl 7.30  apel pembuka. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan senam pagi bersama, dan dilanjutkan dengan Wide Games adalah kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh peserta Temu Penggalang. Banyak jenis permainan yang dilakukan pada kegiatan ini, seperti quiziz dengan materi kepramukaan, KIM, Sandi, Tebak Tokoh, dan Tebak Daerah. Permainan dilakukan di breakout room, setelah selesai peserta istrahat.

Pada sesi selanjutnya setelah jam istrahat peserta mengikuti problem solving (tentang pemanasan global/cinta lingkungan) tentu dikaitkan dengan penerapan nilai-nilai PKBN2K. Pada kegiatan ini siswa  mengikuti pemutaran film pendek tentang lingkungan dan selanjutnya berdiskusi untuk mencari solusi tentang pemanasan global dan solusi mengatasinya dan menjaga lingkungan. Masing-masing regu mempresentasikan hasil diskusinya. Kemudian dilanjutkan dengan PRAGASI ( Pramuka Ragam Aksi Diskusi)  secara livestreeming melalui youtube,  Kegiatan diakhiri dengan apel penutup secara live melalui youtube dan pengumuman pemenang dari setiap kegiatan yang dilaksanakan.

Secara umum kegiatan Temu Penggalang berjalan dengan lancar dan baik. Setelah kegiatan ini, peserta membuat poster berkaitan dengan kegiatan Pemanasan Global.

by. Rudyanto Nadeak

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

BERITA BPK PENABUR Jakarta - 19 November 2022
Penjelasan Hasil Tes Bakat Minat Kelas 7
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 10 November 2022
Upacara Hari Pahlawan
Upacara Hari Pahlawan
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 08 November 2022
Pumping for Achievement 2022
Pumping for Achievement 2022
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 03 November 2022
Retret SMPK PENABUR Harapan Indah 2022
Retret SMPK PENABUR Harapan Indah 2022
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 28 October 2022
Memperingati Hari Sumpah Pemuda
Memperingati Hari Sumpah Pemuda
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 04 September 2020
Temu Pengarang
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 15 January 2021
BINA IMAN
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 04 February 2021
MOTIVATION TRAINING KELAS 7 DAN 8
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 23 February 2021
Service Excellence
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 23 February 2021
Perkemahan Bakti Pramuka Penggalang SMPK PENABUR...
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 12 September 2019
Tes Minat Bakat Kelas 7
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 03 September 2019
BEST ACTIVITY
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 28 August 2019
PENILAIAN OSIS
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 27 August 2019
CLASSMEETING HUT RI KE 74
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 12 August 2019
PENERIMAAN SISWA BARU
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 23 September 2019
Pelatihan Pendalaman Konsep Fisika SMP
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 21 September 2019
Pelatihan Guru Hasta Karya
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 08 June 2020
Webinar “Unlock Your Teen’s Potential in Pandemic...
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 09 June 2020
Kegiatan Waktu Home Learning
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 02 September 2020
BEST ACTIVITY SMPK PENABUR HARAPAN INDAH
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 21 April 2022
Ibadah dan Perayaan Paskah 2022
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 27 May 2022
BAKSOS KOMPLEK PENABUR Harapan Indah dan GKI Hara...
BAKSOS
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 17 March 2022
KUNJUNGAN VIRTUAL MUSEUM
KUNJUNGAN VIRTUAL MUSEUM
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 23 March 2022
Fellowship
Fellowship
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 26 February 2022
We Are Family
 We Are Family

Choose Your School