Live In Di Desa Lame

BERITA BPK PENABUR Jakarta - 29 March 2019

SMP Kristen Penabur Harapan Indah melaksanakan Live in merupakan suatu kegiatan menghargai dan mengetahui makna kehidupan yang dilakukan dengan cara tinggal di rumah-rumah penduduk ( orang tua asuh ) dan mengikuti seluruh kegiatan yang dilakukan oleh keluarga yang di tempati serta mengenal penduduk dan keadaan masyarakat sekitar. Kegiatan ini dilaksanakan di Kampung wisata Lame desa Kopo Cisarua Bogor, bekerja sama dengan Unit Kegiatan Siswa PENABUR Jakarta.  Diikuti oleh 30 siswa, 3  guru pendamping  dan 3  orang dari Unit Kegiatan Siswa yang merupakan kegiatan pengembangan kepedulian siswa pribadi terhadap diri sendiri dan orang lain.

Setelah sampai di desa ini siswa disuguhi minuman kesehatan dari tanaman rosella dan dari teh kelor. Sesaat setelah itu siswa peserta di arahkan membuat makanan asli desa tersebut seperti membuat sawut, Membuat minuman rosella, Membuat Colenak dan langsung mencicipi makanan yang telah dibuat tersebut. Setelah itu siswa peserta Livein berbagi bersama anak anak penduduk setempat dalam hal belajar  yaitu belajar bahasa dan berbagi pengalaman bagi anak SD dari kls  1 sampai Kls 6 SD dibagi menjadi 4 kelompok. Setelah selesai belajar siswa peserta live in mengajari adik-adik SD tarian daerah, dan anak-anak sangat antusias  mengikuti dan dapat berinteraksi dengan peserta Live In sesi setelah penutupan anak anak dibagikan bingkisan alat tulis dan disuguhi makanan dan minuman hasil buatan peserta Live in tadi.

Setelah rangkaian hari ini selesai tiba saatnya siswa peserta di jemput masing-masing orangtua asuh yang akan ditinggali beberapa hari. Para siswa ditempatkan dan tinggal bersama dengan masyarakat desa untuk tiga (3) hari kedepan, untuk belajar dan mengalami dan menghayati kehidupan orangtua asuh yang diikutinya dengan kondisi yang jauh sangat berbeda dengan lingkungannya sehari-hari ketika bersama orangtua kandung selama ini. Para orangtua asuh merupakan penduduk asli desa yang profesinya: petani, peternak, penjaja gorengan dan pencari batu kali. Dalam hal ini siswa dilibatkan langsung bertani, menyabit rumput, menjajakan jualan dan mencari batu kali sesuai dengan pekerjaan orangtua yang siswa tinggali.

Melalui kegiatan ini, siswa diharapkan dapat merasakan, menjelaskan dan mengolah pengalaman kegembiraan dan kesulitan yang dialami oleh masyarakat tersebut.

Kampung Lame, Kabupaten Bogor, Jawa Barat sendiri jaraknya lumayan jauh dari jalan raya. Medan yang harus dilewati adalah jalan yang berbukit, cukup menurun, dan menanjak dan terjal. Lingkungan sekitar didominasi oleh pertanian rakyat secara tradisional. Peserta Live in sangat antusias mengikuti kegiatan ini, hannya saat melakukan kegiatan ini musim penghujan sehingga jalanan licin dan harus hati-hati jika berjalan.

Selama tiga hari itu peserta melakukan kegiatan-kegiatan, dan ditutup dengan kegiatan Aktivitas di Curug sebagai tempat permandian yang sangat bagus dan menajubkan dengan air bersihnya. Setelah itu kembali ke sekolah dan dan kami tiba kembali di sekolah dengan sehat dan damai sejahtera. Semua kegiatan berjalan dengan lancar dan semua siswa sangat antusias mengikuti setiap acara.

by Rudyanto Nadeak,S.Pd.

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

BERITA BPK PENABUR Jakarta - 13 November 2020
Ketua dan Wakil Ketua OSIS Tahun Pelajaran 2020 /...
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 15 December 2020
Ibadah dan Perayaan Natal Siswa
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 19 September 2020
KKO 3 Membangun Jembatan Kasih
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 14 December 2020
Webinar Karakter Kepedulian
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 17 July 2020
Pelatihan”Administration Training by School Super...
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 02 March 2021
LEADERSHIP CAMP
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 02 March 2021
STANDARISASI MPK DAN OSIS
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 06 March 2021
SAHABAT BELAJAR
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 08 March 2021
Pelatihan Ability To Learn
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 08 April 2021
Go Green
go green
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 12 September 2019
Tes Minat Bakat Kelas 7
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 03 September 2019
BEST ACTIVITY
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 28 August 2019
PENILAIAN OSIS
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 27 August 2019
CLASSMEETING HUT RI KE 74
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 12 August 2019
PENERIMAAN SISWA BARU
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 29 March 2019
Live In Di Desa Lame
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 17 July 2020
Character Building
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 20 May 2020
Baksos RSUD Bekasi dan PUSKESMAS Pejuang Bekasi
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 03 February 2020
Kebaktian English Team
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 04 November 2019
Kemah Bakti Dewan Galang
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 21 November 2020
Character Day “Remaja Milenial Berintegritas”
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 01 August 2020
Seminar Profesionalisme
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 21 December 2020
Pumping for Achievement
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 12 December 2020
KKO 4 SELAMANYA CINTA
BERITA BPK PENABUR Jakarta - 23 February 2021
WEBINAR KEBUGARAN SMPK PENABUR HARAPAN INDAH “ME...

Choose Your School