Happy Sunday ASB - 20 Oktober 2024

Berita Lainnya - 20 October 2024

KESETIAAN

Kasih setia dan pengenalan yang benar kepada Allah Sang Sumber Kehidupan adalah dasar utama bagaimana kita dapat menyukakan dan berkenan kepada Tuhan. Allah kita yang penuh rahmat dan belas kasih senantiasa setia mengasihi kita anak-anaknya.

 

(Hosea 6:6) : “Sebab Aku menyukai kasih setia dan bukan korban sembelihan, dan menyukai pengenalan akan Allah, lebih daripada korban – korban bakaran.”

 

Adakah kita memiliki kasih setia dan mengenal Allah kita dengan sepenuh hati dan tulus tanpa mengharapkan pamrih dan pujian dari orang - orang di sekitar kita. Dalam kehidupan kita sebagai bagian dari umat atau jemaat di lingkungan gereja atau kita sebagai bagian yang memberikan diri kita dalam pelayanan Tuhan mungkin menjadi bagian majelis, penatua, tim pendoa, koordinator divisi, pemusik atau lainnya apakah kita dalam kelompok pelayanan hanya sebagai aktivitas rutinitas saja, ikut berpartisipasi seadanya, agar tampak sebagai kelompok rohaniawan saja atau hanya untuk memperoleh sapaan, gelar maupun pujian semata saja. Jika demikian sesungguhnya kita bukanlah ciptaan yang mampu memberikan kasih setia dan memiliki pengenalan yang benar terhadap sosok Sang Gembala teladan kita.

 

Adakah kita dalam pekerjaan dan tanggungjawab dilingkungan kita bekerja sebagai pemimpin, karyawan, pendidik, tenaga kependidikan, pesuruh atau office boy, petugas keamanan, petugas kebersihan apapun itu posisi kita, melakukan dan menjalankan tugas dan tanggung jawab kita menjadi bagian yang kita syukuri atau hanya sebatas gelar, jabatan atau lebih mengenaskan lagi hanya sebatas sebagai sumber penghasilan materi semata.

 

Hal rutinitas yang selalu kita alami dalam keseharian pastinya kita setiap individu pernah diberikan kepercayaan untuk mengkoordinasikan sebuah kegiatan atau acara dilingkungan kita bekerja, terlepas itu acara yang hanya berupa internal atau bahkan acara yang melibatkan banyak orang, instansi luar sehingga butuh interaksi internal dan eksternal yang lebih luas lagi. Dalam mengemas dan mempersiapkan sebuah tanggung jawab seperti ini tentunya sangat dibutuhkan kemampuan untuk mengkoordinir dan bekerjasama dengan rekan tim yang dibentuk, setiap divisi akan memiliki jobdesk masing – masing yang benar-benar haruslah sepenuh hati, tidak ada upaya meremehkan hal-hal apapun yang perlu dikerjakan karena pada hakekatnya semua bagian ataupun hal tidak ada yang tidak esensial. Hal kecil diabaikan dan hanya hal besar yang perlu menjadi fokus perhatian, hal ini tidaklah benar. Atau kita merasa bahwa bagian yang seharusnya menjadi tanggung jawab kita, kita abaikan dan berharap diselesaikan oleh tim atau rekan kita yang lain atau lebih ironisnya lagi kita benar-benar mengabaikan dan tidak ambil andil dalam tim karena merasa malas, menyepelekan, merasa sesuatu itu tidak penting, apatis atau cuek dengan kondisi yang ada.

 

Seringkali dalam melakukan sesuatu yang baik kita lakukan hanya untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik, selesai tepat waktu dan berjalan lancar, karena apa yang kita lakukan tidak semata-mata hanya untuk menerima pujian, menyelesaikan kepentingan pribadi kita. Seharusnya kita sebagai orang yang beranjak dari sosok yang dipercayakan untuk bertanggungjawab dengan setia, penuh kasih dan sepenuh hati, apapun yang kita lakukan itu seharusnya untuk menyatakan kesetiaan kita, ketulusan kita, kecintaan kita pada Allah.

 

Kesetiaan adalah suatu sikap yang sangat perlu kita lakukan sebagai murid Tuhan yang mendalami pendalaman dan mengikuti teladan kita yaitu Sang Gembala kita. Allah menghendaki agar ibadah dan seluruh aktivitas di seluruh aspek kehidupan yang kita perbuat didasarkan pada hati yang tulus, penuh kerelaan, tanpa adanya paksaan dan terbeban. Allah menyukai persembahan yang bukan untuk mencari pujian atau untuk pencitraan. Allah tidak menghendaki jika persembahan yang kita berikan dijadikan alat untuk melegalkan dan membersihkan setiap perbuatan jahat yang telah kita lakukan. Sebab, Allah tidak pernah berkekurangan dalam segala hal.  Allah adalah Sang Pencipta, Dia adalah Sumber Kehidupan. Sehingga persembahan dalam kekudusan adalah ibadah yang sejati, persembahan yang berkenan kepada Allah. Hal paling utama yang disukai Allah dari peribadahan kita, ketika kita mau berbuahkan perbuatan baik dalam kehidupan kita senantiasa dengan sukacita dan keikhlasan.

 

Allah tidak pernah melarang kita beribadah dan menyerahkann persembahan. Namun, Allah tidak mau ibadah dan persembahan itu berangkat dari hati yang tidak sungguh-sungguh. Persembahan pada Tuhan tidak bergantung pada bentuk atau banyaknya jumlah materi yang kita berikan. Persembahan pada Tuhan harus diikuti dengan komitmen untuk mau bertumbuh dan beriman pada-Nya.Bahwa sesungguhnya pengampunan dari kejahatan yang pernah kita lakukan tidak bisa kita peroleh hanya dengan persembahan berupa ternak, uang, atau materi lainnya.

 

Allah ingin kita seperti dalam Roma 12 ayat 1: “kita mempersembahkan tubuh kita sebagai persembahan yang hidup, yang kudus, dan yang berkenan kepada Allah. “Itulah ibadah yang sejati.”

 

Mari kita mempersembahkan yang disukai Allah, dengan tidak menyesuaikan diri pada nilai-nilai duniawi. Melalui kesempatan hidup yang diberikan oleh Tuhan, mari kita mempersembahkan diri dengan sungguh-sungguh melayani-Nya dan menjadi pemberita Injil di mana pun kita berada, dikondisi apapun tanpa mengharapkan imbalan dari manusia karena dengan dasar kesetiaan dan ketulusan yang benar di mata Allah, maka kita akan menuai kebaikan dan anugerah yang tak terhitung sesuai dengan rancangan dan takarannya Allah.

 

SETIA, kita pasti bisa. Mahkota kehidupan tersedia dan dikaruniakan bagi setiap orang yang setia kepada Kristus. Tuhan Yesus memberkati kita. (CH-201024)

 

 

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Berita Lainnya - 12 May 2020
ASB Home Learning Tahap 4
Berita Lainnya - 12 August 2020
Ibadah Siswa, Guru dan Karyawan SMAK PENABUR Summ...
asb, BPK PENABUR
Berita Lainnya - 18 August 2020
Merdeka! HUT RI ke-75 di ASB
Berita Lainnya - 21 August 2020
Tetap seru di tatanan kebiasaan baru; Classmeetin...
Berita Lainnya - 21 August 2020
Career Day 2020 ASB
Berita Lainnya - 19 January 2022
Takut dan Cemas Bertemu Orang? Pahami Penyebab da...
Berita Lainnya - 05 February 2022
Masih Merasa Insecure Saat PTM? Inilah Tips Cara ...
Masih Merasa Insecure Saat PTM? Inilah Tips Cara ...
Berita Lainnya - 09 March 2022
PTM 100%, Sudah Siap Belum Nih?
PTM 100%, Sudah Siap Belum Nih?
Berita Lainnya - 05 May 2022
PENGUMUMAN KELULUSAN KELAS XII ANGKATAN KE-7
PENGUMUMAN KELULUSAN KELAS XII ANGKATAN KE-7
Berita Lainnya - 19 May 2022
IBADAH SYUKUR KELULUSAN dan PELEPASAN SMA KRISTE...
IBADAH SYUKUR KELULUSAN dan PELEPASAN SMA KRISTE...
Berita Lainnya - 10 September 2024
Mengubah Narasi tentang Bunuh Diri: Saatnya Kita ...
Berita Lainnya - 12 September 2024
Transformasi Pembelajaran: Computational Thinking...
Transformasi Pembelajaran: Computational Thinking...
Berita Lainnya - 13 September 2024
KOLEKSI POPULER PERPUSTAKAAN ASB BULAN AGUSTUS 20...
KOLEKSI POPULER PERPUSTAKAAN ASB BULAN AGUSTUS 20...
Berita Lainnya - 22 September 2024
HAPPY SUNDAY ASB - 22 SEPTEMBER 24
HAPPY SUNDAY ASB - 22 SEPTEMBER 24
Berita Lainnya - 24 September 2024
Guru Penabur Summarecon Bekasi Kenali Diri Lebih ...
Guru Penabur Summarecon Bekasi Kenali Diri Lebih ...
Berita Lainnya - 08 August 2024
BeKAL ASB - 08 Agustus 2024
Berita Lainnya - 09 August 2024
BeKAL ASB - 09 Agustus 2024
BeKAL ASB - 09 Agustus 2024
Berita Lainnya - 01 October 2024
Remember The Day! (Kesaktian Pancasila)
Remember The Day!
Berita Lainnya - 05 October 2024
Remember The Day! (Hari Guru Sedunia)
Remember The Day!
Berita Lainnya - 02 October 2024
Remember The Day! (Hari Batik Nasional)
Remember The Day!
Berita BPK Penabur Jakarta - 19 August 2022
Upacara 17 Agustus 2022 SMA KRISTEN PENABUR Summa...
Berita BPK Penabur Jakarta - 20 August 2022
Fesstival Class : 17 Agustus 2022
Fesstival Class : 17 Agustus 2022
Berita BPK Penabur Jakarta - 01 September 2022
ANBK SMA KRISTEN PENABUR Summarecon Bekasi 2022
ANBK SMA KRISTEN PENABUR Summarecon Bekasi 2022
Berita BPK Penabur Jakarta - 06 September 2022
Career Day ASB 2022
Career Day ASB 2022
Berita BPK Penabur Jakarta - 17 September 2022
EDUCATION FAIR 2022
EDUCATION FAIR 2022

Choose Your School

GO