Pojok Ruang PKBN2K: Kesetiaan adalah Kebiasaan
Berita Lainnya - 08 December 2020
Kesetiaan berasal dari kata setia. Menurut KBBI, setia memiliki makna berpegang teguh (pada janji, pendirian, dan sebagainya), patuh, taat, tetap dan teguh hati. Sedangkan kesetiaan merupakan keteguhan hati, kepatuhan, ketaatan (dalam persahabatan, perhambaan, dan sebagainya). Kesetiaan merupakan sikap dan tindakan yang menunjukkan dukungan, kepatuhan yang teguh dan konstan dari seseorang terhadap orang lain atau sesuatu (misalnya organisasi). Kesetiaan adalah sesuatu yang tidak dapat dibeli dengan uang karena kesetiaan merupakan sesuatu yang berhubungan dengan emosional seseorang. Apabila kita ingin mendapatkan kesetiaan dari seseorang maka kita harus memengaruhi sisi emosi dari orang tersebut.
Kesetiaan bukan hanya sebuah nilai namun merupakan hasil dari karakter atau kebiasaan. Kebiasaan yang kita lakukan tidak hanya dapat memengaruhi diri sendiri namun juga dapat memengaruhi orang lain yang berada di sekitar kita. Karakter atau kebiasaan positif dapat membentuk diri kita menjadi lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup kita.
Ikatan kesetiaan yang kita miliki dengan orang lain sering kali menjadi penentu dari arah hubungan tersebut. Kesetiaan bukanlah sebuah pilihan namun suatu keharusan. Kesetiaan merupakan hal penting yang sangat bermanfaat bagi seorang pemimpin. Menurut John Riad, beberapa sikap yang perlu kita lakukan untuk bisa memenangkan kesetiaan orang lain untuk senantiasa mendukung kita dalam hal yang positif adalah sebagai berikut.
- Contohkan perilaku yang baik. Jika kita ingin orang lain memperlakukan kita dengan hormat dan setia, lakukan hal yang sama kepada mereka.
- Berusahalah untuk tersenyum dan mudah didekati. Ingatlah bahwa itu menarik orang.
- Puji orang sebanyak yang kita bisa dan lakukan dengan tulus. Pujian dapat mendorong semua orang untuk berkembang.
- Berikan koreksi secara pribadi. Tunjukkan bahwa kita menghormati mereka.
- Jangan menjanjikan apapun yang tidak bisa kita penuhi. Kegagalan dalam memenuhi janji dapat menyebabkan hilangnya kredibilitas.
- Berkolaborasi dengan orang lain. Dukunglah orang lain untuk berhasil dan menyelesaikan tugasnya dengan baik.
- Dengarkan kekhawatiran. Tunjukkan sikap bahwa kita memperhatikan kebutuhan mereka dan kita ingin membantu mereka.
- Jadilah orang yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan.
- Bersikaplah dengan jujur.
- Libatkan orang lain untuk ikut merasakan kesuksesan kita.
- Bersikaplah rendah hati dengan kesuksesan yang kita raih.
- Jangan takut untuk meminta maaf. Ketika kita melakukan kesalahan, bertanggung jawablah untuk itu.
- Ucapkan kata-kata penyemangat. Bantu orang lain untuk menyadari potensi mereka dan bukan keterbatasan mereka.
- Menghindari komentar yang tidak sopan. Jangan berbicara buruk tentang orang lain.
- Berinvestasilah pada hubungan yang sehat dan profesional.
- Membimbing orang tanpa pamrih dan tanpa syarat.
- Kendalikan emosi. Orang-orang sukses tahu kapan dan bagaimana melepaskan beban emosional mereka.
- Tegas dengan keputusan yang telah kita tetapkan. Setiap orang merasa sulit untuk berhubungan dengan orang yang terus berubah pikiran.
Orang-orang sukses memahami betapa pentingnya dikelilingi oleh individu yang setia. Jika kita ingin mendapatkan kesetiaan, bangunlah hubungan yang bermakna. Jadilah seorang pemimpin yang efektif. Selamat memelihara kesetiaan menjadi kebiasaan.
Sumber:
Riad, John. 2015. Habits of Successful People Who Wins Loyalty. https://www.linkedin.com/pulse/habits-successful-people-who-wins-loyalty-john-riad?articleId=6021595816790089728. html. Diakses pada 7 Oktober 2020.
Penulis: Romada Rumarhobo
Penyunting: Nunut Dumariana
Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR
Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur