Musim Hujan Telah Tiba

BERITA LAINNYA - 07 December 2020

MUSIM HUJAN TELAH TIBA

            Bagi yang berumur lebih dari 40 tahun, mungkin pernah dengar lagu milik penyanyi yang dijuluki “Si Burung Camar” akrab terdengar di telinga untuk sebuah lagu “September Ceria”. Ya memang ketika memasuki bulan September, kita kerap menyambutnya sebagai pertanda memasuki musim penghujan. Musim penghujan memang memiliki cerita sendiri buat setiap orang. Beragam cerita beragam rasa. Ajaib memang hujan ini. Kadang ingin dihindari, kadang dinanti-nanti.

            Ada fakta menarik didalamnya yang perlu untuk kita ketahui.  Melihat posisi Indonesia, ada dua sudut pandang yang benar yang menyatakan letak Indonesia. Satu, melihat posisi Indonesia secara astronomis. Indonesia terletak pada 6° LU - 11° LS, dan 95°BT-141°BT. Nah… posisi menunjukkan prestasi hehehe.. gak lah. Posisi Indonesia ini membawa konsekuensi geografi terhadap wilayah Indonesia. Dari letak astronomis akibat letak lintang misalnya, posisi lintang demikian masuk dalam kategori lintang rendah, bahkan beberapa tempat di Indonesia dilalui persis oleh garis khatulistiwa (0°lintang), konsekuensinya adalah hampir seluruh wilayah di Indonesia mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Posisi Indonesia berdasarkan bujur ini, berpengaruh pada pembagian waktu di wilayah Indonesia yang berbeda-beda. Di Indonesia, pembagian waktu di Indonesia masuk dalam tiga kelompok waktu, Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT), setiap perbedaan waktu selisih 60’ disetiap daerahnya.

            Nah bagaimana dengan posisi geografis? Pada sudut pandang yang kedua adalah Indonesia terletak diantara dua benua, yaitu benua Asia dan Benua Australia, dan dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Ditambah lagi, Indonesia adalah negara kepulauan (maritime) yang setiap wilayah daratannya dihubungkan oleh perairan laut.

            Secara iklim, menurut Charles Ramage (1969) Kepulauan Indonesia merupakan bagian terbesar dari benua maritime, selain Filipina dan Papua Nugini. Sebutan benua maritime ditujukan pada wilayah kepulauan yang terletak di khatulistiwa dan di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, yang dikenal dengan sebutan kolam hangat tropis. Secara meteorologis, wilayah Indonesia memiliki kelembapan yang tinggi.

            Demikian juga dampak pengaruh angin yang berhembus di wilayah kita. Satu diantaranya adalah angin muson (monsoon) adalah angin yang berganti arah setiap setengah tahun yang diakibatkan perbedaan sifat fisi lautan dan daratan. Angin muson dibedakan menjadi angin muson barat dan angin muson timur. Kita break down yuk.

  1. Angin muson barat

Angin muson barat bertipu pada bulan Oktober-Februari. Hal ini disebabkan mulai tanggal 23 September sampai dengan tanggal 21 Maret, kedudukan semu matahari berada di belahan bumi selatan sampai garis lintang 23,5° LS pada tanggal 22 Desember.

Masih ingat kan kita di lintang berapa? Masih ingat juga dong posisi kita secara geografis dimana?

Intensitas penyinaran matahari di benua Australia lebih tinggi daripada penyinaran matahari di benua Asia. Akibatnya, udara di benua Australia bertekanan minimum dan di benua Asia bertekanan maksimum. Dengan demikian, bertiuplah angin dari Asia ke Australia melalui Indonesia ges. Karena angin ini melalui Laut Cina Selatan dan Samudra Hindia yang luas, angin ini mengandung banyak uap air sehingga sebagian wilayah Indonesia mengalami musim penghujan.

  1. Angin muson timur

Angin muson timur disebut juga angin muson tenggara. Angin muson ini bertiup pada bulan April-Agustus. Hal ini disebabkan, mulai tanggal 21 Maret sampai dengan tanggal 23 September, kedudukan semu matahati berada di belahan bumi selatan sampai gari lintang 23,5° LU pada tanggal 21 Juni. Intensitas penyinaran matahari di benua Asia lebih tinggi daripada penyinaran matahari di benua Asia lebih tinggi daripada penyinaran matahari di benua Australia. Akibatnya, udara di benua Asia bertekanan minimum dan di benua Australia bertekanan maksimum. Dengan demikian, bertiuplah angin dari Australia ke Asia melalui Indonesia. Karena angin melalui gurun luas Australia dan laut yang sempit di wilayah Indonesia, angin ini tidak banyak mengandung banyak uap air ges, sehingga sebagian wilayah Indoensia mengalami musim kemarau.

Hemm.. makin teranglah, mengapa setiap mulai memasuki bulan September, kita excited menyambut masuknya musim hujan. Tapi tahan dulu sob, karena angin muson ini bisa saja gak sesuai expectasi kita. Wah ada apa lagi? Gini ges, karena posisi silang Indonesia (diantara Samudera Pasifik dan Samudra Hindia), maka ketika salah satu samudra ini mengalami perubahan, tentu akan membawa dampak meteorologi ke wilayah Indonesia. Diantaranya adalah gejala perubahan iklim, karena EL NINO dan LA NINA. Nah siapa lagi nech?

Gini ceritanya ges, El Nino berasal dari Bahasa Spanyol yang berarti “anak lelaki”. El Nino adalah kejadian di mana suhu air luat yang ada di Samudra Pasifik memanas di atas rata-rata suhu normal. Sebenarnya ini adalah sesuatu yang alami dan telah mempengaruhi kehidupan di wilayah Samudra Pasifik (termasuk Indonesia) selama ratusan tahun. Meskipun rata-rata El Nino terjadi setiap tiga hingga depalan tahun sekali dan dapat berlangsung 12 hingga 18 bulan, namun El Nino ini tidak mempunyai periode tetap. Kenyataan ini membuat El Nino sulit diprakirakan kejadiannya pada enam hingga Sembilan bulan sebelumnya.

Nah ini apa dampaknya pada kondisi cuaca di Indonesia? Akumulasi curah hujan bisa berkurang di wilayah Indonesia, cuaca akan cenderung lebih dingin dan kering. El Nino mengakibatkan tekanan udara pada barat Samudra Pasifik menghambat perumbuhan awan di laut Indonesa bagian timur yang membuat curah hujan menurun secara tidak normal di beberapa wilayah di Indonesia. Bahkan bisa juga berdampak musim kemarau berkepanjangan. Sehingga bisa saja ketika memasukin bulan September akhir, yang biasanya sudah mulai banyak turun hujan, tetapi malah belum turun hujan sama sekali.

Sementara La Nina dalam Bahasa Latin berarti “gadis cilik”. La Nina merupakan suatu kondisi dimana terjadi penurunan suhu muka laut di Kawasan timur equator di lautan Pasifik, kondisi ini mendorong pembentukan awan berlebihan dan menyebabkan curah hujan tinggi pada daerah yang berdampak termasuk Indonesia. Tak ubahnya dengan El Nino, La Nina tidak dapat dilihat secara fisik, periodenya pun tidak tetap.

Trus apa donk pengaruhnya pada kondisi cuaca di Indonesia? Potensi hujan terjadi di Indonesia. Apalagi ketika Indonesia berada pada musim penghujan akibat pengaruh angin muson. La Nina akan sangat terasa dampaknya bagi kota dan daerah yang tidak mempuntai reapan air yang bagus, karena limpahan air hujan akan masuk dalam jumlah yang lebih banyak dari kondisi normal. Pada beberapa kota di Indonesia yang memiliki topografi kemiringan cukup curam hingga curam, berpotensi terjadi peningkatan potensi banjir dan longsor. Belum lagi permasalahan-permasalahan kesehatan lainnya, terlebih di masa pandemic ini.

Nah.. kita perlu berhikmat guys dalam menyambut musim hujan ini, karena musim hujan kali ini, diwarnai pengaruh dari La Nina. Bersiap, berhikmat. Macam cerita dalam Matius 25 : 1 -13, tentang perumpaan 5 gadis bodoh, dan 5 gadis bijak. Kita gak pernah tahu kapan waktunya, tapi kita sekarang tau bumi yang kita diami ini diberikan Tuhan untuk kita kelola, kita jaga dan perlu berhikmat didalamnya. Pengetahuan sebagai penolong kita untuk bisa bijak melakukan hal-hal yang baik, termasuk persiapan-persiapan menghadapi kondisi yang di luar dugaan kita, termasuk bencana.

So dear all.. selamat menyambut musim hujan yang kali ini disertai oleh “tangisan kecil dari seorang anak perempuan, La Nina”. Persiapkan fisik, kondisi rumah, saluran-saluran air harus dalam keadaan bersih dari sampah ges, biar nanti kalau ada limpahan air hujan masuk, tidak tersendat alirannya, musti rajin dech bersih-bersih ya guys.. biar musim hujan kali ini bisa kita nikmati dengan syahdu tanpa perlu khawatir berlebihan. Ingat ges kita masih dalam masa pandemic lho, makin rumit kalo bencananya bertubi-tubi kan?

 

 

Love our earth

Maria Trisnawati

Guru Geografi

120320

 

 

Literatur referensi :

  1. https://galamedia.pikiran-rakyat.com/humaniora/pr-35831629/la-nina-dan-el-nino-ini-perbedaan-dan-dampak-keduanya-pada-perubahan-iklim-di-bumi?page=3
  2. Huda, Nurul, dkk. Suplemen Sumber Belajar Olimpiade Geografi 1, SMA/MA, 2014, Jakarta : PT. Bina Prestasi Insani,

Somantri, Lili, dkk. Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Geografi 2 Untuk SMA/MA, 2016, Bandung : Grafindo Media Pratama

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 May 2020
PELEPASAN SISWA ANGKATAN X
Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 August 2021
Countdown AMAZING BENEFIT- 2 Days to go
Countdown AMAZING BENEFIT- 2 Days to go
Berita BPK PENABUR Jakarta - 20 August 2021
Countdown AMAZING BENEFIT- 1 Days to go
Countdown AMAZING BENEFIT- 1 Days to go
Berita BPK PENABUR Jakarta - 21 May 2020
LIBUR Kenaikan Isa Almasih
Berita BPK PENABUR Jakarta - 30 May 2020
Juara I Jurusan MIPA - Tahun 2020 - Kezia Alverta...
BERITA LAINNYA - 12 January 2021
Aksi Sosial Bina Iman Kelas XI 2020-2021
BERITA LAINNYA - 09 January 2021
Parents Gathering SMAK HI 9 Januari 2021
BERITA LAINNYA - 03 February 2021
PROJECT PELEPAS DAHAGA
PROJECT PELEPAS DAHAGA
BERITA LAINNYA - 01 February 2021
PELANTIKAN OSIS PERIODE 2021
BERITA LAINNYA - 04 February 2021
Ucap Syukur Pada Allah Setiap Hari - PA Guru BPK ...
BERITA LAINNYA - 11 April 2022
Vacation in Bali
BERITA LAINNYA - 12 April 2022
Greedy Palace
Greedy Palace
BERITA LAINNYA - 12 April 2022
Twenty Five Diamonds of Kindness
Twenty Five Diamonds of Kindness
BERITA LAINNYA - 16 April 2022
KESUNYIAN YANG MEMULIHKAN
KESUNYIAN YANG MEMULIHKAN
BERITA LAINNYA - 14 April 2022
Blessed-Cursed Chest
Blessed-Cursed Chest
BERITA LAINNYA - 18 August 2023
19 Siswa SMAK PENABUR Harapan Indah, penerima Anu...
BERITA LAINNYA - 18 August 2023
Daily Inspiration, 18 Agustus 2023
Daily Inspiration, 18 Agustus 2023
BERITA LAINNYA - 20 August 2023
Daily REMINDER, Minggu 20 Agustus 2023
Daily REMINDER, Minggu 20 Agustus 2023
BERITA LAINNYA - 19 August 2023
Proklamasi dan Makna Kemerdekaan, sebuah Essay..
Proklamasi dan Makna Kemerdekaan, sebuah Essay..
BERITA LAINNYA - 28 August 2023
Ibadah Bersama , 28 Agustus 2023 : Bertumbuh dala...
Ibadah Bersama , 28 Agustus 2023 : Bertumbuh dala...
BERITA LAINNYA - 01 December 2023
Berkolaborasi lewat Choipan...
BERITA LAINNYA - 02 December 2023
Nasi Kuning Banjarmasin...
Nasi Kuning Banjarmasin...
BERITA LAINNYA - 03 December 2023
Sei Sapi, siapa yang mau??
 Sei Sapi, siapa yang mau??
BERITA LAINNYA - 04 December 2023
Pertama kali memasak Soto Lamongan
Pertama kali memasak Soto Lamongan
BERITA LAINNYA - 06 December 2023
Mie Gomak, Horasss...
Mie Gomak, Horasss...

Choose Your School

GO