LANGKAH AWAL MERAIH MEDALI EMAS OLIMPIADE MATEMATIKA SMA
BERITA LAINNYA - 29 April 2025
Olimpiade Sains Nasional ( OSN ) adalah sebuah ajang talenta di bidang sains yang diselenggarakan untuk peserta didik di berbagai jenjang, seperti SD/MI/Sederajat, SMP/MTs/Sederajat, dan SMA/MA/Sederajat. Ajang ini diselenggarakan setiap tahunnya secara bertingkat dimulai dari tingkat kota, provinsi, hingga nasional. Hal ini diperlukan untuk menyeleksi peserta dari berbagai daerah
Ajang ini juga diadakan dengan tujuan untuk menimbangkan minat dan prestasi para siswa dalam bidang sains. Biasanya sekolah berkesempatan untuk menyeleksi peserta didiknya sebelum mengikuti ajang ini. Setiap sekolah memiliki hak untuk memilih sekitar 3-5 orang untuk mewakili sekolah mereka. Maka dari itu, peserta didik biasanya memiliki tekad untuk mempersiapkan dirinya mengikuti ajang ini.
Ketika mempersiapkan diri, peserta didik perlu memiliki kemampuan dasar dengan memiliki buku pegangan. Buku pegangan itu disesuaikan dengan mata pelajaran olimpiade. Buku ini digunakan untuk menunjang pengetahuan peserta didik. Buku "Langkah Awal Meraih Medali Emas Olimpiade Matematika SMA" merupakan salah satu buku yang digunakan untuk mempersiapkan ajang olimpiade.
Buku “Langkah Awal Meraih Medali Emas Olimpiade Matematika SMA” merupakan panduan yang dibuat khusus bagi siswa SMA/MA/Sederajat yang memiliki tekad untuk meraih prestasi dalam ajang Olimpiade Sains Nasional ( OSN ) bidang matematika. Buku ini menyajikan beberapa materi mulai dari aljabar, teori bilangan, kombinatorika, dan geometri. Buku ini tentunya memberikan strategi dan cara cepat untuk menjawab soal tingkat olimpiade. Dengan strategi yang diberikan, peserta didik dapat memahami lebih cepat dalam waktu yang singkat.
Selain itu, buku ini juga menyediakan latihan soal yang berjenjang tingkat kesulitannya yaitu mulai dari tingkat kota, provinsi, nasional bahkan internasional. Selain dari soal-soal yang disediakan, tentunya juga diberikan pembahasan agar siswa tidak hanya mengetahui jawaban akhirnya saja, tetapi juga memahami proses pengerjaan soalnya. Hal ini sangat penting untuk melatih problem solving yang akan diperlukan untuk menyelesaikan soal-soal tersebut.
Buku ini lebih dari sebuah buku latihan, tetapi juga dapat dijadikan sebuah simulasi dan bahan evaluasi bagi siswa yang akan mengikuti olimpiade. Buku ini menyediakan latihan-soal yang bersumber dari olimpiade pada tahun-tahun sebelumnya. Siswa dapat memanfaatkan buku ini pada saat sesi evaluasi mandiri ataupun latihan bersama guru. Dengan begitu, buku ini merupakan bahan pembelajaran yang pas bagi siswa yang ingin mengikuti ajang olimpiade matematika.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Buku ini memiliki banyak keunggulan. Pertama, penyajian materi disusun secara bertahap sehingga siswa dapat mencoba mempelajari teori terlebih dahulu lalu memulai untuk berlatih menggunakan banyak soal yang sudah disediakan. Hal ini cukup penting agar siswa tidak mengalami kesulitan untuk memulai belajar dari mana. Menurut saya, teori-teori yang diberikan sudah cukup detail sehingga siswa dapat mengetahui asal usul rumusnya dari awal, bukan hanya sekedar memahami dan menghafal.
Selain itu, soal yang terdapat pada buku ini cukup variatif. Buku ini tidak hanya memberikan latihan soal biasa, tetapi juga memberikan soal olimpiade tahun-tahun sebelumnya, mulai dari tingkat kota, provinsi, nasional, dan internasional. Setiap part “Nalar” dalam buku memiliki soal dan penjelasan jawaban yang cukup detail jadi siswa dapat memahaminya dengan mudah. Part ini menurut saya merupakan kelebihan yang cukup unggul dibanding buku lainnya. Part ini dapat membantu siswa untuk berpikir secara sistematis dan logis. Dan buku ini juga cocok untuk dipelajari mandiri ataupun bersama guru pembimbing di sekolah.
Namun, setiap buku tentunya tidak luput dari kekurangan. Buku ini memiliki kekurangan yang sebaiknya perlu diperhatikan ulang oleh penulis. Salah satu kekurangannya adalah minimnya ilustrasi visual. Ilustrasi visual sangat dibutuhkan terutama pada materi kombinatorika dan geometri sehingga siswa dapat memahami isi materi dengan lebih mudah. Dengan ketidakadaannya gambar pada buku ini, siswa butuh berpikir extra untuk memahami teori yang disampaikan secara tertulis tanpa gambar.
Selain itu, tingkat kesulitan dalam buku ini cukup terbilang sulit, sehingga buku ini mungkin cocok bagi siswa yang sudah berpengalaman mengikuti olimpiade. Untuk siswa pemula, buku ini terlihat seram karena penjelasan yang diberikan terlihat rumit. Disarankan untuk belajar bersama guru pendamping jika belum memiliki pengalaman olimpiade. Dan buku ini akan lebih baik jika ditambahkan panduan penggunaan / dasar teori yang digunakan agar siswa bisa menyesuaikan progress belajarnya.
SIMPULAN DAN SARAN
Dapat disimpulkan bahwa buku ini tetap dapat menjadi referensi belajar bagi siswa yang ingin serius mengikuti ajang Olimpiade Sains Nasional ( OSN ) bidang matematika jenjang SMA. Buku dengan penyajian materi yang lengkap, dan didukung dengan penjelasan teori menjadikan buku ini sebagai panduan yang baik. Meskipun memiliki beberapa kekurangan seperti minimnya ilustrasi visual dan tingkat kesulitan yang cukup tinggi, buku ini tetap layak menjadi acuan bagi siswa yang ingin fokus di olimpiade.
Agar buku ini bisa menjangkau lebih banyak siswa pemula, disarankan untuk menambahkan lebih banyak penjelasan dasar / dasar teori dari rumus yang digunakan. Dasar teori sangat diperlukan bagi siswa pemula agar mengerti materi dari awal. Perlu ditambahkan juga ilustrasi visual terutama pada materi geometri agar dapat membantu dalam pemahaman belajar siswa. Bagi siswa pemula yang ingin menggunakan buku ini sebagai acuan belajar olimpiade, disarankan belajar bersama guru / para ahli matematika agar dapat memahami isi materi dengan maksimal.
Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR
Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur