Karakter Disiplin sebagai Pencegahan Diabetes

BERITA LAINNYA - 18 November 2021

Karakter Disiplin sebagai Pencegahan Diabetes
oleh Sri Murniatiningsih


      Peringatan Hari Diabetes Dunia 2021 mengusung tema Access to Diabetes Care atau akses ke perawatan diabetes. Hari Diabetes Internasional menjadi kampanye untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya diabetes bagi masyarakat global. Kampanye ditujukan untuk menarik perhatian dunia pada isu diabetes agar selalu memperoleh perhatian.

      Pencetusan Hari Diabetes Dunia pertama kali pada 1991 dilakukan oleh International Diabetes Federation (IDF) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Penetapan ini sebagai tanggapan atas keprihatinan yang berkembang mengenai meningkatnya ancaman kesehatan akibat diabetes. Secara resmi, Hari Diabetes Sedunia diresmikan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 2007.
kebiasaan dan pola hidup masa kini sedikit banyak menjadi penyebab meningkatnya penderita disbetes. Dahulu kita kerap mendengar bahwa penderita diabetes adalah orang paruh baya atau yang sudah tua. Tidak jarang pula kita menyebut bahwa mereka mudah terkena dibetes karena pola hidup yang tidak sehat di masa mudanya. Namun, pola pikir demikian perlu kita ubah karena saat ini sudah bukan rahasia lagi terdapat anak-anak yang harus mengurangi kegiatannya karena terpapar diabetes.

      Diabetes melitus (DM) didefinisikan sebagai suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin. Insufisiensi fungsi insulin dapat disebabkan oleh gangguan atau defisiensi produksi insulin oleh sel-sel beta Langerhans kelenjar pankreas, atau disebabkan oleh kurang responsifnya sel-sel tubuh terhadap insulin (WHO, 1999). Diabetes belum bisa disembuhkan, namun harus selalu dikontrol dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Diabetes akan mengubah hidup seseorang dan membuat mereka berhati-hati mengenai makanan yang dikonsumsi atau kegiatan yang dilakukan. Bahkan anak-anak dan remaja juga bisa terkena penyakit gula ini.


      Orang awam beranggapan bahwa diabetes hanya diderita oleh para orang yang sudah tua saja. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa dalam 10 tahun terakhir jumlah anak yang terkena diabetes meningkat 500 persen. Hal ini menjadi perhatian kita apa penyebabnya? Dan perlunya edukasi mengenai diabeters secara dini pada seluruh lapisan masyarakat. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kita ketahui mengenai diabetes


1. Seringkali orang tak mengetahui ketika mereka terkena diabetes
Banyak orang yang tak menyadari bahwa mereka berisiko tinggi terkena diabetes dan baru mengetahuinya ketika tingkat diabetes yang mereka alami sudah parah. Jika Anda memiliki risiko diabetes tinggi, baik karena pola makan yang tak sehat, gaya hidup tak sehat, atau garis keturunan, maka pastikan untuk lebih berhati-hati. Periksakan diri setiap dua bulan sekali untuk melihat tingkat gula darah dalam tubuh. Lebih baik mencegah sebelum terlanjur terkena diabetes.


2. Diabetes bisa memicu kebutaan dan penyakit jantung
Jika tidak segera diobati, diabetes bisa memicu kebutaan dan juga penyakit jantung. Mata yang sudah terkena glaukoma tak akan bisa kembali normal, begitu juga dengan penyakit jantung. Ada baiknya untuk selalu mengecek tingkat gula darah agar diabetes yang diderita tidak sampai menyebabkan efek buruk pada organ tubuh yang lain.


3. Hati-hati dengan luka terbuka
Jika Anda menderita diabetes, hati-hati dengan luka terbuka. Luka akan lebih lama sembuh dan menutup pada pasien diabetes. Ini akan memperbesar kemungkinan luka terinfeksi, terutama pada bagian kaki dan tumit. Bersihkan kaki dengan hati-hati dan selalu gunakan alas kaki.


4. Diabetes yang disebabkan obesitas bisa diatasi dengan operasi
Jika diabetes yang Anda alami disebabkan oleh obesitas, maka ada cara untuk mengontrol gula darah Anda, yaitu dengan melakukan operasi bariatrik. Namun sebelum melakukannya sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter, karena operasi ini juga memiliki efek samping dan risiko komplikasi sendiri.


5. Diabetes tipe-2 biasanya tidak menunjukkan gejala
Diabetes tipe-2 seringkali tidak menunjukkan adanya gejala. Hal ini yang membuat orang tak tahu mereka berisiko dan terkena diabetes hingga terlambat. Pada diabetes tipe-2, Anda akan menemukan gejala seperti sering buang air kecil dan mudah lelah. Namun untuk mengetahui diabetes tipe-2, Anda harus melakukan tes secara teratur.


6. Diabetes akibat hamil bisa bertahan hingga bayi lahir
Ketika hamil, wanita lebih rentan untuk mengalami diabetes yang disebut dengan gestational diabetes. Biasanya ini terjadi ketika wanita yang tak memiliki diabetes tiba-tiba mengalami peningkatan gula darah saat hamil. Diabetes jenis ini bisa sembuh dan hilang setelah bayi lahir, namun tak menutup kemungkinan juga masih terus berlanjut setelah bayi lahir. Jika Anda mengalaminya, jangan lengah. Terus terapkan gaya hidup sehat dan pola makan yang sehat setiap hari.


      Pengenalan pencegahan diabetes secara dini kepada anak menjadi langkah awal untuk mengurangi anak terpapar diabetes. Sekolah sebaiknya memberikan edukasi secara langsung kepada siswa dan mengagendakan pembiasan pencegahan diabetes sebagai salah satu kegiatan siswa. Setelah siswa mengenal diabetes, inimenjadi langkah awal untuk menerapkan kedisiplinan hidup sehat. Kedisiplinan untuk menguasai diri ketika melihat santapan-santapan junkfood yang begitu menggoda untuk dinikmati. Siswa diajak berpikir untuk membandingkan antara kepuasaan saat ini menikati junkfood dengan potensi penyakit yang ditimbulkan oleh junkfood. Selain itu menyerukan secara berulang pentingnya bergerak. Bergerak untuk kesehatan jasmaniah dengan miniman berjalan 1000 langkah dalam satu hari.
Mari disiplin untuk hidup sehat, aktif dan bebas diabetes!


Sumber

https://www.kompas.com/tren/read/2021/11/14/113000565/hari-diabetes-sedunia-14-november-2021--sejarah-dan-tema-peringatannya, 16 November 2021

https://www.merdeka.com/sehat/6-fakta-penting-seputar-penyakit-diabetes.html, 16 November 2021

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 May 2020
PELEPASAN SISWA ANGKATAN X
Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 August 2021
Countdown AMAZING BENEFIT- 2 Days to go
Countdown AMAZING BENEFIT- 2 Days to go
Berita BPK PENABUR Jakarta - 20 August 2021
Countdown AMAZING BENEFIT- 1 Days to go
Countdown AMAZING BENEFIT- 1 Days to go
Berita BPK PENABUR Jakarta - 21 May 2020
LIBUR Kenaikan Isa Almasih
Berita BPK PENABUR Jakarta - 30 May 2020
Juara I Jurusan MIPA - Tahun 2020 - Kezia Alverta...
BERITA LAINNYA - 04 February 2021
Inovasi Mie Gulai Belut bagi Generasi Z
BERITA LAINNYA - 08 February 2021
PROYEK CHARACTER DAY : Sharing is Charing
BERITA LAINNYA - 15 February 2021
THE NUMBERS
BERITA LAINNYA - 16 February 2021
LDK OSIS & MPK SMAK PENABUR Harapan Indah
BERITA LAINNYA - 16 February 2021
Jovi Andreas_Asisten Dosen_Universitas Binus_Tekn...
BERITA LAINNYA - 04 August 2022
LAPORAN KEGIATAN MPLS HARI KEEMPAT
BERITA LAINNYA - 03 August 2022
LAPORAN MPLS HARI KETIGA
LAPORAN MPLS DAY 3
BERITA LAINNYA - 24 August 2022
ROADSHOW
ROADSHOW
BERITA LAINNYA - 25 August 2022
Vehicle Life Skill Roadshow
Vehicle Life Skill Roadshow
BERITA LAINNYA - 26 August 2022
Generasi Muda Penopang Utama Pertumbuhan Investor...
Generasi Muda Penopang Utama Pertumbuhan Investor...
BERITA LAINNYA - 30 August 2023
Yang suka ngantuk, simak tips menghilangkan rasa ...
BERITA LAINNYA - 27 August 2023
Kabar baik untuk sekolah, berikut cara meningkatk...
Kabar baik untuk sekolah, berikut cara meningkatk...
BERITA LAINNYA - 31 August 2023
Yang ingin tubuh idel, sini simak penjelasan beri...
Yang ingin tubuh idel, sini simak penjelasan beri...
BERITA LAINNYA - 29 August 2023
Kecanduan Gawai sangat tidak baik, simak tips unt...
Kecanduan Gawai sangat tidak baik, simak tips unt...
BERITA LAINNYA - 28 August 2023
Jangan suka menunda, muda tak lama, tua harus bah...
Jangan suka menunda, muda tak lama, tua harus bah...
BERITA LAINNYA - 02 January 2024
Peran Indonesia dalam upaya perdamaian antara Isr...
BERITA LAINNYA - 03 January 2024
Jakarta Informal Meeting
Jakarta Informal Meeting
BERITA LAINNYA - 04 January 2024
Peran Indonesia dalam Perdamaian Israel dan Pales...
Peran Indonesia dalam Perdamaian Israel dan Pales...
BERITA LAINNYA - 05 January 2024
Upaya Indonesia Dalam Perdamaian di Kamboja Melal...
Upaya Indonesia Dalam Perdamaian di Kamboja Melal...
BERITA LAINNYA - 06 January 2024
Peran Indonesia dalam Perdamaian Konflik Israel -...
Peran Indonesia dalam Perdamaian Konflik Israel -...

Choose Your School

GO