Cocok untuk kamu yang susah tidur : Cara Mengatasi Kebiasaan Overthinking.....

BERITA LAINNYA - 29 August 2023

"Cara Mengatasi Kebiasaan Overthinking"

XI MIPA 2, Benhinn Regal, Divani Evangeline,  Jeremy Joseph,

Jocelyn Caren, Pierce Rafael, Tom Tampubolon

 

     Overthinking adalah suatu kondisi ketika seseorang memikirkan segala sesuatu secara berlebihan. Pemikiran tersebut dapat dikategorikan sebagai pemikiran yang negatif. Kondisi ini dapat mempengaruhi perilaku seseorang dalam bertingkah laku. Sebagai contoh, seorang pelajar yang akan menghadapi ujian di sekolah atau ketika akan melakukan presentasi di kelas sebagai penilaian. Terkadang pelajar berpikir atau menduga hal yang belum tentu benar terjadi, seperti takut akan gagal, takut materi dalam presentasi tidak tersampaikan dengan maksimal, dan masih banyak lagi. Segala sesuatu yang kita pikirkan secara berlebihan tersebut masih dalam tataran pemikiran saja. Sehingga belum sepenuhnya akan benar-benar terjadi.

      Banyak orang yang keliru menganggap sikap ini sebagai sikap berhati-hati sebelum mengambil keputusan maupun ketika akan menghadapi sesuatu. Namun kenyataannya, pikiran negatif dapat membuat seseorang menjadi tidak efisien dalam menyelesaikan tugas atau mengambil keputusan yang tidak tepat. Sehingga, apakah dengan overthinking bisa membantu kita menghadapi suatu masalah? Umumnya, overthinking hanya membuat emosi dalam diri kita menjadi tidak terkontrol.

    Pada dasarnya, penyebab overthinking belum diketahui secara pasti, tetapi umumnya seseorang yang terlalu sering berpikir tentang masa depan akan mudah overthinking. Selain itu, dikutip dari orami.com, penyebab overthinking ada dua macam, yaitu tingkat kecemasan dan tingkat stres yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, supaya kita terhindar dari sikap overthinking, sebaiknya mulai membiasakan diri agar tidak terlalu sering berpikir tentang masa depan yang akan terjadi secara berlebihan dan jangan mudah stres ataupun cemas.

      Ada banyak penyebab mengapa orang bisa overthinking. Bisa jadi pengalaman masa lalu, keinginan untuk melakukan dan mendapatkan segala sesuatu secara  sempurna, terlalu khawatir jika yang direncanakan tidak sesuai ekspektasi, dan masih banyak lagi. Dampak overthinking pada kesehatan mental ternyata cukup membahayakan. Mulai dari ketidakmampuan untuk berpikir positif, menurunnya rasa percaya diri, gangguan tidur, dan membuat sel-sel otak menjadi lebih lelah dari biasanya.”   

    

       Kebiasaan overthinking tidak akan berhenti begitu saja. Namun, hal ini merupakan sesuatu yang bisa kita kontrol. Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara untuk mengatasi overthinking:

  1. Pertama-tama kita harus kenali tanda-tanda dari overthinking. Tanda-tanda tersebut seperti susah fokus, suka cemas dan gelisah ketika akan menghadapi suatu hal. Dengan mengenali tanda-tanda overthinking, kita dapat segera mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut.
  2. Kemudian kita harus temukan penyebab dari kebiasaan overthinking pada diri sendiri. Salah satu penyebab utama dari overthinking yakni membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Hal ini membuat diri kita menjadi tidak percaya diri dan merasa orang lain lebih baik daripada kita. Pemikiran yang negatif tersebut perlu dihindari.
  3. Setelah kita menemukan penyebabnya mulailah untuk membagi antara hal yang harus kita lakukan dengan hal yang tidak perlu untuk kita pikirkan.
  4. Setelah membagi kedua hal tersebut, cobalah melupakan hal yang negatif yang membuat mental dan pikiran kita down dan mulailah fokus kepada hal yang lebih perlu untuk kedepannya.
  5. Mulailah untuk membangun kebiasaan untuk berpikir positif dan tidak mementingkan hal yang tidak perlu. Dengan berpikir positif, kita dapat mengidentifikasi pola pikir yang merugikan dan menggantinya dengan pemikiran yang lebih sehat.
  6. Tetaplah bersyukur dengan segala kondisi yang kamu alami. Karena dengan melatih diri untuk selalu bersyukur dapat membantu pikiran kita menjadi positif.

 

     Overthinking sering terjadi kepada orang-orang yang akan menghadapi kejadian atau kondisi yang menantang seperti ulangan. Kebanyakan orang yang mengalami overthinking adalah para siswa dan mahasiswa.

      Berpikir sebelum melakukan tindakan memanglah lumrah. Namun, jika kamu selalu memandang sesuatu secara berlebihan, artinya kamu sedang overthinking. Terlalu banyak memikirkan detail-detail kecil, mengkhawatirkan hal-hal yang belum terjadi, atau bermain-main dengan pikiran negatif dapat membuat seseorang menjadi tidak efisien dalam menyelesaikan tugas atau mengambil keputusan yang tepat.  Hal ini tentu tidak boleh dianggap remeh karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental dan fisikmu. Jadi, lebih baik kita berpikir sesuatu dengan matang tetapi tidak berlebih.

    Kita harus bisa tetap selalu bersyukur atas apapun yang terjadi. Bagaimanapun situasi dan kondisi nya kita harus tetap melanjutkan dengan bersyukur. Karena yang telah berlalu sudah tidak relevan lagi. Dan pada akhirnya kita sudah berusaha semaksimal mungkin.

 

Referensi :

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 May 2020
PELEPASAN SISWA ANGKATAN X
Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 August 2021
Countdown AMAZING BENEFIT- 2 Days to go
Countdown AMAZING BENEFIT- 2 Days to go
Berita BPK PENABUR Jakarta - 20 August 2021
Countdown AMAZING BENEFIT- 1 Days to go
Countdown AMAZING BENEFIT- 1 Days to go
Berita BPK PENABUR Jakarta - 21 May 2020
LIBUR Kenaikan Isa Almasih
Berita BPK PENABUR Jakarta - 30 May 2020
Juara I Jurusan MIPA - Tahun 2020 - Kezia Alverta...
BERITA LAINNYA - 04 February 2021
Winter Camp ke China
BERITA LAINNYA - 04 February 2021
Inovasi Mie Gulai Belut bagi Generasi Z
BERITA LAINNYA - 08 February 2021
PROYEK CHARACTER DAY : Sharing is Charing
BERITA LAINNYA - 15 February 2021
THE NUMBERS
BERITA LAINNYA - 16 February 2021
LDK OSIS & MPK SMAK PENABUR Harapan Indah
BERITA LAINNYA - 01 August 2022
LAPORAN KEGIATAN MPLS HARI PERTAMA
BERITA LAINNYA - 02 August 2022
LAPORAN MPLS HARI KEDUA
LAPORAN MPLS HARI KEDUA
BERITA LAINNYA - 04 August 2022
LAPORAN KEGIATAN MPLS HARI KEEMPAT
LAPORAN KEGIATAN MPLS HARI KEEMPAT
BERITA LAINNYA - 03 August 2022
LAPORAN MPLS HARI KETIGA
LAPORAN MPLS DAY 3
BERITA LAINNYA - 24 August 2022
ROADSHOW
ROADSHOW
BERITA LAINNYA - 16 August 2023
Pemuda Indonesia dalam alam kemerdekaan, by Clea
BERITA LAINNYA - 17 August 2023
Keep Moving Forward for Advanced Indonesia, an Es...
Keep Moving Forward for Advanced Indonesia, an Es...
BERITA LAINNYA - 28 August 2023
Tips untuk hidup Sehat Sebagai Pelajar,, yuk disi...
Tips untuk hidup Sehat Sebagai Pelajar,, yuk disi...
BERITA LAINNYA - 30 August 2023
Yang suka ngantuk, simak tips menghilangkan rasa ...
Yang suka ngantuk, simak tips menghilangkan rasa ...
BERITA LAINNYA - 27 August 2023
Kabar baik untuk sekolah, berikut cara meningkatk...
Kabar baik untuk sekolah, berikut cara meningkatk...
BERITA LAINNYA - 30 December 2023
Renungan Natal by Kimiko Demagog
BERITA LAINNYA - 01 January 2024
Tahun Baru 2024, bukan hanya sekedar resolusi..
Tahun Baru 2024, bukan hanya sekedar resolusi..
BERITA LAINNYA - 08 January 2024
Ibadah Awal Tahun, Semester Genap, 2023-2024
Ibadah Awal Tahun, Semester Genap, 2023-2024
BERITA LAINNYA - 17 January 2024
Pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dan menja...
Pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dan menja...
BERITA LAINNYA - 02 January 2024
Peran Indonesia dalam upaya perdamaian antara Isr...
Peran Indonesia dalam upaya perdamaian antara Isr...

Choose Your School

GO