ANOMALOUS

BERITA LAINNYA - 01 October 2021

ANOMALOUS

(Desy Nicola Asturo)

 

Beberapa diantara kita tentu pernah mendengar kalimat “sungguh aneh tapi nyata”, bahkan kalimat tersebut dipopulerkan oleh mendiang Chrisye dalam lagunya yang dirilis pada tahun 2002.

Suatu kondisi yang unik dan cenderung “aneh” serta memiliki karakteristik berbeda dari keadaan secara umum disebut sebagai suatu anomali. Fenomena ini terjadi berdasarkan suatu kondisi yang nyata namun terkadang “melanggar” keadaan umum/standar.

Kajian dalam suatu cabang ilmu Fisika lebih lanjut membahas tentang fenomena fenoeman yang menunjukkan keadaan anomali ini, salah satunya adalah kejadian anomali pada air. Air merupakan komponen molekul struktur kimia yang terdiri dari dua atom hydrogen dan satu atom oksigen (H2O) yang berikatan secara kovalen. Air memiliki beberapa fenomena keunikan dan bersifat sebagai pengecualian dalam karakteristiknya [1].

Salah satu peristiwa anomali air yaitu efek mpemba (Mpemba Effect). Efek Mpemba merupakan suatu fenomena anomali air yang menggambarkan bahwa air panas lebih cepat membeku dibandingkan dengan air biasa pada temperatur ruang. Fenomena ini merupakan fenomena yang belum dapat dijelaskan secara eksak keberadaan dan penyebabnya. Dilansir disebabkan oleh adanya fase supercooling pada air, dimana ketidakstabilan terjadi pada situasi khusus tertentu karena tidak ada fase transisi terjadi selama air berada pada fase cair [2]. Air panas akan mengalami pendinginan super yang jauh lebih besar dibanding air biasa pada suhu ruang sehingga air panas akan lebih cepat membeku. Hal ini menjadi unik dan berbeda jika direlasikan dengan logika bahwa jenis kedua zat adalah sama, dan umumnya temperatur yang lebih rendah akan lebih cepat mengalami penurunan titik beku dibandingkan air yang bertemperatur tinggi. Walaupun berkaitan dengan suatu hal ketidakteraturan dari sifat umumnya, namun anomali dari efek mpemba ini menghasilkan beberapa keuntungan yang sangat penting dalam kehiddupan terutama dalam proses pembekuan makanan atau percepatan pendiginan terhadap suatu bahan.

Apabila kita mempelajari lebih lanjut perihal fenomena-fenomena lainnya seperti fenomena yang dipaparkan di atas, masih banyak hal-hal unik yang membentang dalam semesta ini. Namun, apabila peristiwa ini direfleksikan dalam suatu nilai-nilai kehidupan, ada anomali yang sangat spesial bagi kehidupan kita, yaitu keajaiban. Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) [3], keajaiban didefinisikan sebagai sesuatu yang ganjil, jarang ada dan tidak seperti hal pada umumnya serta tak dapat diterangkan dengan akal budi dan serta merta berasal dari kuasa Allah. “Fenomena” keajaiban tentu pernah dialami oleh manusia dalam kehidupannya. Ada beberapa hal terkemuka yang mengutip keajaiban sebagai momen yang terjadi dalam waktu super singkat dan tak terduga. Keajaiban selayaknya suatu impuls yang datang sebagai stimulus yang super cepat dan terjadi tanpa disadari sebelumnya. Kejadian yang sering dikaitkan dengan keajaiban terutama dirasakan ketika waktu yang tersisa tidak banyak sementara sesuatu harus dihasilkan pada saat itu. Pada beberapa peristiwa, ketika seseorang mengambil pilihan, keputusan atau tindakan dalam kurun waktu yang sangat singkat, lahirlah keajaiban dari Allah melalui pilihan itu yang berdampak luar biasa baik tidak hanya bagi orang tersebut namun juga bagi orang disekitarnya. Lalu dari mana datangnya keajaiban tersebut? Keajaiban tersebut lahir dari penyelenggaraan ilahi Allah kepada manusia atas unsur dasar kasih. Kasih Allah yang bersinergi dengan usaha baik yang dilakukan oleh manusia akan menghasilkan daya kekuatan yang luar biasa yang dihasilkan dalam kurun waktu yang sangat singkat.

Keajaiban Allah merupakan fenomena “anomali” yang tidak dapat dijelaskan secara eksak oleh ilmu pengetahuan yang dimiliki manusia, terkadang melampaui batas logika manusia. Allah adalah air kehidupan bagi semesta yang mampu melahirkan banyak kebaikan yang berdampak luar biasa bagi umat dan ciptaanNya. KeajaibanNya bukan serta merta terjadi tanpa unsur pendukung di dalamnya namun oleh karena kasihNya tanpa batas lewat penyelenggaraan Ilahi yang datang daripadaNya.

Anomali tidak semata dimaknai sebagai suatu keanehan yang menyimpang dari kebiasaan atau hal pada umumnya. Anomali juga dapat memberikan refleksi dan dampak yang luar biasa baik bagi perjalanan kehidupan.

 

 

REFERENSI :

  1. Nikola. 2015. Mpemba Effect from A Viewpoint of An Experimental Physical Chemist. Journal of Physics. Vol.4, p.1.
  2. Definisi Keajaiban. Pada KBBI Daring. Diambil 05 Sep 2020, dari https://kbbi.web.id/ajaib.
  3. Ralph H. Petrucci-Suminar, Kimia Dasar Prinsip dan Terapan Moderen, Edidi Keempat, Jilid 2, Erlangga, Jakarta, 1985, h. 24.

 

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 May 2020
PELEPASAN SISWA ANGKATAN X
Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 August 2021
Countdown AMAZING BENEFIT- 2 Days to go
Countdown AMAZING BENEFIT- 2 Days to go
Berita BPK PENABUR Jakarta - 20 August 2021
Countdown AMAZING BENEFIT- 1 Days to go
Countdown AMAZING BENEFIT- 1 Days to go
Berita BPK PENABUR Jakarta - 21 May 2020
LIBUR Kenaikan Isa Almasih
Berita BPK PENABUR Jakarta - 30 May 2020
Juara I Jurusan MIPA - Tahun 2020 - Kezia Alverta...
BERITA LAINNYA - 12 January 2021
Aksi Sosial Bina Iman Kelas XI 2020-2021
BERITA LAINNYA - 09 January 2021
Parents Gathering SMAK HI 9 Januari 2021
BERITA LAINNYA - 03 February 2021
PROJECT PELEPAS DAHAGA
PROJECT PELEPAS DAHAGA
BERITA LAINNYA - 01 February 2021
PELANTIKAN OSIS PERIODE 2021
BERITA LAINNYA - 04 February 2021
Ucap Syukur Pada Allah Setiap Hari - PA Guru BPK ...
BERITA LAINNYA - 11 April 2022
Vacation in Bali
BERITA LAINNYA - 12 April 2022
Greedy Palace
Greedy Palace
BERITA LAINNYA - 12 April 2022
Twenty Five Diamonds of Kindness
Twenty Five Diamonds of Kindness
BERITA LAINNYA - 16 April 2022
KESUNYIAN YANG MEMULIHKAN
KESUNYIAN YANG MEMULIHKAN
BERITA LAINNYA - 14 April 2022
Blessed-Cursed Chest
Blessed-Cursed Chest
BERITA LAINNYA - 18 August 2023
19 Siswa SMAK PENABUR Harapan Indah, penerima Anu...
BERITA LAINNYA - 18 August 2023
Daily Inspiration, 18 Agustus 2023
Daily Inspiration, 18 Agustus 2023
BERITA LAINNYA - 20 August 2023
Daily REMINDER, Minggu 20 Agustus 2023
Daily REMINDER, Minggu 20 Agustus 2023
BERITA LAINNYA - 19 August 2023
Proklamasi dan Makna Kemerdekaan, sebuah Essay..
Proklamasi dan Makna Kemerdekaan, sebuah Essay..
BERITA LAINNYA - 28 August 2023
Ibadah Bersama , 28 Agustus 2023 : Bertumbuh dala...
Ibadah Bersama , 28 Agustus 2023 : Bertumbuh dala...
BERITA LAINNYA - 01 December 2023
Berkolaborasi lewat Choipan...
BERITA LAINNYA - 02 December 2023
Nasi Kuning Banjarmasin...
Nasi Kuning Banjarmasin...
BERITA LAINNYA - 03 December 2023
Sei Sapi, siapa yang mau??
 Sei Sapi, siapa yang mau??
BERITA LAINNYA - 04 December 2023
Pertama kali memasak Soto Lamongan
Pertama kali memasak Soto Lamongan
BERITA LAINNYA - 06 December 2023
Mie Gomak, Horasss...
Mie Gomak, Horasss...

Choose Your School

GO