Juara II Jurusan MIPA - Tahun 2020 - Nelsen Putra (12 MIPA 2)

Berita BPK PENABUR Jakarta - 30 May 2020

Nama Lengkap : Nelsen Putra

Kelas                  : XII MIPA 2

Tahun lulus       : 2020

Predikat            :  Juara 2 Jurusan MIPA

           

     Bersekolah di SMAK PENABUR Harapan Indah merupakan salah satu kebanggaan tersendiri bagi seorang Nelsen. Saya memiliki kesempatan yang tidak kecil untuk mengembangkan diri saya, baik secara akademik, non-akademik, maupun karakter. Banyak sekali pengalaman dan pelajaran hidup berharga yang dapat saya petik melalui perjalanan panjang saya di sini. Tidak hanya sekadar mata pelajaran sulit seperti matematika, fisika, atau biologi, tetapi saya juga belajar banyak mengenai nilai-nilai kehidupan. Saya juga mengenal setidaknya sedikit kepribadian melalui hubungan saya dengan teman-teman dan guru-guru saya. Saya diajari tanggung jawab, disiplin, dan komunikasi. Hal itu semua memperkaya diri saya sehingga saya menjadi insan yang lebih baik dari sebelumnya. Tanpa saya sadari, karakter dan iman saya dibentuk sedemikian rupa melalui proses pembelajaran yang berbasis nilai-nilai kristiani.

     Pada tahun kedua saya berproses di SMAK HI, saya dipercaya untuk mengemban tugas besar yang tidak semua orang dapat lalukan, yaitu menjadi seorang ketua OSIS. Bukan sebuah kebetulan, bukan juga sebuah target yang ingin saya capai. Akan tetapi, saya percaya ini semua rencana Tuhan. Saya mendapatkan banyak pengalaman positif yang mungkin tidak akan saya dapatkan di tempat lain. Masuk ke dalam sebuah organisasi utama di sekolah dan memimpinnya. Tentunya, program demi program yang saya dan rekan-rekan jalankan menjadi kenangan wahid tersendiri yang tidak akan pernah saya lupakan. Terimakasih atas dedikasi, terimakasih atas kerja keras, dan terimakasih atas pengorbanan kalian semua yang telah mengambil bagian dalam jejak petualangan saya yang tidak singkat. Hal itu pula yang menggerakkan dan membangkitkan semangat saya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab saya sebagai Ketua OSIS SMAK PENABUR Harapan Indah.

     SMAK HI sendiri memiliki fokus dan tujuan utama dalam pengembangan karakter bagi setiap siswanya. Saya sebagai salah satu alumni siswa SMAK HI merasa sangat dibimbing dan dibentuk kepribadiannya. Salah satu program SMAK HI yang berfokus pada pembentukkan karakter adalah ‘Character Day’. Kegiatan ini dilakukan oleh seluruh warga SMAK PENABUR Harapan Indah yang banyak diisi dengan kegiatan-kegiatan sosial bertujuan untuk mengembangkan karakter peserta didik.

     SMAK HI juga memiliki prestasi yang gemilang, khususnya pada angkatan ke-X ini. Dalam lingkup SMAK PENABUR JAKARTA, SMAK HI menjadi sekolah dengan siswa terbanyak yang diterima Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN. Saya mengingat pepatah ini Ketika kamu sedang bermimpi, maka lihatlah ke atas. Akan tetapi, sesekali dalam mimpi itu kamu perlu melihat ke bawah, untuk menemukan rasa syukur.” Pepatah tersebut kurang lebih menggambarkan perjuangan saya di SMAK PENABUR Harapan Indah dalam meraih prestasi. Tidak mudah dan tidak selalu menyenangkan, memang. Namun, itulah proses dan pembelajaran yang saya alami selama ini.

     Saya selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam setiap kesempatan. Terkadang mereka melihat saya berjuang terlalu berat dan terlalu jauh. Mungkin sampai tidak tidur, tetapi itulah saya. Bukan obsesi, tapi ambisi. Bukan juga terlalu ambius seperti yang orang lain pikirkan. Namun, pada dasarnya bukan itulah kunci utama dari keberhasilan saya. Saya pikir kita perlu mengubah stigma kita bahwa sukses harus disandingi dengan ‘work harder’. Hal tersebut bisa jadi benar. Akan tetapi, menurut saya, alangkah lebih baik dan efektif apabila kita memiliki persepsi konsep ‘work smarter’ atau berkerja dengan lebih cerdas daripada bekerja lebih keras. Fokus dan mengelola waktu adalah kuncinya.

     Selain itu, konsistensi juga penting. Sampai saat ini saya masih membenarkan bahwa mempertahankan lebih sulit daripada meningkatkan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk bisa me-maintain usaha kita agar tercipta konsistensi yang meningkat, bukan menurun. Nah, semua effort itu, tinggal dikalikan dengan pertolongan Tuhan. Dengan demikian, ‘ora et labora’ atau ‘berdoa dan bekerja’ menjadi faktor utama dalam menentukan keberhasilan. Patutlah semuanya itu ditutup dengan ucapan syukur. Jangan pernah lupa akan kebaikan dan kemurahan Tuhan.

     Untuk adik-adik kelas, selamat berjuang, selamat belajar, dan selamat berproses. Kalian adalah seorang pembelajar yang akan menjadi generasi pencetak prestasi SMAK HI yang berikutnya. Pergunakan waktu kalian sebaik mungkin. Jangan pernah menyiakan sedetik pun. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di hari esok. Kita tidak pernah tahu baik dan buruknya yang akan terjadi dalam hidup kita. Kita juga tidak pernah tahu rencana Tuhan yang indah dan terbaik buat kita. Jadi, berbuatlah seperti hari ini adalah hari terakhir kalian. Selemah dan sekurang apapun kalian, pasti akan dimampukan oleh Tuhan.

     Oh iya, ada tips nih buat kalian, diingat ya! Selama kalian berproses di SMAK HI, kalian boleh menggunakan rumus TOP! Target, Operate, and Pray! Penting untuk kalian punya tujuan dalam hidup kalian, lalu mengusahakannya agar tercapai. Terakhir, jangan lupa minta pertolongan Tuhan! 

Keep up the good work guys, and see you on top! God bless you, all!

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 May 2020
PELEPASAN SISWA ANGKATAN X
Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 August 2021
Countdown AMAZING BENEFIT- 2 Days to go
Countdown AMAZING BENEFIT- 2 Days to go
Berita BPK PENABUR Jakarta - 20 August 2021
Countdown AMAZING BENEFIT- 1 Days to go
Countdown AMAZING BENEFIT- 1 Days to go
Berita BPK PENABUR Jakarta - 21 May 2020
LIBUR Kenaikan Isa Almasih
Berita BPK PENABUR Jakarta - 30 May 2020
Juara I Jurusan MIPA - Tahun 2020 - Kezia Alverta...
BERITA LAINNYA - 12 January 2021
Aksi Sosial Bina Iman Kelas XI 2020-2021
BERITA LAINNYA - 09 January 2021
Parents Gathering SMAK HI 9 Januari 2021
BERITA LAINNYA - 03 February 2021
PROJECT PELEPAS DAHAGA
PROJECT PELEPAS DAHAGA
BERITA LAINNYA - 01 February 2021
PELANTIKAN OSIS PERIODE 2021
BERITA LAINNYA - 04 February 2021
Ucap Syukur Pada Allah Setiap Hari - PA Guru BPK ...
BERITA LAINNYA - 11 April 2022
Vacation in Bali
BERITA LAINNYA - 12 April 2022
Greedy Palace
Greedy Palace
BERITA LAINNYA - 12 April 2022
Twenty Five Diamonds of Kindness
Twenty Five Diamonds of Kindness
BERITA LAINNYA - 16 April 2022
KESUNYIAN YANG MEMULIHKAN
KESUNYIAN YANG MEMULIHKAN
BERITA LAINNYA - 14 April 2022
Blessed-Cursed Chest
Blessed-Cursed Chest
BERITA LAINNYA - 18 August 2023
19 Siswa SMAK PENABUR Harapan Indah, penerima Anu...
BERITA LAINNYA - 18 August 2023
Daily Inspiration, 18 Agustus 2023
Daily Inspiration, 18 Agustus 2023
BERITA LAINNYA - 20 August 2023
Daily REMINDER, Minggu 20 Agustus 2023
Daily REMINDER, Minggu 20 Agustus 2023
BERITA LAINNYA - 19 August 2023
Proklamasi dan Makna Kemerdekaan, sebuah Essay..
Proklamasi dan Makna Kemerdekaan, sebuah Essay..
BERITA LAINNYA - 28 August 2023
Ibadah Bersama , 28 Agustus 2023 : Bertumbuh dala...
Ibadah Bersama , 28 Agustus 2023 : Bertumbuh dala...
BERITA LAINNYA - 01 December 2023
Berkolaborasi lewat Choipan...
BERITA LAINNYA - 02 December 2023
Nasi Kuning Banjarmasin...
Nasi Kuning Banjarmasin...
BERITA LAINNYA - 03 December 2023
Sei Sapi, siapa yang mau??
 Sei Sapi, siapa yang mau??
BERITA LAINNYA - 04 December 2023
Pertama kali memasak Soto Lamongan
Pertama kali memasak Soto Lamongan
BERITA LAINNYA - 06 December 2023
Mie Gomak, Horasss...
Mie Gomak, Horasss...

Choose Your School

GO