Kunjungan Pengurus Harian Ke Cimahi
Read MoreBPK PENABUR Kunjungi Kepala Badan Standar, Kuriku...
Read MoreBPK PENABUR Kunjungi Direktur Kepala Sekolah, Pen...
Read MoreMeskipun tahun ajaran baru telah berjalan namun kondisi normal baru belum memungkinkan secara utuh dilaksanakan pembelajaran tatap muka. Alhasil kondisi ini menjadikan pembelajaran masih dilakukan secara daring pada awal tahun ajaran baru, meskipun beberapa daerah masih zona hijau sudah diperbolehkan untuk masuk. Momentum tersebut tentunya disambut baik dan antusias peserta didik, guru, kepala sekolah, orang tua, dan stakeholder pendidikan. Kebijakan Merdeka Belajar memberikan ruang bagi peserta didik untuk belajar dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Proses pembelajaran menjadi lebih kolaboratif dan holistik.
Selain itu guru juga mendapatkan kemudahan dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran lebih bermakna. Kebijakan ini sangat mendukung implementasi pembelajaran saat kondisi pandemi COVID-19 masih tinggi. Semua komponen sekolah menjadi lebih kolaboratif dan mendukung satu sama lain. Harapannya, kondisi ini dapat didesiminasikan ke seluruh sekolah di pelosok tanah air. Merdeka belajar memberikan ruang untuk terbentuknya ekosistem pendidikan yang integratif. Pelaksanaan kebijakan merdeka belajar menjadikan proses pembelajaran lebih memberikan hak kepada peserta didik untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan kebutuhan dan jamnya.
Kolaborasi semua pihak
Pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan yang dilaksanakan secara daring maupun luring membutuhkan dukungan semua pihak. Dukungan tersebut akan menjadi faktor pendukung kesuksesan pembelajaran. Para pihak yang mendukung proses pembelajaran diantaranya; orang tua, guru, kepala sekolah, dinas pendidikan, komite-sekolah, dan lainnya. Peran masing-masing pihak akan memberikan kontribusi pada pelaksanaanya.
Sebagai contoh, orang tua yang mengizinkan anaknya untuk melaksanakan pembelajaran langsung akan menjadi dorongan semangat dan contoh untuk yang lainnya, termasuk juga peran orang tua dalam mendampingi pelaksanaan pembelajaran daring. Hal ini pun telah ditanggapi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah mengeluarkan beberapa fasilitas pembelajaran daring, baik dalam bentuk materi daring, pengembangan konten pendidikan daring, kerjasama dengan televisi, kerja sama dengan provider dan lainnya. Meskipun hal ini belum sepenuhnya maksimal.
Tantangan peserta didik dan prestasi
Melihat kondisi dan perkembangan pandemik Covid-19, diperlukan upaya integratif mendukung dan mewujudkan peserta didik untuk terus berprestasi. Tantangan yang dihadapi peserta didik, antara lain; kondisi realitas peserta didik yang masih memiliki keterbatasan untuk melakukan pembelajaran daring baik dari sisi jaringan, perangkat, sampai kepada motivasi. Wilayah perkotaan berbeda dengan wilayah pedesaan, dimana peserta didik yang berada di wilayah perkotaan mendapatkan akses internet lebih mudah dan cepat, dibandingkan dengan peserta didik yang berada di daerah-daerah yang jaringannya sulit. Itu sebabnya peran manajemen sekolah, dan dinas pendidikan, serta perusahaan provider sangat mendukung untuk memberikan solusi.
Selain itu peserta didik terus ditingkatkan dari pelaksanaan kompetisi dengan model daring, pembinaan peserta didik dengan model daring, dan pengembangan talenta-talenta melalui webinar. Pusat prestasi nasional terus melakukan multi strategi pelaksanaan kompetisi dan pengembangan talenta-talenta, sehingga dapat menghasilkan profile yang komprehensif. Peserta didik semakin termotivasi dengan banyaknya kegiatan-kegiatan berbasis daring untuk peningkatan prestasi nasional. Peningkatan prestasi didik harus dilakukan upaya percepatan, kreativitas. dan inovasi, sehingga pembaharuan dan semangat berprestasi terus digelorakan walaupun dari rumah.
Data base prestasi
Peserta didik di Indonesia mulai dari jenjang prasekolah, dasar, menengah, dan pendidikan tinggi santa berpotensi dan memiliki banyak penghargaan pada kegiatan nasional maupun internasional. Data prestasi tersebut harus disimpan pada data base yang baik dan menjadi bukti akuntabilitas kepada publik terhadap pencapaian prestasi peserta didik. Data ini sangat penting dan strategis, sehingga dapat dikembangkan serta digunakan untuk pengambilan kebijakan.
Pengembangan prestasi peserta didik
Pencapaian prestasi peserta didik merupakan hasil yang sangat membanggakan. Berdasarkan prestasi tersebut, kita harus mengembangkannya sesuai dengan prestasinya. Diperlukan pembinaan talenta-talenta peserta didik, baik untuk pengembangan prestasi maupun pendidikan. Bagi peserta didik pada jenjang pendidikan dasar, tentunya harapannya dapat mendapatkan penghargaan melanjutkan ke jenjang menengah sesuai prestasinya, dan terus berlanjut sampai jenjang pendidikan tinggi. Kemudian pengembangan bakat prestasi peserta didik dilakukan secara intensif dan melibatkan semua stakeholder terkait. Proses pengembangan juga didukung dengan penciptaan kreativitas, inovasi, dan lompatan perubahan.
Baca Juga: Menjadi Guru yang Dirindu di Era Merdeka Belajar
Merdeka belajar dan prestasi siswa harus diperkuat di pendidikan era new normal. dan harus berkembang dengan dinamis sesuai dengan zamannya. Kegiatan peningkatan prestasi peserta didik harus dilakukan secepatnya. Mari kita dukung dan sukseskan kegiatan pusat prestasi nasional menuju lulusan unggul dan berdaya saing.
Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur
© 2019 YAYASAN BPK PENABUR
Develope by FMG