Yayasan

Catatan dari Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) 2019

NEWS - 02 May 2019

Read More
Yayasan

Ibadah Syukur dan Perayaan HUT 7 DASAWARSA BPK PENABUR

NEWS - 18 July 2020

Read More
Yayasan

Pesan Yayasan BPK PENABUR

NEWS - 13 July 2020

Read More

Menguatkan Merdeka Belajar dan Prestasi Siswa di Normal Baru Pendidikan

BLOG - 20 August 2020

Menguatkan Merdeka Belajar dan Prestasi Siswa di Normal Baru Pendidikan

Meskipun tahun ajaran baru telah berjalan namun kondisi normal baru belum memungkinkan secara utuh dilaksanakan pembelajaran tatap muka. Alhasil kondisi ini menjadikan pembelajaran masih dilakukan secara daring pada awal tahun ajaran baru, meskipun beberapa daerah masih zona hijau sudah diperbolehkan untuk masuk. Momentum tersebut tentunya disambut baik dan antusias peserta didik, guru, kepala sekolah, orang tua, dan stakeholder pendidikan. Kebijakan Merdeka Belajar memberikan ruang bagi peserta didik untuk belajar dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Proses pembelajaran menjadi lebih kolaboratif dan holistik.

 

Selain itu guru juga mendapatkan kemudahan dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran lebih bermakna. Kebijakan ini sangat mendukung implementasi pembelajaran saat kondisi pandemi COVID-19 masih tinggi. Semua komponen sekolah menjadi lebih kolaboratif dan mendukung satu sama lain. Harapannya, kondisi ini dapat didesiminasikan ke seluruh sekolah di pelosok tanah air. Merdeka belajar memberikan ruang untuk terbentuknya ekosistem pendidikan yang integratif. Pelaksanaan kebijakan merdeka belajar menjadikan proses pembelajaran lebih memberikan hak kepada peserta didik untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan kebutuhan dan jamnya.

 

Kolaborasi semua pihak

 

Pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan yang dilaksanakan secara daring maupun luring membutuhkan dukungan semua pihak. Dukungan tersebut akan menjadi faktor pendukung kesuksesan pembelajaran. Para pihak yang mendukung proses pembelajaran diantaranya; orang tua, guru, kepala sekolah, dinas pendidikan, komite-sekolah, dan lainnya. Peran masing-masing pihak akan memberikan kontribusi pada pelaksanaanya.

 

Sebagai contoh, orang tua yang mengizinkan anaknya untuk melaksanakan pembelajaran langsung akan menjadi dorongan semangat dan contoh untuk yang lainnya, termasuk juga peran orang tua dalam mendampingi pelaksanaan pembelajaran daring. Hal ini pun telah ditanggapi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah mengeluarkan beberapa fasilitas pembelajaran daring, baik dalam bentuk materi daring, pengembangan konten pendidikan daring, kerjasama dengan televisi, kerja sama dengan provider dan lainnya. Meskipun hal ini belum sepenuhnya maksimal.

 

Tantangan peserta didik dan prestasi

 

Melihat kondisi dan perkembangan pandemik Covid-19, diperlukan upaya integratif mendukung dan mewujudkan peserta didik untuk terus berprestasi. Tantangan yang dihadapi peserta didik, antara lain; kondisi realitas peserta didik yang masih memiliki keterbatasan untuk melakukan pembelajaran daring baik dari sisi jaringan, perangkat, sampai kepada motivasi. Wilayah perkotaan berbeda dengan wilayah pedesaan, dimana peserta didik yang berada di wilayah perkotaan mendapatkan akses internet lebih mudah dan cepat, dibandingkan dengan peserta didik yang berada di daerah-daerah yang jaringannya sulit. Itu sebabnya peran manajemen sekolah, dan dinas pendidikan, serta perusahaan provider sangat mendukung untuk memberikan solusi. 

 

Selain itu peserta didik terus ditingkatkan dari pelaksanaan kompetisi dengan model daring, pembinaan peserta didik dengan model daring, dan pengembangan talenta-talenta melalui webinar. Pusat prestasi nasional terus melakukan multi strategi pelaksanaan kompetisi dan pengembangan talenta-talenta, sehingga dapat menghasilkan profile yang komprehensif. Peserta didik semakin termotivasi dengan banyaknya kegiatan-kegiatan berbasis daring untuk peningkatan prestasi nasional. Peningkatan prestasi didik harus dilakukan upaya percepatan, kreativitas. dan inovasi, sehingga pembaharuan dan semangat berprestasi terus digelorakan walaupun dari rumah.

 

Data base prestasi

 

Peserta didik di Indonesia mulai dari jenjang prasekolah, dasar, menengah, dan pendidikan tinggi santa berpotensi dan memiliki banyak penghargaan pada kegiatan nasional maupun internasional. Data prestasi tersebut harus disimpan pada data base yang baik dan menjadi bukti akuntabilitas kepada publik terhadap pencapaian prestasi peserta didik. Data ini sangat penting dan strategis, sehingga dapat dikembangkan serta digunakan untuk pengambilan kebijakan.

 

Pengembangan prestasi peserta didik

 

Pencapaian prestasi peserta didik merupakan hasil yang sangat membanggakan. Berdasarkan prestasi tersebut, kita harus mengembangkannya sesuai dengan prestasinya. Diperlukan pembinaan talenta-talenta peserta didik, baik untuk pengembangan prestasi maupun pendidikan. Bagi peserta didik pada jenjang pendidikan dasar, tentunya harapannya dapat mendapatkan penghargaan melanjutkan ke jenjang menengah sesuai prestasinya, dan terus berlanjut sampai jenjang pendidikan tinggi. Kemudian pengembangan bakat prestasi peserta didik dilakukan secara intensif dan melibatkan semua stakeholder terkait. Proses pengembangan juga didukung dengan penciptaan kreativitas, inovasi, dan lompatan perubahan.

 

Baca Juga: Menjadi Guru yang Dirindu di Era Merdeka Belajar


Merdeka belajar dan prestasi siswa harus diperkuat di pendidikan era new normal. dan harus berkembang dengan dinamis sesuai dengan zamannya. Kegiatan peningkatan prestasi peserta didik harus dilakukan secepatnya. Mari kita dukung dan sukseskan kegiatan pusat prestasi nasional menuju lulusan unggul dan berdaya saing.

Tags:

Read More

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Yayasan

NEWS - 02 May 2019
Catatan dari Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR dalam...

Yayasan

NEWS - 18 July 2020
Ibadah Syukur dan Perayaan HUT 7 DASAWARSA BPK PE...

Yayasan

NEWS - 13 July 2020
Pesan Yayasan BPK PENABUR

Yayasan

NEWS - 26 October 2020
DIGITAL LIBRARY BPK PENABUR

Yayasan

NEWS - 27 October 2020
Launching Buku BERANI BERUBAH

Yayasan

BLOG - 13 June 2020
Tips Menjadikan Belajar Online Menyenangkan untuk...

Yayasan

BLOG - 15 June 2020
5 Hal Seru yang Membantu Anak Makin Giat Belajar ...

Yayasan

BLOG - 16 June 2020
Meningkatkan Efektivitas dengan Mendengarkan Musik

Yayasan

BLOG - 17 June 2020
Menumbuhkan Minat Baca Anak dengan Metode Read al...

Yayasan

BLOG - 18 June 2020
Seberapa Banyak Kata yang Harus Dikuasai untuk Bi...

Yayasan

BLOG - 03 August 2020
5 Cara Menanamkan Rasa Nasionalisme Pada Anak

Yayasan

BLOG - 04 August 2020
Bagaimana Menjaga Efektivitas Belajar Saat Pembel...

Yayasan

BLOG - 05 August 2020
Belajar Cinta Tanah Air Bersama Siswa BPK PENABUR

Yayasan

BLOG - 06 August 2020
BPK PENABUR Siapkan Generasi BEST di Era Disrupsi

Yayasan

BLOG - 07 August 2020
Mengenal Pelajar Pancasila, Tujuan Sekolah Pengge...

Yayasan

BLOG - 08 June 2020
Tips Meningkatkan Konsentrasi Anak Saat Belajar O...

Yayasan

BLOG - 09 June 2020
Ini Dia Biaya Pendidikan Anak Dari SD hingga S1 y...

Yayasan

BLOG - 10 June 2020
5 Manfaat Pendidikan Karakter yang Penting untuk ...

Yayasan

BLOG - 25 June 2020
5 Tips Agar Anak Cerdas Dalam Berinternet. Orang ...

Yayasan

BLOG - 26 June 2020
3 Tipe Gaya Belajar! Mana Gaya Belajar yang Palin...

Yayasan

BLOG - 21 August 2020
Sekolah TKK Favorit BPK PENABUR Bandung dengan Pr...

Yayasan

BLOG - 22 August 2020
Tips Agar bisa Fokus Belajar Home Learning saat P...

Yayasan

BLOG - 29 August 2020
Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Semua Ora...

Yayasan

BLOG - 18 September 2020
Mendikbud Membuat Kurikulum Darurat Corona, Apa I...

Yayasan

BLOG - 19 September 2020
Inilah Cara Menyiapkan Dana Pendidikan dalam Seta...