Melangkah Masuk Pintu Gerbang Inovasi : BPK Penabur sebagai Pelopor dalam Implementasi Kecerdasan Buatan (AI) dalam Era Digital
WEB CONTENT SMPK 2 PENABUR - 18 January 2025
Dalam era digitalisasi, tak heran ada banyak perubahan yang berpengaruh terhadap peradaban manusia. Meningkatnya dedikasi dan minat masyarakat Indonesia dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) mendorong terbitnya proyek-proyek inovatif dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satu cabang IPTEK yang populer akhir-akhir ini adalah kecerdasan buatan atau yang akrab disebut AI (Artificial Intelligence). Menurut KBBI, kecerdasan buatan adalah program komputer dalam meniru kecerdasan manusia, seperti mengambil keputusan, menyediakan dasar pemahaman, dan karakteristik manusia lainnya. AI mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dengan kemampuannya untuk menganalisis dan memproses suatu informasi dengan cepat dan akurat, membantu dalam pengambilan keputusan, serta mengembangkan solusi atau gagasan baru.
BPK Penabur juga sangat antusias untuk ikut terlibat dalam perkembangan teknologi AI. BPK Penabur percaya bahwa AI mampu menunjang kegiatan belajar-mengajar siswa/i karena BPK Penabur telah berproses bersama AI dan teknologi lainnya dalam berbagai program dan sistem pembelajarannya. Misalnya, pada tahun 2024 yang lalu, BPK Penabur menggunakan chatbot AI sebagai admin pusat untuk sentralisasi pelayanan siswa/i bersama TapTalk.io. Chatbot AI berfungsi membantu memberikan informasi kepada pengguna ketika diberikan sebuah kode khusus, hal ini memudahkan BPK Penabur dalam melayani masyarakat yang ingin tahu lebih lanjut dengan bantuan AI. |
*Admin pusat BPK Penabur dengan jasa TapTalk.io |
Di SMPK 2 Penabur sendiri, siswa/i juga menggunakan AI dalam kegiatan pembelajaran dan pengembangan organisasi. Dalam pembelajaran, seringkali guru-guru meminta siswa/i untuk melakukan penelitian dan eksplorasi suatu topik dengan bantuan berbagai jenis AI yang tersedia di Google. Dalam hal ini, guru-guru juga selalu menekankan pentingnya menampilkan sumber yang relevan untuk memastikan bahwa data/informasi yang tertera dapat dipercaya. Para guru juga memanfaatkan fitur-fitur AI dalam platform desain seperti Canva untuk merangkai presentasi materi yang unik dan kreatif. Penggunaan fitur AI dalam Canva sering dilakukan oleh siswa/i sebagai petugas pelayanan ibadah bulanan dalam membuat slides pelengkap khotbah.
Penggunaan AI dalam mencari ide-ide kegiatan, lomba, dan konten media sosial juga sangat efektif digunakan oleh para panitia kegiatan sekolah, OSIS. Misalnya, untuk membuat poster lomba yang akan diselenggarakan SMPK 2 Penabur, para pengurus OSIS memanfaatkan AI untuk menghasilkan gambar-gambar sebagai referensi pembuatan poster. Hal ini diterapkan pada ajang P2’s Moment tahun 2024 yang lalu, untuk menarik perhatian calon peserta lomba dalam media sosial. Dengan menerapkan metode ATM (Amati-Tiru-Modifikasi), poster acara kami berhasil dibuat dengan visualisasi yang menarik dan futuristik.
Para guru dan pengurus OSIS juga memanfaatkan teknologi AI untuk berbagai fungsi yang lain. Salah satunya, dalam program PSB (Penerimaan Siswa Baru) yang dilaksanakan setiap tahunnya. Untuk PSB tahun lalu, kami menambahkan photo booth berbasis AI untuk adik-adik kelas, guru-guru, dan siswa/i SMPK 2 Penabur. Kami mengadakan sebuah kompetisi untuk mengunggah hasil foto photo booth ini di Instagram. Para pemenang mendapatkan hadiah uang tunai dengan total sekitar satu juta rupiah. Sistemnya, foto diambil seperti biasa menggunakan kamera, lalu langsung diedit menggunakan aplikasi Photoshop dengan fitur generative AI yang mengenali wajah kita dan mengubahnya menjadi sosok-sosok lain, seperti astronot, artis Korea, dan lain-lain. Hasil foto dicetak dan dibingkai dalam waktu kurang lebih 5 menit. |
*Para pemenang kompetisi photo booth AI |
Photo booth AI ini rupanya sangat menarik bagi siswa/i maupun guru-guru karena perdana dalam SMPK 2 Penabur. Hal ini juga diminati oleh calon siswa/i baru. Banyak dari mereka turut ikut berpartisipasi dalam berkompetisi. Siswa/i yang tidak ingin berkompetisi juga diperbolehkan untuk berfoto untuk kepuasan pribadi karena mereka tampaknya menikmati pengalaman ini. Guru-guru juga senang melihat wajah-wajah mereka yang tampak lebih muda, riang, dan ekspresif. Photo booth AI ini sukses menjadi buah bibir di SMPK 2 Penabur.
Selain siswa/i, guru-guru juga dibekali dengan pelatihan pembelajaran digital dengan AI, yaitu penggunaan website https://app.storyjourney.ai/script yang baru-baru ini diselenggarakan di SMPK 2 Penabur. Website ini mampu membuat sebuah animasi video pembelajaran hanya dengan memasukkan modul materi yang ingin dibahas. Sebelum materi dijelaskan, guru-guru memutarkan video singkat ini untuk memberikan pemahaman awal kepada siswa/i. Ini membantu siswa/i memahami penjelasan inti guru-guru lebih baik sehingga proses pembelajaran lebih efektif. |
*Video pembelajaran buatan AI diputar di awal kelas Bahasa Indonesia |
AI, Rahasia Unggul Ala Siswa/i SMPK 2 Penabur
Menariknya, siswa/i SMPK 2 Penabur tampaknya juga sering memanfaatkan AI untuk proses belajar maupun pengembangan diri. Kami menggunakan AI untuk menentukan metode belajar yang tepat untuk kami, melakukan review materi dan mengerjakan latihan soal, mendalami suatu topik yang kami gemari, dan belajar keahlian baru. Salah satu siswi yang merasakan manfaat AI adalah Jill dari kelas 8C. Pada wawancara yang dilakukan Josephine pada Jumat, 10 Januari 2025 di ruang tamu SMPK 2 Penabur, Jill menyampaikan, “AI sangat membantu saya terutama saat memasuki semester 2 di kelas 8 karena saya dapat memahami konsep awal sebuah materi sebelum guru saya menjelaskan di kelas. Hal ini berdampak positif sebab saya lebih mudah mengerti inti dari pelajaran ketika guru sedang menjelaskan.” Tampaknya, sebagian besar dari kami telah bijak menggunakan AI. |
Meningkatnya kemampuan digital masyarakat tentunya akan mendorong kemajuan suatu bangsa. Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus bijak dalam memanfaatkan teknologi yang kian berkembang. Pengaruh munculnya AI di antara kita seluruhnya bergantung pada cara tanggap kita. AI sendiri dapat meningkatkan kreativitas, mengasah pola pikir, dan menimbulkan peluang edukasi yang luas. Keberadaan AI tidak berarti menyingkirkan keterlibatan manusia. Namun, AI dapat menjadi alat untuk manusia mengembangkan kemampuan diri. Langkah yang diambil BPK Penabur dalam mengimplementasikan AI dapat menanamkan bibit-bibit calon inovator dunia.
Referensi :
- Umam. (2021). Dampak Positif dan Negatif IPTEK. Diakses pada 30 Desember 2024. https://www.gramedia.com/literasi/dampak-positif-dan-negatif-iptek/?srsltid=AfmBOor8ktXnj09YQsAYoz1At-s30krU5BA4_fELKz8WMacp0gWVrHRV
- Syamsuddin, Muhammad Anshar. (2023). 5 Manfaat Menggunakan Artificial Intelligence. Diakses pada 3 Januari 2025. https://klc2.kemenkeu.go.id/kms/knowledge/5-manfaat-menggunakan-artificial-intelligence-5810c403/detail/
- Kemendikbud. (tanpa tahun). Kecerdasan Buatan. Diakses pada 4 Januari 2025. https://klc2.kemenkeu.go.id/kms/knowledge/5-manfaat-menggunakan-artificial-intelligence-5810c403/detail/
- Yuliani. (2024). RESPON SISWA TERHADAP ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Diakses pada 5 Januari 2025. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/download/1118/330/3435
Sumber Gambar :
- https://www.instagram.com/p/C2zP3KwOc3/?img_index=1&igsh=MTN6cnU3amwzY3ExYw==
- https://www.instagram.com/p/C-rFP8aSsqK/?igsh=MW1pOXRxOWo0MWt6OQ==
Tim A - SMPK 2 Penabur
Guru Pendamping : Airispribatya Ardaneswari
Penulis :
- Winny Amabelle Hanjaya 8B/25
- Josephine Kayla Wisata 8C/8
Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR
Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur