Tutor sebaya berarti siswa mengajar siswa lainnya atau yang berperan sebagai pengajar (tutor) adalah siswa. Metode pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) adalah suatu strategi pembelajaran yang kooperatif dimana rasa saling menghargai dan mengerti dibina di antara peserta didik yang bekerja bersama.
Menurut Siberrnen (2001) beliau mengatakan bahwa, pembelajaran peer teaching merupakan cara yang efektif untuk menghasilkan kemampuan mengajar teman sebaya. Hal tersebut dikuatkan dengan adanya pendapat dari Harsanto (2007) bahwa dipandang dari tingkat partisipasi aktif siswa, keuntungan belajar secara berkelompok dengan tutor sebaya mempunyai tingkat partisipasi aktif siswa lebih tinggi. Proses penyebutan siswa disini juga bisa diartikan sebagai penyebutan mahasiswa. Sehingga ketika terjadi pembelajaran antara mahasiswa satu dengan yang lainnya secara berkelompok dengan adanya tutor sebaya mampu meningkatkan keaktifan mahasiswa lebih tinggi.
Ada beberapa komponen penting didalam pembelajaran peer teaching yaitu pemberian bimbingan, bantuan, petunjuk, arahan, dan motivasi agar proses pembelajaran praktik mengajar bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Hal itu selaras dengan apa yang disampaikan oleh Hamalik (1990), beliau berpendapat bahwa metode pembelajaran tutor sebaya ( peer teaching ) adalah metode pembelajaran dalam bentuk pemberian bimbingan, bantuan, arahan, dan motivasi agar siswa (mahasiswa) belajar efektif dan efisien.
Tujuan Peer Teaching
OIeh karena itu, tentu peer teaching dalam metodenya memiliki beberapa tujuan, tujuan metode peer teaching menurut Arikunto (1992) ada dua, pertama jika bantuan diberikan kepada teman sekelasnya disekolah maka :
-
Beberapa siswa (mahasiswa) yang pandai disuruh mempelajari suatu topik.
-
Guru (dosen) memberi penjelasan umum tentang topik yang akan dibahasnya.
-
Kalas dibagi dalam kelompok dan siswa (mahasiswa) yang pandai disebar ke setiap kelompok untuk memberikan bantuannya.
-
Guru (dosen) membimbing siswa (mahasiswa) yang perlu mendapat bimbingan khusus.
-
Jika ada masalah yang tidak terpecahkan, siswa (mahasiswa) yang pandai meminta bantuan kepada guru (dosen).
-
Guru (dosen) mengadakan evaluasi.
Senin-Jumat, 5 - 10 Desember 2022 SMPK PENABUR Depok telah mengadakan Peerteaching yang diikuti oleh seluruh peserta didik. Kegiatan ini dipandu oleh guru Mata Pelajaran di kelas masing-masing.