WELCOME TO TKK BPK PENABUR GUNTUR

 

Builds foundations for children to learn, so starting kindergarten can be a happy, exciting and successful experience. Starting school can be exciting or stressful for children and their parents. We want to make starting school an exciting, successful and happy experience.Our school helps prepare children for a positive start to their school journey.

COME AND JOIN US

 

 

STUDENTS ACTIVITY

 

Membaca

Lewat aktivitas membaca buku, anak sedang mempelajari interaksi verbal, mengenal kosakata, dan bagaimana menggunakan imajinasinya. Membaca buku bergambar juga merupakan salah satu trik cerdas untuk mengajarkan si kecil nama-nama warna, lho.
Nah, selain itu, Anda juga bisa membahas gambar dan warna yang terdapat dalam buku. Anda juga dapat merangsang imajinasi anak dengan pertanyaan seperti 'coba, benda apalagi yang punya warna sama seperti awan?' atau sambil menunjuk gambar kucing pada buku 'kalau kucing suaranya seperti apa, kak?'.
Pastikan Anda memilih buku cerita yang menarik dan dapat membangun ikatan dengan anak. Posisikan diri Anda pada diri anak dan bayangkan pengalaman apa yang bisa ia dapatkan saat membaca buku itu bersama Anda. Walau masih kecil, anak Anda sudah mulai bisa berpikir sendiri lho.
Namun, menurut Alzena Masykouri, M.Psi, psikolog dari lembaga psikologi KANCIL, Jakarta, ada baiknya juga bila Anda memvariasikan kegiatan menggunakan buku sebagai media belajar ini dengan kegiatan membacakan buku cerita secara lengkap dan utuh, tanpa interupsi pertanyaan-pertanyaan untuk ‘mengetes’ kemampuan anak. Kegiatan seperti ini dapat membantu anak untuk mengembangkan kemampuan verbalnya

 

Motorik Kasar

Motorik kasar adalah bagian dari aktivitas motorik yang mencakup keterampilan otot-otot besar, gerakan ini lebih menuntut kekuatan fisik dan keseimbangan, geakan motorik kasar melibat kan aktivitas otot tangan, kaki, dan seluruh anak, gerakan ini mengandal kan kematangan dalam koordinasi, berbagai gerakan motorik kasar yang di capai ank sangat beguna bagi kehidupannya kelak,seperti,merangkak, berjalan, berlari, melompat atau berenang.
Tujuan dan fungsi pengembangan motorik kasar:

  • Untuk kesimbangan tubuh anak
  • Melenturkan otot-otot anak
  • Mengembangkan kecerdasan anak karena dapat merangsang otak melalui gerakan aliran atau peredaran  darah yang lancar yang dapat mengalirkan oksigen ke otak sehingga syaraf-syaraf otak dapat berkembang
  • Untuk kelincahan gerakan anak
  • Sebagai alat untuk menunjang pertumbuhan jasmani yang kuat, sehat dan terampil
  • Meningkat kan kemampuan mengelola, mengontol gerakan tubuh dan koordinasi serta meningkat kan keterampilan tubuh dan cara hidup sehat


Bermain air

Rasanya tidak ada anak yang tidak suka berbasah-basahan. Meskipun anak yang sulit untuk diajak mandi, tetapi kalau bermain air mereka pasti tidak akan menolak. Bermain air sudah disukai oleh bayi yang masih digendongan sampai orang dewasa. Bermain air memiliki keragaman yang luar biasa. Sejak sekedar mencipratkan air, mengaduk-aduk bejana berisi air, berendam di ember, main semprot air, perang-perangan dengan pistol air, menyemprot air dengan slang air sampai hujan-hujanan. aktivitas lain yang juga berkaitan dengan berbasah-basahan dan cukup menyenangkan adalah mencuci mobil, menyiram bunga dan berenang.
Para ahli percaya bahwa permainan memberikan kontribusi terhadap perkembangan anak. Bermain air banyak mengeksplorasi kemampuan fisik anak, mulai dari ketahanan secara fisik, koordinasi motorik kasar, koordinasi motorik halus, kemampuan kognitif dan sensory system, selain itu tentu saja keterampilan bersosialisasi. Tentu kita sebagai orang tua, sering merasa khawatir bila anak-anak jatuh sakit setelah bermain air. Namun hal tersebut bisa diantisipasi bila kita dapat mengaturnya. misalnya, tidak tepat bermain air bila secara fisik anak sedang kurang sehat, sedang cape atau sepulang panas-panasan. Air juga tidak selalu terasa dingin bukan ? Bermain air hangat sebelum/selama mandi juga sama mengasyikan. Hal ini bukan berarti mandi sambil bermain-main lho! Tapi kegiatan mandi juga bisa merupakan aktivitas yang sama menyenangkannya dengan bermain air.

Highlight News

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Yayasan

NEWS - 13 July 2020
Pesan Yayasan BPK PENABUR

Choose Your School