CE (Learner-Centered Education) & PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan):

Todller, Play Group, dan Taman Kanak-kanak BPK PENABUR Guntur sangat menaruh perhatian pada karakteristik anak dan proses belajar anak. Sebagai upaya memotivasi tumbuh kembang mereka secara optimal, kami menerapkan Kurikulum Nasional plus pengembangan Christian Values & Character Building (PKBN2K),  Bilingualisme, dan IT; yang kemudian dikembangkan berdasarkan integrated curriculum (kurikulum terintegrasi) dengan pendekatan tematik, serta didasarkan pada Prinsip-Prinsip Belajar Anak, yaitu: (1) Anak adalah pembelajar aktif, (2) Belajar anak dipengaruhi oleh lingkungan, (3) Anak belajar melalui kombinasi, pengalaman fisik, interaksi sosial, dan refleksi, (4) Anak belajar dengan gaya yang berbeda, dan (5) Anak belajar dengan melalui bermain. Kurikulum ini dituangkan ke dalam program-program pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan bermakna, yang keseluruhannya dilakukan anak melalui proses meniru dan mencontoh, latihan dan pembiasaan, selalu bertanya dan membutuhkan jawaban, berpikir konkrit, pengalaman langsung, interaksi dengan lingkungannya,  kegagalan dan ketekunan, serta melalui kegiatan bermain.

 

BELAJAR LANGSUNG DARI ALAM MC CILIK BERMAIN BERSAMA

 

Intra Kurikuler

Dalam penyelenggaraan layanan pendidikannya, TKK BPK PENABUR Guntur menerapkan pula beberapa mata pelajaran di luar dari Kurikulum Nasional, di antaranya:

  • PAK (Pendidikan Agama Kristen)
  • Fun With English (Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Native English Teacher dan Local English Teacher)

  • Pembelajaran Bahasa Mandarin
  • Pembelajaran Komputer untuk anak-anak K-2 (TK-B)

  • Booklovers Program (Aktivitas dan peminjaman buku perpustakaan)

  • Dental Health Program (UKGS)

Ekstra Kurikuler

Kegiatan Ektra Kurikuler dirancang untuk memfasilitasi pengembangan bakat dan minat anak yang beragam. Setiap anak diperbolehkan memilih kegiatan- kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Hingga Tahun 2014, kegiatan ekstra kurikuler di TKK BPK PENABUR Guntur terus bertambah:

1. Menggambar

2. Angklung (Khusus TK B)

3. Perkusi (Khusus TK A)

4. Balet

5. Modern dance

6. Renang

7. Komputer (Khusus TK B)

8. Art & Craft 

9. Fun Cooking Class

10. Joyful Choir

Field Trip

TKK BPK PENABUR Guntur mengadakan 4 kali kegiatan fieltrip/ tahun untuk setiap jenjangnya ke tempat-tempat yang dapat menunjang pembelajaran, dengan tujuan anak dapat menambah pengalaman belajar dan pengetahuannya, serta melatih kemandirian, keberanian, dan keterampilan motoriknya.

 

Program Unggulan
1. PKBN2K

Pre-kindergarten & Kindergarten di TKK BPK  PENABUR Guntur menyelenggarakan program yang mengakomodasi perkembangan spiritualitas anak, di antaranya melalui program Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Kristiani (PKBN2K), program pembiasaan perilaku, program pengembangan keterampilan sosial dan emosi, serta program pengembangan moral dan agama. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan sebagai aplikasi dari program-program di atas disajikan pada anak sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik perkembangan anak, yaitu dengan memakai metode dan media yang tepat.  Beberapa kegiatan tersebut di antaranya:

  • bercerita, bermain peran, praktek langsung
  • Character Reward/ Character Coin
  • Character Store
  • “Spending My Little Valuable Time With Thee”, yaitu Renungan Pagi Anak setiap pagi sebelum memulai kegiatan yang dilanjutkan dengan diskusi bersama anak

2. Kebaktian Anak rutin

3. Child’s Camp (Kebaktian Penyegaran Iman Anak/KPIA)

4. pembiasaan perilaku di rumah dengan melibatkan peran orang tua melalui My Little Step Book.

5. IEP (BK)

Salah satu layanan yang diberikan kepada anak di TKK BPK PENABUR Guntur adalah layanan individual yang bertujuan agar anak dapat mengembangkan seluruh kemampuan yang ada secara optimal sehingga bermanfaat di dalam perkembangan kehidupannya. Layanan individual ini dilandaskan pada hasil assesmen anak yang kemudian ditindaklanjuti melalui program layanan individual seperti peningkatan konsentrasi bagi anak, meningkatkan rasa percaya diri pada anak, dan lain sebagainya, yang selanjutnya diaplikasikan secara integratif dalam setiap kegiatan anak di sekolah maupun di rumah (program kerjasama dan kesinambungan dengan orang tua). Layanan individual ini kami sebut sebagai IEP (Individual Educational Program), karena kami, baik sebagai Guru BK maupun guru kelas di TKK BPK PENABUR Guntur yakin bahwa setiap anak sangat berarti di mata Tuhan.

6. Learning Centers Program

Play Group & TK BPK PENABUR Guntur menyelenggarakan sistem pembelajaran yang fun, attractive, dan meaningful melalui penataan lingkungan belajar yang menyediakan rasa aman, nyaman secara psikologis, serta dapat menuntun anak untuk belajar lebih optimal, yaitu dengan adanya “Learning Centers”. Adapun “Learning Centers” TK BPK PENABUR Guntur terdiri atas Classroom Centers (Art, Cognitive&Math, Science, Language, Constructive Play, Fine Motor Skills) dan School Centers (Christian Values, Computer, Fun With English, Library/ Booklovers, Gross Motor skills, Water & Sand Play, Indoor Play (Physical Education /PE), Outdoor Play, Socio-Dramatic Play,  Cooking, Gardening, Audio Visual, Music & Movement, dsb).  

7. PI (Parental Involvement)

TK BPK PENABUR Guntur terus berupaya untuk menjalin komunikasi dan kerjasama dengan orang tua siswa untuk dapat menghadirkan sosok orang dewasa yang dapat memberikan keteladanan dan membimbing setiap anak didik, sehingga potensi-potensi anak dapat berkembang optimal sebagai bekal di kehidupan mereka di masa yang akan datang.
Toddler, Playgroup, dan TKK BPK PENABUR Guntur juga memiliki Program Kemitraan dengan pihak Orang Tua dalam bentuk My Little Step Book, yang di dalamnya terdapat program-program pembiasaan dan pengembangan karakter yang perlu dikembangkan anak di rumah. Melalui program ini pihak sekolah melibatkan peran orang tua untuk membimbing anak-anak mereka di rumah dan melaporkan perkembangan anak-anaknya dalam buku tersebut,  kemudian diberi komentar dan masukan oleh guru di sekolah. Diharapkan dengan adanya kerjasama dan komunikasi yang terjalin erat antara keluarga dan sekolah, perkembangan anak-anak dapat terfasilitasi dengan baik, sehingga mereka dapat lebih siap menghadapi masa depan yang penuh tantangan dan harapan.
Selain itu, TKK BPK PENABUR Guntur juga menjalin komunikasi dan kerjasama dengan orang tua siswa dalam berbagai kegiatan pendukung, di antaranya:

Guru Tamu” My Parents are My Teachers” Happy Family Days

8. Parents Education / Parenting

9. Keterlibatan otang tua dalam special events

10. Booklover Parents (Program Perpustakaan bagi orang tua)

 

Choose Your School