APA KATA MEREKA !! MEDALIS KSN SMAK PENABUR CIREBON 2020

UMUM - 24 October 2020

LEONARD HARTANTO J Kelas XII IPA 1 UNGGULAN

Saat saya mengikuti KSN 2020 kemarin , jujur perasaan  senang dan bahagia karena ini pertama kalinya saya msk ke tingkat nasional tapi juga deg degan karena ini yang pertama kali sekaligus online dan katanya dibidang biologi ada hal hal yang baru terutama praktikumnya yang katanya beda dari tahun lalu. Sebenarnya saya panik dengan praktikum ini soalnya saya belum terlalu berpengalaman di praktikumnya. Untung saja saya bisa berunding dengan sekolah sehingga sekolah memberikan waktu dispen sehingga saya bisa berlatih skill praktikum saya. Pada saat mengikuti KSN , benar benar kerasa banget capeknya. Kalau bidang biologi sendiri itu 2 hari tes dan benar benar menguji ketahanan fisik maupun mental. Dalam 1 hari bisa ada 2 hingga 4 sesi tes yang waktunya berjam jam hahahaha. Tapi saya berusaha sebaik mungkin untuk tetap bertahan , karena disamping capeknya saya juga bisa bertemu dengan teman teman baru dan unik juga hahaha.

Pesan : Janganlah menyerah pada proses, karena untuk mencapai hasil terbaik pasti ada proses yang panjang dan pengorbanan yang berat. Saya gagal di tingkat provinsi 3 kali dari SD, SMP dan kelas 10 SMAkarena saya tidak menghargai proses, saya menggampangkan dengan hanya belajar 7 hari saja. Namun kelas 11 ini saya memfokuskan diri, sehingga puji Tuhannya bisa hingga nasional. Oya jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan, karena akan selalu ada faktor x yang memengaruhi walaupun kita sudah berusaha keras. Intinya Ora et labora.Oya yang menganggap biologi itu hafalan, ANDA SALAH BESAR HAHAHAHA. Di biologi ada matematikanya ( statistika tingkat tinggi & genetika) , kimia dasar dan kimia organik, sekaligus bahasa Inggris ( karena kebanyakan ngopas soal dari inter ye), jadi kalau kalian mau di bidang biologi jangan benci ketiga mapel itu ya hahahaha

 

EDGAR SULAEMAN Kelas XII IPA 2 Unggulan

KSN online menurut saya biasa aja. Jadi ga terlalu berasa suasana lomba. Seneng dapet emas tahun terakhir soalnya belum pernah dapet emas selama ikut OSN/KSN dari SD. Pesannya pengumumannya jangan kelamaan pentas, bikin tegang.

 

SANDY KRISTIAN WALUYO Kelas X IPA 1 Unggulan

KSN online tidak se-menyenangkan OSN/KSN biasanya yang diadakan secara onsite, tapi lumayan untuk pengalaman baru lomba online. Cukup senang bisa dapat medali perak

Pesan : Walau lombanya online, seharusnya tetap ada ekskursi online yang bisa jadi waktu2 untuk para peserta kenalan dan ngobrol. Semoga tahun depan ga online lagi.

 

FABIAN TIMOTY J Kela XII IPA 3 Unggulan

Sebenarnya pada tahun ini harapan saya hanyalah untuk memenangi tingkat kota ,tidak terbayang bahwa saya mendapat kesempatan untuk bertanding di tingkat nasional apalagi menjadi salah satu dari 30 orang yang menjadi medalis. Perjalanan KSN saya dimulai dari bawah (tingkat kota), berbeda dari teman-teman skolah saya yang sudah mendapatkan "free pass" ke tingkat provinsi, di tingkat kota saya mendapatkan juara 1, saya sangat bersyukur dapat memenangi tingkat kota. Setelah itu saya perlu menghadapi seleksi tingkat provinsi, performa saya sangat menurun di tingkat provinsi sehingga saya hanya mendapatkan juara 10 (saya merupakan  perwakilan terakhir bidang fisika dari Jabar). Hal itu membuat saya sangat bersyukur tapi saat bersamaan juga mental down, karena saya berpikir kesempatan saya mendapatkan medali di tingkat nasional sangat kecil, namun saya tetap mencoba. Dan puji Tuhan ternyata saya mendapat medali perak di KSN (jauh melampaui bayangan saya saat saya memulai dari tingkat kota).

Pesan: juara tidak dilahirkan, namun dibuat dari kegagalan-kegagalan kita dulu dan kerja keras kita.

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

UMUM - 24 October 2020
JASON SEBASTIAN JUARAI VLOG COMPETITION GERAKAN B...
UMUM - 24 October 2020
APA KATA MEREKA !! MEDALIS KSN SMAK PENABUR CIREB...

Choose Your School