Karakteristik Kurikulum Taman Kanak-Kanak mengembangkan pembelajaran aktif dan kreatif sejalan dengan pengembangan karakter Kristiani yang menjadi visi sekolah yang unggul dalam iman ilmu dan pelayanan.

Adapun dalam mengelola Muatan Kurikulum, TK BPK PENABUR memberikan kesempatan kepada orang tua untuk mendukung perkembangan siswa dengan memberikan fasilitas lebih melalui pengembangan kurikulum nasional PAUD, diantaranya :

  1. Kurikulum Nasional dikembangkan menjadi Muatan Lokal dan Muatan Global, dengan tetap mengembangkan karakter Kristiani di setiap unsur pembelajaran berupa nilai-nilai karakter yang dikemas dalam silabus.
  2. Muatan Lokal Kurikulum berupa pembelajaran pengembangan diri menggali kekayaan lokal daerah Jawa Barat yaitu Bahasa Daearah dan Seni Musik Angklung, diperkenalkan pula budaya Baju Daerah Kebaya bagi guru dan siswa perempuan dan Baju Pangsi bagi siswa laki –laki dan guru laki-laki.
  3. Muatan Global dari pengembangan Kurikulum Nasional adalah Bahasa Inggris yang dikemas dalam kegiatan bermain, bernyanyi dan mengucapkan syair pada pengembangan aspek bahasa lisan. Khusus kegiatan Native Speaker  bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris English First, dengan tenaga pengajar berkebangsaan Amerika.
  4. Pengembangan bahasa Inggris dalam kegiatan bermain dilaksanakan dalam kegiatan kelas dan kegiatan ekstrakurikuler. Metode yang digunakan melalui kegiatan pengenal bahasa yang disampaikan dalam bentuk syair, lagu, dan permainan agar siswa mulai mengenal bahasa Inggris adalah bahasa pengantar yang perlu diperkenalkan dan dipelajari.
  5. Pembelajaran Bahasa Mandarin memperkenalkan belajar Bahasa Mandarin, yang dikemas dalam kegiatan menyanyi, bersyair, bermain peran, dan bercerita sesuai tematik TK dalam satu tahun  serta menyajikan unsur kebudayaan yang berhubungan dengan pemanfaatan kegiatan bahasa dan seni.
  6. Muatan Global Pembelajaran Teknologi dan Informasi memperkenalkan anak dalam pembelajaran Komputer yang dilengkapi silabus disesuaikan  Tematik TK dan jenjang usia dari Kelompok Bermain sampai dengan TK bekerjasama dengan Pesona Edu Learning Centre.
  7. Partisipasi Orang tua yang mendukung sekolah, membuka peluang bagi sekolah untuk memfasilitasi siswa mengembangkan bakat dan minat siswa dalam tumbuh kembangnya melalui kegiatan  ekstra kurikuler  pilihan  wajib  Bahasa Inggris dengan English Club, Bahasa Mandarin, Kelas Robotic, Music Piano, Angklung, Kelas Balet, Modern Dance, dan Menyanyi.
  8. Kegiatan Intra Kurikuler yang dimasukkan dalam pembelajaran adalah kegiatan Motorik Kasar Berenang, Cooking Class, Drumband, dan Sepak bola mini atau Futsal.
  9. Kegiatan Parenting Kelas diakomodir dalam kegiatan Parenting Sekolah di bawah koordinasi Tim Kerja TK BPK PENABUR yaitu Guru dan Kepala Sekolah membentuk kegiatan kerjasama dalam memenuhi tumbuh kembang anak yaitu kegiatan “KOKI IBU” dan “HARI BEKAL BERSAMA“, penyajian menu sehat oleh orang tua siswa dan menu sehat pada program sekolah.
  10. “Home Activity Day“ adalah salah satu kegiatan pengembangan sistem informasi sekolah melalui kegiatan aktivitas siswa bersama orang tua.
  11. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan TK BPK PENABUR memuat juga pengembangan kecakapan Life Skill siswa yang berkebutuhan khusus (ABK) mandiri dalam kecakapan “Toilet Training“, ”Cosmetik Training dan “Safety Training” yang dalam evaluasinya siswa mendapat penilaian Individual berdampingan dengan  Laporan Pendidikan yang diatur dalam Kurikulum Nasional melalui dukungan lembaga yang bergerak dalam terapi yang menunjang perkembangan siswa serta lembaga Psikologi yang melakukan tes perkembangan dan kemandirian siswa berkebutuhan khusus. 
  12. Kurikulum 2013 yang dikembangkan dalam KTSP PAUD Non Formal dan Formal di TK BPK PENABUR dikemas menarik ,dengan metode pembelajaran sesuai usia, dan strategi  kegiatan kreatif dan inovatif.  Pemberian penghargaan (reward) bagi siswa berprestasi diberikan secara berkala  setiap bulan dan pada akhir tahun ajaran .
  13. Kegiatan DOKTER KECIL dalam program “Sekolah Sehat dan Aman”, adalah bagian dari Implementasi Sekolah Ramah Anak, menjadikan sekolah ”Rumah Kedua” bagi siswa dan orangtua melalui program WALFARE yaitu program yang mengutamakan kesejahteraan dan perlindungan bagi siswa melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang dapat memenuhi kesehatan siswa melalui kerjasama dengan Dinas Kesehatan dan  Rumah Sakit yang dipercaya sekolah dalam kegiatan pemeriksaan tumbuh kembang anak usia dini, melalui pemeriksaan gigi, fisik, dan THT.
  14. Kurikulum Nasional dikembangkan menjadi Kurikulum Sekolah Inklusif di PAUD BPK PENABUR, dengan mengembangkan Kompetensi Inti dan Kompetensi  Dasar menjadi Indikator menurut Standar Perkembangan Anak yang disesuaikan dengan usia anak dan kebutuhan perkembangan individu menurut spesifikasi kebutuhan khusus anak yang dijabarkan dalam struktur kurikulum.
  15. Struktur Kurikulum Pendidikan pada program Inklusif pada Kurikulum TK BPK PENABUR mengutamakan kebiasaan/keteladanan (Hidden Curiculum) dengan penguatan pada pendalaman dan pembiasaan karakter yang bertujuan memberi kesempatan yang sama untuk setiapa anak yang berkebutuhan khusus (ABK) untuk belajar bersama sesuai dengan kebutuhan belajarnya yang berguna bagi kemandiriannya.

Pengembangan  Kurikulum Pendidikan Inklusif pada Kurikulum PAUD BPK PENABUR mengusung seluruh warga sekolah menjadikan TK BPK PENABUR “SEKOLAH RAMAH ANAK“, yaitu sekolah yang semua aspek pembelajarannya disesuaikan dengan kebutuhan anak.

Choose Your School

GO