Imlek 2021

News - 16 February 2021

Dimasa Pandemi Masih Bisa Imlekan

 

Pergantian Tahun Baru China atau Hari Raya Imlek, sebutan yang digunakan masyarakat Tionghoa Indonesia, tahun ini jatuh pada Jumat (12/2/2021). Perayaan Imlek adalah perayaan untuk menyambut awal musim semi. Adapun, Hari Raya Imlek berlangsung selama 15 hari dengan hari terakhir disebut Cap Go Meh atau hari penutup perayaan tahun baru. Di Cianjur banyak keturunan Tionghoa yang merayakan Imlek. Termasuk siswa-siswi SMP BPK Penabur Cianjur merayakan tahun baru imlek.

Perayaan imlek tahun ini sangatlah berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya semua keluarga kumpul pada malam imlek untuk makan bersama dan saling suka cita menyambut tahun baru imlek. Dan keesokannya semua sanak keluarga saling mengunjungi untuk mengucapkan selamat imlek. Pada tahun ini tidak bias seperti itu, mereka yang merayakan hanya berkumpul dengan keluarga inti di rumah masing-masing tanpa sanak saudara dan kerabat dekat.

Begitu juga dengan perayaan imlek di SMPK BPK Penabur Cianjur yang biasanya berkumpul semua siswa-siswi untuk menonton pertunjukan barongsai dan memberikan angpao kepada barongsai yang dimainkan. Tahun ini perayaan imlek di sekolah dirayakan secara virtual melalui aplikasi Zoom ujar ketua pelaksana perayaan imlek.

Di SMPK BPK Penabur Cianjur perayaan imlek dimeriahkan oleh beberapa perlombaan. Perlombaan imlek tahun ini diikuti oleh semua siswa-siswi sekolah, seperti lomba melukis, lomba menyanyi mandarin, dan lomba foto, semua siswa merasakan kesenangan meski lomba tahun ini secara online. Semua perlombaan memberikan kesan yang menyennagkan bagi siswa-siswi yang ikut. Mereka happy dengan perayaan imlek ini.

Dengan mengadakan perayaan imlek kami bisa saling mengenal budaya satu sama lain yang mungkin ini hal baru bagi saya, di sekolah swasta di cianjur skolah kami masih melestarikan tradisi imlek dan saya berharap imlek tahun depan bias diadakan secara tatap muka supaya kesan imlek lebih melekat disemua hati warga sekolah ujar Yuni Hafsari Kepala sekolah BPK Penabur Cianjur.

Jurnalis: Agung Taufik

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

News - 01 August 2019
HUT BPK ke-69 dan HUT RI ke-74
News - 01 April 2019
Gelar Potensi atau Bulan Bahasa
News - 15 July 2019
Masa Pengenalan Sekolah
News - 09 August 2019
Imunisasi dan Obat Cacing
News - 30 January 2020
Acara Paskah, Kartini dan Pemberian Sembako Gratis
News - 15 July 2019
Masa Pengenalan Sekolah
News - 09 August 2019
Imunisasi dan Obat Cacing
News - 30 January 2020
Acara Paskah, Kartini dan Pemberian Sembako Gratis
News - 30 January 2020
Rabu Abu
News - 16 February 2021
Imlek 2021

Choose Your School