Transformasi Pembelajaran: Computational Thinking Jadi Jalan Sukses Siswa di SMAK PENABUR Summarecon Bekasi

Berita Lainnya - 12 September 2024

Computational Thinking (CT) atau berpikir komputasional adalah pendekatan pemecahan masalah yang melibatkan konsep-konsep seperti dekomposisi, abstraksi, algoritma, dan pemikiran logis. Materi ini diperkenalkan di kurikulum SMA di Indonesia seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan akan literasi digital yang semakin mendesak.

 

Sejarah Penerapan Computational Thinking di Indonesia

 

  1. Pengaruh Global dan Kebijakan Pendidikan: Pada awalnya, konsep CT berkembang di negara-negara maju sebagai bagian dari literasi digital dasar. Di Indonesia, pemikiran untuk memasukkan CT ke dalam kurikulum sekolah muncul sekitar pertengahan tahun 2010-an, bersamaan dengan upaya global dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Pemerintah Indonesia, melalui Kemendikbud, mulai merumuskan kebijakan untuk meningkatkan kemampuan literasi digital dan teknologi di kalangan siswa sekolah menengah.

  2. Kurikulum 2013 dan Penyelarasan: Pada tahun 2013, Indonesia meluncurkan Kurikulum 2013 (K13) yang menekankan pada penguatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, yang merupakan landasan CT. Walaupun belum diimplementasikan secara eksplisit sebagai mata pelajaran, prinsip-prinsip CT mulai diintegrasikan ke dalam beberapa mata pelajaran seperti Matematika, Informatika, dan Sains.

  3. Integrasi dalam Kurikulum Merdeka: Dengan diperkenalkannya Kurikulum Merdeka pada tahun 2022, materi CT mulai mendapatkan porsi yang lebih jelas. Kurikulum ini memberikan keleluasaan kepada sekolah dalam merancang pembelajaran berbasis proyek dan pemecahan masalah, yang sangat sejalan dengan konsep CT.

Proyek penguatan profil pelajar pancasila 

 

Penggunaan Computational Thinking di Kehidupan Sehari-hari di SMA KRISTEN PENABUR Summarecon Bekasi

 

Di SMAK PENABUR Summarecon Bekasi, praktik penerapan CT dalam pembelajaran dapat terlihat dan berpengaruh pada kegiatan sehari-hari siswa. Berikut adalah beberapa contoh bagaimana CT diterapkan:

  1. Penyelesaian Masalah dalam Proyek Belajar: Dalam pembelajaran berbasis proyek, siswa dituntut untuk mengidentifikasi masalah, memecah masalah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil (dekomposisi), dan merancang solusi dengan langkah-langkah sistematis (algoritma). Misalnya, dalam proyek pembuatan aplikasi sederhana atau website sekolah, siswa harus merencanakan langkah-langkah pengembangan dari desain hingga implementasi.


    Salah satu aktivitas pelajaran Informatika

 

  1. Manajemen Waktu dan Tugas: Dalam kegiatan akademik dan non-akademik, siswa sering kali dihadapkan dengan tugas yang kompleks dan memerlukan prioritas. Dengan CT, siswa belajar membuat skema kerja yang efektif, misalnya dengan mengatur urutan tugas dari yang paling mendesak hingga yang dapat diselesaikan di kemudian hari.

  2. Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran: Penggunaan teknologi seperti coding dan aplikasi berbasis simulasi juga merupakan bagian dari penerapan CT di sekolah. Misalnya, dalam mata pelajaran informatika, siswa belajar membuat program sederhana yang melatih mereka berpikir dalam struktur logis dan urutan perintah. Pemanfaatan teknologi dalam membantu kolaborasi juga tidak ketinggalan. Siswa SMAK PENABUR Summarecon Bekasi terbiasa menggunakan aplikasi/ program komputer yang memungkinkan berkolaborasi secara online dengan teman secara kelompok. Penggunaan Google apps seperti (google docs/ slide), Figma ataupun Canva sudah menjadi pengetahuan dasar bagi siswa.

  3. Pembiasaan Berpikir Kritis dalam Mata Pelajaran: Dalam mata pelajaran seperti Matematika, Fisika, dan Kimia, CT membantu siswa memahami konsep-konsep abstrak melalui model pemikiran berbasis algoritma dan simulasi. Misalnya, untuk memahami pergerakan partikel, siswa dapat menggunakan aplikasi yang menampilkan simulasi berdasarkan algoritma fisika dasar.

 

Penerapan materi Computational Thinking di SMA KRISTEN PENABUR Summarecon Bekasi menunjukkan bahwa konsep ini bukan hanya relevan di kelas informatika tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari siswa. Melalui CT, siswa dilatih untuk berpikir secara logis, sistematis, dan kreatif, sehingga mampu menghadapi tantangan baik dalam pembelajaran maupun kehidupan nyata dengan lebih baik. Implementasi ini sejalan dengan visi pendidikan masa depan yang tidak hanya berfokus pada pencapaian akademik tetapi juga pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang akan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. (MT)

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Berita Lainnya - 12 May 2020
ASB Home Learning Tahap 4
Berita Lainnya - 12 August 2020
Ibadah Siswa, Guru dan Karyawan SMAK PENABUR Summ...
asb, BPK PENABUR
Berita Lainnya - 18 August 2020
Merdeka! HUT RI ke-75 di ASB
Berita Lainnya - 21 August 2020
Tetap seru di tatanan kebiasaan baru; Classmeetin...
Berita Lainnya - 21 August 2020
Career Day 2020 ASB
Berita Lainnya - 26 November 2023
Happy Sunday ASB - 26 November 2023
Berita Lainnya - 03 December 2023
Happy Sunday ASB - 2 Desember 2023
Happy Sunday ASB - 2 Desember 2023
Berita Lainnya - 22 January 2024
Info Perpustakaan ASB Desember - Januari 2024
Info Perpustakaan ASB Desember - Januari 2024
Berita Lainnya - 30 April 2024
Selamat 3 Siswa ASB Lanjut ke OSN tingkat Provinsi
Selamat 3 Siswa ASB Lanjut ke OSN tingkat Provinsi
Berita Lainnya - 30 April 2024
Semangat Yang Tetap Membara - Ibadah Siswa April ...
Semangat Yang Tetap Membara - Ibadah Siswa April ...
Berita Lainnya - 13 October 2024
STUDENTS CORNER ("TANGAN TAK TERLIHAT")
Berita Lainnya - 13 October 2024
Happy Sunday ASB - 13 Oktober 2024
Happy Sunday ASB - 13 Oktober 2024
Berita Lainnya - 15 October 2024
FIGURE OF THE DAY (EVANGELISTA TORRICELLI)
Figure Of The Day
Berita Lainnya - 15 August 2024
STUDENTS CORNER (MEMAAFKAN)
Students Corner
Berita Lainnya - 14 October 2024
STUDENTS CORNER (MOTHER TERESA)
Students Corner
Berita Lainnya - 29 October 2024
BeKAL ASB - 29 OKTOBER 2024
Berita Lainnya - 30 October 2024
BeKAL ASB - 30 OKTOBER 2024
BeKAL ASB
Berita Lainnya - 01 October 2024
AGENDA KEGIATAN SISWA ASB - 30 SEPT- 05 OKT 2024
AGENDA KEGIATAN SISWA ASB
Berita Lainnya - 06 October 2024
AGENDA KEGIATAN SISWA ASB - 07 OKT - 13 OKT 2024
AGENDA KEGIATAN SISWA ASB
Berita Lainnya - 14 October 2024
AGENDA KEGIATAN SISWA ASB - 14 OKT - 19 OKT 2024
AGENDA KEGIATAN SISWA ASB
Berita BPK Penabur Jakarta - 31 May 2021
PERJUSA ASB MEI 2021 - Penegak yang Berani, Disi...
Berita BPK Penabur Jakarta - 31 May 2021
Kebaktian Pelepasan Angkatan ke-6 ASB
Kebaktian Pelepasan Angkatan ke-6 ASB
Berita BPK Penabur Jakarta - 19 June 2021
Berbagi ditengah Pandemi - BAKTI SOSIAL SMA KRIST...
Berbagi ditengah Pandemi - BAKTI SOSIAL SMA KRIST...
Berita BPK Penabur Jakarta - 19 June 2021
Selamat 22 Siswa ASB Diterima di PTN 2021
Selamat 22 Siswa ASB Diterima di PTN 2021
Berita BPK Penabur Jakarta - 26 June 2021
Untoxic Me - Webminar SMA KRISTEN PENABUR Summare...
Webminar SMA KRISTEN PENABUR Summarecon Bekasi 24...

Choose Your School

GO