Membekali Masa Depan Bersama Edufair

Berita BPK Penabur Jakarta - 02 October 2024

Pembukaan Education Fair 2024 SMA KRISTEN PENABUR Summarecon Bekasi dimeriahkan oleh penampilan seni tari

 

Mempersiapkan masa depan seringkali menjadi hal yang membingungkan bagi sebagian besar pelajar di Indonesia. Kurangnya pengetahuan dan pemahaman mengenai pilihan karir membuat banyak pelajar di Indonesia terjebak dalam jurusan kuliah yang salah. Kondisi ini dapat merugikan mereka, baik secara finansial maupun psikologis. Maka dari itu, penting bagi kita untuk meningkatkan edukasi mengenai cara menentukan karir yang sesuai. Salah satu langkah untuk mengatasi masalah salah jurusan adalah dengan mengadakan Edufair

 

Education Fair atau yang biasa dikenal dengan sebutan Edufair merupakan kegiatan pameran pendidikan yang bertujuan untuk memfasilitasi siswa/i untuk menggali berbagai informasi mengenai dunia perguruan tinggi. “Paving The Way For A Brighter Tomorrow” merupakan tema dari Edufair tahun ini. Dibalik tema yang dipilih, terselip harapan besar agar kegiatan ini dapat menjadi langkah awal bagi para siswa/i dalam mempersiapkan serta menentukan arah yang tepat menuju masa depan yang lebih cerah. Kegiatan Edufair ini dihadiri oleh seluruh siswa/i SMAK PENABUR Summarecon Bekasi dan dirancang oleh Bapak/Ibu guru SMAK PENABUR Summarecon Bekasi. Menariknya, kegiatan ini diikuti oleh 38 booth yang terdiri dari perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta, agen pendidikan, dan lain lain. Adapun presentasi dari berbagai universitas dan agen pendidikan yang dapat membantu meningkatkan pengetahuan mengenai perguruan tinggi. Pilihan yang beragam diharapkan dapat membantu siswa/i agar dapat bereksplorasi seluas-luasnya. 

 

Edufair memberikan kesempatan bagi siswa/i untuk menambah pengetahuan baru. Salah satunya adalah untuk menjelajahi program studi yang belum pernah mereka pertimbangkan sebelumnya. Misalnya pada perguruan tinggi London School of Public Relations (LSPR), mereka mempunyai jurusan performing arts yang jarang ditemukan di perguruan tinggi lainnya. Bagi siswa/i yang memiliki minat dalam bidang seni, informasi ini dapat membantu mereka menentukan langkah yang tepat untuk masa depan. Berbanding terbalik dengan LSPR, Indonesia’s International Institute of Life Sciences (I3L) menawarkan jurusan-jurusan yang berbasis life sciences, seperti biomedicine, food technology, biotechnology, pharmacy, dan food science & nutrition. Program-program ini menjadi pertimbangan yang baik bagi  siswa/i yang tertarik untuk berkarier di bidang ilmu pengetahuan alam. 

 

Selain membantu menjelajahi program studi, kegiatan Edufair juga mendatangkan berbagai agen pendidikan yang siap memberikan informasi serta membantu siswa/i yang tertarik melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Melalui agen pendidikan, siswa/i mendapatkan panduan mengenai proses pendaftaran universitas, mulai dari persyaratan dokumen hingga tips menulis esai. Beberapa agen pendidikan bahkan tidak memungut biaya apapun. Salah satu agen pendidikan yang tidak memungut biaya adalah Greatwall. Greatwall adalah agen pendidikan yang membantu siswa/i untuk berkuliah ke negeri China. Mereka memiliki hubungan dengan berbagai universitas di China, sehingga mengetahui segala hal terkait program studi, persyaratan masuk, beasiswa, serta gambaran kehidupan di sana. Mereka juga bisa merekomendasikan universitas mana yang selaras dengan jurusan, prestasi akademis dan preferensi dari siswa/i. Informasi ini sangat membantu para siswa/i yang kesulitan menentukan pilihannya. ICAN Education merupakan contoh lain dari agen pendidikan yang tidak memungut biaya. Berbeda dengan Greatwall, ICAN Education memiliki relasi dengan universitas dari berbagai negara, salah satunya dengan Xiamen University di Malaysia. Xiamen University memiliki jurusan marine biotechnology yaitu jurusan ilmu pengetahuan alam yang terfokus pada pemanfaatan biota laut. Hal ini menjadi informasi yang baik bagi siswa/i karena jurusan ini masih langka ditemukan di Indonesia. 

 

Suasana kunjungan stand universitas EDUFAIR ASB 2024

 

Hal lain yang harus dipertimbangkan saat menentukan jurusan kuliah adalah kondisi finansial. Untuk meringankan beban ekonomi, banyak perguruan tinggi yang menyediakan beasiswa.  Beasiswa dapat dikategorikan ke dalam beberapa jenis berdasarkan jalur pendaftaran, jumlah nominal beasiswa, dan berbagai kriteria lainnya. Contoh universitas yang menawarkan beasiswa adalah Universitas Bina Nusantara atau yang biasa dikenal dengan Binus. Binus menawarkan beasiswa bernama WIDIA Scholarship bagi siswa/i yang memiliki prestasi tingkat nasional atau internasional. Selain itu mereka juga memiliki OSIS Scholarship yang ditujukan bagi siswa/i yang merupakan anggota OSIS saat SMA. Dengan adanya beasiswa, hal ini diharapkan dapat membantu siswa/i yang terkendala ekonomi. 

 

Edufair adalah jembatan bagi para siswa/i untuk untuk menjelajahi berbagai pilihan pendidikan yang ada. Dalam kegiatan ini, siswa/i dapat memperoleh informasi penting mengenai jurusan dan perguruan tinggi dari berbagai sumber. Melalui kegiatan ini, siswa/i diharapkan dapat mengambil langkah yang tepat dalam memilih jurusan dan perguruan tinggi. Sekarang adalah saatnya bagi siswa/i untuk berjuang dan mewujudkan masa depan yang menyilaukan mata. Mari bersama-sama mengambil langkah yang berani dan memanfaatkan setiap peluang yang ada!

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Berita Lainnya - 12 May 2020
ASB Home Learning Tahap 4
Berita Lainnya - 12 August 2020
Ibadah Siswa, Guru dan Karyawan SMAK PENABUR Summ...
asb, BPK PENABUR
Berita Lainnya - 18 August 2020
Merdeka! HUT RI ke-75 di ASB
Berita Lainnya - 21 August 2020
Tetap seru di tatanan kebiasaan baru; Classmeetin...
Berita Lainnya - 21 August 2020
Career Day 2020 ASB
Berita Lainnya - 02 September 2021
Mengenal ANBK dan Jadwal Lengkapnya
Berita Lainnya - 03 September 2021
KSN PROVINSI 2021 - Penjelasan dan Jadwal
KSN PROVINSI 2021 - Penjelasan dan Jadwal
Berita Lainnya - 20 September 2021
Persiapkan PTMT ASB adakan Pelatihan Guru Mengaja...
Persiapkan PTMT ASB adakan Pelatihan Guru Mengaja...
Berita Lainnya - 20 November 2021
PANDUAN MEMULAI MENGGUNAKAN SMARTBOARD PADA PTMT ...
PANDUAN MEMULAI MENGGUNAKAN SMARTBOARD PADA PTMT ...
Berita Lainnya - 21 November 2021
PUJI TUHAN, PTMT SMA KRISTEN PENABUR Summarecon B...
PUJI TUHAN, PTMT SMA KRISTEN PENABUR Summarecon B...
Berita Lainnya - 22 October 2023
Happy Sunday ASB - 22 Oktober 2023
Berita Lainnya - 23 October 2023
Khusus Guru : Buat NUPTK Cek Berkas yang Dibutuhk...
Khusus Guru : Buat NUPTK Cek Berkas yang Dibutuhk...
Berita Lainnya - 29 October 2023
Happy Sunday ASB - 29 Oktober 2023
Happy Sunday ASB - 29 Oktober 2023
Berita Lainnya - 31 October 2023
MEMILIH JURUSAN STUDI DI SMA
MEMILIH JURUSAN STUDI DI SMA
Berita Lainnya - 29 October 2023
Selamat Hari Sumpah Pemuda dari Gen Z
Selamat Hari Sumpah Pemuda dari Gen Z
Berita Lainnya - 23 September 2024
BeKAL ASB - 23 September 2024
Berita Lainnya - 02 July 2024
BeKAL ASB - 02 Juli 2024
BeKAL ASB - 02 Juli 2024
Berita Lainnya - 03 July 2024
BeKAL ASB - 03 Juli 2024
BeKAL ASB - 03 Juli 2024
Berita Lainnya - 04 July 2024
BeKAL ASB - 04 Juli 2024
BeKAL ASB - 04 Juli 2024
Berita Lainnya - 05 July 2024
BeKAL ASB - 05 Juli 2024
BeKAL ASB - 05 Juli 2024
Berita BPK Penabur Jakarta - 17 July 2023
AGENDA MINGGUAN 17-22 JULI 2023
Berita BPK Penabur Jakarta - 21 July 2023
UPACARA BENDERA SMAK PENABUR SUMMARECON BEKASI (S...
UPACARA BENDERA SMAK PENABUR SUMMARECON BEKASI (S...
Berita BPK Penabur Jakarta - 24 July 2023
AGENDA MINGGUAN 24-29 JULI 2023
AGENDA MINGGUAN 24-29 JULI 2023
Berita BPK Penabur Jakarta - 10 July 2023
PLS ASB 2023 - Henceforth: Educate, Empower and E...
PLS ASB 2023 - Henceforth: Educate, Empower and E...
Berita BPK Penabur Jakarta - 07 July 2023
Ibadah Awal Tahun Ajaran 2023/2024 Guru & Karyawa...
Ibadah Awal Tahun Ajaran 2023/2024 Guru & Karyawa...

Choose Your School

GO