History

SMPK 5 BPK PENABUR Bandung dimulai pada tahun 1979 di jalan Jenderal Sudirman 246 Bandung. Kepala Sekolah yang ditunjuk pada saat itu adalah Ny. Margaretha Souisa-Gouw, BA. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Kepala SMPK 4 BPK PENABUR Bandung dan Wakil Kepala SMAK 2 BPK PENABUR Bandung.Pada tahun pelajaran pertama di SMPK 5 BPK PENABUR Bandung  jumlah siswa sebanyak 105 orang  dengan dua orang guru tetap termasuk kepala sekolah dan sembilan guru tidak tetap. SK pendirian sekolah  no. 108/I02.Kep/E.81 dengan status disamakan.

Melihat perkembangan yang sangat pesat karena animo masyarakat yang besar, maka pada tahun pelajaran 1988/1989 SMPK 5 BPK PENABUR Bandung pindah lokasi, menempati lokasi baru yang lebih luas dengan fasilitas yang lebih lengkap, yaitu di jalan Jenderal Sudirman 638, Bandung hingga sekarang.

Kepemimpinan di SMPK 5 BPK PENABUR Bandung pada tahun 1999 dilanjutkan oleh Waka  Kurikulum Dra. Jap Tjiu Siang (alm) hingga tahun 2008, karena Ny.M.Souisa-Gouw, BA. memasuki masa purnabakti/pensiun. Tahun 2008 sampai dengan tahun 2013 dipimpin oleh Dra. Lusi Mekarwati, M.A. sebelumnya  Wakasek SMPK 1 BPK PENABUR Bandung. Tahun 2013 sampai dengan 2018 dipimpin oleh Jane Simon, M.Si. sebelumnya sebagai Guru BK di SMPK 1 BPK PENABUR Bandung, dan mulai tahun pelajaran 2018/2019 dipimpin oleh Surlinah, S.Pd. sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala SMPK 5 BPK PENABUR Bandung.

SMPK 5 BPK PENABUR telah berdiri lebih dari tiga puluh tujuh tahun dan telah meluluskan ribuan siswa dengan berbagai prestasi akademik dan non akademik baik dari tingkat lokal, regional, nasional, bahkan hingga tingkat Internasional.

Kurikulum yang digunakan di SMPK 5 BPK PENABUR adalah kurikulum nasional yang diperkaya dengan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Kristiani (PKBN2K) dan dikembangkan dengan berbagai macam program sesuai kebutuhan siswa dan tuntutan zaman seperti adanya kelas bilingual dengan perpaduan antara kurikulum nasional dan kurikulum Cambridge, selain dari kelas regular , serta adanya 22 jenis kegiatan ekstrakurikuler yang semuanya merupakan wadah bagi pengembangan karakter dan minat bakat siswa juga pelaksanaan program pengembangan yang inovatif selain pelaksanaan program rutin yang berkualitas.

Kegiatan di SMPK 5 BPK PENABUR Bandung adalah proses bagi para siswa secara menyeluruh dengan harapan akan menghasilkan siswa yang berkarakter Kristiani, memiliki pengetahuan yang relevan dengan perkembangan zaman, dan keterampilan yang akan menunjang proses keberhasilan di masa yang akan datang. Seluruh proses pembelajaran dilakukan dengan memperhatikan segala segi perkembangan untuk siswa melalui kegiatan-kegiatan yang konstruktif dan menyenangkan.

Choose Your School