BAHASA INDONESIA ITU ASIK

Pernahkah kalian berpikir,”Ah, ngapain belajar bahasa Indonesia, kan setiap hari kita bicara pakai bahasa Indonesia.” Kalau masih ada yang berpikir seperti itu, yuk simak dulu pembahasan berikut.

Tahukah kalian bahwa Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan punya akun Instagram yang bernama “badanbahasakemendikbud”. Akun ini berisi tentang info kegiatan, pengetahuan, dan lain-lain yang berhubungan dengan bahasa yang ada di Indonesia (tidak hanya bahasa Indonesia). Salah satu info penting dalam akun ini adalah kata dalam bahasa asing yang sudah ada artinya dalam kata bahasa Indonesia seperti contoh berikut.

 

 

(Sumber : Instagram “badanbahasakemendikbud”)

Kita jadi tahu bahwa boarding pass dalam bahasa asing artinya adalah pas naik dalam bahasa Indonesia. Begitu juga dengan moda transportasi yang baru dimiliki oleh ibukota Indonesia, kita tahu MRT singkatan dari mass rapid transit, tetapi MRT sudah memiliki kepanjangan dalam bahasa Indonesia, yaitu oda raya terpadu.

Tidak hanya ini, akun Instagram dari “kemdikbud.ri” juga memposting mengenai kesalahan ejaan dari salah satu poster yang terpampang saat unjuk rasa tahun 2019 lalu. Kata menghianatiku seharusnya mengkhianatiku. Ejaan yang benar sudah disahkan oleh badan Bahasa dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang kita miliki.

Dalam hal ini, pengetahuan kita akan Bahasa Indonesia semakin bertambah bukan? Asik juga ketika kita melihat ada kata yang ejaan salah, tetapi kita tahu pembenarannya seperti apa.

-Renatha Yolanda-

 

(Sumber : Instagram “badanbahasakemendikbud”)

 

Choose Your School