Life Skill Series : (EP.4) PERSONAL SKILL - DIVE DEEPER ON THINKING SKILL (Part 2)

BERITA LAINNYA - 17 August 2024

Critical Thinking

Kenapa si, kayaknya sulit buat kita untuk mendahulukan logika diatas perasaan? Aku yakin ini jadi pertanyaan buat banyak orang, dan jawaban aku adalah karena sebenarnya manusia itu bukan makhluk hidup yang terbiasa buat mendahulukan logika dibanding emosi dan perasaan. That's why the concept of critical thinking exists. So, in this article, I will discuss what critical thinking is and how to build it.

 

Otak kita itu selalu kerja dan berpikir, tapi seringkali mereka itu berpikir secara otomatis. Bukan karena kita ingin, bukan karena kita mau, tapi emang otomatis aja kita berpikir. Alasannya simpel, kenapa? Karena kalau kita ngebiasain diri buat selalu mikir, ya bakal capek. Misalnya, ketika kita naik motor, naik mobil, atau sedang melangkah, tapi kita mikir dulu, “oke sekarang ke kiri, trus nanti kanan” apa kita ga capek? Ya capek, jelas.

 

Nah tapi, karena sistem di otak kita yang terbiasa buat berpikir otomatis, berpikir cepat, enggak jarang kita jadinya rentan banget buat ngambil keputusan yang salah. Well, this is where critical thinking appears. Singkatnya, berpikir kritis adalah kemampuan buat berpikir lebih rasional yang nantinya kita bisa membuat / mengambil keputusan yang matang karena semuanya didasari dengan analisis. 

 

Kemampuan berpikir ini mendorong kamu buat gak langsung percaya pada suatu informasi. Dan ketika kamu udah punya kemampuan ini, kamu bakal belajar lebih aktif, lebih teliti, dan gak mudah buat ditipu oleh orang lain. Trus, gimana sih cara buat ngembanginnya?

 

  1. PIKIR DAN PAHAMI, at the beginning I explained that we are really used to thinking quickly, thinking automatically.  Jika kita dihadapkan oleh sesuatu yang mendorong kita buat berpikir kritis, coba pause dulu berpikir otomatisnya. Jadi ga perlu tuh cepat-cepat, analisis masalahnya terlebih dahulu, baru buatlah keputusannya.

  2. BANYAK MEMBACA BUKU & RESEARCH, membaca buku dapat melatih pikiran dan juga memahami argumen yang kamu utarakan. Research bisa membantu kamu menganalisis suatu informasi dengan baik. Coba biasain diri kamu buat aktif mencari informasi sebanyak-banyaknya. Salah satu karakteristik orang yang suka berpikir kritis adalah punya banyak wawasan dan juga punya rasa penasaran.

  3. BANYAK BERTANYA & SERING BERDISKUSI, banyak bertanya dapat membantu kamu untuk menerima informasi yang valid dan akurat, sedangkan sering berdiskusi ini bisa membantu kamu untuk memahami sudut pandang orang lain (memperluas cara pandang lain), mendengarkan dan menyimak apa yang dibicarakan orang lain dapat membantu memahami konteks dari sebuah pembahasan. Get used to thinking openly, often the problem with people thinking critically is because they feel that they are always right. Padahal menerima kenyataan kalau kita bisa jadi salah, itu adalah salah satu cara biar kita dan ilmu pengetahuan kita bisa 

Creative Thinking

Kita berada di dunia, di era, dimana perkembangan dan perubahan itu sangat cepat. Kita berada di waktu dan hari, dimana sistem-sistem kemarin sudah tidak berlaku mungkin di hari ini. Begitu juga sebaliknya, sistem yang hari ini kita pakai mungkin ga akan berlaku di keesokan hari. Jadi untuk kita bisa mengikuti dan kita bisa beradaptasi, berpikir kreatif itu sangat diperlukan. 

 

Kalau kita ngomong mengenai creative thinking, sebenarnya banyak orang yang punya stigma yang kurang tepat. Why? Because when we talk about creativity, most people will say, "oh creative is about playing music, only acting in films, only talking about design ..." but actually if we talk about creative thinking, it's about being creative in finding solutions to certain problems.

 

Seorang entrepreneur walaupun bisnisnya bukan bisnis kreatif, mereka dituntut untuk tetap berpikir kreatif. Berpikir kreatif, dimana ketika ada masalah di perusahaan, apa yang akan mereka lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Creative thinking, kemampuan menemukan solusi untuk menyelesaikan tantangan atau masalah yang kita temui, itu merupakan skill yang dibutuhkan.

 

Kalau kita ngomong tentang contoh-contoh creative thinking ya, sesederhana begini, tadi kita bahas tentang konteks entrepreneur… Apa yang terjadi ketika kamu ga punya budget? Apa yang terjadi jika kamu dituntut oleh client untuk menyelesaikan sebuah masalah dengan banyak batasan? Itu diperlukan creative thinking, jadi bagaimana caranya kita mencari solusi, bagaimana caranya kita menyelesaikannya.

 

Mengapa berpikir kreatif diperlukan dalam keseharian? Karena ketika kita mulai berpikir kreatif dalam hidup keseharian kita, itu sama dengan kita mengambil kontrol dalam hidup kita. Kita memutuskan kita bangun jam berapa, kita memutuskan untuk meletakkan waktu kita untuk terus memperbaiki diri. Jadi menurut aku, itulah pentingnya mengapa kita harus berpikir kreatif. Karena ketika kita memikirkan kata ‘kreatif’, kita sebenarnya memikirkan sebuah penciptaan.

 

Kita harus sering mengingatkan diri kita sendiri ya, ketika kita berbicara tentang kata ‘kreatif’, kreatif itu berasal dari kata kreasi. Proses kreatif terjadi ketika kita menciptakan sesuatu, dalam menciptakan hidup kita sendiri, itu dibutuhkan kesadaran untuk berpikir kreatif, sebuah keinginan untuk menjalani hidup dengan baik.

3 Steps to creative thinking explained in the book "ThinkerToys" by Michael Michalko.

  1. PIKIR POSITIF, kita harus mikir positif dulu, anggaplah masalahmu bukan sebuah masalah, hanya sekedar teka-teki yang butuh imajinasi.

  2. LIHAT DARI SUDUT PANDANG YANG BERBEDA. Kelihatannya sulit, tapi faktanya kamu cukup ngobrol dengan orang lain, dan dari sana lahirlah dua sudut pandang yang berbeda. Semakin banyak orang yang kamu ajak ngobrol, semakin banyak sudut pandang baru yang kamu dapetin.

  3. GIMANA KREATIFITAS KAMU BEKERJA. (Brainstorming, Mind Mapping, Out-of-The-Box)

Jadi kalau misalnya mau dilatih, ya banyak-banyak belajar, banyak-banyak referensi. Karena pengetahuan adalah bensin utama dalam berpikir kreatif, kalau kita taunya dikit, yang dihasilkan juga sedikit. The important thing if you want to think creatively is to be consistent.  Konsisten dalam menghasilkan sesuatu, menulis, membaca, memperkaya ilmu. Konsistensi itu adalah jawaban untuk semuanya, karena kreativitas itu ga mungkin bisa terbentuk kalau kita ga memikirkan opsi-opsi yang ada dari apa yang sedang kita buat, itu yang paling penting.

Those are some things about Creative Thinking.I will discuss more about Thinking Skills in my next articles, so stay interested and continue learning about Life Skills for yourself now and in the future.

 

 

 

 


Written by Letisia Widya (XI)

 

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 07 July 2023
PENGUMUMAN PEMBAGIAN DAFTAR KELAS PESERTA DIDIK T...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 10 July 2023
SMAK PENABUR Gading Serpong Mengawali Tahun Ajara...
SMAK PENABUR Gading Serpong Mengawali Tahun Ajara...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 11 July 2023
Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Hari Pertama:...
Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Hari Pertama:...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 10 July 2023
SMAK PENABUR Gading Serpong Menjadi Tuan Rumah Na...
SMAK PENABUR Gading Serpong Menjadi Tuan Rumah Na...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 12 July 2023
PLS Hari Kedua : Dive In!
PLS Hari Kedua : Dive In!
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 18 December 2023
Menepi untuk Berefleksi : Retret Guru Karyawan BP...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 19 December 2023
Membangun Kenangan Sebelum Pulang : Retret Guru K...
Membangun Kenangan Sebelum Pulang : Retret GuKar ...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 08 December 2023
Mendukung karena Tahu : Pertemuan Leader DofEIA 2...
Mendukung karena Tahu : Pertemuan Leader DofEIA 2...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 07 December 2023
Mendukung karena Tahu : Pertemuan Leader DofEIA 2...
Mendukung karena Tahu : Pertemuan Leader DofEIA 2...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 20 December 2023
Berang-Berang Cerdas, Memang boleh berpikir secer...
Berang-Berang Cerdas, Memang boleh berpikir secer...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 29 July 2024
Indonesian Math Prodigy Goes International by Sea...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 01 August 2024
Morning Devotion : God's Path Forward
Morning Devotion : God's Path Forward
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 06 August 2024
Morning Devotion : Handling Difficult Circumstanc...
Morning Devotion:Handling Difficult Circumstances
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 17 August 2024
Memaknai HUT RI ke-79 dengan Harapan Pendidikan y...
Memaknai HUT RI ke-79 dengan Harapan Pendidikan y...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 15 August 2024
Morning Devotion : Growing in Maturity
Morning Devotion: Growing in Maturity
BERITA LAINNYA - 14 August 2023
Senin Bercermin : Siraman Semangat
BERITA LAINNYA - 18 August 2023
Asah Terus Pemuda Andalan Bangsa!
Asah Terus Pemuda Andalan Bangsa!
BERITA LAINNYA - 21 August 2023
Senin Bercermin : Memanfaatkan Waktu!
Senin Bercermin : Memanfaatkan Waktu!
BERITA LAINNYA - 24 August 2023
Morning Devotion : You are Not Alone!
Morning Devotion: You are Not Alone!
BERITA LAINNYA - 25 August 2023
Jakarta Dikepung Polusi, Yaella Usulkan Solusi!
Jakarta Dikepung Polusi, Yaella Usulkan Solusi!
BERITA LAINNYA - 24 November 2023
Beware of Heatstroke !!
BERITA LAINNYA - 22 November 2023
Semangat Hidup Berkelanjutan
Semangat Hidup Berkelanjutan
BERITA LAINNYA - 21 November 2023
Positive Vibes: Learn to Let Go the Past
Positive Vibes: Learn to Let Go the Past
BERITA LAINNYA - 30 November 2023
Fun Fact About Pancasila
Fun Fact About Pancasila
BERITA LAINNYA - 01 December 2023
Positive Vibes : Desember Telah Tiba!!
Positive Vibes : Desember Telah Tiba!!

Choose Your School

GO