Pelatihan Guru dan Karyawan: Handling Complain, Siapa Takut?

Berita BPK PENABUR Jakarta - 10 October 2023

 

Komplain adalah salah satu keterampilan terpenting dalam kehidupan sehari-hari maupun di lingkungan pekerjaan. Tidak mudah untuk menguasainya, tapi juga tidak sulit untuk diusahakan.

 

SMA Kristen 5 PENABUR Jakarta sebagai sebuah institusi pendidikan pun tidak luput dari hadirnya komplain. Mengatasi hal tersebut, SMAK 5 mengadakan pelatihan berjudul "Handling Complain" pada Selasa, 26 September 2023. Pelatihan tersebut dibawakan oleh Ibu Julia Napitupulu, S.Psi, Psi, ACC, Leadership Coach and Learning Falicitator for Human Skills. Seluruh guru dan karyawan mengikuti kegiatan yang terselenggara di Aula TKK 6 PENABUR itu.

 

Ibu Julia dalam ulasannya menjabarkan enam langkah penting dalam menangani komplain. Langkah-langkah tersebut adalah:

 

1. Persiapkan diri dengan mengelola emosi

Siapkan diri dengan kondisi yang tenang dan stabil. Pada mulanya memang kita akan kecewa saat mengetahui ada komplain. Tetaplah tenang dan sabar, bahkan jika nantinya pemberi komplain marah. Beri persepsi diri untuk menerima komplain sebagai masukan konstruktif untuk perbaikan. Dan jangan biarkan emosi yang negatif nantinya mempengaruhi respon kepada pemberi komplain.

 

2. Aktifkan empati

Mulailah dengan memberikan pertanyaan kepada pemberi kompain. Berikan pertanyaan yang penuh empati, seolah kita memahami benar situasi yang dihadapi oleh pemberi komplain. Dengan demikian pemberi komplain akan merasa sangat diperhatikan akan situasi yang telah dialaminya.

 

3. Terapkan dengar aktif

Dengarkan komplain dengan penuh perhatian dan teliti. Berikan perhatian sepenuhnya tanpa menginterupsi sehingga pemberi komplain dapat merasa mendapatkan perhatian penuh. Bila perlu, berikan pertanyaan pemantik untuk mendapatkan klarifikasi lebih lanjut. Ini membantu untuk memahami permasalahan dengan lebih baik.

 

4. Bahas secara positif

Ulaslah komplain yang diberikan secara positif dengan mengajukan pertanyaan tentang solusi yang diinginkan oleh pemberi komplain. Ini membantu untuk menemukan jalan keluar yang baik untuk kedua belah pihak.

 

5. Sampaikan rekomendasi

Setelah mengulas komplain yang beriberrikan, berikan rekomendasi berupa solusi atau tindakan konkret yang dapat mengatasi permasalahan. Pastikan rekomendasi solusi yang diberikan adalah jalan keluar yang baik untuk kedua belah pihak.

 

6. Follow up, monitor, jaga hubungan

Follow up dan monitor terus komplain yang masih berlangsung dan tindaklanjuti secepat mungkin agar masalah tidak semakin memburuk. Salah satu kuncinya adalah tindakan yang transparan dalam mengatasi masalah. Pastikan bahwa komunikasi selanjutnya adalah untuk menyelesaikan masalah.
Jika masalah telah selesai, jangan lupa untuk memberikan umpan balik yang positif. Selain itu berikan pula terima kasih atas masukan yang telah diberikan.

 

Setelah komplain tertangani, pahamilah bahwa setiap komplain dapat menjadi kesempatan untuk memperbaiki diri. Pelajari dari setiap pengalaman komplain untuk mencegah masalah serupa di masa depan.Ingatlah bahwa menghadapi komplain dengan baik dapat meningkatkan relasi dengan pihak pemberi komplain dan membantu membangun kepercayaan. (Lucia - Guru Geografi)

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Berita BPK PENABUR Jakarta - 05 October 2024
Borneo.news: SMAK 5 PENABUR Jakarta Gelar Kegiata...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 05 October 2024
TerasMedia.co: Asah Keterampilan dan Kreativitas,...
TerasMedia.co: Asah Keterampilan dan Kreativitas,...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 05 October 2024
HarianTerbit.id: SMAK 5 PENABUR Jakarta Adakan Ke...
HARIANTERBIT.ID: SMAK 5 PENABUR Jakarta Adakan Ke...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 05 October 2024
TEROPONGISTANA.COM: SMAK 5 PENABUR Jakarta Laksan...
TEROPONGISTANA.COM: SMAK 5 PENABUR Jakarta Laksan...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 04 October 2024
Jadwal Pertandingan English Speech, MLBB, LDBI, C...
Jadwal Pertandingan English Speech, MLBB, LDBI, C...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 16 December 2023
Livestream: Ibadah Natal Orangtua Siswa
Berita BPK PENABUR Jakarta - 06 December 2023
Informasi Kegiatan Sekolah
Informasi Kegiatan Sekolah
Berita BPK PENABUR Jakarta - 15 December 2023
Undangan Natal OSIS Bidang 4 dan 8: TREE5XMAS5
Undangan Natal OSIS Bidang 4 dan 8: TREE5XMAS5
Berita BPK PENABUR Jakarta - 14 December 2023
Perayaan Natal SMAK 5 PENABUR Jakarta 2023
Perayaan Natal SMAK 5 PENABUR Jakarta 2023
Berita BPK PENABUR Jakarta - 13 December 2023
Merayakan Natal dengan Kepedulian
Merayakan Natal dengan Kepedulian
Berita BPK PENABUR Jakarta - 22 October 2020
SCHOLAE: Escalades Revival, Pensi Siswa SMAK PENA...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 21 October 2020
TAGAR.ID: Hadirkan The Overtunes, SMAK 5 Penabur ...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 15 November 2020
Literacy Day SMAK 5
Berita BPK PENABUR Jakarta - 21 November 2020
Jadwal Pelajaran Kelas X 23-27 November 2020
Berita BPK PENABUR Jakarta - 21 November 2020
Jadwal Pelajaran Kelas XI 23-27 November 2020
Berita Lainnya - 16 March 2024
Resensi Buku: Kisah Enam Kunang-Kunang
Berita Lainnya - 31 March 2024
Happy Easter Day 2024
Happy Easter Day 2024
Berita Lainnya - 30 March 2024
Holy Saturday 2024
Holy Saturday 2024
Berita Lainnya - 29 March 2024
Happy Good Friday 2024
Happy Good Friday 2024
Berita Lainnya - 17 March 2024
Zakheus, Si Pemungut Cukai Yang Baik Hati
Zakheus, Si Pemungut Cukai Yang Baik Hati
Berita Lainnya - 31 July 2023
Karena Tuhan, Segala Tantangan Pasti dapat Kita L...
Berita Lainnya - 29 July 2023
Masuk 'circle'nya YESUS aja
Masuk 'circle'nya YESUS aja
Berita Lainnya - 28 July 2023
Dunia dapat Berubah , Tapi Kasih Tuhan Selalu Set...
Dunia dapat Berubah , Tapi Kasih Tuhan Selalu Set...
Berita Lainnya - 27 July 2023
God, Help Me Walk in Love, Peace, Freedom, Fulfil...
God, Help Me Walk in Love, Peace, Freedom, Fulfil...
Berita Lainnya - 26 July 2023
Tuhan Memimpin Kita dalam Suka dan Duka
Tuhan Memimpin Kita dalam Suka dan Duka

Choose Your School

GO