Pelatihan Guru dan Karyawan: Handling Complain, Siapa Takut?

Berita BPK PENABUR Jakarta - 10 October 2023

 

Komplain adalah salah satu keterampilan terpenting dalam kehidupan sehari-hari maupun di lingkungan pekerjaan. Tidak mudah untuk menguasainya, tapi juga tidak sulit untuk diusahakan.

 

SMA Kristen 5 PENABUR Jakarta sebagai sebuah institusi pendidikan pun tidak luput dari hadirnya komplain. Mengatasi hal tersebut, SMAK 5 mengadakan pelatihan berjudul "Handling Complain" pada Selasa, 26 September 2023. Pelatihan tersebut dibawakan oleh Ibu Julia Napitupulu, S.Psi, Psi, ACC, Leadership Coach and Learning Falicitator for Human Skills. Seluruh guru dan karyawan mengikuti kegiatan yang terselenggara di Aula TKK 6 PENABUR itu.

 

Ibu Julia dalam ulasannya menjabarkan enam langkah penting dalam menangani komplain. Langkah-langkah tersebut adalah:

 

1. Persiapkan diri dengan mengelola emosi

Siapkan diri dengan kondisi yang tenang dan stabil. Pada mulanya memang kita akan kecewa saat mengetahui ada komplain. Tetaplah tenang dan sabar, bahkan jika nantinya pemberi komplain marah. Beri persepsi diri untuk menerima komplain sebagai masukan konstruktif untuk perbaikan. Dan jangan biarkan emosi yang negatif nantinya mempengaruhi respon kepada pemberi komplain.

 

2. Aktifkan empati

Mulailah dengan memberikan pertanyaan kepada pemberi kompain. Berikan pertanyaan yang penuh empati, seolah kita memahami benar situasi yang dihadapi oleh pemberi komplain. Dengan demikian pemberi komplain akan merasa sangat diperhatikan akan situasi yang telah dialaminya.

 

3. Terapkan dengar aktif

Dengarkan komplain dengan penuh perhatian dan teliti. Berikan perhatian sepenuhnya tanpa menginterupsi sehingga pemberi komplain dapat merasa mendapatkan perhatian penuh. Bila perlu, berikan pertanyaan pemantik untuk mendapatkan klarifikasi lebih lanjut. Ini membantu untuk memahami permasalahan dengan lebih baik.

 

4. Bahas secara positif

Ulaslah komplain yang diberikan secara positif dengan mengajukan pertanyaan tentang solusi yang diinginkan oleh pemberi komplain. Ini membantu untuk menemukan jalan keluar yang baik untuk kedua belah pihak.

 

5. Sampaikan rekomendasi

Setelah mengulas komplain yang beriberrikan, berikan rekomendasi berupa solusi atau tindakan konkret yang dapat mengatasi permasalahan. Pastikan rekomendasi solusi yang diberikan adalah jalan keluar yang baik untuk kedua belah pihak.

 

6. Follow up, monitor, jaga hubungan

Follow up dan monitor terus komplain yang masih berlangsung dan tindaklanjuti secepat mungkin agar masalah tidak semakin memburuk. Salah satu kuncinya adalah tindakan yang transparan dalam mengatasi masalah. Pastikan bahwa komunikasi selanjutnya adalah untuk menyelesaikan masalah.
Jika masalah telah selesai, jangan lupa untuk memberikan umpan balik yang positif. Selain itu berikan pula terima kasih atas masukan yang telah diberikan.

 

Setelah komplain tertangani, pahamilah bahwa setiap komplain dapat menjadi kesempatan untuk memperbaiki diri. Pelajari dari setiap pengalaman komplain untuk mencegah masalah serupa di masa depan.Ingatlah bahwa menghadapi komplain dengan baik dapat meningkatkan relasi dengan pihak pemberi komplain dan membantu membangun kepercayaan. (Lucia - Guru Geografi)

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Berita BPK PENABUR Jakarta - 18 March 2025
Informasi Ketentuan Daftar Ulang dan Penetapan Ua...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 17 March 2025
Serunya Bikin Sambel Kucai
Serunya Bikin Sambel Kucai
Berita BPK PENABUR Jakarta - 17 March 2025
Video Kegiatan Live In SMAK 5 PENABUR Jakarta Day...
Video Kegiatan Live In SMAK 5 PENABUR Jakarta Day...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 15 March 2025
Workshop Cyber Security: Mengamankan Diri di Duni...
Workshop Cyber Security: Mengamankan Diri di Duni...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 10 March 2025
Ibadah Jelang Asesmen Akhir Sekolah Kelas XII SMA...
Ibadah Jelang Asesmen Akhir Sekolah Kelas XII SMA...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 31 March 2024
IN5PIRE Pertama OSIS Bidang 4 dan 9
Berita BPK PENABUR Jakarta - 09 March 2024
Ibadah Siswa: Bersukacita, Bersabar, dan Bertekun
Ibadah Siswa: Bersukacita, Bersabar, dan Bertekun
Berita BPK PENABUR Jakarta - 03 March 2024
Ibadah Kompleks: Berjalan Bersama Tuhan
Ibadah Kompleks: Berjalan Bersama Tuhan
Berita BPK PENABUR Jakarta - 30 March 2024
Kebersamaan Guru dan Karyawan SMAK 5 di Gadog, Bo...
Kebersamaan Guru dan Karyawan SMAK 5 di Gadog, Bo...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 29 March 2024
Seminar dan Tes Kesehatan Bersama Dokter Rita Ram...
Seminar dan Tes Kesehatan Bersama Dokter Rita Ram...
Berita BPK PENABUR Jakarta - 06 February 2021
Jadwal Pelajaran Kelas XII 8-12 Februari 2021
Berita BPK PENABUR Jakarta - 06 February 2021
Jadwal Pelajaran Kelas XI 8-12 Februari 2021
Berita BPK PENABUR Jakarta - 06 February 2021
Jadwal Pelajaran Kelas X 8-12 Februari 2021
Berita BPK PENABUR Jakarta - 04 January 2021
Ibadah Natal Orang Tua Siswa SMAK 5
Berita BPK PENABUR Jakarta - 30 January 2021
Jadwal Pelajaran Kelas XII 1-5 Februari 2021
Berita Lainnya - 03 September 2024
Orang Besar bukan Orang yang Melakukan Pekerjaan ...
Berita Lainnya - 02 September 2024
What Words of Other People Trigger Anger or Resen...
What words of other people trigger anger or resen...
Berita Lainnya - 01 September 2024
Berhenti Sejenak, Berdoa, dan Beristirahat agar H...
Berhenti sejenak, berdoa, dan beristirahat agar h...
Berita Lainnya - 31 August 2024
Iman yang Sejati Terjadi Ketika di Saat Sulit Kit...
Iman yang Sejati Terjadi Ketika di Saat Sulit Kit...
Berita Lainnya - 31 August 2024
Membangun Jiwa Leadership di SMAK 5 PENABUR Jakar...
Membangun Jiwa Leadership di SMAK 5 PENABUR Jakar...
Berita Lainnya - 11 September 2023
Berdiri di Tengah Kerapuhan
Berita Lainnya - 11 September 2023
Allah Mengundang Kita ke Pesta-Nya, Karena Kita...
Allah Mengundang Kita ke Pesta-Nya, Karena Kita...
Berita Lainnya - 08 September 2023
Orang yang Lemah Lembut, Taat dan Rendah Hati kep...
Orang yang Lemah Lembut, Taat dan Rendah Hati kep...
Berita Lainnya - 07 September 2023
God, You More Than Enough For Me
God, You More Than Enough For Me
Berita Lainnya - 06 September 2023
Tips Meningkatkan Kreativitas Diri
Tips Meningkatkan Kreativitas Diri

Choose Your School

GO