Hadapi Hiu Kecilmu

Berita Lainnya - 02 February 2021

Hadapi Hiu Kecilmu

Pada suatu hari, ada seorang anak perempuan bernama Kiara yang baru menginjak bangku SMA kelas 10 di SMAK Penabur Jakarta. Namun ketika pulang sekolah, “Mah, Pah, Kia mau pindah ke SMA Lalaland!” kata Kiara. “Lah, kenapa memangnya? SMAK Penabur itu sekolah yang bagus lho Ki,” jawab mamanya. “Iya lho Ki, lagipula kamu sendiri yang mau sekolah di Penabur kan?” sahut papa. “Ih, Mama Papa ga ngerti! Aku udah salah pilih sekolah. Waktu di SMP Lalaland, aku selalu dapat peringkat teratas dan dapat banyak penghargaan. Sedangkan di Penabur? Setengah mata pelajaran, nilaiku dibawah KKM! Aku sudah pasti salah pilih sekolah,” bantah Kiara. “Haduh Ki, pindah sekolah itu repot dan buang buang uang, mama mah terserah papamu aja deh,” jawab mama dengan sedikit kecewa. “Tuhkan Ki, mama jadi bete tuh, udah sini ayo ikut papa ke mall, papa mau beli peralatan masak biar mamamu ga ikut bete ke papa hihihi,” bisik papa sambil jahil.

Saat di perjalanan di mobil, papa bertanya, “Hey Ki, kamu yakin mau pindah sekolah karena merasa sudah salah pilih sekolah?” “Iya pah, Kia yakin kok. Kenapa papa ga percaya sih sama Kia?” tanya Kiara. “Mhmm, karena papa ga yakin kalau alasan kamu mau pindah itu karena salah pilih sekolah,” jawab papa. “Lah, kok gitu?” tanya Kia kebingungan. “Ya karena menurut papa, kamu mau pindah sekolah karena kamu mau kembali ke zona aman kamu. Dimana kamu bisa dengan mudah dapat peringkat tertinggi setiap tahunnya, ya ga nih Ki sayang?” tanya papa. Kiara pun terdiam karena menyadari bahwa yang dia inginkan itu berada di zona amannya.

Papa pun bercerita, “Ki, kamu tau kisah ikan salmon dan hiu kecil? Papa ceritain ya, jadi awalnya ada nelayan yang menangkap ikan salmon untuk dibawa dalam kapal ke negara lain. Tapi ketika sampai di negara tersebut setelah berhari hari di kapal, semua ikan salmon sudah mati. Akhirnya sang nelayan mencari cara agar ikan salmon tetap dalam keadaan hidup di tangki air meski berhari-hari diatas kapal. Kemudian ketika menangkap ikan salmon lagi, sang nelayan menaruh 1 ekor hiu kecil di dalam tanki ikan salmon itu. Dan alhasil ketika sampai di negara tersebut, ikan salmon tetap hidup karena mereka terus berenang dan terus bergerak karena dikejar kejar oleh hiu kecil itu. Sedangkan saat ikan salmon nya diam dan tidak ada hiu, ikan salmon malah mati.” “Terus maksud dari cerita itu apa Pah?” tanya Kia.

 

Papa menjawab, “Artinya, ketika ikan salmon ada di zona aman nya tanpa rintangan apa-apa, dia malah mati, ketika dia dihadapkan dengan hiu kecil dan harus terus bergerak menghadapi hiu itu, dia tetap hidup. Diam berarti mati, dan bergerak berarti hidup. Kamu gabisa selalu berada di zona amanmu Ki, kamu harus hadapi tantangan di Penabur, hadapi hiu kecilmu sendiri, agar kamu bisa berhasil.”

Kiara pun sadar bahwa selama ini dia tidak mau menghadapi tantangan, dia hanya mau berada di zona amannya. Berkat cerita dari papanya, Kiara tidak jadi pindah sekolah dan mau menghadapi segala tantangannya bersekolah di Penabur dan menghadapi hiu kecilnya. Tamat.

Oleh : Sheeana Zaneta / X SOS 2 / 33

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Berita Lainnya - 03 April 2024
Kegiatan Seminar "Family Business" SMAK 1 PENABUR...
Berita Lainnya - 03 April 2024
Kegiatan Spirit Of Challenge BPK PENABUR Jenjang ...
Kegiatan Spirit Of Challenge BPK PENABUR Jenjang ...
Berita Lainnya - 01 April 2024
Kegiatan Sidak Napza SMAK 1 PENABUR Jakarta 2024
Kegiatan Sidak Napza SMAK 1 PENABUR Jakarta 2024
Berita Lainnya - 19 April 2024
Bazar Murah 2024 (Pengalaman Siswa)
Bazar Murah 2024 (Pengalaman Siswa)
Berita Lainnya - 06 March 2024
Kegiatan Seminar Pembinaan Remaja SMAK 1 PENABUR ...
Kegiatan Seminar Pembinaan Remaja SMAK 1 PENABUR ...
Berita Lainnya - 29 August 2023
Keseruan Smukiez Run Bersama SMAK 1 2023
Berita Lainnya - 21 August 2023
Serunya Perayaan HUT RI Ke-78 Di SMAK 1 PENABUR J...
Serunya Perayaan HUT RI Ke-78 Di SMAK 1 PENABUR J...
Berita Lainnya - 28 August 2023
Kegiatan Workshop I-Project Siswa Kelas X 25 Agus...
Kegiatan Workshop I-Project Siswa Kelas X 25 Agus...
Berita Lainnya - 28 August 2023
Kegiatan Smukiez Run SMAK 1 PENABUR Jakarta di PI...
Kegiatan Smukiez Run SMAK 1 PENABUR Jakarta di PI...
Berita Lainnya - 22 August 2023
Kegiatan Perlombaan SMAK 1 PENABUR untuk Memperin...
Kegiatan Perlombaan SMAK 1 PENABUR untuk Memperin...
Berita Lainnya - 24 January 2022
Kegiatan PTMT SMAK 1 Penabur Jakarta Semester II
Berita Lainnya - 10 January 2022
Liburan Natal dan Tahun Baru 2021-2022
Liburan Natal dan Tahun Baru 2021-2022
Berita Lainnya - 31 January 2022
Ayat Alkitab Minggu ini 31 Januari 2022
Ayat Alkitab Minggu ini 31 Januari 2022
Berita Lainnya - 17 January 2022
Ayat Alkitab Minggu ini 17 Januari 2022
Ayat Alkitab Minggu ini 17 Januari 2022
Berita Lainnya - 24 January 2022
Ayat Alkitab Minggu ini 24 Januari 2022
Ayat Alkitab Minggu ini 24 Januari 2022
Berita Lainnya - 02 February 2021
Hadapi Hiu Kecilmu
Berita Lainnya - 01 February 2021
Ayat Alkitab Minggu ini 1 Februari 2021
Berita Lainnya - 29 January 2021
Ayat Alkitab 29 Januari 2021 (English Day)
Berita Lainnya - 26 January 2021
Hal yang dapat dilakukan untuk menghadapi PJJ dip...
Berita Lainnya - 25 January 2021
Hobi menarik selama pandemi
Berita BPK PENABUR JAKARTA - 06 September 2021
“PENABURFair” OPEN HOUSE SMAK 1 PENABUR JAKARTA 2...
Berita BPK PENABUR JAKARTA - 06 September 2021
Persekutuan Doa Bulanan SMAK 1 PENABUR Jakarta
Persekutuan Doa Bulanan SMAK 1 PENABUR Jakarta
Berita BPK PENABUR JAKARTA - 02 September 2021
Kebaktian Online SMAK 1 PENABUR: "Walking Togethe...
Kebaktian Online SMAK 1 PENABUR: "Walking Togethe...
Berita BPK PENABUR JAKARTA - 01 September 2021
I-PROJECT SMAK 1
I-PROJECT SMAK 1
Berita BPK PENABUR JAKARTA - 28 August 2021
Pajak Bertutur 2021 Untuk Pelajar
Pajak Bertutur 2021 Untuk Pelajar

Choose Your School

GO