Asyiknya Belajar PPKn di Kelas 2
Berita Lainnya - 03 November 2020
Asyiknya Belajar PPKn di Kelas 2
Oleh : Rahelia Eta S., S.Pd
Pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan dapat membuat siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru.
Pembelajaran interaktif merupakan suatu metode yang menekankan pada keterlibatan, baik itu keterlibatan siswa dengan siswa, siswa dengan guru, dan siswa dengan materi.
Suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan juga dapat membuat siswa senang dan semangat dalam mengikuti pembelajaran dan dapat memunculkan ide-ide baru yang kreatif.
Untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dapat menggunakan metode pembelajaran yang interaktif dengan menggunakan teknologi, yaitu dengan menyisipkan permainan dalam pembelajaran atau dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga kegiatan akan lebih menyenangkan.
Dalam pembelajaran PPKn di kelas 2 menggunakan metode permainan dengan menggunakan aplikasi Nearpod.
Aplikasi Nearpod merupakan sebuah aplikasi pembelajaran yang inovatif yang melibatkan siswa dengan pengalaman belajar interaktif.
Dengan Nearpod siswa memiliki kemampuan partisipasi dalam pembelajaran yang berisi realitas virtual, objek 3D, simulasi PHET, Poll, Fill in the blanks, Matching pairs, Memory test, Quiz, Time to Climb dan banyak lagi.
Siswa kelas 2 baru mengenal aplikasi ini selama pembelajaran jarak jauh (PJJ).
Dalam aplikasi Nearpod siswa belajar sambil bermain, pembelajaran PPKn dilakukan dalam bentuk Memory test, Matching Pairs dan Time to Climb.
Ketika anak bermain menggunakan Nearpod, secara tidak langsung anak juga sudah belajar mengasah pelajaran PPKn mereka dalam pembelajaran.
Sehingga pembelajaran ppkn terasa lebih menyenangkan.
Siswa merasa antusias dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR
Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur