Berani Berubah untuk terus Mengabdi Indonesiaku

Pojok Guru - 05 August 2020

Berani Berubah untuk terus Mengabdi Indonesiaku 

HUT BPK PENABUR 19 Juli 2020

                                              

       Yayasan Badan Pendidikan Kristen (BPK) PENABUR merupakan yayasan pendidikan yang didirikan pada 19 Juli 1950 di Bandung, dan berada di bawah naungan Gereja Kristen Indonesia Sinode Wilayah Jawa Barat.

       Hingga saat ini, BPK PENABUR sudah melahirkan 164 sekolah yang tersebar di 15 kota yang ada di 4 provinsi (yaitu) Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten dan Lampung

       70 tahun sudah BPK PENABUR menebar kasih, menebar kelangsungan pendidikan untuk mengentaskan generasi penerus bangsa menjadi generasi yang pintar , berkarakter, siap melayani , serta punya iman yang tinggi. Rentang 70 tahun pengabdian bukan hal yang mudah dan tanpa kendala. Perjalanan panjang tak selalu berjalan dengan mulus dan lancar. Ada saja kendala yang datang tanpa disangka. Berpijak pada kepercayaan penuh akan kekuatan dan kasih Tuhan,semua kendala dapat teratasi. Sudah selayaknya lembaga ini  mensyukuri berkat yang ditabur dan dituainya dalam perayaan kebersamaan. Lembaga ini berkomitmen “Berani Berubah, Selalu Peduli dan Berbagi bagi sesama” BPK PENABUR mengajak berbagai lapisan masyarakat agar peduli dan berbagi untuk sesama yang masih membutuhkan bantuan dan uluran kasih. Dengan mengusung tema “Kepadamu Indonesia Aku Mengabdi” menunjukkan peran BPK PENABUR di bumi pertiwi. Kita bersyukur ditengah wabah corona yang masih melanda negara kita dan negara-negara di dunia, lembaga ini masih diberi kesempatan untuk tetap mengabdi di dunia pendidikan. Kita bersyukur BPK PENABUR masih dapat melayani Indonesia khususnya di dunia pendidikan.

       Perkembangan pendidikan Indonesia saat ini dihadapi berbagai tantangan terutama di masa pandemi yang harus mengandalkan perangkat IT dalam memberikan proses pembelajaran jarak jauh. BPK PENABUR mendukung program pemerintah dalam semangat “Merdeka Belajar”. Untuk itulah lembaga Pendidikan ini harus dapat menyesuaikan diri dengan perubahan zaman.  Sudah saatnya  kita berani menuju perubahan. Kita berharap ke depannya BPK PENABUR tetap eksis, tetap mendapat kepercayaan masyarakat untuk mengembang tugas mendidik anak bangsa, tetap mendapat perlindungan Tuhan yang Maha Pengasih agar keberadaan BPK PENABUR tak tergerus oleh lajunya zaman.Tantangan ke depan akan semakin berat, untuk itulah berani berubah harus kita jalani dengan penuh kepercayaan diri. Dengan berani berubah dan mengandalkan kekuatan Tuhan maka tujuan mengentaskan anak bangsa menjadi anak yang berkarakter, pintar, memiliki iman kristiani yang  tinggi, semakin peduli, dan berbagi akan benar-benar terwujud.

        Ulang tahun BPK PENABUR yang jatuh pada tanggal 19 Juli  kebetulan bersamaan dengan ulang tahun  SMAK 1 PENABUR Jakarta. SMAK 1 salah satu sekolah Kristen unggulan yang berada di kawasan Jakarta Barat, sarat prestasi dengan didukung fasilitas dan guru-guru yang memadai. Untuk mengenang perjalanan panjang pelayanan pendidikan,pada tanggal 19 Juli 2020 BPK PENABUR mengadakan kebaktian syukur dan perayaan secara virtual. Sedangkan Kebaktian syukur ulang tahun SMAK 1 diadakan pada hari senin, 20 Juli 2020. Kebaktian syukur dan perayaan  ulang tahun SMAK 1 dan BPK PENABUR  berbeda dari  tahun-tahun sebelumnya. Wabah corona mengubah semuanya, serangkaian acara harus dilewati melalui platform youtube dan berbagai media sosial lainnya. Meskipun tanpa adanya tatap muka, semua rangkaian acara ulang tahun SMAK 1 dan BPK PENABUR berjalan dengan lancar.

       Dengan diadakannya kebaktian syukur dan serangkaian acara diharapkan akan semakin memberikan semangat baru bagi guru dan karyawan untuk terus mengembangkan diri dalam memberikan layanan pendidikan yang terbaik, dan memberikan semangat kepada setiap peserta didik untuk berani bermimpi dan terus mengembangkan diri menjadi manusia yang kreatif dan siap menjadi penerus bangsa yang berkarakter dan beriman tinggi. Semoga BPK PENABUR terus menjadi lembaga pendidikan yang semakin berkembang dan menjalankan fungsinya dengan baik untuk mencerdaskan putera-puteri bangsa Indonesia.

 

Mari satukan langkahmu lengan baju singsingkan

Dalam karya trus berpacu membangun masa depan

Membentuk manusia baru segambar penciptanya

Pendidikan agar maju mencerdaskan umat-Nya

................................................                                                                                    *Valentina SMAK 1*

Tags:

Read More

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Pojok Guru - 20 May 2020
Bersyukur
Pojok Guru - 11 June 2020
Berbagi Melalui Karya
Pojok Guru - 28 July 2020
Ruang Kelas "New Normal": Flipped Classroom
Pojok Guru - 26 August 2020
17-Agustusan Online di SMAK 1 PENABUR Jakarta
Pojok Guru - 26 August 2020
I-project SMAK 1 PENABUR Jakarta: Upaya Meningkat...
Pojok Guru - 26 August 2020
17-Agustusan Online di SMAK 1 PENABUR Jakarta
Pojok Guru - 26 August 2020
I-project SMAK 1 PENABUR Jakarta: Upaya Meningkat...
Pojok Guru - 21 July 2020
Flipped Classroom...let's do it!
Pojok Guru - 31 July 2020
PLS SPECTRUM: Semangat Kolaborasi di Tengah Pande...
Pojok Guru - 31 July 2020
The 70th Anniversary of BPK PENABUR and SMAK 1 PE...
Pojok Guru - 31 July 2020
PLS SPECTRUM: Semangat Kolaborasi di Tengah Pande...
Pojok Guru - 31 July 2020
The 70th Anniversary of BPK PENABUR and SMAK 1 PE...
Pojok Guru - 05 August 2020
Berani Berubah untuk terus Mengabdi Indonesiaku
Pojok Guru - 20 August 2020
Pemimpin yang tangguh di tengah pandemi
Pojok Guru - 20 August 2020
Wadah Memperlengkapi Siswa Melayani Tuhan Dalam I...

Choose Your School